Cara Mudah Memulai Usaha Percetakan Di Rumah


Wahyudi 14 May 2020 824Dibaca Normal 4 Menit

Usaha percetakan tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya dengan bekal printer saja, Anda sudah bisa memulai bisnis rumahan yang satu ini. Bagaimana langkahnya?



Saat ini, usaha percetakan sudah menjamur di di berbagai kota. Namun bisnis ini tak pernah kehilangan pelanggannya sebab hampir semua orang membutuhkan percetakan baik untuk urusan bisnisnya, tugas sekolah, kerja atau lainnya. Usaha percetakan tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya dengan bekal printer saja, Anda sudah bisa memulai bisnis rumahan yang satu ini. Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari usaha percetakan ini yaitu mudah dijalankan, modal kecil, tidak butuh sewa tempat, pangsa pasarnya luas dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik bagaimana cara memulai usaha percetakan di rumah, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Cara Mudah Memulai Usaha Percetakan Di Rumah

 

Mau Buka Usaha Percetakan? Persiapkan Dulu Hal-Hal Ini

  1. Tentukan Jenis Jasa

Jenis jasa percetakan apa yang hendak Anda geluti? Pada awal usaha sebaiknya pilih salah satu jenis percetakan saja yang saling berkaitan, sehingga tidak membutuhkan banyak alat pendukung. Misalnya saja jasa cetak dokumen dan cetak foto. Jasa percetakan ini tentu hanya membutuhkan satu printer saja. Berbeda jika Anda ingin membuka usaha percetakan dokumen dan cetak kaos. Printer yang dibutuhkan akan berbeda, sehingga modal yang Anda keluarkan untuk membeli alat percetakan lebih banyak. Jika modal Anda kecil, maka memilih satu jenis percetakan saja bisa menjadi solusi. Baru kemudian Anda dapat menambah jenis percetakan jika sudah berkembang.

Jika Anda sudah memantapkan niat memulai usaha percetakan, mengambil pinjaman di bank sebagai tambahan modal bisa jadi salah satu opsi strategis. Namun sebelum melakukannya, Anda harus benar-benar menghitung dengan seksama besar kemampuan pinjaman pribadi. Jangan sampai Anda kolaps dan dikejar-kejar hutang karena meminjam dana yang terlalu besar.

kredit untuk buka usaha percetakan

(Baca Juga: Tips Kredit Multi Guna Agar Tepat Guna)

 

  1. Pemilihan Alat Percetakan

Pemilihan alat percetakan juga dapat mempengaruhi hasil dari cetakan Anda. Kualitas cetakan dengan menggunakan printer kelas menengah ke atas tentu berbeda jauh dengan hasil cetakan menggunakan printer ekonomis. Memang modal awal yang dikeluarkan cukup tinggi, tetapi keuntungan yang bisa Anda dapatkan jauh lebih besar nantinya. Kualitas yang baik tentunya juga akan mendatangkan banyak pelanggan kembali pada Anda.



 

  1. Tentukan Harga Jual

Sebelum menentukan harga jual hasil cetakan, ada baiknya Anda melakukan observasi harga pasar terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui berapa harga yang dipatok oleh pesaing Anda. Jangan mematok harga terlalu rendah atau tinggi. Harga rendah bisa merugikan Anda, dan membuat persaingan harga jadi tidak sehat. Sedangkan harga tinggi menjadikan pelanggan enggan memakai jasa percetakan Anda.

 

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Harga murah namun pelayanan buruk, bisa membuat konsumen Anda kabur. Berikanlah pelayanan terbaik agar dapat memikat para konsumen. Setidaknya berikanlah senyum dan pelayaan yang ramah sehingga konsumen Anda merasa dihargai. Selain itu, pastikan kualitas cetakan Anda baik dan selesai dengan tepat waktu. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen.

 

  1. Melakukan Promosi

Jangan hanya diam menunggu konsumen datang pada jasa percetakan Anda. Tetapi jangan lupa juga untuk melakukan promosi usaha Anda. Anda bisa memberikan diskon untuk sejumlah minimal pembelian. Manfaatkan juga media sosial untuk menjaring konsumen Anda. Media promosi dengan media sosial selain gratis, juga dapat menjangkau banyak konsumen bahkan hingga luar negeri.

Jangan lupa, manfaatkan juga fitur e-payment yang telah banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan fintech. Pelanggan cenderung mencari penjual yang menyediakan e-payment, karena potensi cashbacknya lumayan menggiurkan. Selain itu, transparansi harga dan penghematan kertas juga sangat bermanfaat untuk kedua belah pihak.

usaha percetakan

(Baca Juga: Alasan Utama Mengapa UMKM Perlu Menggunakan Mobile Payment)

 

  1. Melakukan Inovasi

Jangan hanya menjalankan usaha tanpa ada perkembangan. Anda juga membutuhkan inovasi agar usaha terus berkembang, sebab banyak pesaing baru yang muncul. Misalnya saja, tak hanya membuka usaha percetakan tetapi juga dilengkapi usaha alat-alat tulis, atau jasa cetak kaos. Dengan melakukan inovasi, usaha jasa percetakan Anda jadi tetap bisa bersaing dengan para pesaing baru yang bermunculan.

Demikian informasi bagaimana cara memulai jasa percetakan di rumah dengan mudah. Dengan mengetahui caranya, Anda jadi tidak perlu bingung lagi bagaimana untuk memulainya. Selain membuka usaha percetakan dari rumah, Anda juga bisa mencoba membuka bisnis yang sesuai dengan hobi pribadi. Yang penting, jangan mudah menyerah. Semoga sukses!

Kalkulator KPR

Kirim Komentar/Reply Baru
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
Nandini   30 Mar 2021   204  
10 Bisnis Paling Laris, Bahkan Saat Hari Libur
10 Bisnis Paling Laris, Bahkan Saat Hari Libur
Wahyudi   26 Feb 2021   347  
Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Nandini   31 Jan 2021   290  
Cara Meningkatkan Omset Bisnis dengan Email Marketing
Cara Meningkatkan Omset Bisnis dengan Email Marketing
Linlindua   26 Nov 2020   534  
Bisnis Waralaba Yang Paling Menguntungkan
Bisnis Waralaba Yang Paling Menguntungkan
Wahyudi   14 Jul 2020   808  
Rekomendasi Usaha Dengan Modal Mulai 10 Juta
Rekomendasi Usaha Dengan Modal Mulai 10 Juta
Wahyudi   15 Jun 2020   1392  
5 Bisnis Yang Cocok Dirintis Bersama Pasangan
5 Bisnis Yang Cocok Dirintis Bersama Pasangan
Wahyudi   27 May 2020   506