Daftar 10 Broker Saham Terbaik Untuk Pemula

Yulinda 30 Sep 2020 3446
Dibaca Normal 16 Menit

Minat yang tinggi pada investasi saham harus diimbangi dengan pengetahuan soal broker terbaik. Agar tidak salah pilih, simak dulu daftar broker saham berikut.



Sudah sejak lama investasi telah terbukti dapat memberikan potensi keuntungan bagi masyarakat dari pada hanya menabung di bank biasa. Bukan hanya sekedar bisa menandingi inflasi tapi bisa lebih dari itu.

Dulu, masyarakat Indonesia umumnya terbiasa berinvestasi secara konvensional misalnya dengan membeli emas. Sementara investasi saham belum terlalu dikenal masyarakat. Tapi saat ini, investasi saham menjadi diminat banyak orang karena berkat kemajuan teknologi investasi saham bisa di lakukan siapa saja dan kapan saja.

 

 

Sekilas Tentang Investasi Saham dan Perusahaan Sekuritas

Selain itu secara return, investasi saham terlihat lebih menarik dibandingkan emas, deposito, obligasi atau reksadana. Inilah salah satu alasan mengapa sejak usia 30 tahun investor senior Lo Kheng Hong memilih menginvestasikan uangnya di saham, dan bukan pada instrumen investasi lainnya.

Bagi pemula, ada baiknya jika Anda bertransaksi melalui perusahaan sekuritas atau broker saham terpercaya supaya transaksi jual beli saham yang di lakukan lebih mudah dan bisa tetap aman.

broker saham terbaik(Baca Juga: Panduan Memilih Sekuritas Untuk Pemula)

Karena saat ini sudah banyak perusahaaan sekuritas lokal maupun internasional yang membuat aplikasi mobile agar para investor pemula bisa lebih mudah dalam belajar saham dan juga bertransaksi lewat aplikasi saja.

Namun sayangnya, banyak pula oknum yang mengatasnamakan diri sebagai perusahaan sekuritas yang "nakal" dan mencari celah untuk meraup keuntungan pribadi dari nasabahnya.



Tidak jarang pula kita malah rugi karena salah memilih sekuritas/broker saham. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas mengenai daftar broker saham terbaik yang bisa Anda pilih secara tuntas dan lengkap!

 

Hal-Hal Penting Dalam Memilih Broker Saham Terbaik

Untuk mengetahui bahwa broker saham yang kita pilih merupakan perusahaan sekuritas yang terpercaya dan dapat di andalkan, kita perlu tahu standart/alat ukur untuk menilainya. Ada poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih broker saham. Hal tersebut juga yang menjadi landasan dalam pemilihan broker saham yang akan kita bahas kali ini. Apa sajakah itu?

 

1. Regulasi Broker Harus Terpercaya

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memilih broker adalah memastikan bahwa perusahaan sekuritas tersebut sudah terdaftar sebagai perantara transaksi efek di BEI (Bursa Efek Indonesia) dan memiliki izin resmi OJK (Ototitas jasa Keuangan).

Anda bisa langsung memerikasanya di halaman website resmi IDX dan juga OJK. Data yang terlampir bukan hanya menunjukan kode, nama dan alamat lengkap perusahaan tapi juga bagaimana status perusahaan sekuritas tersebut. Apakah masih aktif ataukah tidak. Akan lebih baik lagi jika broker sudah memiliki banyak pengalaman sebagai Underwiter (Penjamin Emisi Efek) dalam berbagai IPO perusahaan.

broker saham ipo(Baca Juga: Membeli Saham Saat IPO, Apakah Aman?)

 



2. Keseluruhan Platform Online Trading Tidak Bermasalah

Untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik coba perhatikan pula platform tradingnya. Saat ini sebuah perusahaan sekuritas setidaknya memiliki website. Biasanya broker yang legal selalu menggunakan top domain misalnya .com atau co.id (untuk wilayah Indonesia). Coba periksa mulai dari alamat domainnya. Jika Anda menemukan sebuah situs yang mengaku sebagai broker namun menggunakan domain yang tidak terlalu terkenal, Anda sebaiknya berhati-hati.

Selain itu periksa juga layout yang ada pada website. Jika broker tersebut resmi biasanya layout yang di gunakan pada tampilan websitenya akan menampilkan fitur yang lengkap dan mempermudah nasabah dalam bertransaksi maupun belajar saham secara realtime. Namun jika pengaturan layoutnya terkesan acak-acakan dan asal, Anda juga patut mencurigai broker tersebut.

 

3. Syarat Modal Minimal Cocok Dengan Anda

Setiap perusahaan sekuritas biasanya memiiliki syarat deposit minimal yang berbeda-beda. Ada yang hanya butuh Rp100,000 saja atau sesuai jumlah per-Lotnya tapi ada juga yang mensyaratkan minimum deposit Rp10,000,000.

Jika Anda pemula, maka sebaiknya Anda mencari tahu berapa besaran modal minimal yang cocok dengan kondisi Anda. Karena dalam berinvestasi saham sebaiknya Anda tidak menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari atau mendesak alias uang panas.

 

4. Pahami Fee per-Transaksi Saham

Perusahaan sekuritas sangat penting bagi investor saham pemula karena jasanya sebagai perantara maupun penyedia fasilitas belajar saham. Atas jasanya tersebut, salah satu cara perusahaan sekuritas mendapatkan incomenya yakni dari fee per-transaksi saham yang dilakukan nasabah.

Nantinya broker akan mengajukan fee ketika Anda bertransaksi saham baik itu menjual maupun membeli saham. Besaran feenya bermacam-macam, dalam transaksi pembelian saham kisarannya 0.1% hingga 0.3% sedangkan untuk penjualan saham sekitar 0.2% hingga 0.4%.

transaksi saham(Baca Juga: Pengetahuan Dasar Pasar Modal Yang Harus Anda Ketahui)

 



Daftar Broker Saham Terbaik

Jika sudah memahami poin-poin penting dalam memilih broker saham terbaik seperti yang telah di jelaskan di atas, ini saatnya kita mengulas daftar broker saham terbaik yang bisa Anda pilih!

 

1. Indo Premier Sekuritas

Perusahaan sekuritas pertama yang menjadi rujukan banyak investor adalah Indo Premier Sekuritas. Indo Premier Sekuritas sudah terdaftar menjadi anggota bursa dan telah memiliki izin OJK yakni KEP-11/PM/PPE/1996. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal legalitas.

Indo Premier Sekuritas juga sudah beberapa kali tercatat berperan sebagai lembaga penjamin efek bagi perusahaan yang hendak melakukan IPO. Perusahaan sekuritas yang di bangun sejak tahun 2002 ini dulunya di beli dengan nama PT Premier Securities. Kemudian pada tahun 2017 yang lalu namanya resmi di ubah menjadi PT Indo Premier Sekuritas.

 

Produk dan Layanan Indo Premier

Ternyata Indo Premier bukan hanya memiliki layanan sebagai broker saham, tapi juga investasi lain serta aspek pendukungnya. Beberapa produk dan layanan yang di miliki oleh Indo Premier Sekuritas antara lain :

  • IPOTSTOCK : Merupakan situs online yang mengulas mengenai investasi saham
  • IPOTGO : Aplikasi investasi yang terintegrasi, mulai dari saham, reksadana, trading forex dan fitur lainnya yang berkaitan.
  • IPOTKU : Platform online yang berbentuk aplikasi untuk menabung
  • IPOTFUND : Situs online yang fokus pada investasi reksadana
  • IPOTNEWS : Situs online khusus beita-berita seputar investasi

Indo Premier melayani 2 kategori nasabah yakni nasabah institusi dan individu. Jika Anda ingin mendaftarkan investasi secara individu, Anda akan sangat dimudahkan karena tidak ada batas modal minimal. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan dana investasi sesuai transaksi saham yang Anda inginkan.

gedung indopremier

 

Kelebihan Investasi Melalui Indo Premier Sekuritas



  • Banyak pilihan investasi : saham, reksadana dan obligasi
  • Tidak ada jumlah setoran minimum (mengikuti harga 1 lot saham)
  • Bisa membuka rekening saham online hanya menggunakan KTP
  • Fitur super lengkap
  • Biaya untuk membeli saham sekitar 0.19% dan jual saham sekitar 0.29%

 

2. Mirae Asset Sekuritas Indonesia 

Perusahaan sekuritas terbaik selanjutnya adalah Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Perusahaan ini adalah perusahaan yang termasuk senior, karena kurang lebih sudah 25 tahun berdiri di Indonesia. Walaupun tidak menjadi Manajer Investasi (MI), Mirae sudah menjadi anggota BEI dan telah memiliki ijin usaha sebagai Penjamin Emisi Efek dan Perantara Perdagangan Efek.

Sehingga sama dengan Indo Premier, Mirae juga pernah menjadi penjamin efek bagi perusahaan yang melakukan IPO. Jika Anda tertarik berinvestasi melalui Mirae, saat ini Mirae sudah menyediakan aplikasi mobile untuk beinvestasi.

Aplikasi ini berbasis HOTS dan juga NEO HOTS sehingga bisa di gunakan lewat perangkat PC ataupun smartphone android/iOS. Atau, seandainya Anda ingin memindahkan saham Anda ke Mirae, Anda cukup membayar biaya Rp22,000 per jenis saham yang Anda miliki (atau sesuai ketentuan KSEI).

broker saham mirae

 

Produk dan Layanan Mirae Asset

Jika Anda mendaftarkan akun saham di Mirae Asset, maka Anda akan di tawarkan beberapa jenis akun untuk nasabahnya seperti:

  1. Akun Regular: Akun dengan minimal jumlah setoran awal Rp10,000,000 (fee beli 0.25% dan fee jual : 0.25% serta ada force sell T+4)
  2. Akun Margin: Akun dengan minimal jumlah setoran awal Rp200,000,000, namun wajib memiliki akun regular terlebih dahulu (fee beli 0.25% dan fee jual 0.15% serta tidak ada force sell)
  3. Akun Day Trading: Akun dengan minimal jumlah setoran awal Rp10,000,000 (fee beli 0.18 dan fee jual 0.08%, tidak ada biaya penalti)
  4. Akun Syariah: Akun dengan minimal jumlah setoran awal Rp10,000,000 yang hanya bisa digunakan untuk membeli saham syariah dan tidak punya fasilitas margin (fee beli 0.25% dan fee jual 0.15%)

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui Mirae Asset Sekuritas

  1. Tidak ada biaya administrasi perbulannya, atau biaya untuk market info atau fasilitas mobile tradingnya
  2. Fee terjangkau. Untuk membeli saham sekitar 0.15% dan jual saham sekitar 0.25%
  3. Fitur online tradingnya sudah support PC maupun smartphone

 

3. Mandiri Sekuritas Online Trading

Mandiri Sekuritas Online Trading (MOST) merupakan perusahaan penyedia layanan investasi plat merah yang sudah terbukti keunggulannya selama bertahun-tahun. MOST sudah terdaftar menjadi anggota BEI sejak tahun 1992 sebagai perantara perdagangan efek sekaligus penjamin emisi efek. Selain itu, MOST termasuk dalam jajaran sekuritas teraktif terbesar dan paling aktif per-juni 2020 setelah Mirae.

Mandiri Sekuritas memiliki standar deposit awal sebesar Rp3,000,000. Jumlah ini termasuk terjangkau karena dulu untuk bisa melakukan transaksi saham melalui Mandiri Asset, Anda harus memiliki modal setidaknya Rp10,000,000 untuk nasabah umum, dan Rp5,000,000 untuk nasabah yang berstatus sebagai nasabah mahasiswa.

Jumlah fee dalam transaksi jual beli sahamnya juga semakin terjangkau, yakni 0.18% untuk membeli saham dan 0.28% untuk menjual saham Anda kembali. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan training online untuk meningkatkan wawasan dan skill Anda dalam investasi saham.

broker saham mandiri sekuritas

Hal ini akan sangat membantu Anda, terutama bagi Anda yang masih pemula. Nah, jika Anda tertarik mendaftarkan rekening saham di Mandiri Sekuritas, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti foto e-KTP, foto diri, buku rekening tabungan dan NPWP.

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui Mirae Asset Sekuritas

  • Merupakan perusahaan sekuritas BUMN paling aktif
  • Cara mendaftar mudah, bisa online melalui www.most.co.id
  • Ada fasilitas online training

 

4. Stockbit-Sinarmas Sekuritas

Sinarmas sekuritas juga menjadi salah satu daftar perusahaan sekuritas terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Perusahaan ini sudah mengantongin izin sebagai penjamin emisi efek dan perantara perdagangan efek di BEI sejak tahun 1992.

Sebelum akhirnya menjadi perantara perdagangan efek, dulu Sinarmas memiliki fokus bidang usaha dalam transaksi valas, dan surat-surat berharga. Kini, selain menjadi perantara perdagangan efek, Sinarmas juga sudah melebarkan sayapnya menjadi Manajer Investasi melalui Sinarmas Asset Management.

Lalu apa hubungannya Stocbit dan Sinarmas Sekuritas?

Sinarmas Sekuritas bekerjasama dengan aplikasi Stockbit. Ini adalah salah satu keunggulan Sinarmas sekuritas yang tidak di miliki oleh sekuritas lainnya. Seperti yang kita tahu, Stockbit merupakan aplikasi komunitas saham online yang menjadi media para investor untuk bertukar informasi, sehingga anggotanya terdiri dari pemula maupun investor senior.

Kini, Stockibit bukan hanya bisa menjadi "media sosial" bagi para investor tapi juga bisa menjadi sarana transaksi jual beli saham. Fee transaksi yang di patok oleh Sinarmas adalah 0.15% untuk membeli saham dan 0.25% untuk menjual kembali saham.

Sementara untuk deposit awal, Anda perlu menyiapkan minimal Rp500,000 bahkan di bawah itu, minimal dana Anda cukup untuk membeli 1 Lot saham namun untuk Stockbit Anda menyetor minimal Rp500,000 atau Rp5,000,000 (untuk akun pro) pada awal deposit.

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui Sinarmas Sekuritas

  • Deposit awal rendah (minimal 1 lot saham)
  • Tidak ada biaya admin dan market info
  • Fee transaksi yang kompetitif

 

5. BNI Sekuritas (NI)

Selain Mandiri Sekuritas, Perusahaan sekuritas BUMN terbaik lainnya adalah BNI Sekuritas. Perusahaan sekuritas ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda karena pengalamannya selama 25 tahun sudah tidak perlu diragukan lagi. BNI Sekuritas tentunya sudah memiliki izin sebagai perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.

Jumlah setoran awal di BNI Sekuritas berbeda-beda, tergantung jenis rekening saham yang Anda pilih. Namun dapat dipastikan bahwa BNI Sekuritas tidak mematok biaya tambahan setiap bulannya.

 

Produk dan Layanan BNI Sekuritas

Jika Anda mendaftarkan rekening saham melalui BNI Sekuritas, maka Anda akan di tawarkan beberapa jenis rekening, diantaranya:

  • Rekening Regular: Bisa melakukan transaksi semua saham di BEI dengan setoran awal min Ro. 1 juta, fee pembelian saham sebesar 0.17% dan penjualan saham 0.27% secara online.
  • Rekening Syariah: Hanya bisa bertransaksi saham-saham syariah dengan setoran awal min Rp. 1 juta, fee pembelian saham sebesar 0.17% dan penjualan saham 0.27% secara online.
  • Rekening Margin: Bisa bertransaksi saham yang baru mendapatkan izin BEI (IPO). Biasanya data perusahaan dirilis setiap bulan. Namun untuk bertransaksi dengan rekening ini Anda memerlukan setoran awal minimal Rp. 200 juta dengan fee pembelian saham sebesar 0.17% dan penjualan saham 0.27% secara online.

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui BNI Sekuritas

  • Deposit awal untuk rekening regular dan saham syariah termasuk rendah
  • Tidak ada biaya admin dan market info
  • Fee transaksi online yang kompetitif

broker saham bni sekuritas

 

6. CGS-CIMB Sekuritas

CGS-CIMB Niaga Sekuritas juga termasuk perusahaan sekuritas senior yang telah beroperasi sejak tahun 1992 melalui Surat Keputusan No. KEP-92/PM/1992 dan No. KEP-93/PM/1992. Untuk menggunakan layanannya, CGS CIMB Sekuritas telah menyediakan 3 fitur utama pada aplikasinya yang bernama iTrade.

Fitur-fitur tersebut yakni Advanced Chart, Stock Screener dan Heat Map. Anda juga bisa menggunakan aplikasi tersebut di PC maupun smartphone.

Berbicara mengenai deposit, untuk melakukan transaksi saham melalui CGS-CIMB Sekuritas, maka Anda perlu menyiapkan deposit minimal sebesar Rp1,000,000. Sementara fee transaksi beli saham pada iTrade yakni 0.18% dan 0.28% untuk menjual saham.

Jika Anda ingin membuka rekening saham tapi tidak memiliki waktu banyak, CGS-CIMB Sekuritas mungkin bisa menjadi solusi. Waktu pendaftaran rekening saham di sekuritas yang satu ini tergolong cukup singkat yakni hanya membutuhkan waktu 1 hari saja.

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui BNI Sekuritas

  • Waktu pendaftaran cepat
  • Deposit minimal cukup rendah

strategi trading saham

(Baca Juga: 5 Strategi Unik Trading Saham Demi Profit Menarik)

 

7. Ajaib Sekuritas

Siapa yang tidak tahu aplikasi yang satu ini? Kini melalui aplikasi Ajaib Anda tidak hanya bisa melakukan investasi reksadana, tapi juga sekaligus bisa investasi saham saham dalam satu aplikasi saja. Walaupun tergolong masih baru tapi Ajaib menyuguhkan berbagai kemudahan untuk para nasabah yang ingin berinvestasi.

Selain bisa berinvestasi dengan 2 instrumen keuangan sekaligus, cara pendaftaran Ajaib juga simple dan cepat. Dokumen yang di butuhkan hanya e-KTP dan foto diri. Biaya fee dalam transaksi sahamnya pun sangat kompetitif yakni 0.10% untuk membeli maupun menjual saham untuk transaksi di bawah Rp150 juta. Sedangkan jika jumlahnya melebihi Rp150 juta, fee transaksinya sebesar 0.09% untuk membeli maupun menjual saham.

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui Ajaib

  • Tidak ada batas setoran awal (min 1 Lot)
  • Bisa berinvestasi reksadana dan saham secara bersamaan
  • Sangat mudah membuka rekening saham online hanya dengan eKTP
  • Fee transaksi saham yang kompetitif

 

8. Henan Putihrai Sekuritas

Salah satu perusahaan sekuritas terbesar yang ada di Indonesia adalah Henan Putihrai Sekuritas. Perusahaan ini sudah memiliki izin operasi sebagai lembaga penjamin efek (2007) dan juga manajer investasi (2006). Berkat keprofesionalannya, HP Sekuritas pernah menjadi sekuritas terbaik pada tahun 2017 (kategori aset > Rp. 100-250 Miliar).

HP Sekuritas telah menyediakan aplikasi online bernama IPX yang bisa di gunakan melalui PC ataupun smartphone. Semua fitur yang di butuhkan trader lengkap ada disana.

Tampilan antarmuka pada aplikasi cukup mudah sehingga bisa digunakan untuk investor pemula ataupun senior. Ada 2 rekening yang bisa Anda pilih, yakni rekening akun regular dengan biaya setor minimal Rp10 juta dan rekening akun syariah dengan biaya setor minimal Rp500 ribu dengan fee beli 0.18% dan fee jual 0.28%.

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui HP Sekuritas

  • Tidak ada biaya admin bulanan
  • Fee transaksi saham yang kompetitif

 

9. Maybank Kim Eng Sekuritas

Maybank Kim Eng Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas terbaik yang ada di Indonesia yang telah berdidri sejak tahun 1990. Mengenai lisensinya Anda tidak perlu khawatir, Maybank Kim Eng Sekuritas tentu sudah memiliki izin resmi OJK dan terdaftar di BEI sebagai penjamin emisi efek dan juga perantara perdagangan efek.

Sebagai perusahaan sekuritas terkemuka, Maybank Sekuritas telah mengantongi banyak penghargaan. Salah satunya "Best Broker in Southeast Asia by Alpha Southeast Asia" dari tahun 2007 hingga 2016.

Anda bisa mendaftar rekening saham Anda perlu mengisi formulir secara online terlebih dahulu melalui situs resmi maybank.ke.com dan mengirimkan semua dokumen yang diminta ke CS maybank kim eng sekuritas yang beralamat di Jl. Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Meskipun pendaftarannya masih cukup merepotkan tapi fee transaksi dari sekuritas ini cukup kompetitif yakni fee beli 0.17% dan fee jual 0.27%.

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui Maybank Kim Eng Sekuritas

  • Broker terpercaya
  • Fee transaksi yang kompetitif

investasi saham pemula(Baca Juga: 25 Istilah Saham Yang Wajib Diketahui Pemula)

 

10. Samuel Sekuritas Indonesia

Merupakan salah satu perusahaan sekuritas internasional terbaik yang telah memiliki izin resmi OJK dan terdaftar di BEI sebagai perantara perdagangan efek (broker). Samuel Sekuritas cukup dikenal para investor, baik investor saham maupun reksadana karena kinerjanya yang sangat positif.

SSI memiliki aplikasi aplikasi online bernama STAR yang bisa di install melalui PC maupun smartphone android/iOS. Anda tidak perlu khawatir soal keamanan, aplikasi ini sudah menggunakan sistem SSL (Secure Socket Layer) protocol 256bit. Fitur aplikasinya cukup lengkap, Anda bahkan bisa bertransaksi di luar jam bursa dan tampilan antar mukanya pun ramah untuk investor pemula.

Perusahaan ini memiliki 2 akun nasabah, pertama akun online dengan minimum deposit Rp1 juta dan akun regular dengan minimum deposit Rp. 10 juta. Fee transaksi melalui samuel Sekuritas juga cukup kompetitif yakni 0.15% untuk pembelian dan 0.25% untuk penjualan saham.

Namun Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp16,500 untuk setiap info realtime market yang Anda butuhkan. Selain itu, untuk mendaftar, Anda perlu registrasi online dan mengirimkan berkas-berkas yang di perlukan ke kantor SSI.

 

Kelebihan Investasi Saham Melalui Samuel Sekuritas

  • Aplikasi aman dan bisa transaksi di luar jam bursa
  • Fee transaksi cukup terjangkau

Demikianlah deretan broker saham terbaik yang ada di Indonesia. Selain nama-nama di atas, masih banyak juga broker-broker sekuritas lainnya.

 

Tingginya minat masyarakat untuk berinvestasi saham merupakan kabar yang menggembirakan, mengingat selama ini Indonesia termasuk negara yang memiliki jumlah masyarakat sadar investasi rendah bahkan jauh tertinggal di bandingkan negara tetangga. Info lebih banyak mengenai investor Tanah Air bisa disimak di Jumlah Investor Di Indonesia Dibandingkan Asing.

Forum

Gunawan (02 Jun 2012)

Salam master..mo numpang tanya baru belajar ni master, yang di maksud kondisi breakout yg gimana master sama ada kata2 sudah terbentuk triangle apa maksudnya.? beri contoh ya master..terima kasih master..

Selengkapnya...

Kode Saham Last Change(%)  
VRNA 166 34.96%
ALDO 710 13.6
BBSI 2,730 24.66%
CENT 334 15.97%
DAYA 278 13.01%
ESTA 115 11.65%
AYLS 90 34.33%
PANI 137 28.04%
MTWI 191 30.82%
BIMA 71 33.96%

Kirim Komentar/Reply Baru
Panduan Memilih Sekuritas Untuk Pemula
Panduan Memilih Sekuritas Untuk Pemula
Jujun Kurniawan   14 Aug 2020   812  
Bagaimana cara analisa teknikal di website ini

malam master, analisa teknikal website in memang lumayn akurat, tapi yang saya pengin tahu, bagaiman cara menganalisanya, bukan hasil dari anlisa, maaf sebelumnya master, saya masih haus ilmu,

Badai 20 Aug 2013

Reply:

Basir (20 Aug 2013 22:11)

Hal yang perlu diperhatikan :
1. Adakah berita Yang akan dirilis ?
2. Dipasar Eropa, Mata uang bergerak Ekstrim. Dan dipasar Amerika, biasanya akan terus berlanjut. Misal EUR/USD di pasar Eropa Turun 50-60 Pips, dan biasanya di pasar amerika akan terus berlanjut. Sekalipun tidak selalu, maka perhatikan data EUR di sesi Eropa dan dan USD di Amerika.
3. Pergantian dari pasar Asia ke Eropa, Eropa ke Amerika sering terjadi pergerakan mata uang antara 20 - 30 pips.

Thanks

Kiki R (07 Nov 2019 12:12)

@badai: Analisa teknikal yang digunakan mengikuti aturan TLS (trend, level, signal):

1. Membaca trend. Perhatikan trend yang sedang terjadi apakah sedang trend turun, trend naik atau sedang sideways.

2. Level (Zona support dan resisten atau zona supply and demand). Perhatikan area SnR dan SnD yang sedang diuji. Pengambilan entry dilakukan di dalam area ini menunggu signal valid.

3. Signal entry. Gunakan candlestick sebagai sinyal yang valid, khususnya candlestick H4.

Terima Kasih

5 Broker Saham Terbaik Untuk Trading Online
5 Broker Saham Terbaik Untuk Trading Online
Anna   13 Sep 2019   21206  
Perusahaan Sekuritas Dan Tiga Bisnisnya
Perusahaan Sekuritas Dan Tiga Bisnisnya
Tomy Zulfikar   25 Jan 2019   5753  
Cara Memilih Broker Saham yang Baik
Cara Memilih Broker Saham yang Baik
Anna   23 Jan 2019   1398  
Apa Itu Pialang Saham?
Apa Itu Pialang Saham?
Tomy Zulfikar   21 Jan 2019   7153