Cara Menghasilkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula

Wahyudi 29 Mar 2021 195
Dibaca Normal 13 Menit

Tak hanya Facebook hingga Instagram yang bisa digunakan untuk berbisnis, TikTok kini juga menawarkan peluang bisnis dengan keuntungan menggiurkan. Bagaimana cara kerjanya?



Saat ini cara mencari uang dengan memanfaatkan media online semakin terbuka lebar. Bahkan platform media sosial seperti TikTok dapat dijadikan lahan untuk mencari pundi-pundi uang. Para pemula juga dapat memanfaatkannya karena aplikasi ini tidak terlalu sulit untuk dipahami.

 

Berkenalan Dengan Aplikasi Video TikTok

TikTok adalah sebuah aplikasi media sosial berbentuk video pendek, dimana para content creator dapat berinteraksi secara langsung dengan penontonnya. TikTok dibuat oleh raksasa teknologi China ByteDance dan pertama kali dirilis pada September 2016 dengan nama "Douyin". Pada November 2017, ByteDance mengakuisisi aplikasi media sosial lain bernama Musical.ly; sebuah aplikasi untuk membuat dan berbagi video lip-sync berdurasi 15 detik.

ByteDance akhirnya menutup aplikasi Musical.ly dan memasukkan sebagian besar fiturnya ke dalam Douyin. Pada Agustus 2018, ByteDance merilis versi global Douyin, yakni TikTok. Salah satu daya tarik utama TikTok adalah kecepatan algoritmanya dalam menggambarkan selera dan preferensi pengguna berdasarkan cara mereka terlibat dengan aplikasi.

Memanfaatkan aplikasi TikTok

TikTok saat ini menawarkan 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia, dengan lebih dari 2 miliar unduhan di App Store dan Google Play. Meski tergolong baru, TikTok rupanya sudah mampu bersaing dengan Facebook (2004), Twitter (2006) dan Instagram (2010). Di Indonesia sendiri, TikTok bahkan telah digunakan oleh lebih dari puluhan juta pengguna. Jadi, tidak salah jika terdapat peluang usaha pada aplikasi ini.

Dengan semakin banyaknya bisnis yang dipasarkan di TikTok, maka penting bagi freelancer maupun pebisnis untuk memahami aplikasi ini secara seksama. Tujuannya adalah agar Anda dapat membuat keputusan apakah TikTok memang aplikasi yang layak untuk mempromosikan produk, hingga menjadi sumber penghasilan tambahan bahkan utama. Untuk itu, berikut penulis jabarkan beberapa alasan menarik mengapa TikTok bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah pundi-pundi penghasilan:

  • TikTok menghasilkan 80% lebih banyak unduhan dalam dua kuartal pertama tahun 2020 (615 juta) dibandingkan dengan Q1 dan Q2 tahun 2019 (343 juta).
  • Pada Juni 2020, TikTok memecahkan rekor dan menduduki puncak kuartal tersebut dengan 25 juta unduhan di AS.
  • 13% populasi berusia 13+ menggunakan TikTok setiap bulan.
  • 46% pengguna TikTok adalah perempuan, sementara 54% adalah laki-laki.
  • AS adalah rumah bagi 59% influencer TikTok teratas.
  • Hanya 6% dari pendapatan $90.7 juta TikTok berasal dari AS.
  • TikTok memiliki hampir 45 juta pengikut di tiga platform: Instagram (26.5 juta), Facebook (17 juta), dan Twitter (1,5 juta).
  • 83% pengguna TikTok telah memposting video.
  • Seorang pengguna membuka aplikasi TikTok delapan kali sehari.

Banyak perubahan yang mungkin terjadi pada TikTok di masa mendatang. Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, jangan sampai kalah cepat dengan pengguna di negara maju lainnya ya!

TikTok untuk bisnis(Baca Juga: Cara Memanfaatkan Tiktok Untuk Bisnis)

 

Cara Menggunakan TikTok dan Algoritmanya

Cara menggunakan TikTok tergolong mudah, sehingga tak mengherankan bila aplikasi ini begitu populer di kalangan  anak-anak sebagai alternatif media hiburan. Berikut ini caranya:



  1. Unduh aplikasi TikTok dan lakukan pendaftaran.
  2. Siapkan profil Anda.
  3. Siapkan kamera kalian dan pilih efek khusus.
  4. Rekam videonya setelah itu proses upload atau share video melalui aplikasi Tik Tok.

Cara kerja dan fungsi dasar TikTok adalah pengguna dapat merekam video diri mereka sendiri dengan berbagai fitur menarik. Anda bisa menyinkronkan bibir, raut wajah; bisa menari, atau memerankan sketsa. Video TikTok bisa berdurasi hingga 15 detik, tetapi juga dapat menghubungkan banyak klip hingga total perekaman 60 detik.

Nah agar penggunaan TikTok kian maksimal, Anda perlu memahami algoritmanya terlebih dahulu, antara lain:

1. Saat video diunggah, TikTok akan menampilkannya secara acak kepada 100–500 pengguna di antara video populer. Dengan cara ini, dapat diketahui jika video tersebut mendapat perhatian. Perilaku pengguna sehari-hari juga dapat mempengaruhi konten seperti apakah yang akan ditampilkan oleh TikTok kepada si pengguna.

2. Algoritma mengukur berapa banyak video yang benar-benar ditonton dan berapa banyak suka, komentar, pembagian, dan unduhan yang diterima. Setelah menonton video, TikTok akan mengukur berapa banyak orang yang mengikuti atau menggunakan audio dari video tersebut, untuk membuat video baru.

Algoritme Tiktok

3. Algoritme akan menggunakan kecepatan keterlibatan untuk menilai video. Jika video menerima sekitar 20% lebih banyak suka dalam satu hari atau ditonton lebih dari 60%, maka video tersebut akan disebarkan ke lebih banyak orang. Dengan kata lain, video tersebut akan direkomendasikan utuk Anda. Jika rasio keterlibatan rendah, video akan ditampilkan kepada beberapa pengguna saja, sehingga membatasi jangkauan potensial.

Selain itu, TikTok mempertimbangkan elemen-elemen berikut untuk mengidentifikasi jenis video apa yang ingin dilihat penggunanya:

  • Jenis perangkat, preferensi bahasa, dan umpan balik negatif pada video.
  • Negara asal pengguna dan pembuat konten yang memposting video.
  • Klip lagu, tagar, dan teks. Algoritme melihat elemen-elemen ini untuk mengkategorikan video dan kemudian merekomendasikan lebih banyak video serupa. Itulah sebabnya halaman untuk Anda mungkin menyertakan video dengan suara yang sama.
  • Jika Anda sudah memiliki banyak pengikut di TikTok, video Anda masih bisa mendapatkan lebih banyak penayangan tanpa banyak bergantung pada kriteria di atas.

 



Tips Sukses dan Menjadi Terkenal di TikTok

Menjadi terkenal di Tik Tok adalah tujuan utama mengapa banyak orang bermain aplikasi hiburan ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan, bila ingin terkenal di TikTok:

  • Personalisasikan foto profil Anda
  • Video TikTok itu harus alami dan otentik
  • Temukan ceruk pasar yang diincar dan pertahankan
  • Posting video setiap hari secara rutin, bahkan jam postingnya juga sebaiknya terjadwal
  • Gunakan hashtag dengan bijak, jangan berlebihan
  • Manfaatkan tren yang berkembang di dunia hiburan
  • Tunjukkan sesuatu yang unik
  • Bergabunglah dengan komunitas video TikTok yang kalian suka
  • Aihkan atau tarik pengikut Anda dari akun media sosial lain ke TikTok

 

Cara Dapat Uang Dari TikTok

Awal mula media sosial diciptakan adalah agar setiap orang mudah terhubung dengan yang lain melalui jaringan dunia maya. Dalam perkembangannya, peningkatan jumlah pengguna media sosial lantas memunculkan peluang bisnis dengan penghasilan yang menggiurkan, tak terkecuali TikTok.

Sosial Media untuk bisnis

Terdapat 6 cara paling populer untuk mendapatkan uang melalui TikTok. Apa sajakah?

 

1. Melalui Sponsored Post

Sponsored post pada aplikasi TikTok bisa Anda peroleh apabila memiliki jumlah pengikut banyak. Sponsored post ini sifatnya seperti endorsement sebuah produk agar memiliki pangsa pasar lebih luas. Uang yang didapatkan melalui cara ini juga cukup lumayan.

Selama konten TikTok yang Anda buat bisa menarik para pemirsa, maka potensi untuk mendapatkan sponsored post semakin tinggi. Sayangnya, dibutuhkan proses yang tidak mudah untuk mendapatkan pengikut aktif pada platform satu ini. Anda harus benar dan tepat memilih tema video sehingga banyak menarik pemirsa.



Syarat utama bisa ikut program ini adalah akun Anda harus memiliki followers, like, dan tayangan video yang sudah mencapai ribuan. Bila pengunjung akun semakin besar, bisa jadi perusahaan, agency, hingga brand-brand tertentu akan membuat sponsored post di dalam konten video TikTok Anda.

Hasil dari bisnis sponsored post atau product placement ini lumayan menggiurkan. Untuk jumlah penggemar ribuan, setidaknya setiap sponsored post rela merogoh kocek untuk membayar akun tersebut hingga jutaan rupiah.

 

2. Jual Beli Akun

Jual beli akun bisa menjadi salah satu cara mencari uang dari TikTok. Caranya adalah dengan membuat sebuah akun, kemudian dijual ketika pengikutnya sudah cukup banyak. Akan ada banyak pihak yang membutuhkan akun dengan follower banyak, sehingga potensi pasarnya juga cukup tinggi.

Jika tujuan Anda adalah berbisnis akun untuk dijual, maka buatlah konten yang banyak kaitannya dengan bisnis. Pembeli akun TikTok hanya akan memilih akun yang ramai pengunjung. serta kontennya sejenis dengan bisnisnya. Beberapa akun yang menarik untuk dijadikan promosi adalah konten kesehatan dan hiburan.

Jual beli akun TikTok

 

3. Payout Koin

Payout koin merupakan metode paling lambat dalam menghasilkan uang dari TikTok. Anda harus mengundang orang atau menunggu event tertentu untuk bisa mendapatkan banyak koin. Cara ini bisa digunakan untuk mencari uang, tetapi kurang direkomendasikan.



Payout koin ini bisa dijadikan pelengkap atau bisnis sampingan saja. Setelah melakukan semua cara untuk mendapatkan uang dari TikTok di atas, maka payout koin bisa dijadikan penutup. Ibaratnya "iseng-iseng berhadiah"; siapa tahu bisa menggaet banyak orang dan mendapatkan banyak koin pula. Metode pencairan koin atau gift adalah dengan sistem redeem, dimana Anda bisa menukarkan gift item dari para fans dengan uang tunai senilai minimal 100 USD.

 

4. Membuat Agency Influencer

Apabila Anda memiliki kemampuan manajemen yang baik, cobalah untuk membentuk sebuah agency, dengan merekrut sejumlah orang yang memiliki bakat sebagai influencer. Praktik manajerial seperti ini sudah banyak digeluti, apalagi dengan potensi keuntungan yang lumayan besar.

Bisnis utamanya adalah agency menawarkan jasa influencer kepada klien yang ingin mempromosikan produk atau jasanya. Anda pun bisa mendapatkan uang dari tarif agency yang ditentukan. Coba saja mulai dengan membentuk agency digital kecil-kecilan lengkap dengan tim untuk mengatur divisi marketing, branding, hingga produksi konten. Pasar yang besar dari penikmat TikTok membuat peluang jasa agency ini juga kian bagus.

Pentingnya Branding(Baca Juga: Cara Ampuh Memperkuat Brand Identity Bisnis Untuk Pemula)

 

5. Jasa Pengelola Akun

Semakin bertambahnya influencer, tentu jasa untuk mengelola akun semakin dibutuhkan. Sangat tidak mungkin seorang influencer TikTok dapat mengelola akun sendiri dengan banyaknya jumlah pengikut. Dibutuhkan video yang aktif diunggah, dan di sinilah peran pengelola akun.

Biasanya, para pengelola akun akan meng-handle beberapa akun dalam satu gadget, sehingga smartphone dengan spesifikasi mumpuni amat dibutuhkan. Pastikan juga Anda memiliki koneksi internet stabil dan cepat, agar proses upload konten tetap sesuai jadwal.

Keistimewaan berbisnis jasa pengelola akun ini adalah tidak terikat tempat dan waktu. Semuanya bisa dilakukan dari rumah, cafe, tanpa ada jam kerja sama sekali. Tentu bisnis ini menarik bagi yang sekedar ingin mencoba menambah penghasilan dari waktu luang yang tersedia.

 

6. Menjual Produk Branded Merchandise

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan menjual produk branded merchandise. Pastikan brand yang Anda tawarkan memiliki keunikan tersendiri dan dapat menarik minat banyak orang, sehingga pangsa pasar akan lebih luas dan potensi membuka perusahaan sendiri bermodalkan Android semakin terbuka lebar.

Dengan keenam cara tersebut, siapa saja bisa mendapatkan uang jajan hingga modal masa depan dari TikTok. Platform ini memiliki potensi besar yang bisa dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan. Segera lakukan tips tersebut jika ingin mendapatkan pundi-pundi uang secara mudah dari media sosial.

 

Cara Meningkatkan Popularitas Akun TikTok

Seperti ulasan diatas, media sosial tidak hanya digunakan untuk berbagi dan menemukan hiburan, tetapi juga bisa menjadi peluang bisnis masa kini. Nah di antara 6 metode di atas, satu yang paling menarik adalah menjadi influencer di TikTok. Influencer ini bisa mendapatkan keuntungan dari iklan, endorsement, jual merchandise, hingga menjual akun TikTok itu sendiri. Tidak sedikit pula yang mendapat keberuntungan diundang oleh berbagai stasiun televisi maupun Youtube untuk diajak kolaborasi. Apa rahasianya?

Kunci utama dan paling mendasar bagi seorang influencer adalah memiliki akun dengan popularitas tinggi. Adapun caranya bisa Anda simak pada ulasan berikut ini:

 

1. Buat Video Unik dan Menarik

Para pengikut tentu akan tertarik dengan berbagai macam konten unik dan menarik. Ketertarikan terhadap video yang Anda buat, meski hanya 1 menit saja, akan menambah jumlah like dan pengikut.

Semakin besar jumlah follower, maka semakin banyak jumlah view-nya. Banyaknya jumlah view ini akan ditangkap oleh sistem pada TikTok, sehingga bukan tidak mungkin video Anda akan direkomendasikan oleh TikTok. Video TikTok yang viral tidak harus dibuat dengan proses rekam yang rumit dan canggih. Penggemar TikTok suka akan konten video yang alami, tidak dibuat-buat, menyangkut keseharian yang dialami oleh pemilik akun. Apalagi jika hasilnya berupa video edukasi atau hiburan, akan makin banyak lagi penggemarnya.

manfaatkan akun TikTok

 

2. Optimasi Caption, Tag, dan Hashtag

Caption atau judul video juga sangat membantu jumlah viewer. Anda harus mempelajari judul-judul yang clickbait, sehingga akan membuat para follower penasaran untuk melihat isi konten yang dibuat.

Anda juga bisa memanfaatkan tag untuk menarik para follower dari akun lain yang menggunakan tag Anda tersebut. Manfaatkan akun-akun yang memiliki jumlah follower banyak, kemudian tag pada postingan Anda.

Sementara itu, hashtag akan membantu para follower menemukan postingan Anda lebih mudah. Poin yang satu ini berguna dalam sistem pencarian di TikTok. Semakin baik hashtag yang Anda berikan, semakin banyak orang bisa menemukan postingan Anda.

 

3. Hubungkan ke Sosial Media Lain

TikTok memang semakin populer dan semakin banyak penggunanya. Dengan memanfaatkan media sosial yang lain seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga YouTube, tentu akan menambah jumlah pengunjung akun TikTok Anda.

Cara mendapatkan uang dari YouTube(Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube)

 

4. Konsisten

Konsisten untuk membuat konten menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi, karena sistem pada TikTok juga akan membaca hal ini. Jika view Anda besar tapi tidak konsisten, lama kelamaan juga tidak akan membuat follower Anda bertambah.

 

Cara Membuat Konten TikTok yang Menarik

Membuat konten TikTok yang menarik harus memperhatikan beberapa hal dasar. Sebelum masuk ke dalam ide kreatif, hal-hal dasar ini sangat penting, agar membuat banyak orang semakin tertarik.

 

1. Perhatikan Penampilan

Penampilan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Tidak harus selalu cantik atau ganteng, penampilan yang menarik bisa berupa penampilan yang unik, memperhatikan kebersihan, pakaian, dan lain sebagainya. Paling tidak pakaian yang digunakan tidak asal-asalan.

 

2. Pilih Lagu yang Sesuai dan Lagi Nge-Hits

Lagu yang sedang nge-hits tentunya lebih familier dan akan lebih mudah diterima oleh penonton. Penerimaan penonton inilah yang juga menjadi salah satu faktor banyaknya follower yang bisa Anda dapatkan.

 

3. Ambil Ide Kreator Lainnya

Sudah menjadi hal yang wajar di TikTok untuk membuat konten yang idenya mirip bahkan sama dengan kreator lainnya. Akan tetapi, Anda harus bisa me-remake sendiri dengan versi berbeda.

 

4. Menggunakan Aplikasi Editor

TikTok memberikan fitur yang sangat menarik dalam pembuatan video. Anda bisa memanfaatkannya dengan berbagai filter yang disediakan tersebut. Fitur-fitur canggih ini pastinya akan membuat konten Anda lebih berwarna.

 

5. Pastikan Gerakan Mengikuti Tempo

Salah satu kunci dalam membuat konten adalah dengan cara menikmati konten itu sendiri. Maksudnya, Anda harus bisa mengikuti tempo musik atau dialog, seakan menyatu dengan gerakan dan dialog yang dilakukan. Ketika Anda merasa menikmatinya, tentunya para penonton juga bisa merasakan hal yang sama.

 

6. Kolaborasi dengan Kreator Terkenal

Berkolaborasi dengan kreator terkenal pastinya akan meningkatkan jangkauan penonton Anda, terutama penonton yang Anda ajak kolaborasi tersebut. Cara ini terbukti mampu menambah follower dan pastinya banyak orang yang juga menyukainya, terutama fans dari kreator yang terkenal tersebut.

Itulah cara agar Anda bisa menghasilkan uang dari TikTok. Meski pemula, kesempatan ini masih terbuka lebar bagi Anda asal Anda bisa membuat konten menarik serta mengembangkan akun, sehingga jumlah follower Anda terus meningkat setiap hari.

Forum

Andriana (30 Nov 2019)

Pak bgmn cara mmsang SLTP yg bnar? Bolehkah pasangnya cm asal selisih brpa pip dg entry?

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Cara mencari exit position dengan indikator?

bagaimana caranya mencari exit position dengan indikator teknikal?

Aan Lee 29 Oct 2014

Reply:

Basir (29 Oct 2014 13:45)

Untuk hal ini tergantung dari indikator yang digunakan. Sebagai contoh kami sajikan bagaimana exit position menggunakan pivot point dan parabolic sar : Menerapkan Entry Dan Exit Pada Pivot Point dan Indikator Parabolic Sar Sebagai Exit Point.

Thanks.

ChrisTar (02 Nov 2014 00:16)

sebaiknya menggunakan indikator trading seperti trend dan oscillator, dan saat harga sudah jenuh dan tidak sesuai trend sebaiknya posisi segera ditutup. terimakasih

Sugiono (08 Nov 2014 16:58)

Tapi gan, oscillator kan meski udah jenuh tetep bisa aja terus melanjutkan perjalanannya. Nanti kalau udah terlanjut di close posisinya yang rugi ga ketutup donk. Yang untung juga malah tambah dikit profitnya.

Mas Sinar (08 Aug 2018 17:09)

Betul kata pak Sugiono. kalau patokannya oscillator bisa lanjut terus meski udah ovebought atau oversold. Mari serahkan ke pak m singgih atau tim sf saja jawabannya

M Singgih (13 Aug 2018 04:29)

@ aan lee, ChrisTar:

Dengan exit point yang mengandalkan indikator teknikal, berarti Anda akan menutup posisi secara manual, atau tidak menentukan target ketika entry. Dengan exit secara manual, belum tentu risk/reward ratio Anda lebih besar dari 1:1. Biasanya exit secara manual dilakukan kalau Anda trading dengan cara scalping, yaitu begitu profit langsung keluar.

Untuk exit secara manual berdasarkan indikator teknikal, tergantung dari kondisi pergerakan harga, sedang trending atau sideways. Jika sedang trending, Anda bisa exit berdasarkan penunjukan indikator trend seperti moving average, MACD, parabolic SAR atau Bollinger Bands.
Jika sedang sideways, exit manual bisa berdasarkan indikator oscillator seperti RSI atau stochastic, dengan mengamati area oversold / overbought.
Untuk penerapannya, silahkan baca di kumpulan artikel ini.

Untuk mengetahui pergerakan harga sedang trending atau sideways, bisa diamati dari indikator ADX, moving average, atau MACD.

@ Sugiono:


Ya, benar, untuk itu sebelum closing secara manual, pastikan pergerakan harga sedang trending atau sideways, dengan mengamati indikator ADX, moving average, atau MACD.

Biasanya kurva atau garis histogram ADX yang menurun menunjukkan trend yang sedang melemah, dan jika sudah di bawah level 20-25, biasanya pergerakan harga akan cenderung sideways. Tetapi kalau ADX masih di atas 25 dan tidak ada tanda-tanda penurunan, maka trend masih kuat, dan tidak harus exit berdasarkan indikator oscillator.

 

indikator-adx-1

Perbandingan Bunga P2P Lending
Perbandingan Bunga P2P Lending
Sistem   9 Apr 2021   107  
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Melati   9 Apr 2021   61  
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Linlindua   31 Mar 2021   466  
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Wahyudi   31 Mar 2021   139  
Panduan Lengkap Cara Membaca Candlestick Cryptocurrency
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Linlindua   30 Mar 2021   214  
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
Nandini   30 Mar 2021   122