Cara Mudah Pasang Iklan Di Instagram

Febrian Surya 27 Jul 2020 67

Menurut NapoleonCat, pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai 61,610,000 per bulan. Di mana, pengguna aktif Instagram di Indonesia mayoritas didominasi oleh pengguna berusia 18-24 tahun. Berdasarkan statistik tersebut, tentunya tak heran bila banyak orang memanfaatkan kepopuleran Instagram sebagai penunjang aktivitas bisnis mereka, baik untuk sekedar meningkatkan branding perusahaan maupun memasarkan jasa atau barang di platform tersebut. Untuk lebih mendekatkan antara brand dan audiens, Instagram memiliki fitur unggulan yang membantu pemasaran kamu lewat Instagram Ads.

Pasang Iklan di Instagram Ads(Baca juga: Tips Memanfaatkan Instagram Untuk Berbisnis)

Fitur ini sama halnya dengan berbagai fitur iklan lainnya seperti Google Ads, Facebook Ads, dll. Cara kerja Instagram Ads yakni mencocokkan kata kunci dengan target audiens yang menjadi sasaranmu berdasarkan jenis kelamin, usia, hobi, dll.

Karena saat ini Instagram telah diakuisisi oleh Facebook, maka fitur Instagram Ads bisa kamu gunakan hanya setelah kamu memiliki halaman Facebook terlebih dahulu. Berikut adalah cara pasang iklan di Instagram dengan mudah:

 

1. Buka Facebook Ads Manager

Langkah pertama, kamu perlu membuka laman Facebook Ads Manager. Namun sebelumnya, pastikan bahwa kamu sudah login akun Facebook-mu.

 

2. Pilih Create Ads

Setelah membuka Facebook Ads Manager, kamu bisa memilih Create Ads di bagian kanan atas. Menu ini biasanya ditandai dengan button hijau yang cukup menonjol.

 

3. Pilih Tujuan Beriklan

Sebelum iklanmu bisa ditayangkan di platform Instagram, kamu perlu terlebih dahulu mengatur setingg Instagram Ads milikmu. Dengan memilih tiga kategori tujuan beriklan di antaranya Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

 

4. Atur Target Audiens, Anggaran, Dan Jadwal Iklan

Langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengatur target audiens, berapa anggaran yang ingin kamu keluarkan, dan jadwal penayangan iklan. Pada kolom target audiens, kamu bisa menentukan persona dari target penerima iklan yang ingin kamu tayangkan berdasarkan usia, jenis kelamin, hobi, bahasa, dan letak geografis.

Bila kamu sudah menentukan persona dari target audiensmu, kamu bisa mengisi berapa biaya yang ingin kamu keluarkan untuk iklanmu tersebut, dan mengisi kapan jadwal penayangan iklanmu. Disamping itu, kamu juga dapat menentukan berapa lama iklan tersebut ingin ditayangkan. Dengan biaya mulai dari Rp25,000 saja, kamu sudah bisa menayangkan iklanmu lewat fitur Instagram Ads.

 

5. Pilih Format Penayangan Iklan

Langkah terakhir, kamu perlu memilih format penayangan. Kamu bisa mengunggah gambar yang ingin kamu gunakan untuk beriklan, dengan keterangan atau caption pendukung serta tautan link. Format yang bisa dipilih tidak hanya dalam bentuk gambar, tapi juga video, slideshow, dan collection. Pada saat mengisi keterangan, kamu bisa memilih di kolom atas pilihan "Instagram Account" dan masukkan username dan password.

Pilih Format Penayangan Iklan

 

6. Lakukan Pembayaran

Bila kamu sudah selesai mengisi format penayangan iklan yang ingin ditampilkan, kamu bisa melakukan pembayaran sesuai dengan biaya iklan yang telah kamu isi sebelumnya. Metode pembayaran yang bisa kamu pilih bisa lewat kartu kredit maupun kartu debit. Setelahnya, pihak Facebook akan me-review kembali pengajuan pemasangan iklan di Instagram yang kamu buat dan akan mendapatkan pemberitahuan lanjutan, apakah iklanmu tersebut sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku atau tidak.

 

Cara Efektif Beriklan Di Instagram

Agar kamu bisa memaksimalkan iklan yang kamu pasang di Instagram, pastikan bahwa kamu memanfaatkan fitur Instagram Stories. Hal itu karena fitur Stories bisa mengantarkan audiens untuk melihat iklanmu secara otomatis dengan tampilan penuh.

Cara Pasang Iklan di Instagram

Buatlah konten yang kamu iklankan semenarik mungkin agar mengundang perhatian dari audiens. Ketahui apa yang audiensmu sukai, dan perhatikan rasio gambar yang ingin ditayangkan. Ingat, visual adalah kunci dalam penggunaan Instagram. Jika gambarmu kurang menarik atau sulit untuk dipahami, maka audiens tidak akan terkesan dan hal ini berpeluang menurunkan performa iklan yang kamu pasang di Instagram Ads.

 

Selain memanfaatkan Instagram Ads, cara lain menggaet audiens yang tak kalah efektif adalah melalui akun Instagram Bisnis. Seperti apa seluk-beluknya? Pahami di "Cara Cerdas Memanfaatkan Akun Instagram Bisnis".

Kirim Komentar/Reply Baru
Cara Memasang SL/TP

Pak bgmn cara mmsang SLTP yg bnar? Bolehkah pasangnya cm asal selisih brpa pip dg entry?

Andriana 30 Nov 2019

Reply:

M Singgih (03 Dec 2019 15:23)

@ Andriana:

Biasanya stop loss (SL) ditentukan berdasarkan level support atau resistance terdekat. Kalau level support atau resistance tidak tampak jelas, bisa mengacu pada price action, atau level-level Fibonacci retracement atau expansion.
Untuk penjelasan yang lebih lengkap, silahkan baca: Tips Dalam Menentukan Stop Loss


Untuk target profit (TP), agar dalam jangka panjang bisa menghasilkan profit yang konsisten, sebaiknya ditentukan berdasarkan risk/reward ratio. Dalam hal ini risk/reward ratio minimal adalah 1:1.
Untuk penjelasan silahkan baca: Belajar Memahami Money Management

Sistem 82
Data  
Sistem 15
Rupiah  
Sistem 21
Emas  
Sistem 22
Rupiah  
Sistem 19
Data  
Sistem 15
Kredit  
Sistem 153
Data  
Sistem 28