Cara Membuat Video Marketing Yang Efektif Dan Tepat Sasaran

Wahyudi 16 Nov 2020 105

Di dunia yang sangat mengunggulkan visual, konten video marketing menjadi obyek vital. Bagaimana caranya agar bisa mendapat keuntungan maksimal dari video marketing?

Jika sebuah foto memiliki arti ribuan kata, lalu seberapa berharganya video itu? Itulah dasar dari pemasaran video, strategi pemasaran berwawasan ke depan yang mengintegrasikan video yang menarik ke dalam kampanye pemasaran Anda.

Pemasaran video dapat digunakan untuk segala hal mulai dari membangun hubungan atau perkenalan dengan pelanggan, hingga mempromosikan merek, layanan, atau produk Anda.

Selain itu, pemasaran melalui video dapat berfungsi sebagai media untuk menyajikan petunjuk penting dari sebuah produk, mempromosikan testimonial pelanggan, pemasaran produk streaming langsung, dan menyampaikan konten viral yang menghibur.

 

Apa itu Video Marketing?

Perkembangan berbagai sektor industri saat ini berorientasi pada inovasi dan tren teknologi yang terus berkembang begitu pesat. Salah satu bidang yang paling merasakan dampak dari perkembangan teknologi adalah pada bidang pemasaran. Sekarang pemasaran sudah mulai bergerak ke dunia maya.

membuat video marketing

(Baca Juga: Alasan Konten Marketing Untuk Bisnis Sangat Diperlukan)

Setelah melakukan pemasaran pada dunia maya menjadi tren untuk beberapa tahun terakhir, saat ini video marketing yang paling digemari oleh para pebisnis. Baik itu bisnis kecil maupun bisnis dengan skala yang besar bersaing untuk menyajikan konten video yang menarik untuk satu tujuan, menangkap pasar yang lebih luas.

Definisi video marketing cukup sederhana yaitu menggunakan video untuk mempromosikan atau memasarkan merek, produk, atau layanan Anda. Kampanye pemasaran yang kuat bisa menggabungkan berbagai metode pemasaran ke dalam satu video misalnya saja testimoni pelanggan, video dari siaran langsung "launching produk", video petunjuk pemakaian, video penjelasan keunggulan produk, hingga video viral dalam bentuk hiburan dan sebagainya.

Video marketing pada industri periklanan menawarkan banyak peluang bagi perusahaan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, hubungan yang lebih intim antara produk dan calon pembeli juga dapat dibangun dengan baik melalui promosi menggunakan video karena kontennya menyajikan gambar, suara, dan bahasa tubuh. Oleh karena itu, setiap detail konten video untuk keperluan periklanan harus dipertimbangkan dengan cermat.

 

Manfaat Video Marketing Dalam Menunjang Penjualan

Manfaat pemasaran melalui video marketing sangatlah banyak. Mari kita mulai dengan yang mudah dihitung misalnya saja dari sisi statistik, angka, dan data:

Video Marketing Membantu Anda Terhubung Dengan Audiens Anda

Saat ini, banyak upaya pemasaran perusahaan yang dirancang untuk membantu membangun kepercayaan pelanggan baru maupun lama. Video adalah jembatan yang menghubungkan apa yang Anda katakan serta untuk menunjukkan reputasi dengan siapa Anda sebenarnya. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengintip di balik layar dan mengenal merek Anda.

Video marketing Adalah Tambang Emas Untuk SEO (Search Engine Optimization)

Video marketing ini dapat meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, rasio klik-tayang dan konversi. Anda harus bisa menjangkau audiens target Anda. YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua (kedua setelah Google).

Kabar bagusnya, YouTube adalah milik Google. Artinya, video yang diberi tag dengan benar dapat menghasilkan keajaiban bagi SEO pemasaran produk Anda. Jadi, jangan lupa pastikan untuk memposting video Anda ke You Tube dan beri tag dengan kata kunci/frasa kunci!

gagal bisnis

(Baca Juga: Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online)

 

Video Marketing Mampu Meningkatkan Tingkat Konversi

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa 57 persen konsumen online lebih cenderung membeli produk yang mereka pertimbangkan untuk dibeli setelah menonton video demonstrasi produk tersebut. Disini terlihat jelasa betapa pentingnya video marketing.

Video Marketing Mudah Diakses

Ada banyak platform untuk pemasaran video, misalnya saja YouTube, facebook, Instagram dan sebagainya. Dengan smartphone, konsumen dapat mengakses video online kapanpun dan dimanapun. Hal yang sama tidak berlaku untuk pemasaran secara tradisional. Dengan video, Anda dapat menjangkau audiens Anda di mana pun mereka berada dengan cara yang hemat biaya.

Video Marketing Memiliki Efektivitas Yang Tinggi 

Studi menunjukkan bahwa tingkat retensi informasi yang dilihat dan didengar pengunjung sebuah situs bisa mencapai hingga 80 persen. Angka tersebut turun menjadi 20 persen untuk informasi yang dilihat dan hanya 10 persen untuk informasi yang didengar. Menggabungkan visual dan audio tentu merupakan pilihan pemasaran yang sangat tepat.

Video Marketing Mampu Menyentuh Sisi Emosional Calon Pembeli

Video Marketing memungkinkan Anda membuat daya tarik langsung ke pusat emosi otak seseorang melalui music misalnya. Dengan video marketing, Anda juga dapat membuat seolah olah pemilik produk dan calon pembeli seperti tatap muka dan berkomunikasi secara langsung. Hubungan antar manusia melalui video lebih berpengaruh daripada membaca dalam teks.

 

Faktor Utama dalam Video Marketing

Faktor penting untuk dijadikan pertimbangan ketika sebuah bisnis ingin menjual produk atau layanannya melalui video marketing tidak hanya dalam hal konten. Strategi yang baik diperlukan agar performa konten video yang dibuat berdampak signifikan pada profitabilitas perusahaan Anda. Berikut ini faktor penting yang harus Anda pertimbangkan dalam membuat video marketing.

Penting untuk diperhatikan, apa yang Anda ingin audiens dengar, lihat, dan rasakan? Pesan apa yang ingin Anda sampaikan? Bagaimana cara membuat ajakan bertindak (call to action)?

tips video marketing

(Baca Juga: Kiat Bisnis Online Saat New Normal)

 

Bagaimana Cara Mengembangkan Kampanye Pemasaran Melalui Video Marketing?

Mengembangkan kampanye pemasaran video paling sering dilakukan dengan melakukan riset pasar, analisis kompetitif, dan mengumpulkan berbagai hasil wawancara melalui riset pasar agar tepat sasaran. Setelah mendapatkan informasi dan mampu menyusun strategi, Anda dapat menentukan pesannya yang bisa dikemas dalam bentuk video marketing.

 

Cara Membuat Video Marketing Hemat Budget

Membuat video sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis Anda memang memerlukan anggaran yang tidak murah. Namun, tentu saja, ada strategi untuk mengakali video marketing yang Anda buat agar hemat budget dan menghasilkan video marketing yang layak untuk dilihat semua orang.

Video yang hemat budget tidak selalu terlihat seperti video yang murahan dengan kualitas yang rendah. Banyak video marketing murah juga dapat terlihat profesional dan memiliki kualitas yang sama dengan konten video marketing dengan budget yang melimpah.Berikut ini cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat video marketing dengan budget yang rendah.

Siapkan Sumber Daya

Untuk membuat video marketing yang hemat budget, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba membuat video marketing sendiri. Saat Anda ingin membuat video sendiri, berikut ini hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu:

promosi online

(Baca Juga: Cara Jitu Mempromosikan Usaha Secara Online)

Cari Tahu Apa Yang Ingin diceritakan

Video marketing akan matang jika Anda menghabiskan banyak waktu dalam tahap perencanaan. Saat Anda mulai menerapkan ide, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang hasil video yang ingin Anda tampilkan. Dengan begitu akan lebih menghemat biaya produksi dan estimasi waktu yang Anda butuhkan.

Setiap video marketing yang Anda buat membutuhkan “alasan”. Apakah Anda ingin produk Anda dipromosikan dengan video yang Anda buat. Atau mungkin Anda ingin mencoba memberi tahu konsumen tentang produk atau layanan bisnis Anda. Atau Anda ingin menjangkau lebih banyak konsumen di media sosial.

Pikirkan tentang siapa target pasar Anda dan apa yang Anda harapkan dari pasar setelah menonton video yang Anda buat. Dan bagaimana Anda dapat mengukur keberhasilan publikasi video Anda.

Tunjukkan Siapa Anda, Bukan Hanya Etalase Produk

Meski namanya video marketing, bukan berarti setiap video harus fokus pada penjualan atau menampakkan produk yang ada pada bisnis Anda. Terlalu banyak fokus pada hal itu dapat membuat pelanggan potensial Anda mundur.

Oleh sebab itu, Anda bisa berfokus untuk memberitahu pelanggan Anda mengenaibisnis yang Anda buat dan juga nilai apa yang bisa diberikan oleh bisnis Anda. Gunakan kekuatan emosional video untuk menangkap kebutuhan dan keinginan konsumen dengan bercerita.

Buat Singkat dan Sederhana

Membuat video marketingdengan durasi dua menit akan lebih murah daripada sepuluh menit atau lebih lama. Durasi video yang pendek juga akan lebih efektif menarik perhatian publik daripada video dengan durasi yang lama. Ini juga terkait dengan platform media sosial yang akan Anda gunakan untuk mempublikasikan video Anda. Secara keseluruhan, membuat video pemasaran pendek bukanlah ide yang buruk.

Belajarlah dari Frozen Fire yaitu perusahaan pemasaran internet dan produksi video Dallas yang membantu perusahaan memanfaatkan aspek paling kuat dari pemasaran modern yaitu melalui internet dan video marketing yang melibatkan pelanggan dengan cara yang berkesan dan bermakna. Video marketing adalah cara yang memicu penjualan dan pertumbuhan bisnis terbaik saat ini.

Jangan Pernah Biarkan Penonton Mengambang

Setelah penonton video marketing yang Anda buat selesai menonton hingga detik terakhir, usahakan untuk membuat langkah lanjutan pada bagian akhir video marketing. Tampilkan call to action untuk menggunakan produk atau layanan yang ada dalam bisnis Anda.

Rekomendasikan video terkait lainnya, atau berikan detail kontak bisnis yang Anda jalankan. Anda bahkan dapat menyertakan ajakan bertindak dalam video Anda, seperti polling singkat dengan pertanyaan, yang dapat meningkatkan minat penonton.

Seperti itulah cara membuat video marketing dengan budget yang rendah. Dengan menerapkan cara tersebut, dan video marketing yang Anda buat memenuhi utama dalam video marketing, sudah pasti video marketing yang Anda buat sendiri akan sangat efektif dan tepat sasaran untuk menarik pelanggan potensial.

 

Bagaimana Cara Memastikan Video Marketing Anda Bisa Efektif dan Tepat Sasaran?

Tidak semua pemasaran konten berhasil menarik konsumen untuk berkunjung dan mengambil keputusan untuk membeli produk Anda. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda perlu benar-benar memastikan bahwa upaya video marketing Anda efektif dan melakukan upaya maksimal untuk menciptakan sesuatu yang berkualitas tinggi. Untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

Melakukan Riset

Ini adalah langkah pertama yang harus Anda ambil sebelum memulai pemasaran konten. Penelitian atau riset sangat penting karena ini merupakan batu loncatan ke langkah selanjutnya. Jelajahi topik yang akan dibicarakan, konsumen yang akan dibidik, tren yang sedang berkembang, persaingan dan media yang akan digunakan.

Data penelitian ini akan diolah untuk membuat strategi yang matang dan rencana implementasi yang tepat. Penelitian ini dapat dilakukan dengan melakukan penelitian media dan literatur, survei pelanggan kecil kecilan, atau wawancara.

Menentukan Platform yang Tepat

Media sosial selalu menjadi tempat yang tepat untuk mengirimkan konten untuk promosi. Selain gratis, media sosial juga menjadi tempat interaksi komunitas saat ini. Menurut penelitian We Are Social dan Hootsuite, tingkat penetrasi pengguna media sosial aktif telah mencapai 42% dari total populasi dunia.

Anda bisa menggunakan semua media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, Line, Youtube dan lain sebagainya. Namun, agar penggunaan media sosial Anda lebih efektif dan efisien, perbanyak promosi di media sosial yang paling banyak digunakan pasar sasaran Anda.

Anda juga bisa menggunakan semua platform tersebut untuk lebih memaksimalkan pemasaran video Anda. Pemasaran video akan bekerja lebih baik jika didukung oleh iklan berbayar di Youtube dan Facebook.

Karena dengan mengiklankan video Anda, akan lebih mudah menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Jika Anda mempromosikan video Anda melalui media sosial, Anda harus memperhatikan "waktu upload".

video marketing akun instagram bisnis

(Baca Juga: Panduan Membuat Akun Instagram Bisnis)

 

Analisis Konten Setelah Upload

Untuk mengetahui cara kerja konten yang Anda bagikan, lakukan analisis kinerja konten. Apakah itu tumbuh atau menurun?

Lakukan ini secara teratur. Anda juga dapat menggunakan situs web seperti Google Analytics untuk tujuan ini. Evaluasi hasil analisis kinerja konten ini dan gunakan sebagai patokan dalam mengembangkan konten dan strategi pemasaran lebih lanjut.

Iklan dan Jasa Influencer Layak Dicoba

Jangan langsung puas setelah mengupload konten ke berbagai platform yang Anda miliki. Karena belum tentu jumlah orang yang bisa melihat dan terpengaruh oleh konten Anda sebanyak yang Anda harapkan. Oleh karena itu, lanjutkan branding dan promosi untuk hasil yang maksimal.

Bangun merek dengan konsep yang berbeda, memberdayakan konten Anda dan membangun komunikasi yang baik dengan audiens Anda. Selain itu, distribusikan konten Anda secara terus menerus untuk mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Jika perlu, promosikan merek Anda dengan biaya tertentu melalui agen digital untuk beriklan.

Jika Anda sudah sukses dalam pemasaran, jangan lupa untuk memastikan manajemen bisnis Anda berjalan dengan baik juga. Karena tanpa pengelolaan hasil akhir yang tepat, upaya awal dapat terbuang percuma.

Selain beriklan salah satu cara terbaik untuk menarik pelanggan baru yang perlu Anda tampilkan dalam tayangan video marketing adalah dengan menggunakan jasa pemasaran influencer. Influencer memiliki pasar yang besar atau audiens yang besar yang mempercayai mereka.

Dengan demikian, mereka berpotensi membuat publik atau konsumen mempercayai startup Anda. Yang disebut influencer adalah, misalnya, artis, selebriti, YouTuber, blogger, dan sebagainya. Mereka dipilih berdasarkan popularitas, pengetahuan, atau reputasi. Dan semua itu bisa efektif jika ditampilkan dalam bentuk pemasaran melalui video.

 

Praktik Terbaik Dalam Membuat Video Marketing

Dari tantangan tersebut diatas, akhirnya memunculkan praktik terbaik dalam pemasaran video online dimana jJika Anda ingin pemasaran video Anda memiliki hasil, maka Anda harus merencanakan, menguji, menganalisis, dan menguji lagi. Ingat, tujuan video Anda adalah untuk menceritakan sebuah kisah sukses akan sebuah produk dan melibatkan pelanggan Anda.

Disisi lain, dari perspektif pemasaran, video Anda juga harus selaras dengan metode pemasaran offline sehingga bisa menunjang hasil penjualan Anda. Pertanyaan sederhana yang perlu dijawab misalnya saja Apa tujuan setiap video? Siapa penontonnya? Bagaimana video tersebut bisa menunjang tujuan pemasaran produk Anda?

Adapun inti dari keseluruhan strategi dalam video marketing adalah:

video marketing instagram

(Baca Juga: Cara Mudah Pasang Iklan Di Instagram)

 

Strategi Pemasaran Melalui Video Marketing

Untuk mengembangkan strategi pemasaran video Anda, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting berikut ini:

Alokasi Sumber Daya

Untuk membuat video marketing yang bagus, Anda perlu menetapkan sejumlah anggaran untuk video - setidaknya, peralatan yang layak, perangkat lunak pengeditan yang baik, dan pemandu atau konsultan pemasaran video (atau, lebih baik, tim) - serta waktu untuk membuatnya.

Ceritakan kisah Anda. Mendongeng tidak pernah sepenting dalam video, jadi lakukan brainstorming: Cerita apa yang ingin Anda ceritakan? Bagaimana Anda akan memberi tahu mereka.

Mengikutsertakan pelanggan

Tidak cukup hanya menceritakan kisah Anda; Anda harus melibatkan audiens Anda saat melakukannya. Bagaimana Anda akan membuat cerita Anda menarik? Apa yang akan memikat audiens Anda.

Jaga Agar Tetap Singkat

Tidak ada durasi pasti untuk video pemasaran (meskipun ada rekomendasi), tetapi aturan umumnya adalah lebih pendek lebih baik. Bersikaplah tegas dalam proses pengeditan Anda. Potong, potong, potong semua yang tidak berhubungan. Ingat, rentang penampilannya pendek, jadi manfaatkan yang terbaik dari apa yang Anda lakukan.

Menyebarluaskan Video Anda Ke Beragam Plaftorm

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyematkan link video di situs web Anda, diunggah ke YouTube milik Google, dan di semua saluran media sosial Anda. Kemudian, promosikan, promosikan, dan terus promosikan.

Rutin Menganalisa

Lacak trafik dan statistic kunjungan video maupun situs pemasaran Anda, untuk menentukan video mana yang berkinerja terbaik - dan apa yang bisa Anda pelajari dari situ. Sepanjang Tahun 2020 ini, konten video akan mencapai sekitar 74% dari semua lalu lintas online. Pelanggan Anda pastinya akan menyukai video. Begitu juga calon pelanggan juga menyukai video, yang berarti pemasaran video yang baik dapat menarik pengunjung baru.

Setiap pemasaran dengan memberikan atau menyertakan kata kunci "video" mampu meningkatan rasio pengunjung baru sebesar 19%, dan peningkatan klik-tayang sebesar 65%. Hal ini bahkan empat kali lebih banyak pelanggan yang lebih suka menonton video produk, daripada membaca deskripsi produk.

video marketing untuk kelarisan bisnis

(Baca Juga: Ketahui Faktor Yang Menentukan Bisnis Anda Laris)

 

Tantangan dalam Pembuatan Video Marketing

Dahulu kala, biaya merupakan tantangan serius bagi pebisnis yang ingin memasarkan produknya dalam bentuk video marketing. Biaya peralatan, perangkat lunak pengeditan, biaya data untuk membuat video online dan sebagainya.

Saat ini, tantangan tersebut sebagian besar sudah banyak berkurang. Memang benar, Anda masih memerlukan sejumlah anggaran seperti peralatan yang bagus, perangkat lunak pengeditan, namun kini ada banyak platform untuk menunjang video marketing yang lebih terjangkau daripada sebelumnya, tetapi tidak gratis, walau kini jauh lebih murah biayanya.

Faktanya, tantangan terbesar pemasaran melalui video marketing di sepanjang tahun 2020 ini adalah bagaimana membangun strategi pemasaran video yang solid dan efektif, bagaimana membuat konten yang banyak dibutuhkan orang, dan bagaimana membuat video yang menarik untuk dibagikan.

Selain itu, pemasar konten video harus memiliki pemahaman yang kuat tentang metrik, dan bagaimana mereka mengontrol keberhasilan video marketing dalam bentuk penambahan jumlah kunjungan ke website bisnis Anda.

Suka atau tidak, Anda perlu pertimbangkan ini: setelah menonton video, pastikan pelanggan Anda 64-85% lebih cenderung untuk melakukan pembelian daripada yang tidak nonton video.

Kirim Komentar/Reply Baru
Berapa Patokan Umum SL Pada TF H4?
Salam para master,

saya ingin bertanya, kira-kira besaran Stop Loss (SL) pada TF H4 berapa ya umumnya jika patokannya menggunkan MM? saya menggunakan SL 40pip, namun sering kesabet SLnya, kemudian harga balik sesuai prediksi.

Terima Kasih

Abdul Rohman 13 Apr 2016

Reply:

M Singgih (15 Apr 2016 02:33)

@ Abdul Rohman:
Besarnya stop loss (dalam satuan pip) tidak tergantung dari time frame trading, tetapi ditentukan dari besarnya resiko (dalam satuan uang) yang Anda sepakati untuk trade tersebut. Misal equity Anda saat itu USD 1000 dan Anda sepakat untuk mengambil resiko 2%, maka resiko maksimal Anda adalah USD 1000 x 2% = USD 20. Nah, besarnya stop loss (SL) Anda untuk trade tersebut maksimal harus USD 20.

Kemudian dari kondisi pasar yang ada (pada time frame berapapun), Anda bisa menentukan level stop loss yang paling obyektif dan logis, dan besarnya pip tergantung dari pergerakan harga saat itu, biasanya ditentukan pada level resistance terdekat (untuk posisi sell) atau pada level support terdekat (untuk posisi buy). Cara lain bisa dengan indikator Bollinger Band atau yang lain. Anda bisa baca: Beberapa Cara Menentukan Stop Loss dan Menentukan Stop Loss Dan Target Dengan Price Action (1)

Dengan stop loss yang obyektif (sesuai dengan kondisi pasar) maka kemungkinan untuk kena lebih kecil dibandingkan dengan penentuan stop loss yang asal-asalan. Setelah besarnya stop loss dalam satuan pip cukup aman, baru Anda tentukan ukuran trading (lot). Misal stop loss-nya 100 pip, maka ukuran trading: USD 20 / 100 pip = USD 0.2 per pip, atau 2 micro lot jika Anda trading EUR/USD, GBP/USD, AUD/USD atau NZD/USD.
Untuk keterangan lebih lanjut bisa baca: Hal Pokok Dalam Money Management

Cara Memanfaatkan Tiktok Untuk Bisnis
Febrian Surya 112
Bisnis  
Kiat Bisnis Online Saat New Normal
Wahyudi 140
Fintech