Cara Menentukan Support Resistance

Hanang Bunaya 23 Apr 2019 1238

Bagaimana cara menentukan support resistance yang paling akurat?

Kirim Pertanyaan Baru
Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 5    

  Reply
M Singgih
23 APR 2019

@ Hanang Bunaya:

Dimulai dari time frame yang paling tinggi, kemudian turun ke time frame yang lebih rendah. Resistance dan support pada time frame tinggi lebih valid dibandingkan dengan yang di time frame rendah.

Resistance dan support pada time frame tinggi adalah resistance dan support mayor (signifikan), dan pada time frame yang lebih rendah adalah yang minor (kurang signifikan).

Untuk keterangan dan contoh-contoh yang lebih lengkap, silahkan baca:
Beberapa Tips Dalam Menentukan Support Dan Resistance

  Reply
Kautsar
24 APR 2019

Support Resistance vs Supply Demand, bedanya apa master?

  Reply
M Singgih
25 APR 2019

@ Kautsar:

Demand atau permintaan bisa dianggap sebagai level support, sementara supply atau penawaran bisa dianggap sebagai level resistance.

Permintaan juga dapat diartikan bullish atau buy. Pada saat harga mencapai level support aksi beli akan meningkat dan harga akan naik. Sebaliknya pada level resistance pelaku pasar menganggap harga sudah terlalu mahal dan memperkirakan permintaan akan berkurang. Saat harga mencapai level resistance, tekanan jual atau penawaran akan meningkat dan harga akan turun. Penawaran juga bisa diartikan sebagai bearish atau sell.
Baca juga: Permintaan Dan Penawaran Dalam Pasar Forex

  Reply
Fariz
29 APR 2019

Support dan Resistance biasanya kuat bertahan berapa lama?

  Reply
M Singgih
1 MAY 2019

@ Fariz:

Tidak bisa dipastikan. Semakin sulit ditembus maka semakin kuat level support dan resistance tersebut. Sebaliknya, semakin sering ditembus (break), maka semakin tidak valid dan bisa diabaikan.
Support dan resistance yang diambil dari time frame tinggi akan lebih valid dibandingkan yang diambil dari time frame rendah.
Baca juga: Beberapa Tips Dalam Menentukan Support Dan Resistance

Dzulkar
29 DEC 2020

Apakah suport dan resistance itu wajib ditemukan dahulu sebelum trading? Misalnya trading tanpa pakai suport dan resistance, apakah hasilnya tidak bisa win?

M Singgih
3 JAN 2021

@ Dzulkar:

Setahu kami semua trader menentukan level-level support dan resistance sebelum entry, sebagai acuan dalam analisa, baik analisa teknikal, fundamental maupun sentimen pasar. Tanpa level-level support dan resistance, Anda tidak akan mengetahui sampai seberapa jauh harga akan terus naik jika prediksinya bullish, atau sampai seberapa jauh harga akan terus turun jika prediksinya bearish. Dalam hal ini Anda akan kesulitan menentukan stop loss (SL) dan target profit (TP).

Kirim Komentar/Reply Baru