Cara Minting NFT di Berbagai Platform

Nandini 11 Feb 2022 Dibaca Normal 5 Menit
kripto > platform >   #minting   #platform
Belakangan ini, NFT sedang naik daun. Orang berbondong-bondong ingin dapat keuntungan darinya. Namun sebelum itu, tahukah Anda cara minting NFT?

Bagi Anda yang sudah malang melintang di dunia mata uang digital pasti tidak asing lagi dengan yang namanya NFT (Non-Fungible Token). Apalagi belakangan ini, NFT tengah naik daun. Namun apabila Anda belum terlalu mengenal NFT dan tertarik untuk menekuni tren ini, terdapat proses minting yang mula-mula perlu Anda ketahui cara kerjanya.

Cara Minting NFT di Berbagai Platform

 

Apa itu Minting NFT?

Sebagai token kripto atau aset digital di jaringan blockchain yang memiliki kode dan metadata unik, NFT juga dianggap sebagai bukti kepemilikan aset digital yang bisa berupa gambar, video, file lainnya, hingga aset fisik sekalipun.

Minting di sini diartikan sebagai proses mengubah file digital menjadi koleksi kripto atau aset digital yang disimpan di jaringan blockchain. Istilah minting didapuk dari proses pencetakan koin fisik (fiat) yang dianalogikan ke mata uang kripto, kemudian diunggah ke blockchain.

Item yang telah melalui proses minting ini disimpan dalam database terdesentralisasi. Aset digital tersebut tentunya tidak bisa diedit, dimodifikasi, dan dihapus.

 

Bagaimana Cara Minting NFT?

Sebenarnya, minting NFT sudah ada sejak tahun 2012, tetapi baru populer sekarang. Melihat kesuksesan Ghozali yang berhasil meraup miliaran rupiah lewat NFT, Anda pasti berpikir bagaimana sih cara minting NFT?

Yang pasti, Anda harus memilih marketplace yang menyediakan minting NFT dan membuat akun di sana. Selain itu, Anda juga harus memiliki beberapa aset kripto yang mendukung marketplace terkait. Seperti apa sih caranya? Nah, berikut kami sampaikan cara minting di beberapa platform NFT.

 

Minting NFT di OpenSea

Untuk minting di OpenSea seperti Ghozali Everyday, Anda perlu membeli koin kripto terlebih dahulu. Biasanya, koin kripto yang digunakan adalah Ethereum. Kemudian, buat dompet digital Anda. Dompet ini akan Anda gunakan sebagai media untuk menjual dan membeli NFT. Salah satu opsi e-wallet yang disarankan adalah MetaMask.

Langkah berikutnya adalah hubungkan wallet ke OpenSea sesuai tahap berikut:

  • Buka ekstensi MetaMask dan key serta masukkan password Anda.
  • Arahkan ke situs OpenSea di browser yang sama dan pilih "Profil".
  • Setelah diminta menghubungkan wallet kripto Anda, pilih MetaMask dan setujui terms and conditions yang diminta.
  • Masukkan email dan nama pengguna untuk verifikasi akun.
  • Tak lama, Anda akan menerima email verifikasi dan klik tautan di dalamnya.

Setelah menyelesaikan tahap-tahap di atas, Anda bisa mulai membuat NFT. Namun sebelum itu, Anda harus melalui proses pre-mint NFT dulu. Proses ini merupakan langkah untuk membuat koleksi di mana Anda bisa membuat satu variasi berbeda dari satu NFT mulai dari warna, bentuk, dan lainnya sesuai keinginan.

Cara minting di Opensea

Untuk membuat koleksi NFT, simak langkah-langkah berikut:

  • Buka profil OpenSea Anda dan pilih "Koleksi Saya".
  • Pilih "Buat" untuk membuat koleksi baru.
  • Jika sudah, Anda bebas membuat koleksi sesuai dengan desain Anda sendiri.

Untuk cara Minting di OpenSea sendiri, tahap-tahapnya bisa disesuaikan dengan panduan berikut:

  • Buat koleksi yang sudah disesuaikan.
  • Klik "Tambah Item Baru".
  • Unggah NFT dan berikan Namanya.
  • Berikan isi, deskripsi, level, dan aspek lainnya yang dibutuhkan.
  • Jika sudah selesai, klik "Create" dan selesailah sudah.

Baca juga: Prediksi Cryptocurrency 2022: Masihkah Menguntungkan?

 

Minting NFT di Rarible

Selain OpenSea, platform lain untuk minting adalah Rarible. Marketplace yang satu ini juga meluncurkan fitur unik yang disebut "Lazy Minting". Bagaimana cara minting-nya?

Cara Minting NFT di Berbagai Platform

  1. Buka situs Rarible, daftar akun, lalu hubungkan ke wallet Anda.
  2. Pilih "Create" dan isi semua informasi terkait NFT yang Anda buat.
  3. Pilih "Free Minting".
  4. Klik "Create item" dan otorisasi gratis dengan e-wallet Anda.
  5. Langkah selesai dan Anda bisa bebas melakukan minting.

Baca juga: 6 Aplikasi Chart Kripto Terbaik untuk Pemula

 

Minting NFT di Foundation

Platform lain untuk minting adalah Foundation. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda tempuh jika menggunakan marketplace ini:

  1. Buka situs Foundation di foundation.app dan klik "Connect Wallet."
  2. Tambahkan foto dan tautan ke media sosialmu.
  3. Pilih opsi "Create" di sudut kanan atas untuk mulai minting.
  4. Upload karya digital Anda dalam format apapun.
  5. Setelah file diunggah, karya Anda otomatis dikirim ke IPFS (InterPlanetary File System) atau sejenis jaringan yang terdesentralisasi.
  6. Tambahkan judul dan deskripsi NFT Anda.
  7. Konfirmasi karya Anda untuk memulai minting dan jangan lupa klik "Mint NFT" jika sudah final.
  8. Finalisasi NFT dengan menandatangani transaksinya. Jika sudah menyelesaikan proses ini, artinya NFT akan selamanya terhubung ke e-wallet Anda. Ini tanda bahwa NFT itu milik Anda sehingga Anda berhak menerima royalti atasnya.

Baca juga: 7 Token Gaming Paling Top untuk Play-to-Earn

 

Berapa Biaya Minting NFT?

Proses minting NFT memang mudah, akan tetapi, Anda juga perlu mengingat bahwa minting NFT itu tidak gratis. Besaran biaya yang dibebankan pun bervariasi tergantung platform-nya.

Misalnya saja, OpenSea mengenakan biaya dua kali untuk menginisialisasi akun sebesar 70 dan 300 dolar AS, dan memberikan akses ke NFT yang dibuat sebesar 10 hingga 30 dolar AS. Kemudian untuk Foundation, pihak mereka akan mengambil sekitar 15 persen dari harga jual akhir dan gas fee yang akan lebih mahal jika banyak orang bertransaksi. Sementara itu, Rarible membebankan 2.5 persen dari setiap penjualan. Penjual juga bisa membayarkan seluruh biaya sebanyak 5 persen dari harga akhir langsung.

 

Selain lewat NFT, simak juga beragam cara lain untuk menghasilkan uang dari kripto yang mungkin lebih cocok buat Anda. 

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Gading |  16 Nov 2020

Kenapa harga last price di tiap chart harganya beda2? saya lihat di tradingview, investing.com, dan mt4 semua berbeda, bahkan mt4 untuk mobile dan desktop juga berbeda harganya. Kenapa bisa begitu? 

Lihat Reply [1]

@ Gading:

Harga penawaran dari setiap broker memang berbeda, tetapi tidak terpaut jauh. Itu karena setiap broker mempunyai afiliasi sebagai penyedia likuiditas yang berbeda. Selain itu besarnya spread dari setiap broker juga bisa berbeda.

Penyedia likuiditas adalah broker besar atau bank besar yang memberikan harga penawaran ke broker yang berafiliasi, dan broker afiliasinya bisa menentukan besarnya spread sesuai dengan keinginan, sehingga harga Bid dan Ask setiap broker bisa berbeda, meskipun dengan platform trading yang sama.

M Singgih   16 Nov 2020
 Phutut |  11 Jun 2021

Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri? Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari platform trading tersebut?

Lihat Reply [14]

Untuk Agung...

Anda bisa menghungungi broker yang bersangkutan, bisa jadi ada sistem yang eror atau yang lainnya.

 

Thanks.

Basir   3 Mar 2016

Ataukah mungkin ini ada manipulasi dari broker? Entah yang mana yang memanipulasi, tapi kalau sampai terbentuk candle yang beda, bukankah ini cukup jadi warning untuk mencurigai broker?

Silvi   4 Mar 2016

Untuk Silvi..

Hal itu bisa terjadi, atau ada sistem/ pengamanan yang jebol oleh lonjakan harga. Jika broker tersebut bertanggung jawab, maka mereka akan melakukan kompensasi.

Thanks.

Basir   8 Mar 2016

Untuk Anto,

Dari hasil penelusuran kami, Fin888 Autotrade adalah perusahaan yang khusus menyediakan layanan copytrade atau robot trading bagi para investornya. Sedangkan untuk broker yang digunakan, pada halaman resminya menyatakan bahwasanya layanan ini menggunakan broker

Samtrade FX sebagai broker utamanya. Samtrade FX sendiri adalah broker forex yang berasal dari Saint Vincent and the Grenadines. Broker ini mengklaim dirinya terlisensi oleh badan regulator FSA (SVG), ASIC (Australia), dan juga FINTRAC (Canada). Meskipun telah terlisensi, agaknya popularitas broker ini kurang begitu menonjol untuk kalangan trader Indonesia.

Kesimpulannya, kami sarankan Anda untuk berhati-hati dan mencari informasi terlebih dahulu mengenai performa dari layanan copytrade yang ditawarkan. Jikapun Anda tertarik untuk mengikuti layanan ini, Anda boleh saja mencobanya. Akan tetapi kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan layanan ini dengan broker lain yang lebih jelas status regulasinya. Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   3 Mar 2021

@ Phutut:

- Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri?

Broker membuat platform sendiri adalah karena policy perusahaan tsb, antara lain untuk promosi agar platformnya bisa dikenal secaa luas. Meski demikian tidak banyak broker yang membuat platform sendiri, kebanyakan menggunakan platform yang sudah eksis seperti Metatrader.



- … Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari pla form trading tersebut?

Bukan, tertapi tergantung dari harga yang diberikan oleh penyedia likuiditas atau liquidity provider dari broker tsb. Harga yang diberikan oleh setiap broker memang bisa berbeda dengan broker lainnya, tetapi perbedaannya tidak jauh.

M Singgih   13 Jun 2021

Rekomandasi platform trading selain MT4 apa ya pak. Yang tampilannya lebih friendly dan mudah dipahami. Matur nuwun.

Anam   18 Jun 2021

@ Anam:

Silahkan Anda coba platform dari broker Agea, yaitu Streamster. Platform Streamster bisa di-download di sini.

M Singgih   20 Jun 2021

@ Wijaya:

Bisa saja diretas jika peretas tahu nomor Login dan Password Anda. Peretas bisa mentradingkan akun Anda,tetapi tidak bisa menarik dana yang ada di balance karena untuk withdraw harus masuk ke rekening atas nama Anda sesuai dengan saat Anda mendaftar di broker. Mengenai Anda tidak bisa login, mungkin saja si peretas telah mengganti password.

Dalam hal ini Anda memang harus menghubungi CS broker. Kalau tidak direspon Anda bisa komplain ke badan regulator yang memberi regulasi broker tsb.

Kami harap Anda trading di broker yang diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.
Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

 

M Singgih   15 Sep 2021

Setelah saya baca-baca di situs brokernya, mereka tergulasi IFSC pak. Saat ini sudah saya kirimi email. Bila tidak direspon gimana pak soalusinya? Terima kasih

Wijaya   15 Sep 2021

@ Wijaya:

Jika broker tidak merespon memang harus ke regulator. Menurut kami tunggu saja jawaban dari badan regulator yang seharusnya bertanggung jawab atas broker tsb. Jika ternyata tidak direspon juga, menurut kami Anda harus merelakan dana Anda karna tidak ada cara lain. Anggap saja brokernya scam, dan itu adalah risiko trading di broker yang tidak teregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional.

 

M Singgih   16 Sep 2021

Baik pak, terima kasih atas sarannya...

Wijaya   16 Sep 2021

Mungkinkan akun MT4 diretas pak? 

Soalnya terakhir login balance saya berkurang 15 dollaran, kemudian, dua hari berikutnya akun trading tidak bisa login.

Sudah menghubungi CS Broker tidak ada jawaban. Bagaimana solusinya?

Wijaya   14 Sep 2021

Saya pengguna Fin888, sejauh ini lancar. Apakah ada insight mengenai Fin888? 

Anto   7 Feb 2021
Kenapa pada tanggal 29 februari 2016 di mt4 saya candle jam 23.00 pair EURUSD terbentuk doji sebesar 260 pip sedangkan di broker lain pada saat yang sama candlenya normal (cuma sekitar 30 pip).
Agung   1 Mar 2016
 Ine Agustina |  28 Mar 2019

Platform trading apa yang paling cocok digunakan untuk trader pemula?

Lihat Reply [5]

@ Bobi Syah:

Yang paling penting periksa regulasi dari broker tsb. Demi keamanan trading dan dana Anda, kami sarankan untuk memilih broker yang sudah diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.

Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

Setelah regulasi, bandingkan spesifikasi yang ditawarkan seperti minimal deposit, kemudahan deposit dan withdrawal, platform yang digunakan dan spread yang ditawarkan.

 

M Singgih   10 Dec 2021

@Ine Agustina: Platform metatrader. Bisa gunakan metatrader 4 atau metatrader 5.

Platformnya populer, interfacenya bagus, mudah dioperasikan dan hampir semua broker menyediakan platform ini.

Alternatif lainnya adalah cTrader.

Kiki R   31 Mar 2019

Menjawab pertanyaan cTrader, MIFX tidak menyediakan platform trading cTrader. Informasi lengkap terkait platform trading yang disediakan MIFX dapat dilihat di halaman ini

MIFX Support   9 May 2022

Saya pengguna platform cTrader, dan saya ingin trading di broker Monex. Apakah tersedia?

Teguh S   15 Nov 2021

Ketika mendaftar ke broker, fitur trading apa yang paling perlu diperhatikan dan paling penting untuk trader forex?

Bobi Syah   9 Dec 2021
 

Komentar @inbizia

Bisa aja karena broker tersebut belum unya teknologi, tools, atau pengalaman scalping. Jadi platform mereka masih lemot kalau dipakai scalping.
 Dyeva |  16 Feb 2021
Halaman: Cara Mudah Mengenali Ciri Broker Forex Terbaik Untuk Scalping
Platform lain biasanya dikeluarkan oleh broker tertentu dan hanya bisa digunakan oleh klien broker itu, sedangkan MT4 bisa digunakan oleh klien dari banyak broker. Di MT4 ada 3 jenis eksekusi pasar, 4 pending, 2 stop order, juga fitur trailing stop
 Maaya |  23 Feb 2021
Halaman: Metatrader Platform Trading Andalan Trader Dan Broker Forex
membaca paparan prosedur pendaftaran hingga pembeli robot/klien mulai trading dg robot dugaan saya: 1. bisa jadi SMI itu Introducing Broker (IB) dari broker yg disebut itu (mendapat keuntungan dari referal) 2. bisa jadi memang bikin robot MT4 atau beli robot dari pihak lain yg harganya jauh lbh murah dari harga jualan SMI. kalau e-book sih hanya soal mengelabuhi hukum saja (mendapat keuntungan dari jual-beli robot) 3. bisa jadi dia kerjasama dengan exchanger utk deposit uang dari klien ke rekening broker tertentu itu, untuk transaksi  deposit dan withdrawal (mendapat untung dari komisi spread nilai tukar) 4. sangat mungkin yg terjadi sebetulnya sistem copytrading, tidak melalui broker tempat klien terdaftar, tapi melalui platform lain seperti zulutrade, misalnya. (semakin banyak orang yang mengkopi, semakin banyak menarik perhatian trader di luar klien yang mencari master trader di zulutrade. keuntungan komisi tambahan dari luar klien) 5. sistem MLM dipakai (kalo bukan moneygame) untuk mengefisiensikan pemasaran. 

Kesimpulan sementara: sumber keuntungan SMI dari berbagai  cara di atas. Bayangkan jika robotnya memang hebat. 1 akun milik SMI dikopi 100.000 klien dengan komisi 50:50. 1 bulan untung 10% + (10%x100.000:50). misal untung $50 per bulan, komisi yang dia dapat dari klien $100.000. Tertipukah klien? selama bukan moneygame, klien tidak akan tertipu karen dia juga dapat profit,. sayangnya jumlahnya tidak seberapa dibanding dengan yang didapat SMI. jauuuuhh. tapi kalau sudah hepi dengan hasil segitu ya ndak apa-apa. tidak rugi, tapi dimanfaatkan habis-habisan tanpa terasa.
 Efixsu |  30 Sep 2021
Halaman: Review Net Robot Trading Top Atau Penipuan
Saya pernah mau pakai aplikasi ini, tapi gak jadi gara-gara gagal KYC mulu. Akhirnya sekarang saya pake platform di atasnya, Binance. Meskipun lebih tinggi kelasnya, tapi proses KYC-nya lebih gampang dari pada Tokocrypto.
 Pongky |  28 Apr 2022
Halaman: Review Exchange Kripto Tokocrypto
Cardano berpeluang untuk bersaing dengan Ethereum sebagai platform blockchain, didukung riset dan tim yang lebih unggul.
Saat ini masih dalam pengembangan, namun ada kemungkinan menjadi bagian dari sistem keuangan masa depan
 Muhammad Hanafi |  19 May 2022
Halaman: Cara Industri Kripto Melawan Coronavirus
Bantu jawab ya pak: Dari sisi alur transaksi di platform kripto, dengan sendirinya hal demikian akan membuat transaksi batal karena nampaknya pajak dan biaya trading adalah satu kesatuan, tidak terpisah-pisah. Di beberapa negara, investor kripto yang menolak untuk membayar pajak atau tidak memasukan investasi kripto dalam laporan pajaknya, dapat mengakibatkan denda, penalti, bunga, audit, dan bahkan sampai terancam pidana. Begitu sih kabarnya.
 Athar |  6 Jun 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menghitung Pajak Kripto Di Indonesia
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip