Cara Trading Bitcoin di Indodax dan Kiat Suksesnya

Linlindua 26 Jun 2021Dibaca Normal 9 Menit
kripto>strategi-trading>   #trading-bitcoin   #indodax   #kiat-sukses
Sebagai salah satu exchanger Bitcoin terpercaya di Indonesia, Indodax menawarkan kemudahan trading Bitcoin bagi para kliennya. Bahkan, Indodax tak segan membagikan cara trading Bitcoin yang terbukti sukses menghasilkan profit menggiurkan.

Trading Bitcoin kini sudah bukan hal asing lagi. Sebagai salah satu mata uang kripto yang terbilang cukup populer, siapa saja bisa mendapatkan keuntungan dari aset satu ini. Salah satu caranya adalah dengan bertrading, yakni kegiatan jual beli Bitcoin atau aset kripto lain di exchanger cryptocurrency, contohnya Indodax.

 

Cara Trading Bitcoin di Indodax

Indodax menjadi tempat yang tepat untuk trading Bitcoin bagi pemula di Indonesia. Lebih jelasnya, berikut ini lima cara trading Bitcoin di Indodax yang bisa dipahami dan dicoba, bahkan oleh pemula sekalipun.

 

1. Registrasi dan Verifikasi

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan untuk trading di bursa ini yaitu dengan memiliki akun Indodax. Nah untuk memilikinya, Anda harus registrasi melalui situs Indodax. Setelah klik daftar, isi kolom username, email, dan password akun Anda.

Setelah proses registrasi selesai, Anda harus melanjutkannya dengan proses KYC (Know Your Customer). KYC merupakan tahap verifikasi identitas Anda supaya exchanger, dalam hal ini Indodax, dapat memvalidasi kebenaran data yang diberikan oleh klien. Pada proses ini, Anda harus mengunggah foto KTP beserta foto pribadi untuk menghindari adanya penipuan atau akun fiktif. Selanjutnya, tunggu verifikasi dalam waktu 1x24 jam.

Verifikasi Akun Indodax

 

2. Deposit Rupiah

Setelah akun terverifikasi, artinya Anda sudah siap untuk membeli Bitcoin dengan mata uang Rupiah. Setiap exchanger menyediakan fitur pembayaran yang berbeda-beda. Namun secara umum, pembayaran ini bisa Anda lakukan melalui Bank Transfer.

Selain metode tersebut, beberapa exchanger juga menawarkan fitur pembayaran dengan kartu kredit dan layanan e-wallet seperti OVO. Tunggu paling lama 1x24 jam untuk verifikasi proses deposit.

Baca juga: Cara Beli Bitcoin Praktis Dan Mudah Untuk Pemula

 

3. Beli Bitcoin

Deposit yang sudah terverifikasi berarti sudah siap dipakai. Nah, pembelian Bitcoin di Indodax bisa Anda lakukan secara instan maupun limit. Instan artinya Anda membeli Bitcoin dengan harga sesuai market saat ini, sementara metode limit berarti Anda menentukan pembelian Bitcoin pada harga tertentu.

Pada metode limit, silahkan masukkan jumlah Rupiah yang akan Anda gunakan untuk membeli Bitcoin. Setelah itu, masukkan harga Bitcoin yang diinginkan, lalu klik Beli Bitcoin.

Sedangkan cara membeli Bitcoin secara instan dapat Anda lakukan dengan pilih Market/Instan, lalu masukkan nominal untuk membeli Bitcoin. Selanjutnya, klik Calculate/Hitung untuk mendapatkan hasil Bitcoin yang diperoleh.

 

4. Jual Bitcoin

Selain beli, Anda juga harus memahami cara jual Bitcoin di Indodax dengan mekanisme yang sama seperti beli (instan dan limit). Metode instan berarti Anda menjual Bitcoin dengan harga sesuai market saat ini, sementara metode limit berarti Anda menentukan sendiri akan menjual Bitcoin di harga berapa.

Pada metode limit, silahkan masukkan jumlah Bitcoin yang akan Anda jual. Lalu, masukkan harga jual Bitcoin yang Anda inginkan dan klik jual Bitcoin.

Sementara untuk metode instan, silahkan masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda jual. Klik Calculate/Hitung, kemudian klik jual Bitcoin. Saat memilih metode instan, Anda menjadi market taker yang tidak perlu menunggu sampai Bitcoin terjual. Namun, Anda harus membayar sejumlah biaya untuk itu.

Nah, agar penjualan Bitcoin Anda menghasilkan untung, sebaiknya tunggu sampai harga meningkat dari harga awal saat Anda membelinya terlebih dahulu. Apabila penjualan Bitcoin berada di harga yang lebih tinggi dari harga pembelian, maka selisih harga pasar akan menjadi peluang profit trading Anda.

Trading Bitcoin untuk Pemula

 

5. Withdraw

Inilah tahap yang paling ditunggu-tunggu dari cara trading Bitcoin di Indodax maupun exchanger lainnya; apalagi kalau bukan Withdrawal (penarikan).

Anda bisa melakukan penarikan ke rekening bank pada bagian menu Finansial. Caranya, klik Rupiah kemudian klik bagian Withdraw. Masukkan jumlah uang yang akan ditarik, lalu tentukan bank beserta nomor rekening tujuan. Untuk menghindari penipuan, pastikan rekening sama dengan nama yang terdaftar pada akun Indodax.

Baca Juga: Cara Aman Trading Bitcoin Untuk Pemula

Lima cara trading Bitcoin di Indodax di atas merupakan dasar yang harus Anda pahami sebelum memulainya. Perlu diingat bahwa aktivitas trading Bitcoin maupun aset digital lainnya sangat berisiko tinggi. Tingginya tingkat fluktuasi mampu membuat harga berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempertimbangkan keputusan entry secara matang terlebih dulu.

 

7 Kiat Sukses Trading Bitcoin di Indodax

Trader pemula biasanya masih asing dengan segala hal tentang trading Bitcoin di Indodax. Tak heran, banyak yang belum untung meski merasa telah melakukan teknik trading dengan benar. Agar tetap untung, berikut penulis ulas 7 kiat sukses trading Bitcoin di Indodax.

Baca Juga: Strategi Trading Bitcoin dari Perintis Indodax

 

1. Member Indodax Harus Paham Pasar Kripto

Sebagai member Indodax, Anda harus membekali diri dengan pemahaman secara menyeluruh terkait kripto. Dalam hal ini, Anda bisa belajar dari para ahli. Jika Anda berpikir bisa trading tanpa belajar pasar aset kripto, maka anggapan itu salah besar.

Perlu diketahui, setiap produk investasi memiliki resiko yang berbeda. Baik saham, reksadana, ataupun pasar forex dan Bitcoin, selalu ada risiko kerugian yang menyertai. Untuk itu, trader perlu memahami tentang sentimen apa saja yang membuat aset kripto naik turun, prediksi harga, dan masih banyak lagi. Apabila salah mengambil langkah, maka Anda bisa kehilangan seluruh uang yang diinvestasikan.

Forum Trading Bitcoin(Baca Juga: 7 Forum Bitcoin Terbaik untuk Belajar Kripto)

 

2. Pahami Blockchain

Selain aset kripto, trader juga wajib memahami apa itu Blockchain. Hal ini bertujuan agar Anda tidak merasa tertipu atau dipermainkan oleh platform. Blockchain merupakan database dengan sistem desentralisasi. Dilihat dari sektor keuangan, sistem ini seperti catatan keuangan digital yang bisa diakses oleh semua pengguna.

Nah, keistimewaan sistem Blockchain ini adalah pengguna tidak perlu persetujuan sentral atau pihak ketiga. Bahkan, setiap pihak yang tergabung pada jaringan ini dapat "menggerakkan" Blockchain. Bitcoin sendiri tercatat dalam ledger yang mengadopsi sistem Blockchain, sehingga setiap transaksi bisa berlangsung lebih aman dan tidak mudah dibobol.

 

3. Selektif Dalam Mencari Informasi

Memang benar bahwa ada banyak referensi tentang Bitcoin yang bisa Anda peroleh di internet dengan mudah. Namun, harus dipastikan bahwa informasi tersebut valid. Hal ini karena banyak website yang rupanya tidak mampu mempertanggungjawabkan isi artikel publikasinya.

Untuk itu, lakukan riset secara seksama terlebih dahulu sebelum melihat rekomendasi para ahli. Setelah Anda menemukan sumber yang tepat, baru gunakan informasi tersebut sebagai pedoman trading.

Simak Juga: Harga Bitcoin Terkini

 

4. Pilih Platform yang Jelas

Memilih platform yang jelas juga termasuk kiat sukses saat trading Bitcoin. Kebanyakan pemula melakukan kesalahan karena tidak memperhitungkan kualitas platform sebelum trading.

Aplikasi Bitcoin di Android(Baca Juga: 7 Aplikasi Bitcoin Terbaik Di Android)

Banyaknya iklan yang menampilkan informasi mengenai platform trading seperti aset kripto, menuntut calon pembeli untuk pandai-pandai memilah informasi. Sebagai trader yang cerdas, jangan langsung menerima informasi tersebut mentah-mentah, melainkan pastikan terlebih dulu kebenarannya.

Amati website atau platform, kemudian cek status legalisasinya; apakah sudah diakui secara internasional atau oleh pemerintah Indonesia. Hal ini penting agar uang yang Anda investasikan tidak hilang begitu saja, mengingat ada banyak platform trading abal-abal yang bermunculan saat ini.

Sebagai informasi, Indodax merupakan platform trading kripto yang bisa diandalkan karena sudah mengantongi izin dari BAPPEBTI. Bahkan, Indodax menjadi marketplace aset kripto pertama di Indonesia dengan dua sertifikat internasional.

Baca juga: Ini Dia Exchange Kripto Terdaftar Bappebti yang Terpercaya

Sekalipun harga kripto seperti Bitcoin bernilai ratusan juta Rupiah per koin, tetapi transaksi di Indodax memungkinkan trader untuk bertransaksi mulai dari 10 ribu Rupiah saja. Selain itu, Indodax mengkonversikan setiap transaksi dalam mata uang Rupiah dengan sistem terbaik, tercepat, termudah, dan teraman bagi member maupun calon member.

 

5. Kendalikan Emosi saat Mengambil Keputusan

Selama trading di Indodax, Anda akan melihat grafik harga kripto. Setelah melakukan deposit, mungkin akan timbul perasaan emosi melihat grafik karena fluktuasinya yang tajam.

Pada titik tertentu, Anda bisa memutuskan untuk membeli aset tanpa analisa teknikal maupun fundamental. Sayangnya, grafik justru bergerak turun dan membuat Anda panik. Tanpa pikir panjang, Anda pun memutuskan exit dan merugi dari pasar. Padahal beberapa menit berikutnya, grafik kembali naik. Hal-hal seperti inilah yang perlu Anda hindari.

Untuk itu, usahakan selalu berpikir jernih dan membuang emosi selama trading. Jika benar mengalami kerugian, anggaplah sebagai risiko. Tetaplah optimis, tenang, dan jangan putus asa. Amati pergerakan harga dengan baik dan pertimbangkan sebelum beli atau jual aset.

 

6. Investasi di Aset Kripto yang Berbeda

Platform Indodax menyediakan beragam jenis aset kripto, tidak hanya Bitcoin dan Ethereum. Perlu Anda ketahui, ada lebih dari 60 aset kripto yang bisa diperdagangkan. Nah, jika Anda ingin menjadi trader yang mementingkan bisnis, disarankan untuk menginvestasikan uang pada aset kripto yang berbeda. Tujuannya, supaya ketika salah satu aset sedang mengalami penurunan, ada aset lain dengan grafik naik. Jadi, Anda tetap bisa profit.

Diversifikasi Risiko Bitcoin

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika Anda berniat menginvestasikan seluruh uang pada satu aset saja. Hanya saja, risikonya lebih besar dan "utuh" bila dibandingkan dengan berinvestasi pada lebih dari satu aset kripto.

Baca juga: Koin Alternatif Bitcoin yang Masih Menguntungkan di Tahun 2021

 

7. Hindari Mindset Kaya Instan dengan Trading Bitcoin

Kiat sukses trading Bitcoin di Indodax terakhir yaitu hindari mindset bisa kaya instan dari trading Bitcoin. Perlu Anda ingat bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih secara instan karena semua pasti butuh proses.

Beberapa kasus menunjukkan banyak trader berhenti di tengah jalan karena merasa untung yang diperolehnya hanya sedikit. Hal tersebut terjadi karena mereka menganggap bisa kaya instan melalui trading. Padahal jika Anda menanamkan mindset kekayaan akan datang secara bertahap, maka sedikit banyak profit yang diperoleh akan dihargai sebagai proses.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai cara trading Bitcoin di Indodax dan kiat suksesnya. Semoga bisa Anda pahami dan memberikan manfaat, terutama jika Anda masih berstatus sebagai trader pemula.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

> Android dengan spesifikasi apa yang dibutuhkan , untuk bisa menjalankan proses mining bitcoin? Android dengan spesifikasi yang cukup tinggi, misalnya dengan RAM 4GB + Processor dengan kecepatan 1.6 Ghz, mampu menghasilkan sekitar 30 hingga 50 hashrate per detik. > Android dengan spesifikasi apa yang dibutuhkan , untuk bisa menjalankan proses mining bitcoin? Tentu saja ini cukup berbahaya bagi smartphone Anda, karena proses mining akan menggunakan hampir seluruh kemampuan pemrosesan di smartphone. Efeknya adalah : smartphone cepat panas, dan baterai cepat habis. > Penghitungan profitnya Seperti apa, dan proses mencairkan bitcoin hingga menjadi uang asli, sehingga bisa di gunakan secara real kayak mana min.?? Untuk penambangan Bitcoin melalui smartphone saat ini sudah tidak menguntungkan lagi. Anda bisa beralih ke pertambangan altcoin dengan tingkat kesulitan yang masih rendah, mis : Monero (XMR) dan Electroneum (ETN). Untuk mencairkannya, setelah anda mendapatkan beberapa koin, ada fitur transfer dari wallet aplikasi mining yang digunakan. Anda bisa menggunakan wallet yang disediakan exchanger (seperti Indodax yang sudah support berbagai macam altcoins), kemudian menukarkan / menjualnya ke rupiah.
 Prasetyo |  17 Nov 2018
Halaman: Cara Menambang Bitcoin Di Android
Kita bisa mengirimnya ke wallet bursa seperti indodax dan triv, kemudian menukarkannya ke rupiah. Setelah itu, proses penarikan rupiah ke bank lokal bisa dilakukan. Namun perlu dicatat bahwa bursa Indonesia menerapkan prosedur KYC (verifikasi identitas) sehingga beberapa dokumen seperti KTP, SIM, buku tabungan, diperlukan untuk verifikasi. Thx
 Prasetyo |  27 Jun 2019
Halaman: Cara Mendapatkan Uang Dengan Bitcoin
Bila dilihat berdasarkan sistem transfernya, ada beberapa hal yang menjadi keuntungan utama dari trading kripto: Hampir tidak ada biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan. Mata uang kripto menawarkan deposit dan penarikan dengan komisi yang sangat minim (tidak lebih dari 1% per transaksi). Tidak ada komisi untuk penukaran dari dan ke jenis mata uang kripto lainnya. Proses transfer instan tanpa keterlambatan dan tanpa hambatan. Sebagai referensi tambahan, Anda juga bisa membaca artikel berikut: Keunggulan Cara Kerja Mata Uang Kripto 10 Broker Forex Pilihan Untuk Trading Bitcoin Terima kasih.
 Seputarforex |  6 Dec 2019
Halaman: Mata Uang Kripto Asal Indonesia
Pedagang aset kripto yang terdaftar di Bappebti :
PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX)
PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO)
PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX)
PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)
dll
 Irwan |  9 Dec 2021
Halaman: Mata Uang Kripto Asal Indonesia
Iya, udah. Tapi harganya nyungsep terus tuh. Kok bisa ya koin kayak gitu masuk ke Indodax? Jadi penasaran sama sistem review-nya Indodax buat listing koin-koin baru gini. Padahal kayak Asix itu, whitepaper-nya aja gak jelas. Masa whitepaper dijadiin ajang pamer diri sendiri sm keluarganya doi? Dan whitepaper gak berkualitas kayak gitu, masih bisa dilolosin Indodax...wkwkwkwk
 Yohana |  28 Apr 2022
Halaman: Review Exchange Kripto Indodax
nah ini aq dah pake sejak lama, sejak blm ada tuh bappebti bappebti an. dan nyatanya sejak 2015 sampe sekarang juga aman-aman aja. ini tandanya, indodax itu salah satu exchange yg jujur dan amanah sm kustomer. belum legal aja aman, apalagi sekarang pas udah legal. ya gak? hehehe
 Astuti |  28 Apr 2022
Halaman: Review Exchange Kripto Indodax
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip