Cara Menghindari Penipuan Developer Berkedok Syariah

Febrian Surya 24 Apr 2020
Dibaca Normal 6 Menit
bisnis > keuangan >   #bodong   #syariah   #penipuan   #developer   #scam   #blacklist
Ingin membeli perumahan dengan KPR syariah? Sebaiknya terapkan cara-cara berikut agar terhindar dari penipuan developer berkedok syariah.

Kasus penipuan yang melibatkan developer berkedok syariah bukan hanya terjadi satu atau dua kali saja, tapi sudah begitu sering hingga amat meresahkan masyarakat Indonesia. Modus-modus penipuan seperti mengiming-imingi masyarakat dengan penawaran harga rumah yang jauh di bawah rata-rata, menjadi cara yang seringkali dilakukan oleh oknum developer nakal tersebut.

Para developer umumnya akan memposting sebuah brosur di internet dan lain sebagainya, dengan menawarkan pembangunan perumahan syariah di suatu daerah. Untuk menyakinkan calon konsumen, pihak pengembang mendirikan kantor pemasaran dan contoh proyek rumah yang akan dibangun di tempat tersebut, agar calon konsumen percaya bahwa proyek perumahan berbasis syariah tersebut memang benar adanya. Para korban nantinya akan dimintai sejumlah uang yang nantinya akan digunakan untuk pembebasan lahan. Padahal, sebenarnya mekanisme pembelian rumah dengan cara ini sudah menyalahi aturan.

Selain itu, para developer berkedok syariah biasanya menarik minat para korbannya dengan kemudahan dalam proses pengajuan, di antaranya:

  • Tanpa BI Checking.
  • Tanpa Riba.
  • Cukup KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  • Hanya perlu membawa booking fee.
  • Penawaran harga rumah.
  • Tanpa bunga kredit.

Perumahan syariah sangat diminati oleh masyarakat, lantaran memiliki cicilan tetap setiap bulan hingga masa kredit selesai, atau menganut akad kredit Mudharabah. KPR syariah juga tidak menerapkan denda bila kamu ingin mempercepat pelunasan KPR syariah, berbeda dengan KPR konvensional yang membebankan nasabah sebesar 5% dari pokok utang yang belum dibayarkan. Ini membuktikan bahwa KPR syariah memiliki keunggulan selain dari sisi kepatuhannya terhadap aturan Islam yang sudah membuatnya lebih kompetitif bagi umat Muslim. Akibatnya, banyak orang menganggap bahwa KPR syariah itu lebih murah dibanding KPR biasa. Padahal, hal itu sebenarnya tergantung dari keadaan pasar dan kebijakan yang diambil oleh Bank Syariah serta faktor-faktor lainnya.

Hindari penipuan developer syariah(Baca juga: Mengenal KPR Syariah Vs Konvensional, Mana Yang Lebih Baik?)

Jika kamu termasuk orang yang tertarik mengambil KPR syariah, maka lakukan beberapa hal penting berikut ini agar tak tertipu oleh developer nakal yang memanfaatkan tingginya animo masyarakat terhadap jenis KPR pilihanmu:

 

1. Cek Kelengkapan Izin

Setidaknya, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek kelengkapan izin dari pihak developer. Ada tujuh izin yang seharusnya dimiliki oleh pengembang, diantaranya adalah:

  • Izin Prinsip
  • Izin Pemanfaatan Tanah (IPT)
  • Izin Site Plan
  • Izin Pell Banjir
  • Izin Pengeringan
  • Izin Ketinggian Bangunan
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Ketujuh surat perizinan di atas menjadi hal yang wajib dimiliki oleh pihak developer saat ingin membangun sebuah perumahan di Indonesia, tak terkecuali perumahan berbasis syariah sekalipun. Jika mereka tidak bisa menunjukkan surat-surat izin tersebut dan cenderung menutup-nutupinya, kamu perlu waspada dan mencurigai bahwa developer tersebut adalah developer bodong. 

Selain itu, kamu juga bisa menanyakan secara detail, bagaimana kompensasi atau tanggung jawab pihak developer bila sewaktu-waktu terjadi pelanggaran kontrak atau perjanjian. Misalnya saja, rumah tidak rampung sampai batas waktu yang telah ditentukan dan lain sebagainya. Untuk developer yang telah memiliki kredibilitas yang baik, pasti mereka dapat menjelaskan secara rinci terkait ganti rugi bila terjadi pelanggaran kontrak perjanjian antara pihak pengembang dan pembeli.

 

2. Cari Tahu Mitra KPR Yang Bekerjasama

Semakin besar nama developer yang membangun kompleks perumahan, biasanya akan semakin banyak pula kemitraan yang menjalin kerjasama dengannya. Bila kamu temukan ada nama-nama bank besar seperti BCA syariah, Mandiri syariah, BNI syariah, dan lembaga keuangan syariah lainnya, maka itu bisa menjadi contoh yang cukup menjanjikan. Tentunya, bank-bank yang telah memiliki standar nasional tidak sembarangan dalam memilih mitra KPR. Agar lebih terkonfirmasi, kamu juga bisa menghubungi call center dari bank-bank yang diklaim menjadi mitra developer.

 

3. Cek Nama Developer Di Asosiasi Pengembang

Legalitas atau nama besar dari pihak developer memang perlu diperhatikan secara baik-baik oleh calon pembeli rumah berbasis syariah. Oleh karenanya, kamu bisa mengetahui apakah developer itu bodong atau tidak melalui asosiasi pengembang seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan Seluruh Indonesia (APPSI), dan Himpunan Pengembang Pemukiman Dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA). Sebab, organisasi-organisasi ini adalah tempat bernaungnya seluruh pengembang di seluruh Indonesia, dan memiliki seleksi ketat dari segi kelayakan bagi developer mana pun yang ingin bergabung di bawahnya.

Asosiasi Pengembang Rumah(Baca juga: Cara Memilih Developer Terpercaya Agar Tak Terjebak Penipuan KPR)

Jadi, bila kamu menemukan bahwa nama pengembang perumahan berbasis syariah tidak ada di daftar keanggotaan dari contoh organisasi di atas, lebih baik pikir-pikir lagi untuk membeli rumah dari developer tersebut.

 

4. Jangan Tergiur Dengan Harga Rumah Murah

Harga murah menjadi salah satu senjata andalan bagi para developer bodong untuk memperdaya para korbannya. Oleh sebab itu, kamu perlu berpikir secara rasional, apakah harga rumah yang ditawarkan tersebut masuk akal bila kamu bandingkan dengan harga pasaran di lokasi tersebut, baik berdasarkan spesifikasi bangunan maupun harga tanah (Baca juga: Cara Developer Menentukan Harga Jual Rumah).

Untuk menghindari risiko kerugian akibat membeli rumah berbasis syariah dari developer bodong, kamu bisa membeli rumah berbasis syariah bila ada wujud fisiknya, bukan yang hanya bisa dilihat dari gambarnya lewat brosur. Prinsip syariah pada dasarnya memang melarang penjualan barang tanpa ada bentuk fisik.

 

5. Jangan Terbuai Mudahnya Proses Pengajuan Yang Ditawarkan Developer

Pengajuan KPR Syariah, sama halnya dengan KPR biasa yang prosesnya memerlukan dokumen-dokumen pendukung. Bila kamu menemukan ada developer rumah syariah yang menjanjikan proses pengajuan dengan mudah dan cepat, kamu patut curiga. Contohnya, persyaratan dokumen yang diminta developer ternyata tidak sesuai dengan dokumen-dokumen resmi yang diperlukan saat mengajukan KPR syariah di bank. Selain itu, proses pengajuan pembelian rumah tanpa melalui BI checking juga patut dipertanyakan. Hal itu karena aturan Bank Indonesia (BI) mengharuskan semua pengajuan kredit untuk melalui proses BI checking, guna mengetahui apakah nasabah tersebut masuk dalam Daftar Hitam Nasional (DHN) atau tidak.

jangan tergiur dengan harga rumah murah

 

Jika tujuanmu mengambil KPR syariah adalah untuk keperluan investasi dan kamu masih awam dengan hal itu, maka ada baiknya untuk memperhatikan kiat-kiat dalam artikel "Trik Jitu Investasi Properti Untuk Pemula".

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Ibnu Kamil |  10 Mar 2021

Kan banyak tuh kasus penipuan broker lokal, nasabahnya bilang kalau modalnya tiba2 raib. Nah, padahal di brokernya kan bilang kalau ada segregated account, yang uangnya diawasi oleh bappebti dan katanya brokernya sendiri aja ga bisa menggunakan uanh nasabah tersebut. Namun kenapa uang nasabah bisa hilang sampai ratusan juta di broker lokal? Apakah segregated account itu hanya gimik?

Lihat Reply [22]

@ Ibnu Kamil:

Mengenai modal yang tiba-tiba hilang dengan sendirinya, kami belum pernah tahu kalau ada kejadian seperti itu. Setahu kami kejadian yang biasanya merugikan klien adalah modal yang berkurang banyak setelah ditradingkan oleh orang lain, dalam hal ini terkena margin call (MC) dan klien disarankan untuk menambah modal.

 

M Singgih   13 Mar 2021

Kalo "orang lain"nya itu dari marketing broker terkait, apakah saya bisa melaporkan broker tersebut ke pihak berwajib?

Soalnya dia mengiming-iming bakal ada profit yang secara rutin dilaporkan. Namun sampai 3 bulanan lebih lost kontak. Dan akun saya tidak bisa diakses.

Ibnu Kamil   16 Mar 2021

@ Ibnu Kamil:

Mengenai hal tsb, setahu kami bisa diadukan ke Bappebti selaku pengawas perusahaan broker, jika broker tsb memang telah teregulasi oleh Bappebti, dengan disertakan bukti-bukti.

 

M Singgih   17 Mar 2021

Selain dari aspek regulasi, kita dapat mengukur kredibilitas broker forex berdasarkan sedikitnya tiga hal:

  • Relasi antarperusahaan. Umpamanya, broker forex tersebut merupakan anak usaha dari suatu perusahaan keuangan multinasional ternama yang sudah beroperasi dengan baik selama berpuluh tahun. Contohnya seperti Forex.com yang merupakan anak usaha dari Gain Capital (perusahaan sudah go public di bursa saham New York).
  • Rekam jejak. Umpamanya, perusahaan broker yang sudah berdiri selama 10 tahun tentu akan lebih terpercaya daripada broker yang baru berdiri bulan lalu. Lebih baik lagi jika perusahaan berumur >10 tahun itu memiliki reputasi yang baik, ramah pada trader, tidak pernah menunda withdrawal, dan memiliki kualitas eksekusi yang unggul.
  • Tokoh korporat. Umpamanya, perusahaan broker forex tersebut didirikan oleh tokoh-tokoh terkenal yang sering muncul pada forum internasional dan memiliki reputasi yang baik. Contohnya seperti Pepperstone yang dua orang pendirinya (Owen Kerr dan Joe Davenport) merupakan enterpreneur muda ternama di Australia. Contoh yang lebih baru adalah para pendiri Robinhood asal Amerika Serikat.
Aisha   11 May 2022

Halo bu, ketika memilih broker, pastikan Anda memilih broker yang sudah teregulasi.

Caranya, Anda bisa akses ke situs resmi Bappebti, masuk ke menu "daftar pialang berjangka" lalu cek nomor regulasinya. Selain itu, broker resmi Indonesia juga memiliki kantor resmi yang bisa dilacak alamatnya. 

Dengan memilih broker-broker yang teregulasi BAPPEBTI, keamanan dana dan aktivitas trading Anda akan lebih terjamin, karena ada seperangkat peraturan hukum yang mengikat. 

Kami juga telah merangkum rekomendasi broker-broker lokal terbaik di halaman ini.

Ananta   18 May 2022

Halo pak/mas, saya ditawari trading sama temen. Tapi nama brokernya saya rasa asing gitu. Cara ngecek broker Indonesia yang terpercaya gimana ya? Terimakasih sblmnya. 

Vivi   2 May 2022

Apa ciri-ciri broker forex terpercaya selain dari regulasinya?

Nay Nay   10 May 2022

Bagaimana melaporkan kecurangan di broker lokal, dan kepada siapa kita harus melaporkannya?

Yuan GG   7 Jun 2022

Sebelum melaporkannya, pastikan Anda telah mengumpulkan bukti-bukti kecurangan yang terjadi. Anda harus memastikan bahwa poin-poin yang muncul benar-benar kesalahan broker, bukan kesalahan pada trader yang tidak teliti membaca syarat dan ketentuan maupun kesalahan manajemen keuangan.

Jika Anda memiliki kontak Wakil Pialang Berjangka yang menangani akun, catat baik-baik.

Selanjutnya, Anda bisa melaporkan ke Bappebti. Sebaiknya, Anda mengumpulkan terlebih dahulu klien-klien lain yang menjadi korban kecurangan agar laporan bisa lebih kuat. 

Ananta   13 Jun 2022

Broker lokal mana ya yang paling lama beroperasinya dan gaada masalah penipuan nasabah dsb, mohon infonya donk trims. 

Anisah Fatimatuz   21 Jun 2022

Jika dilihat dari histori terdaftarnya, broker yang paling veteran di Indonesia ada:

1. Askap Futures (sejak tahun 1998)

Per tahun 2020 kemarin, Askap Futures sekarang telah berganti nama menjadi MRG Mega Berjangka dan memaksimalkan fitur Social Tradingnya. Anda bisa menyimak review broker Askap di sini

2. Monex Investindo Berjangka alias MIFX (sejak tahun 2000)

Broker Monex sudah berdiri selama 22 tahun lebih. Hingga saat ini, penawaran utamanya berpusat pada spread rendah dan platform trading yang terus mengikuti perkembangan jaman. Anda bisa menyimak review broker Monex di sini.

Ananta   29 Jun 2022

Pola-pola seperti apa yang biasa digunakan broker scam untuk menipu trader?

Robby   29 Jun 2022

Banyak sekali modus broker scam. Antara lain, yang paling populer:

  • Menjanjikan keuntungan fantastis atau bebas loss.
  • Mencatut nama broker berizin dan lembaga otoritas sah.
  • Memberikan iming-iming bonus dan hadiah untuk mengajak korbannya menyetor modal trading dalam jumlah besar.
  • Menyediakan robot atau sinyal trading yang sudah dimanipulasi.
  • Menyediakan fasilitas PAMM (Managed Account) yang seolah-olah memberikan kesempatan bagi trader agar uangnya dikelola oleh trader profesional.
Aisha   1 Jul 2022

Untuk yang model memberi iming-iming hadiah kek, no deposit bonus...dan apakah dananya tidak bisa di WD? apakah itu termasuk tanda-tanda broker scam?

Gandi   1 Jul 2022

Hampir semua broker bisa memberi hadiah. Tentu saja nggak semuanya itu scam.

Lalu, apa bedanya antara hadiah broker scam dan bukan scam? Semua itu tergantung pada dua hal:

  • Baca S&K sebelum ikut program hadiah apa pun.
  • Cari tahu apakah broker itu sudah berizin atau belum, dan perizinannya dari lembaga apa.

Broker yang perizinannya ketat, biasanya nggak berani bikin modus scam berkedok bonus. Tapi broker yang perizinannya longgar, mereka bisa saja bikin program bonus yang bikin modal kita nggak bisa ditarik.

Aisha   3 Jul 2022

Cara membedakan broker penyedia fasilitas PAMM yang amanah dengan tidak seperti apa ya kak? Apa saja yang sebaiknya kita tanyakan sebelum deal? 

Marnie   20 Jul 2022

Kalau menurutku sih ya, yang terpenting itu regulasinya. Kalau broker itu punya ijin/lisensi dari lembaga regulator yang kredibel, maka dia bisa dipercaya. Kalau tidak, maka tidak bisa dipercaya.

Lembaga yang bisa dipercaya itu didukung undang-undang negara yang besar, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dll. Tapi ya, lembaga regulator yang terpercaya biasanya melarang broker membuat program PAMM. Dan sejauh ini enggak pernah lihat ada fasilitas PAMM dari broker yang punya lisensi bener.

Aisha   21 Jul 2022

Saya fresh grad. Sekarang ini banyak banget lowongan kerja yang bertuliskan futures2, ternyata dijadiin pialang terus banyak yg nglarang saya buat lanjut kak. Emangnya pekerjaan jadi broker itu emang selalu nipu2 kah? Bagian admin dsbnya juga kudu nipu biar gajian?

Astiti   8 Aug 2022

Lowongan kerja pada broker futures itu biasanya bermasalah bukan karena karyawan baru harus menipu calon nasabah, melainkan karena rekrutmen kerja mereka sering dijadikan kedok broker untuk menjaring nasabah pemula.

Berdasar kasus yang sudah banyak terjadi: Ketika seseorang yang lolos lowongan itu masuk ke masa percobaan di broker futures, dia mungkin diminta untuk deposit dan berlatih trading pada akun riil. Dengan begitu, si broker memperoleh "klien" sekaligus "karyawan baru" hasil rekrutmen kerja tadi. Padahal, si broker nantinya belum tentu memberikan pembinaan/edukasi yang sesuai untuk si "karyawan baru/nasabah". Si broker juga belum tentu meloloskannya dari mana percobaan untuk menjadi karyawan permanen.

Modus penjaringan nasabah dengan berkedok rekrutmen kerja seperti ini sudah dilarang oleh Bappebti. Namun, selalu ada rumor yang muncul dari tahun ke tahun, karena banyak sekali karyawan kantor cabang broker futures di daerah yang tidak memahami adanya aturan ini (atau memang sengaja melanggar).

Tentu saja, tidak semua lowongan broker futures itu abal-abal. Ada juga lowongan broker futures yang tulen, benar-benar mencari karyawan sungguhan. Hanya saja, menurut saya, lowongan seperti itu sebenarnya lebih cocok untuk mereka yang sudah paham soal futures.

Kalau kamu belum paham futures (apalagi bukan lulusan justrusan ekonomi/keuangan), maka kamu mungkin akan mudah terjebak ranjau karena nggak bisa membedakan mana rekrutmen tulen dan abal-abal. Kalaupun rekrutmen broker itu tulen, kamu pun akan sulit menunjukkan kinerja yang bagus karena harus belajar dari nol dalam bidang yang benar-benar asing.

Aisha   3 Oct 2022

Jika dana klien sudah hilang dengan alasan ditipu oleh oknum karyawan broker. Apakah Bappebti bisa menggembalikan modal yang hilang tadi?

Wardoyo   4 Oct 2022

Bappebti merupakan lembaga pengawas pasar berjangka. Tugas mereka antara lain menertibkan pasar, menerbitkan izin bagi pialang dan wakil pialang, memonitor, menjatuhkan sanksi, dlsbg. Namun, Bappebti bukan lembaga penyedia kompensasi dana seperti Lembaga Penjamin Simpanan.

Dalam kasus sengketa antara klien dengan broker, Bappebti mungkin bertindak sebagai mediator. Apabila mediasi berhasil, maka klien mungkin akan mendapatkan pengembalian dana dari broker.

Apabila mediasi gagal, Bappebti mungkin dapat menjadi saksi dalam gugatan ke pengadilan. Atau jika suatu broker terbukti telah berulang kali melanggar peraturan, Bappebti dapat menjatuhan sanksi mulai dari pembekuan sampai pencabutan izin. Namun, Bappebti tidak dapat mengembalikan modal yang hilang selama pihak broker tidak mengaku bersalah. Ingat, Bappebti bukan lembaga penyedia kompensasi dana seperti Lembaga Penjamin Simpanan.

Selain itu, ada pertanyaan lain yang patut dipertimbangkan oleh sang klien: Dia merasa ditipu di sebelah mananya?

Kasus yang seringkali terjadi di lapangan, orang-orang awam yang tidak paham dunia keuangan itu mengklaim ditipu investasi ini-itu semata-mata karena mereka tidak punya ilmunya. Sedangkan dari segi hukum, karyawan broker atau lembaga keuangan lain mungkin tidak melakukan pelanggaran.

Mari ambil contoh kasus "penipuan asuransi" yang sering dituduhkan pada karyawan A*A Mandi** dan kawan-kawan. Nasabah sendiri yang memilih produk asuransi unit link lantaran tergiur pada iming-iming profit besar, tetapi mereka juga yang protes ketika asuransi unit link-nya merugi. Padahal, mereka sendiri seharusnya sudah tahu bahwa asuransi unit link itu bisa untung dan rugi selaras dengan kinerja pengelolaan investasi di pasar.

Perlu diingat: Menggunakan jasa layanan keuangan itu mirip dengan beli mobil. Penjual hanya menjual barang kepada pembeli, dan tidak berkewajiban untuk mengajari pembeli agar bisa mengemudi mobil sampai mahir. Seandainya pembeli yang tidak bisa menyetir itu langsung menabrak tiang setelah keluar dari diler, maka penjual jelas tidak bertanggung jawab.

Demikian pula dengan layanan keuangan: Broker, asuransi, bank, dan lembaga keuangan lain hanya menyediakan produk investasi beserta keterangan perjanjiannya. Mereka tidak berkewajiban memandu calon nasabah untuk meneliti ayat-ayat perjanjian satu per satu, juga tidak bertanggung jawab mengajari trading sampai jadi pakar. 

Nah, kembali lagi ke pertanyaan "Jika dana klien hilang dengan alasan ditipu oleh oknum karyawan broker, apakah Bappebti bisa mengembalikan modal yang hilang?"

Mayoritas kasus di lapangan, dana klien hilang karena si klien itu sendiri meneken perjanjian yang tidak dipahaminya. Dalam situasi seperti itu, broker tidak dapat dituduh menipu di mata hukum. Bappebti juga tidak akan memihak klien.

Memang ada pula banyak kasus di mana oknum karyawan broker benar-benar menipu klien. Dalam situasi seperti ini, broker yang bersalah dapat mengambil inisiatif untuk mengembalikan dana klien. Tapi kalau broker yang bersalah tidak mau mengembalikan, maka satu-satunya jalan bagi klien adalah melaporkan ke polisi atau menggugat ke pengadilan.

Aisha   4 Oct 2022

Wah ada baiknya kita sebagai klien/trader membaca dengan benar syarat dan ketentuan kontrak yang berlaku sebelum menandatangani atau setuju dengan kontrak.

Setau saya kalau udah teken kontrak udah susah digugat ya karena biasa udah dianggap menyetujui segala resiko dan kehilangan.

Jullianto   14 Nov 2022
 Phutut |  11 Jun 2021

Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri? Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari platform trading tersebut?

Lihat Reply [25]

Untuk Agung...

Anda bisa menghungungi broker yang bersangkutan, bisa jadi ada sistem yang eror atau yang lainnya.

Thanks.

Basir   3 Mar 2016

Ataukah mungkin ini ada manipulasi dari broker? Entah yang mana yang memanipulasi, tapi kalau sampai terbentuk candle yang beda, bukankah ini cukup jadi warning untuk mencurigai broker?

Silvi   4 Mar 2016

Untuk Silvi..

Hal itu bisa terjadi, atau ada sistem/ pengamanan yang jebol oleh lonjakan harga. Jika broker tersebut bertanggung jawab, maka mereka akan melakukan kompensasi.

Thanks.

Basir   8 Mar 2016

Untuk Anto,

Dari hasil penelusuran kami, Fin888 Autotrade adalah perusahaan yang khusus menyediakan layanan copytrade atau robot trading bagi para investornya. Sedangkan untuk broker yang digunakan, pada halaman resminya menyatakan bahwasanya layanan ini menggunakan broker

Samtrade FX sebagai broker utamanya. Samtrade FX sendiri adalah broker forex yang berasal dari Saint Vincent and the Grenadines. Broker ini mengklaim dirinya terlisensi oleh badan regulator FSA (SVG), ASIC (Australia), dan juga FINTRAC (Canada). Meskipun telah terlisensi, agaknya popularitas broker ini kurang begitu menonjol untuk kalangan trader Indonesia.

Kesimpulannya, kami sarankan Anda untuk berhati-hati dan mencari informasi terlebih dahulu mengenai performa dari layanan copytrade yang ditawarkan. Jikapun Anda tertarik untuk mengikuti layanan ini, Anda boleh saja mencobanya. Akan tetapi kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan layanan ini dengan broker lain yang lebih jelas status regulasinya. Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   3 Mar 2021

@ Phutut:

- Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri?

Broker membuat platform sendiri adalah karena policy perusahaan tsb, antara lain untuk promosi agar platformnya bisa dikenal secaa luas. Meski demikian tidak banyak broker yang membuat platform sendiri, kebanyakan menggunakan platform yang sudah eksis seperti Metatrader.


- … Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari pla form trading tersebut?

Bukan, tertapi tergantung dari harga yang diberikan oleh penyedia likuiditas atau liquidity provider dari broker tsb. Harga yang diberikan oleh setiap broker memang bisa berbeda dengan broker lainnya, tetapi perbedaannya tidak jauh.

M Singgih   13 Jun 2021

Rekomandasi platform trading selain MT4 apa ya pak. Yang tampilannya lebih friendly dan mudah dipahami. Matur nuwun.

Anam   18 Jun 2021

@ Anam:

Silahkan Anda coba platform Streamster.

M Singgih   20 Jun 2021

@ Wijaya:

Bisa saja diretas jika peretas tahu nomor Login dan Password Anda. Peretas bisa mentradingkan akun Anda,tetapi tidak bisa menarik dana yang ada di balance karena untuk withdraw harus masuk ke rekening atas nama Anda sesuai dengan saat Anda mendaftar di broker. Mengenai Anda tidak bisa login, mungkin saja si peretas telah mengganti password.

Dalam hal ini Anda memang harus menghubungi CS broker. Kalau tidak direspon Anda bisa komplain ke badan regulator yang memberi regulasi broker tsb.

Kami harap Anda trading di broker yang diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.
Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

M Singgih   15 Sep 2021

Setelah saya baca-baca di situs brokernya, mereka tergulasi IFSC pak. Saat ini sudah saya kirimi email. Bila tidak direspon gimana pak soalusinya? Terima kasih

Wijaya   15 Sep 2021

@ Wijaya:

Jika broker tidak merespon memang harus ke regulator. Menurut kami tunggu saja jawaban dari badan regulator yang seharusnya bertanggung jawab atas broker tsb. Jika ternyata tidak direspon juga, menurut kami Anda harus merelakan dana Anda karna tidak ada cara lain. Anggap saja brokernya scam, dan itu adalah risiko trading di broker yang tidak teregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional.

M Singgih   16 Sep 2021

Baik pak, terima kasih atas sarannya...

Wijaya   16 Sep 2021

Mungkinkan akun MT4 diretas pak? 

Soalnya terakhir login balance saya berkurang 15 dollaran, kemudian, dua hari berikutnya akun trading tidak bisa login.

Sudah menghubungi CS Broker tidak ada jawaban. Bagaimana solusinya?

Wijaya   14 Sep 2021

Saya pengguna Fin888, sejauh ini lancar. Apakah ada insight mengenai Fin888? 

Anto   7 Feb 2021

Kenapa pada tanggal 29 februari 2016 di mt4 saya candle jam 23.00 pair EURUSD terbentuk doji sebesar 260 pip sedangkan di broker lain pada saat yang sama candlenya normal (cuma sekitar 30 pip).

Agung   1 Mar 2016

Apakah broker yang udah teregulasi memungkinkan untuk membuat platform trading sendiri? Sedangkan apakah lebih baik kita trading di platform seperti MetaTrader dibandingkan trading di platform yang broker buat sendiri?

Gary N   15 Nov 2022

Ya, broker biasanya mengembangkan software atau platform tradingnya sendiri. Biasanya platform yang broker kembangkan sendiri memiliki tampilan kurang bagus, kurang familiar dan keterbatasan dibandingkan platform seperti metatrader.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa broker tetap menawarkan platform metatrader meskipun sudah mempunyai platformnya sendiri.

Keduanya bagus, tapi saya pribadi akan tetap menggunakan platform metatrader karena lebih universal dan sudah familiar.

Apapun brokernya, bisa Anda login menggunakan platform metatrader. Saya bisa login akun dari broker X, menggunakan metatrader yang saya download dari broker Y.

Namun, pada platform broker yang dikembangkan sendiri hanya bisa memakai broker tersebut.

Kiki R   15 Nov 2022

Hanya broker tertentu saja yang memiliki platform tradingnya sendiri.

Meskipun penggunanya lebih sedikit, namun biasanya platform tersebut punya kelebihan dibandingkan platform seperti metatrader. Platform ini biasanya mempunyai kecepatan eksekusi yang lebih bagus.

Kiki R   6 Dec 2022

Ya, akun MT4 (MetaTrader 4) Anda dapat diretas jika tidak dilindungi dengan baik. Coba ikuti beberapa langkah ini untuk melindungi akun:

  • Gunakan password yang kuat
  • Verifikasi dua faktor: Jika tersedia, pastikan untuk mengaktifkan verifikasi dua faktor pada akun MT4 Anda.
  • Gunakan koneksi internet yang aman: Jangan mengakses akun MT4 Anda melalui jaringan internet yang tidak aman atau yang tidak terlindungi.
  • Jangan berbagi informasi login: Jangan memberikan informasi login Anda kepada orang lain, termasuk broker atau orang yang mengaku sebagai staf dari MT4.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membantu melindungi akun MT4 Anda dari serangan cyber dan menjaga keamanan dana. Jika CS tidak memberi jawaban, sebaiknya pertimbangkan untuk pindah broker saja.

Ananta   22 Dec 2022

Apa saja pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum ikut copy trading di platform broker? Saya sudah donlod aplikasinya lewat playstore, lalu muncul seperti profil2 tradernya. Jujur malah jadi bingung. Jadi saya tanya dulu ke sini sebelum setor dana. 

Romeo Julioooo   23 Dec 2022

Biasanya trading biasa aja sendiri, ato pernah pasang autotrade? misalnya kayak zulutrade, copytrade, atau apalah yang mirip-mirip gitu?

Soalnya pengalaman pernah tuh coba-coba eksperimen pasang gituan. Balance bisa susut gara-gara itu.

Sofiyan   27 Dec 2022

Jawaban untuk Romeo Julioooo:

Pertimbangan yang digunakan adalah risiko yang terukur dan profit yang bertumbuh.

Dari goals diatas, ada beberapa parameter yang dipantau:

1. Maximum drawdown

2. Winrate

3. Average profit/loss

4. Expected payoff/profit factor (nilai ekspektasi)

4 Parameter ini cukup untuk penilaian awal performa trader yang akan Anda copy.

Maximum drawdown untuk mengetahui seberapa besar loss yang pernah terjadi.

Winrate untuk mengetahui berapa peluang berhasil vs gagal transaksinya.

Average profit/loss untuk mengetahui berapa rasio Risk/rewardnya.

Terakhir, expected payoff/profit factor untuk melihat apakah trader ini bisa profitable dalam jangka panjang atau tidak.

Kiki R   27 Dec 2022

iya, broker yang teregulasi diperbolehkan untuk membuat platform trading sendiri atau menggunakan platform yang sudah ada.

Platform trading yang dibuat sendiri oleh broker biasanya memiliki fitur dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan dan strategi trading khusus dari broker tersebut. Tapi biasanya, platform trading yang dibuat sendiri memiliki kekurangan sebagai berikut:

  • Kurangnya integrasi dengan tools dan aplikasi lain
  • Dukungan dari developer tidak maksimal
  • Ada risiko tidak kompatibel dengan sistem operasi yang berbeda.

Sedangkan platform trading seperti MetaTrader merupakan platform yang sudah teruji dan banyak digunakan oleh trader di seluruh dunia. Platform ini memiliki fitur dan fungsi yang lengkap, mudah digunakan, dan terintegrasi dengan berbagai tools dan aplikasi lain. Kekurangannya adalah: platform ini juga bisa memiliki biaya tambahan untuk digunakan oleh broker, seperti biaya lisensi atau biaya untuk menyediakan fitur tambahan. Contohnya: MT5 Booster dari GKInvest

Jadi tinggal dicek saja, apakah broker menyediakan penawaran yang cukup menarik jika memakai platformnya sendiri? Jika tidak, maka Metatrader saja cukup.  

Elyasa   27 Dec 2022

saya sering banget lihat iklan sana sini tentang broker yang sering menawarkan Autochartist dan juga terdapat trading central yang katanya sangat membantu para trader. Tetapi ketika saya masuk ke website broker tersebut ternyata ada pilihan dan berbayar juga.

Sebenarnya apa perbedaan autochartist dan trading central, dan apakah penggunaannya hanya di metatrader saja?

Jojo   19 Jan 2023

Jawaban untuk Anam:

  • Rekomandasi platform trading selain MT4 apa ya pak. Yang tampilannya lebih friendly dan mudah dipahami

Ada beberapa platform trading yang dapat Anda coba selain MetaTrader 4 (MT4) yang dianggap user-friendly dan mudah dipahami, diantaranya:

  • MetaTrader 5 (MT5): Merupakan versi terbaru dari MT4 yang memiliki fitur tambahan seperti analisis teknikal yang lebih kaya, multi-timeframe, dan pilihan instrumen trading yang lebih luas.
  • cTrader: Platform ini menawarkan interface yang intuitif dan kustomisasi grafik yang bagus. cTrader juga memiliki fitur trading otomatis yang canggih dan dapat digunakan oleh trader pemula maupun profesional.
  • TradingView: Platform ini menawarkan analisis teknikal yang kaya dengan grafik interaktif yang dapat dikustomisasi. TradingView juga memiliki komunitas trader yang aktif yang dapat Anda gunakan untuk berbagi ide dan analisis.
  • ProRealTime: Platform ini menawarkan analisis teknikal yang solid dengan indikator yang dapat dikustomisasi dan grafik interaktif. ProRealTime juga memiliki fitur backtesting dan trading otomatis.
  • NinjaTrader: Platform ini menawarkan analisis teknikal yang lengkap dan grafik interaktif. NinjaTrader juga memiliki fitur backtesting dan trading otomatis yang kuat.

Semua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya Anda mencoba beberapa platform dan melihat mana yang paling cocok dengan gaya trading dan kebutuhan Anda.

Kiki R   21 Jan 2023

@Wijaya:

15 dolar sih direlakan aja. broker IFSC pula. Bakal lebih mahal biaya mengejar tanggung jawab brokernya.

Sofiyan   23 Jan 2023
 Kurniawan |  9 Mar 2022

Sekarang ini marak sekali investasi bodong, mohon info dan tips agar terhindar dari investasi bodong min?

Lihat Reply [12]

@Kurniawan: Berikut ini tips agar terhindar dari investasi bodong.

  • Jangan pernah langsung percaya 100% apapun yang Anda dapatkan di internet ataupun medsos.
  • Jangan pernah tergiur oleh investasi apapun walaupun ada keluarga/artis/influencer atau siapapun. Masuklah karena Anda melihat potensi profit didalamnya secara jelas, bukan karena si A, B, atau C.
  • DYOR (Do Your Own Research), lakukan riset sebelum mengambil keputusan. Pelajari dengan detail investasi apa yang ditawarkan, apa produknya, bagaimana cara menghasilkan keuntungan dan apakah realistis terhadap janji yang diberikan.
  • Hindari grup-grup yang terlalu "vulgar" memberikan janji-janji surga. Sesuatu yang kelihatannya terlalu "bagus" (too good to be true) biasanya tidak bagus.
  • Selalu berfikir logis dan kritis.
Kiki R   10 Mar 2022

Skema Ponzi adalah modus penipuan berkedok investasi yang seolah-olah menawarkan profit besar, tetapi sesungguhnya profit yang diberikan kepada investor awal bersumber dari dana setoran investor yang mendaftar belakangan. Di Indonesia, skema ponzi terkenal dengan istilah "money game" dan "member get member". 

Bagaimana cara mengenalinya? Ada beberapa ciri-ciri umum dari skema ponzi, antara lain:

  • Penipu menawarkan profit tetap dalam jumlah fantastis. Hal ini tidak mungkin terjadi pada skema investasi sungguhan, karena selalu ada risiko kerugian yang setara dengan peluang keuntungan. Lembaga regulator sah seperti OJK dan Bappebti juga melarang promosi investasi yang menjanjikan profit tetap.
  • Penipu menawarkan iming-iming "profit tanpa kerja keras" hanya dengan setor dana saja. Padahal, semua skema investasi perlu proses pembelajaran agar investor bisa sukses.
  • Penipu mengharuskan dana setoran pokok "terkunci" atau tidak boleh ditarik selama periode yang panjang. Investor hanya boleh menarik profit saja secara berkala, tetapi tak boleh mengambil dana pokoknya dalam waktu lama. Hal ini karena sebenarnya penipu akan mengoper dana pokok yang tersimpan itu untuk menjadi "profit" bagi investor lain.
  • Penipu biasanya menggunakan istilah-istilah asing yang terkesan elite untuk mendapatkan kepercayaan orang awam, tetapi kesulitan untuk menjelaskan skema investasinya kepada orang yang sudah berpengalaman. Umpamanya penipu punya skema ponzi yang berkedok robot trading, maka para pakar trader dan programmer robot sesungguhnya dapat membongkar kedok tersebut.
Aisha   24 Mar 2022

mohon info tips nya kak agar terhindar dari skema ponzi?
apakah skema ponzi mencangkup semua jenis investasi atau hanya investasi tertentu saja ya kak? Terima kasih

Nana_banana   24 Mar 2022

Skema ponzi bisa menggunakan kedok investasi apa saja, mulai dari forex (robot trading), emas, properti, bahkan tambak udang ataupun kebun kurma. Sudah banyak sekali contoh kasusnya di Indonesia.

Tips agar terhindar dari skema ponzi? Ya, mudah saja. Kenali ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, kemudian jangan setor dana ada tawaran semacam itu.

Aisha   27 Mar 2022

Tidak ada satu pun diantara ketiganya yang aman untuk pemula. Pemula sebaiknya mengawali dengan belajar berinvestasi, bukan langsung trading. Jika ingin setor modal tanpa belajar dan mau cari aman, maka berinvestasilah pada reksa dana.

Jika sudah belajar dan mau mulai trading, maka sebaiknya berlatihlah pada saham. Lebih baik lagi, cobalah simulasi trading saham dulu. Apabila sudah mahir dalam dunia saham, barulah menjajal forex atau kripto.

Pasar saham lebih mudah diamati dan dipelajari bagi pemula, daripada pasar forex atau kripto yang berskala internasional. Namun, perlu diperhatikan bahwa semuanya sama-sama tidak aman.

Semua aktivitas trading itu mengandung risiko yang sebanding dengan potensi keuntungannya, sehingga kita sendiri yang perlu mengelola risiko (risk management) agar tidak mengalami kerugian di luar batas toleransi kita. Semua calon trader/investor harus memahami ini sebelum mulai trading/berinvestasi apa saja.

Aisha   25 Apr 2022

Apa yang dimaksud dengan skema ponzi dalam investasi dan bagaimana cara mengenalinya?

Nana_banana   22 Mar 2022

Antara trading forex, saham dan kripto, manakah yang aman digunakan untuk pemula?

Hairi Nuh   22 Apr 2022

Berdasarkan pengalaman, saya menyimpulkan beberapa hal terkait ciri-ciri investasi bodong dan bisa dijadikan acuan agar terhindar dari scam ini.

  • Investasi berkedok return besar, jadi bisa dikatakan seperti ini, biasanya penipu akan menyerang kelemahan investor. Apakah kelemahannya? Ya menawarkan keuntungan yang gede dan belakangan ini keuntungan yang ditawarkan agak masuk akal. Intinya berhati-hati bila investasi itu menawarkan return yang besar apalagi dalam waktu singkat.
  • Tidak terdaftar di Bappebti untuk lembaga investasi atau OJK di lembaga keuangan. Kalau udah tidak terdaftar maka kalau terjadi apa-apa maka tidak ada jaminan dari pemerintah dan juga lembaga ini bertugas mengawasi. Jadi lebih aman ya harus terdaftar disitu.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, untuk poin pertama ini sangat mengonfirmasi kalau itu investasi bodong contohnya arisan dan koperasi simpan pinjam yang saudara saya ikutin semuanya hilang. Bahkan 1 kompleks terkena tipu, hal ini karena menjanjikan return yang besar banget..mungkin pada awalnya bakal ada yang untung dan ternyata kenanya skema Ponzi. Dari situ saya belajar kalau return gede dengan waktu yang singkat itu tidak mungkin.

Richard   28 Oct 2022

Iya juga ya kak. arisan dan koperasi simpan pinjam itu kan langsung keliatan gitu tipu-tipu investasi bodongnya. kok masih banyak aja yang kemakan dan langsung percaya. ujung-ujungnya ambyaaarr deh... 

untuk trading kan harus terdaftar di Bappebti, tuh. nah pengen tahu aja kalau misalnya terjadi apa-apa, peran pemerintahnya apa kak dalam hal ini? apakah pemerintah akan mengganti semua kerugian kita atau gimana? 

Susan   4 Nov 2022

Terdapat UU no 32 tahun 1997 yang juga mengatur bahwa uang nasabah dalam hal ini kita sebagai trader disimpan berbeda dari rekening lembaga dalam hal ini broker dan bukan hanya rekening nasabah tetapi juga dana kompensasi serta dana jaminan.

Peran pemerintah khususnya Bappebti adalah memfasilitasi proses pembubaran broker atau pialang berjangka sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan no 32 tahun 1997 dimana mengatur tentang pialang berjangka (broker).

Nah prosesnya berupa menghentikan segala kegiatan broker yang bermasalah, dan meminta broker segera melakukan pembayaran terhadap dana yang bermasalah dalam jangka waktu tertentu. Apabila broker tidak mampu membayar maka izin usaha broker akan dicabut dengan mempertimbangkan segala aspek terkait broker bermasalah. Segala sisa kekayaan yang ada akan dicairkan dan digunakan untuk membayar nasabah. Itu berarti nasabah tidak akan mendapat uangnya 100% full.

Selengkapnya saya kutip isi UU NO 32 TAHUN 1997.

 

Pasal 19

Kegiatan transaksi di Bursa Berjangka dapat dihentikan sementara waktu, baik untuk sebagian maupun seluruh Kontrak Berjangka, apabila terdapat hal-hal atau kejadian yang merugikan kepentingan masyarakat atau keadaan yang tidak memungkinkan diselenggarakannya kegiatan transaksi Kontrak Berjangka secara wajar.


Pasal 20

Penghentian sementara waktu, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19:

1. untuk jangka waktu tidak lebih dari satu hari kerja, dapat dilakukan oleh Bursa Berjangka dengan kewajiban segera melaporkannya kepada Bappebti; dan

2. untuk jangka waktu lebih dari satu hari kerja, hanya dapat dilakukan oleh Bappebti.

 

Pasal 21

1. Apabila penyebab penghentian sementara waktu transaksi seluruh Kontrak Berjangka sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 tidak dapat diatasi dalam jangka waktu tertentu, Bappebti menghentikan kegiatan Bursa Berjangka secara tetap dan mencabut izin usahanya.

2. Sebelum menetapkan penghentian kegiatan Bursa Berjangka secara tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bappebti wajib mempertimbangkan kepentingan masyarakat umum, Nasabah, Anggota Bursa Berjangka yang bersangkutan, dan lembaga lain yang berkaitan dengan kegiatan dan perizinan Bursa Berjangka.

3. Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dilaporkan oleh Bappebti kepada Menteri dan diumumkan secara luas.

 

Pasal 22

1. Apabila izin usaha Bursa Berjangka dicabut, badan hukum Bursa Berjangka yang bersangkutan dibubarkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. 3Apabila terdapat sisa kekayaan hasil likuidasi Bursa Berjangka yang menjadi hak Pialang Berjangka sebagai pemegang saham, sisa kekayaan tersebut wajib digunakan terlebih dahulu untuk membayar kewajiban Pialang Berjangka yang bersangkutan kepada Nasabah.

Selain itu dalam perundang-undangan juga sudah ditentukan syarat apa saja yang harus dipenuhi agar bisa menjadi broker atau pialang berjangka. Jadi tidak asal-asalan makanya bila terdaftar di Bappebti, suatu lembaga keuangan pasti sudah jelas asal usulnya serta terdapat aturan yang jelas dan tersusun rapi. Sebagai calon pengguna jasa broker kita juga harus mencari tahu informasi detail agar tidak terjerat investasi bodong. Secara umum broker Indonesia memiliki kelebihan dan kekurangan yang kurang lebih sama. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca ulasan Kelebihan Dan Kekurangan Broker Forex Lokal Indonesia.

Richard   8 Nov 2022

Kalau misalnya kita menggunakan jasa orang ketiga atau konsultan atau broker buat menangani investasi yang kita tanamkan, kita pasti akan terhindar dari scam nggak sih?

Aldi   29 Nov 2022

Dalam hal ini, perlu dipahami dulu bahwa "jasa orang ketiga" itu tidak sama dengan "konsultan" ataupun "broker".

Siapa sih "jasa orang ketiga" itu? Apakah orang yang mempromosikan diri sebagai trader profesional dan menawarkan iming-iming profit gede tanpa perlu kerja? Jelas sekali, dia pasti scam.

Istilah "konsultan" juga sama-sama rawan scam. Kenapa? Karena tidak ada yang menjamin mereka akan melaksanakan tugas mengelola dana klien dengan benar.

Lalu, bagaimana dengan "broker"? Broker adalah perusahaan yang berperan sebagai perantara untuk menghubungkan trader/investor dengan pasar. Ingat poin penting ini: BROKER CUMA PERANTARA. Dengan kata lain, broker tidak boleh mengelola dana klien secara langsung, melainkan menyimpannya agar dapat mengeksekusi order sesuai perintah klien. Ini berlaku untuk broker saham maupun broker forex.

Dalam dunia investasi, kita mengenal istilah lain lagi, yaitu "Manajer Investasi". Para Manajer Investasi ini bekerja mengelola reksa dana, ETF, hedge fund, atau produk investasi serupa. Mereka sudah memperoleh sertifikasi resmi dari otoritas terkait, menjamin kompetensi dan kredibilitas mereka untuk mengelola dana klien. Di Indonesia, sertifikasi dan pengawasan atas Manajer Investasi dilaksanakan oleh OJK dan otoritas bursa.

Nah, kalau kamu sedang mencari orang yang bisa dipercaya untuk mengelola investasi, maka carilah reksa dana atau ETF yang dapat dibeli publik. Nantinya dana kamu akan dikelola oleh Manajer Investasi yang terjamin profesionalitasnya, sekaligus terhindar dari scam.

Aisha   30 Nov 2022
 

Komentar @inbizia

Bpk bgmn cara menyelesaikan blacklist bi yang disebabkan kasus cek kosong yg terjadi sekitar 2 tahun lalu permasalhan dengan orang yg menerima cek sudah selesai  terima kasih
 Miswarman |  28 Dec 2016
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
saya mau nanya...apa konsekwensinya ketika suatu bank salah infut .dan menjadikan blacklist terhadap orang lain dan orang tersebut bukan nasabah bank tsb.mencatut no nik.
 Siti Rostini |  26 Oct 2018
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Sekali lagi saya tegaskan: blacklist BI itu TIDAK ADA. Yang dianggap "blacklist" oleh Anda itu sesungguhnya adalah rekam riwayat kredit individual se-Indonesia yang dulu dikelola oleh Bank Indonesia (dan sekarang ditangani oleh OJK). Apabila Anda berada di luar negeri dan berurusan dengan perbankan mancanegara, maka tentu tidak ada hubungannya lagi dengan OJK.
 Anna |  23 Jul 2019
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Betul banget sih, kalau ICO ini kenapa sering gagal. Kalau dipikir-pikir bila token ICO ga bakalan mempengaruhi keuangan kita pasti pada bakal mikir mikir untuk join, selain itu ya masalah keamanan dan juga masalah nilai ekonominya. Benar banget 3 pilar ini penting dan menurutku bila dijabarkan dengan kata sederhana ya ICO itu ga ada value dan tidak menarik untuk invest disana. Secara logis kalau dipikirkan, bila tidak menarik maka developer tentunya akan membuat iklan agar tertarik, salah satunya menjanjikan ROI yang gede. Kalau udah sampai titik itu sih, ya udahlah hati-hati jebakan betmen.
 Juan Sebastian |  17 Nov 2022
Halaman: Mengapa Sebagian Besar Ico Gagal
Sy juga diminta setor dana utk wd, apakah itu scam ? Kata Admin nya karena pemula makanya wajib setor utk pencairan, gmn pak apakah sy harus ikuti permintaan mrk?
 Andrian |  17 Dec 2022
Halaman: Masalah Umum Saat Melakukan Withdrawal Di Broker Forex
Maaf kak mau tanya, broker lokal kan selalu bilang udah teregulasi di Bappebti nih, kira-kira jaminan hukum seperti apa yang bakal kita terima? Apa uang kita bisa kembali kalau misalkan broker tersebut ternyata bodong atau udah goyang gitu. Mohon penjelasannya
 Riyanto |  30 Dec 2022
Halaman: Broker Lokal Penyedia Aplikasi Trading Canggih

Kirim Komentar Baru