Cerdas Berinvestasi, Ini Profesi Yang Bisa Kamu Incar

Febrian Surya 29 Jan 2020 703
Dibaca Normal 4 Menit

Punya banyak pengetahuan mengenai dunia investasi? Jangan sia-siakan kemampuan itu. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membangun karir profesional.



Memiliki pengetahuan mengenai investasi, ternyata bisa berguna bagi kamu dalam membangun karir profesional di suatu bidang pekerjaan. Pengetahuan   investasi yang dimiliki tersebut bisa kamu peroleh saat ini, melalui berbagai informasi yang tersedia di internet, buku dan sebagainya.

Tak terkecuali, pengetahuan investasimu bersumber dari pengalaman sebelumnya.

cara investasi

Jika sudah memiliki pengalaman, maka kamu semakin cerdas dalam berinvestasi. Sebab, pasti kamu tidak mau lagi jatuh ke lubang yang sama saat berinvestasi. Inilah kelebihan yang bisa kamu peroleh ketika kamu cerdas dalam berinvestasi.

Bukan hanya bisa berguna untuk menghasilkan keuntungan dari hasil investasimu saja, melainkan kamu juga bisa menggunakan kecerdasan dan pengalaman berinvestasimu dalam dunia kerja. Berikut profesi yang bisa kamu incar jika kamu memiliki kecerdasan dalam berinvestasi.

 

1. Financial Advisor

Semakin hari, biaya hidup semakin meningkat saja. Hal ini bisa menjadi peluang pekerjaan, jika kamu memang pandai dalam berinvestasi dan mengelola keuanganmu. Salah satu profesi yang bisa kamu geluti adalah sebagai Financial Planner atau Financial Advisor dengan memperkaya diri kamu dengan mengikuti kursus atau pelatihan untuk posisi ini.

Kamu bisa bekerja di perusahaan investasi ataupun keuangan, yang mana kamu bertugas untuk memberikan arahan atau saran kebutuhan keuangan kepada pihak konsumen atau perusahaan yang menggunakan jasamu.

Jabatan ini bukanlah posisi sembarangan bagi sebuah perusahaan keuangan, Sebab, dibutuhkan sertifikat keahlian dan jenjang pendidikan khusus untuk bisa mengisi posisi tersebut.



Bahkan, jika karirmu dalam bidang Financial Advisor sudah sangat cemerlang. Bukan hal yang mustahil kamu akan menjadi seorang perencana keuangan bagi suatu negara atau perusahaan besar dalam dunia bisnis.

 

2. Investment Analyst

Selain menjadi Financial Advisor dan Financial Planner, bagi kamu yang memang memiliki pengalaman mumpuni dalam berinvestasi saham dan sebagainya, bisa mengincar posisi sebagai Investment Analyst. Tentu saja, kecerdasan yang kamu miliki dalam investasi saham sangat berguna untuk menunjang karirmu untuk posisi ini.

cara investasi yang benar(Baca Juga: Cara Cerdas Mengelola Gaji Ala Freelancer)

Kamu bisa memberikan saran terhadap emiten saham yang layak dibeli atau tidak berdasarkan hasil analisamu, baik itu secara fundamental ataupun teknikal di perusahaan sekuritas di mana kamu bekerja.

Tentu saja, hal ini pasti sulit dilakukan oleh orang lain yang belum memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai investasi saham yang baik seperti yang kamu miliki. Oleh karena itu, memilih berprofesi secara full time sebagai Investment Analyst merupakan pekerjaan yang cocok jika kamu suka menghabiskan banyak waktu dengan menganalisa pergerakan nilai saham.

 

3. Marketing

Pengetahuan mengenai suatu produk yang ingin dijual memang menjadi poin penting bagi seorang Sales, ketika ingin menawarkan produknya kepada calon pembeli. Jika kamu memiliki pengalaman berinvestasi yang sudah banyak dengan berbagai produk investasi, kamu bisa menjadi seorang Marketing Staff seperti di perusahaan investasi, asuransi, dan sebagainya.



Yang mana, selain kamu memiliki pengetahuan akan produk yang ingin dijual, kamu juga bisa menjelaskan kepada mereka bagaimana cara berinvestasi yang baik dan benar, berdasarkan dari pengalaman berinvestasi yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Tentu saja, ini menjadi nilai tambah ketika kamu ingin menawarkan produk keuangan atau investasi kepada calon pelanggan.

 

Jangan Sia-siakan Kecerdasan Investasi Yang Kamu Miliki

Anggap saja, profesi-profesi di atas menjadi sebuah berkah bagi kamu, berkat kerja keras yang dilakukan selama ini untuk mempelajari dunia investasi secara mendalam. Walaupun misalkan kamu saat ini sudah bekerja di perusahaan keuangan dengan mengisi posisi-posisi seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu harus tetap rendah hati dan terus belajar.

profesi investasi

Karena, percayalah bahwa learning by doing menjadi suatu cara atau teknik pembelajaran terbaik yang mudah untuk dilakukan. Bukan hanya itu saja, kecerdasan investasi yang kamu miliki tersebut juga bisa menghasilkan uang secara karir profesional bukan hanya melalui passive income ketika kamu berinvestasi saja.

Forum

Armin (16 May 2015)

password mana yg harus di masukin... gw buka akun demo, tapi ga bisa konek... login sama password nya salah terus.... terimakasih

Selengkapnya...

Kalkulator KPR

Kirim Komentar/Reply Baru


Mulai Kapan Sebaiknya Mempersiapkan Dana Pensiun?
Mulai Kapan Sebaiknya Mempersiapkan Dana Pensiun?
Linlindua   26 Apr 2021   149  
Penjelasan dari Contoh Resistance

Berita Hari senin 14 Januari 2013 Sbb:
Emas meraih resitstance menegah dari channel bearish jangka menengahnya di 1,687. Sepertinya penurunan akan segera dimulai. Namun, Terobosan level ini akan membebaskan potensi besar dan mencapai batas atas channelnya di 1,710....

Yang di maksud Resistance itu apa boss.... terus dari berita tersebut penjelasannya bagaimana.... terima kasih.

Muhdorun DhoDho 14 Jan 2013

Reply:

Basir (14 Jan 2013 20:28)

berbicara resistance, maka akan dikenal support
Resitance = Perlawanan
Support = Dukungan

Teori ini adalah teori persaingan / tekanan antara Buyer dan Seller. Teori ini di kenail dengan istilah Pivot Daily. Penjelasan akan hal ini pernah di tulis disini.

Silahkan di baca baca:

  • Cara Trading Dengan Pivot Point
  • Analisa Forex

Teori ini sudah Umum dan sering digunakan oleh pelaku pasar. baik trader Gold, mata uang, Saham atau Indeks atau yang lainnya

Resistance  / Support adalah level psikologis harga. disisi lain level tersebut bisa di hitung / dianalisa berdasarkan fibonacci dan  Ada juga dengan Camarilla

Silahkan di baca baca:

  • Tentang Fibonacci
  • Cara Trading Dengan Camarilla

Berita tersebut didasarkan atas analisa S/R atau Pivot daily atau Mingguan. silahkan dipahami untuk menambah wawasan

thanks

Kiki R (22 Oct 2019 23:06)

@Muhdorun DhoDho: Resistance adalah area yang tercipta ketika harga berhenti naik, kemudian berbalik turun. Resistance berperan sebagai "batas atas" yang menghalangi kenaikan harga lebih lanjut untuk sementara waktu. Sedangkan Support adalah area yang tercipta ketika harga berhenti menurun, kemudian berbalik naik. Support menjadi "batas bawah" yang mencegah harga menurun lebih lanjut untuk sementara waktu.

contoh Support dan Resistance

Maksud dari berita di atas adalah harga emas akan melemah setelah mencapai batas atas (resistance) di 1687.00. Apabila harga 1687.00 ini berhasil ditembus, maka harga bisa naik ke harga 1710.00

Terima Kasih

Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Febrian Surya   22 Sep 2020   936  
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Pilihan Investasi Menguntungkan Saat New Normal
Febrian Surya   25 Aug 2020   1223  
Investasi SBN: Aksi Bangun Negara Pasca Pandemi Corona
Investasi SBN: Aksi Bangun Negara Pasca Pandemi Corona
Aditya Perdana   1 Jul 2020   466  
Pro Kontra Investasi Junk Bond
Pro Kontra Investasi Junk Bond
Aditya Perdana   22 Jun 2020   565  
Kenali 3 Risiko Investasi Di Sukuk Ritel SR012
Kenali 3 Risiko Investasi Di Sukuk Ritel SR012
Wahyudi   16 Jun 2020   580  
Apa Itu Junk Bond?
Apa Itu Junk Bond?
Aditya Perdana   9 Jun 2020   836  
Tips Efektif Investasi SBN Agar Untung
Tips Efektif Investasi SBN Agar Untung
Febrian Surya   27 May 2020   620