PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan penjualan bersih sebesar Rp10.07 triliun, turun 4.95% YoY, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -10%, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) -2.16%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -1.77%, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.33% ke 7,151, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) mengungkapkan proyeksi pertumbuhan pendapatan sebesar 51% untuk tahun 2024, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Daftar Exchange Kripto Lokal Paling Populer

Cahyaning 18 Jul 2022
Dibaca Normal 7 Menit
kripto > exchange >   #exchange   #exchange-kripto   #kripto-lokal
Popularitas merupakan hal penting saat memilih bursa trading. Berikut ini kumpulan exchange kripto populer di Indonesia beserta keunggulannya.

Exchange kripto atau bursa kripto adalah salah satu faktor paling penting saat melakukan trading cryptocurrency. Pasalnya, trader hanya bisa melakukan proses jual beli kripto melalui exchange atau broker saja. Namun, trader pemula biasanya kurang memahami seluk beluk exchange di Tanah Air. Akibatnya, mereka jadi memilih bursa kripto yang salah atau bursa dengan biaya trading mahal. Lebih buruk lagi, tak sedikit dari mereka yang menjadi korban penipuan bursa kripto abal-abal.

Untungnya, saat ini sudah ada banyak exchange kripto populer di Indonesia yang bisa dipercaya. Salah satu syarat yang wajib dimiliki bursa kripto adalah memiliki regulasi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka atau Bappebti. Exchange kripto luar yang ingin beroperasi di Indonesia juga diwajibkan mengantongi lisensi ini. Selain itu, bursa yang memiliki izin dari lembaga ini tentu memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dari pada yang tidak teregulasi.

Selain regulasi dari Bappebti, pertama pastikan apakah bursa yang dipilih menggunakan cold wallet untuk menyimpan aset dan memakai 2FA untuk menjaga akses lebih aman. Tak ada salahnya juga mencari bursa dengan biaya yang cocok dikantong selama itu aman. Jika memungkinkan, pilihlah bursa yang menyediakan pembayaran melalui mata uang fiat seperti rupiah.

Exchange kripto populer

Lalu, bagaimana dengan popularitas? Apakah trading di exchange kripto populer itu perlu? Ya, karena faktanya, popularitas menunjukkan bagaimana minat dan kepercayaan komunitas terhadap bursa atau layanan tersebut. Semakin populer suatu bursa, berarti semakin banyak trader yang mempercayakan dana mereka di exchange tersebut. Biasanya, exchange yang memiliki komunitas besar akan semakin giat melengkapi fitur penunjang yang dimiliki.

Ada beberapa cara untuk mengetahui tingkat popularitas suatu bursa. Misalnya, melalui volume trading harian mereka. Hal ini menunjukkan berapa banyak trader yang bertransaksi di bursa tersebut dalam waktu 24 jam. Jika data ini tak tercantum di website exchange, lihatlah berapa banyak pengguna yang mereka miliki. Sebagai tambahan lain, boleh juga melihat berapa banyak followers yang mengikuti mereka di sosial media seperti Instagram.

 

Apa Saja Exchange Kripto Populer di Indonesia?

Berikut ini adalah beberapa exchange kripto populer di Indonesia yang layak untuk dipertimbangan. Exchange dalam daftar ini bisa dibilang memiliki reputasi yang cukup baik di kalangan trader kripto Indonesia.

 

1. Tokocrypto

Tokocrypto memiliki sistem layanan terintegrasi yang dapat memudahkan trader saat berinvestasi Bitcoin atau aset kripto lainnya. Proses transaksi di bursa kripto ini tergolong cukup cepat dan tidak berbelit-belit, juga memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi supaya dana trader tidak mudah dicuri oleh peretas.

Tak heran jika Tokocrypto memiliki popularitas yang cukup tinggi di kalangan trader Indonesia. Saat ini, pengguna yang telah membuka akun di Tokocrypto mencapai kurang lebih 2 juta. Bahkan, volume trading harian di bursa ini mencapai lebih dari $14 juta saat artikel ini ditulis. Tokocrypto juga memiliki akun sosial media yang cukup aktif; setidaknya 200 ribu orang sudah mengikuti akun Instagram resmi mereka.

 

2. Rekeningku

Rekeningku merupakan exchange kripto populer yang layak untuk dipertimbangkan. Pertama, exchange ini memiliki proses verifikasi akun yang sangat cepat. Trader hanya perlu mengunggah dokumen pribadi seperti KTP dan foto selfie. Setelah itu, akun akan bisa dipakai tanpa perlu menunggu lama. Selain itu, Rekeningku juga menawarkan gratis biaya withdraw ke lebih dari 120 bank di Indonesia.

Kemudahaan trading yang ditawarkan oleh bursa ini membuat banyak trader memilih membuka akun di Rekeningku. Terbukti dari volume trading harian yang mencapai $14 juta per 18 Juli 2022. Tak hanya itu, Rekeningku memiliki akun Instagram official yang cukup aktif dengan followers mencapai 40 ribu-an. Ini membuktikan bahwa reputasi Rekeningku di kalangan trader kripto Indonesia cukup baik.

 

3. Indodax

Bagi para trader yang sudah lama melalang buana di pasar kripto, nama Indodax tentu tak asing lagi. Bursa kripto ini merupakan salah satu exchange terbesar di Tanah Air dengan lebih dari 5 juta member terverifikasi. Para trader mereka pun cukup aktif, terbukti dengan tingginya volume trading Indodax yang mencapai $13.9 juta per hari. Indodax juga memiliki akun sosial media yang cukup aktif dan kini memiliki pengikut sebanyak lebih dari 400 ribu.

Ada beberapa alasan mengapa banyak yang memutuskan membuka akun live di Indodax. Pertama, exchange ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh trader pemula sekalipun. Ditambah lagi, aplikasi Indodax juga tersedia di berbagai platform seperti dekstop, tablet, dan smartphone. Untuk memastikan keamanan pengguna, Indodax menerapkan Multi-factor Authentication agar akun klien mereka selalu aman.

 

4. Luno

Luno merupakan exchange kripto populer yang sudah memiliki lebih dari 4 juta user terverifikasi. Jumlah volume trading harian di exchange ini bahkan mencapai $12.8 juta. Itu berarti, ada banyak trader aktif yang membuka akun live di Luno. Exchange ini juga tampak cukup aktif di sosial media dan sudah memiliki sekitar 11.1 ribu followers.

Sebagai exchange kripto populer, Luno menawarkan sejumlah fitur menarik untuk mendukung kegiatan trading penggunanya. Misalnya seperti proses deposit dan penarikan dana yang cepat serta tidak berbelit. Selain itu, bursa kripto Luno memiliki fitur Repeat Buy untuk mengotomatisasi proses trading kripto. Fitur tersebut memungkinkan trader untuk membeli kripto sesuai jadwal yang diinginkan.

 

5. Zipmex

Sebagai salah satu exchange populer di Indonesia, Zipmex memiliki rating yang cukup baik. Saat ini, aplikasi Zipmex memiliki rating Google Play sebesar 4.3/5 dan rating App Store 4.7/5. Akun sosial medianya juga cukup aktif berinteraksi dengan para followers. Sekarang, akun Instagram resmi Zipmex memiliki followers lebih dari 150 ribu. Tak heran jika Zipmex dipercaya oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Zipmex tak hanya memberikan penawaran harga terbaik, namun juga memiliki proses pendaftaran yang sangat sederhana. Hanya dengan Rp10,000, trader sudah bisa melakukan jual-beli kripto bersama Zipmex. Jumlah ini tentu cocok untuk trader yang baru memulai perjalanan di pasar kripto. Exchange kripto populer ini beroperasi di beberapa negara lain selain Indonesia. Jika ditotal, volume transaksi Zipmex mencapai $4.2 juta per hari.

 

6. Pintu

Exchange kripto populer lain yang sudah mengantongi regulasi Bappebti adalah Pintu. Bursa ini memiliki tampilan simpel dan cocok untuk para pemula yang ingin memulai investasi kripto. Dari segi biaya, Pintu memiliki harga yang cukup terjangkau. Alasannya, Pintu memperbolehkan tradernya untuk membeli sebagian dari 1 Bitcoin atau aset lainnya mulai dari Rp11,000 saja.

Lalu, bagaimana dengan reputasinya? Exchange Pintu memiliki popularitas yang cukup tinggi di kalangan pengguna Indonesia. Terbukti dari total install aplikasi Pintu yang mencapai lebih dari 4 juta. Penyedia live account kripto ini sendiri juga memiliki rating yang sangat baik, yakni sebanyak 4.7/5 di App Store dan 4.4/5 di Google Play. Exchange ini cukup aktif di sosial media dan saat ini sudah memiliki lebih dari 500 ribu followers di Instagram.

 

7. Triv

Triv merupakan exchange kripto populer yang saat ini sudah digunakan oleh jutaan trader Indonesia untuk berinvestasi. Penyedia layanan trading kripto ini juga cukup aktif di sosial media. Saat ini, akun Instagram resmi mereka sudah memiliki lebih dari 38 ribu followers. Triv juga aktif di berbagai sosial media lainnya seperti YouTube, mengingat channel mereka sudah diikuti lebih dari 6 ribu subscirbers.

Dari segi biaya, exchange Triv cukup ramah untuk kantong trader Indonesia. Alasannya adalah karena Triv dikenal memiliki salah satu spread terendah di market Cryptocurrency Indonesia. Tak hanya itu saja, Triv juga menawarkan real-time deposit dan withdrawal. Semua transaksi di Triv akan diproses secara instan dalam hitungan menit ke berbagai bank dan e-wallet.

 

Apakah Reputasi Menentukan Kualitas?

Memilih exchange kripto populer memang bukan perkara mudah, terutama untuk trader pemula. Kebanyakan trader mungkin akan melihat reputasi suatu bursa dulu sebelum membuka akun.

Apakah ini langkah yang benar? Bisa jadi.

Pasalnya, jika suatu exchange kripto memiliki volume trading yang tinggi, itu berarti ada banyak trader yang aktif di sana. Maka, bisa disimpulkan bahwa exchange kripto populer ini dipercaya oleh banyak trader. Selain itu, keberadaan sosial media yang aktif juga bisa menjadi bukti bahwa mereka bukanlah exchange abal-abal yang berpotensi menipu pengguna.

 

Selain popularitas, tak ada salahnya mempertimbangkan exchange kripto berdasarkan kemudahan platformnya. Hal tersebut juga menunjukkan seberapa tinggi komitmen exchange untuk mempermudah transaksi klien-kliennya. Simak daftar exchange lokal terbaik yang menyediakan aplikasi Android.

Terkait Lainnya
 
PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan penjualan bersih sebesar Rp10.07 triliun, turun 4.95% YoY, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -10%, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) -2.16%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -1.77%, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.33% ke 7,151, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) mengungkapkan proyeksi pertumbuhan pendapatan sebesar 51% untuk tahun 2024, 4 jam lalu, #Saham Indonesia

EUR/USD berusaha keras untuk melanjutkan kenaikan hari Selasa, 22 jam lalu, #Forex Teknikal

Pound Sterling pertahankan penguatan di tengah membaiknya prospek ekonomi, 22 jam lalu, #Forex Teknikal

Indeks sentimen bisnis IFO Jerman lebih jauh membaik ke level 89.4 di April Dibandingkan Prakiraan 88.9, 22 jam lalu, #Forex Fundamental

Dolar AS mengkonsolidasi penurunan menjelang data tingkat menengah, 22 jam lalu, #Forex Teknikal

PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) berencana akan membagikan dividen sebesar Rp8.06 triliun atau setara Rp69.3 per saham dari laba bersih tahun buku 2023, 1 hari, #Saham Indonesia

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) akan membagikan dividen final sebesar Rp 165 per saham untuk tahun buku 2023. , 1 hari, #Saham Indonesia

Top gainers LQ45 pagi ini adalah: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) 3.28%, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) 2.75%, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) 2.15%, 1 hari, #Saham Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pagi ini sebesar 0.64% ke 7,156, 1 hari, #Saham Indonesia


Komentar @inbizia

Crypto staking adalah proses menyimpan dana dalam jumlah tertentu di dompet digital untuk mendukung validasi transaksi blockchain berbasis PoS.

Di tahun 2022, ada 19 koin yang menarik untuk di-staking, antara lain:

1. BitDAO (BIT)
2. Tether (USDT)
3. Ethereum 2.0 (ETH)
4. USD Coin (USDC)
5. Terra (LUNA)
6. Polkadot (DOT)
7. Tezos (XTZ)
8. Polygon (MATIC)
9. Binance (BNB)
10. Hydra (HYDRA)
11. Algorand (ALGO)
12. PancakeSwap (CAKE)
13. Solana (SOL)
14. Avalanche (AVAX)
15. ApeSwap Finance (BANANA)
16. SushiSwap (SUSHI)
17. Chronicle (XNL)
18. Cardano (ADA)
19. Akash (AKT)

selain daftar di atas, beberapa exchange kripto teregulasi Bappebti juga mulai memperkenalkan koin-koin yang bisa distaking. Contohnya saja, Tokocrypto (TKO) dan Triv.

 Hilman Ramini |  18 Aug 2022
Halaman: Yield Farming Vs Staking Mana Yang Lebih Menguntungkan

beda dong bro, kalo Binance kan exchanger internasional, itupun masih belum dapet regulasi dari Bappebti. Kalau dari segi kelengkapnya, emang di Binance pilihan koin kriptonya jauh lebih banyak dibanding di Rekeningku.

Tapi dari pengalaman sendiri sih, mending pilih exchanger lokal aja, soalnya jelas yah biasanya biaya fee untuk ini itu lebih rendah, lebih gampang terkoneksi ke bank-bank lokal indonesia gitu.

Lagian kalo misalnya ada aliran dana macet transfer ke bank lokal dari Binance, jadi risiko bro sendiri, belum ada payung hukumnya, soalnya kan emang Binance benernya "ga boleh" beroperasi di Indonesia.

Buat referensi tambahan, bisa baca juga artikel ini: 5 Exchange Kripto Termurah yang Diregulasi Bappebti

 Kalim |  29 Aug 2022
Halaman: Cara Beli Dan Simpan Aset Kripto Di Wallet Rekeningku

Sebenarnya bisa dibilang broker Forex masuk ke kripto juga. Jadi awalnya hanya berfokus di Forex dan kemudian merambah ke kripto. Secara taking profit juga kurang lebih sama, bisa saat position buy/long maupun sell/short. Dan pastinya aturan broker dan instrumen yang diterapkan sesuai dengan regulasi yang ada jadi menurut saya kalau untuk trading ya gpp sih makai broker forex aman-aman saja.

Tapi saya rasa kalau lebih fokus ke kripto rasanya lebih tepat pakai exchange kripto saja.

 Andri |  12 Nov 2022
Halaman: Pahit Tapi Nyata Ini Fakta Tersembunyi Exchange Kripto

@Hubert, menurut saya kalau dibilang akan menjadi mata uang yang sah di masa depan, belum benar-benar dapat dipastikan tetapi kalau untuk penggunanya mungkin akan semakin banyak karena ada beberapa keunggulan dari crypto yang transparan dan kecepatan transaksi. Oh iya selain itu crypto yang berbasis Ethereum sendiri sekarang menyediakan smart contract dalam arti sederhana bila syarat-syarat dalam kontrak terpenuhi, transaksi kripto baru akan dilakukan.

Berbicara soal keamanan sebenarnya kripto benar-benar aman lho dan mustahil mengehack blockchainnya, yang tidak amannya adalah ketika anda memberitahukan password atau passcode wallet (temnpat anda simpan kripto) anda kepada orang lain. Ibaratnya anda memberitahukan PIN kartu debit/kredit anda atau menginstal APK yang ternyata ngehack ke M-banking anda.

Berbicara soal fisik, nowadays, ketika anda transfer melalui m-banking atau e-banking ataupun melakukan transaksi scan QR juga tidak memegang uang fisik lagi. Kripto pun demikian, dan karena dia uang virtual, anda bisa menukarkan kripto ke bentuk rupiah di exchange kripto dan memiliki nilai.

Mengenai spekulasi dalam kripto sebetulnya juga terjadi di mata uang kita, mengingat banyak juga spekulan juga di Forex. Yang terkenal adalah George Soros. Dimana ada sesuatu yang menguntungkan disitu ada spekulan. Nah yang membedakannya adalah kripto itu terkadang dibuat sesuka hati oleh beberapa orang dengan tujuan itu. Sedangkan untuk kripto lama yaitu bitcoin dan ETH itu fundamentalnya udah kuat karena terbukti bertahun-tahun masih memiliki nilai dan beberapa negara juga menerima pembayaran dengan kripto terutama bitcoin.

 Wily |  27 Dec 2022
Halaman: Alasan Nabung Kripto Cocok Bagi Milenial

Halo selamat malam guys, pertanyaan lo sama kayak pertanyaan gw dulu waktu pertama kali mengenal dunia trading. pertanya yang sederhana, namun cukup masuk akal untuk ditanyakan, bener nggk sih? Ya sebegai seorang trader, menghinadari broker yang menawarkan layanan trading penipuan itu WAJIB. Namun mancari broker yang menawarkan platform dan layanan yang bagus, serata biaya yang murah itu PERLU untuk meminimalisir biaya dan memperlancar proses trading menjadi sebuah keuntungan.

Okey gw akan bantu menjelaskan. Broker yang bagus itu mungkin saja mempunyai izin dari Belize, BVI (The British Virgin Islands), Cayman Island, Seychelles, Rusia, Vanuatu atau negara lainnya. Namun, Jika terjadi masalah dalam transaksi yang tidak menguntungkan untuk lo, misalnya dana tidak masuk ke rekening bank, maka akan sangat sulit untuk mengurus administrasi dan memperoleh perlindungan hukum.
Apalagi jika ternyata Broker tersebut misalnya pailit atau ditutup karena melanggar aturan-aturan yang berlaku di negara asalnya, maka hukum yang berlaku di negara tersebut tidak bisa melindungi nasabah asal Indonesia. Broker resmi memiliki izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) sebagai regulator dan pengawas di bawah Kementerian Perdagangan Indonesia.

Biasanya juga menjadi anggota dari salah satu bursa berjangka yang ada di Indonesia, seperti Jakarta Future Exchange (JFX) dan Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX). Selain itu, Broker resmi juga terdaftar sebagai anggota dari Lembaga kliring berjangka di Indonesia seperti Kliring Berjangka Indonesia (KBI), dan Indonesia Clearing House (ICH). Lembaga kliring berjangka tersebut akan menjamin transaksi anda terlaksana.

Hal ini dikarenakan mereka tidak memenuhi standarisasi yg diatur dalam peraturan perundang-undangan industri berjangka di Indonesia, yang sebenarnya mengatur banyak hal terkait Industri ini. Mulai dari permodalan, pemasaran, penjualan, perpajakan, risk management hingga perlindungan terhadap perusahaan dan nasabah.
Okey pertanyaan apakah Broker yang lo sukai itu sudah legal di Indonesia? INGAT LO harus jeli dalam memilih Broker demi keamanan transaksi, dana yang ditempatkan, dan mendapatkan perlindungan hukum. GW punya saya lo harus baca

itung itung sebegai bekal lo milih mana yang broker yang baik dan aman VS broker yang hanya pencitraan publik doang.

 Nanahoshi |  18 Sep 2023
Halaman: Cara Deposit Withdrawal Di Foreximf

Halo selamat malam guys, pertanyaan lo sama kayak pertanyaan gw dulu waktu pertama kali mengenal dunia trading. pertanya yang sederhana, namun cukup masuk akal untuk ditanyakan, bener nggk sih? Ya sebegai seorang trader, menghinadari broker yang menawarkan layanan trading penipuan itu WAJIB. Namun mancari broker yang menawarkan platform dan layanan yang bagus, serata biaya yang murah itu PERLU untuk meminimalisir biaya dan memperlancar proses trading menjadi sebuah keuntungan.

Okey gw akan bantu menjelaskan. Broker yang bagus itu mungkin saja mempunyai izin dari Belize, BVI (The British Virgin Islands), Cayman Island, Seychelles, Rusia, Vanuatu atau negara lainnya. Namun, Jika terjadi masalah dalam transaksi yang tidak menguntungkan untuk lo, misalnya dana tidak masuk ke rekening bank, maka akan sangat sulit untuk mengurus administrasi dan memperoleh perlindungan hukum.
Apalagi jika ternyata Broker tersebut misalnya pailit atau ditutup karena melanggar aturan-aturan yang berlaku di negara asalnya, maka hukum yang berlaku di negara tersebut tidak bisa melindungi nasabah asal Indonesia. Broker resmi memiliki izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) sebagai regulator dan pengawas di bawah Kementerian Perdagangan Indonesia.

Biasanya juga menjadi anggota dari salah satu bursa berjangka yang ada di Indonesia, seperti Jakarta Future Exchange (JFX) dan Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX). Selain itu, Broker resmi juga terdaftar sebagai anggota dari Lembaga kliring berjangka di Indonesia seperti Kliring Berjangka Indonesia (KBI), dan Indonesia Clearing House (ICH). Lembaga kliring berjangka tersebut akan menjamin transaksi anda terlaksana.

Hal ini dikarenakan mereka tidak memenuhi standarisasi yg diatur dalam peraturan perundang-undangan industri berjangka di Indonesia, yang sebenarnya mengatur banyak hal terkait Industri ini. Mulai dari permodalan, pemasaran, penjualan, perpajakan, risk management hingga perlindungan terhadap perusahaan dan nasabah.
Okey pertanyaan apakah Broker yang lo sukai itu sudah legal di Indonesia? INGAT LO harus jeli dalam memilih Broker demi keamanan transaksi, dana yang ditempatkan, dan mendapatkan perlindungan hukum. GW punya saya lo harus baca

itung itung sebegai bekal lo milih mana yang broker yang baik dan aman VS broker yang hanya pencitraan publik doang.

 Capoor |  20 Sep 2023
Halaman: Cara Mudah Memilih Akun Foreximf Terbaik

Broker Forex


Kirim Komentar Baru