Digital

Pintu dan Koinworks Bagikan Koin Gratis Hingga Emas Digital
Crypholic     4 Jun 2022
Berkolaborasi dengan Koinworks, Pintu menghadirkan promo gratis 385,000 koin dan voucher cashback emas digital bagi pengguna yang melakukan registrasi.
Digitalisasi Kian Meluas, BI Kebut Proyek Rupiah Digital
Crypholic     27 Apr 2022
Perkembangan kripto yang semakin meningkat di Indonesia mendorong urgensi Rupiah Digital. Sampai di mana komitmen BI untuk mengembangkan proyek ini?
Tips Mengelola Dompet Digital Anti Boros
Wahyudi     30 Jan 2021
Ada banyak sekali ragam dompet digital yang ditawarkan oleh vendor-vendor ternama baik lokal maupun mancanegara. Satu hal yang penting diingat adalah bagaimana pengguna bisa mengelola dompet digital dengan benar.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #digital

Merdiana Sisca   27 Apr 2022

Ada kabar bahwa BI akan menerbitkan rupiah digital. 
Rupiah digital di sini itu seperti apa ya? mohon penjelasannya. Trm ksh

Nur Salim   28 Apr 2022

@Merdiana Sisca:

Betul sekali bu. BI saat ini sedang dalam tahap finalisasi perancangan dan pengembangan Central Bank Digital Currency (CBDC) dengan nama Rupiah Digital. Mengenai seperti apanya kurang lebihnya hampir sama dengan mata uang kripto karena dibangun di atas landasan teknologi Blockchain. Perbedaannya kalau kripto sifatnya terdesentralisasi atau tidak ada pusatnya, Rupiah Digital nanti akan terpusat dan jumlah peredarannya diatur penuh oleh BI.

Mengenai contohnya sudah sering ibu gunakan sehari-hari kok, seperti GoPay, Ovo, Dana, bahkan saldo rekening tabungan. Hanya saja Rupiah Digital yang kita gunakan sekarang ini masih di Backup dengan jumlah uang kertas yang beredar atau bisa dibilang jumlahnya sama atau tidak akan lebih dengan uang yang diterbitkan oleh BI. Untuk yang CBDC nanti kabarnya sih sudah tidak akan di Backup oleh uang kertas lagi, atau memang bentuknya sudah digital saat diterbitkan.

Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu.

Merdiana Sisca   29 Apr 2022

rupiah digital ini, digunakan utk pembayaran saja atau bisa utk trading seperti kripto ya pak? Terima kasih

Slamet Suseno   29 Apr 2022

apa yang melandasi diterbitkannnya rupiah digital ini ya master?

Nur Salim   30 Apr 2022

@Merdiana Sisca:

Kalau untuk Rupiah Digitalnya sendiri tentu saja untuk pembayaran saja bu fungsinya. Hanya saja sama seperti instrumen-instrumen ataupun aset lain, value yang dimiliki oleh Rupiah Digital kemungkinan besar juga bisa digunakan untuk diperdagangkan sesama CBDC bahkan CryptoCurrency. Prinsipnya sama dengan BTC/USD contohnya dimana valuasi nilai BTC pada instrumen tersebut dibandingkan dengan nilai US Dollar. 

Nur Salim   30 Apr 2022

@Slamet Suseno:

Banyak sekali faktornya pak. Namun faktor yang paling penting adalah perbaikan serta pengembangan sistem mata uang perbankan di Indonesia secara total. Dengan diaplikasikannya Ledger Technology atau kita kenal dengan Blockchain, banyak masalah-masalah perbankan yang dapat diselesaikan seperti transparansi, kecepatan transaksi, biaya administrasi atau komisi yang rendah, dll.

Selain itu upaya ini juga dirasa perlu untuk menekan pertumbuhan aset-aset yang tidak memiliki basis atau nilai pondasi seperti kripto yang sangat pesat perkembangannya saat ini.

Meskipun tujuannya demikian, karena konsepnya sendiri belum diadopsi secara luas jadi kita belum tahu kedepannya akan berjalan seperti apa program digitalisasi rupiah ini.

Vijay   22 Jun 2022

Apakah Rupiah digital ini sudah diluncurkan? Bagaimana cara menggunakannya?

Nur Salim   23 Jun 2022

@Vijay:

Untuk ini setahu saya belum pak, dari beritanya seharusnya tahun ini sudah rilis secara resmi. Cara menggunakannya sama seperti uang digital yang sering kita gunakan saat ini seperti GoPay, Ovo, Dana, dll. Namun untuk keterangan resminya sendiri belum dipaparkan secara detail perihal penggunaannya.

Arnold Wijaya   11 Jul 2022

Apakah betul pak perihal tentang rupiah digital yang tidak dibasiskan pada rupiah kertas? apakah ini berarti akan ada perbedaan harga antara keduanya? mengingat tingkat permintaan dan kebutuhan yang berbeda antara keduanya?

Nur Salim   13 Jul 2022

@Arnold Wijaya:

Mengenai CBDC tidak dibasiskan pada uang kertas/kartal memang rencananya seperti itu pak. Untuk perbedaan harga antara keduanya sendiri memang mungkin saja bisa terjadi. Terlebih lagi Supply antara keduanya yang terbatas seperti yang bapak tanyakan. Namun mengenai hal ini saya pribadi juga tidak bisa sepenuhnya mengatakan akan terjadi demikian. Pemerintah dan pihak Bank Sentral juga pasti sudah memikirkan tindakan-tindakan untuk menjaga nilai dari keduanya. Selain itu, kabarnya jenis Blockchain yang digunakan adalah Hybrid, sehingga jumlah Supply Rupiah Digital bisa dikontrol dari pusat. Yah, kita lihat saja kedepannya akan bagaimana saat rilis nanti.

Atmojo   15 Jul 2022

Banyaknya berbagai macam uang digital yang muncul dan sudah banyak yang dikoleksi untuk dijadikan investasi, apakah ke depan, uang digital bisa menggantikan uang fiat?

Nur Salim   21 Jul 2022

@Atmojo:

Uang digital yang dimaksudkan apa ya pak? Jika kita berbicara Rupiah Digital (CBDC) itu juga merupakan salah satu bentuk fiat Currency. Dan ya, dalam jangka panjang CBDC memang diperkirakan akan mengambil alih uang kertas.

Kalau maksud pertanyaannya tentang uang digital yang dijadikan investasi seperti BTC dan lain sebagainya, untuk saat ini masih banyak ahli yang skeptis bahwa fiat Currency akan dapat digantikan. Namun, dalam keperluan dan kepentingan tertentu akan ada beberapa sektor yang kemungkinan besar akan didominasi dengan pembayaran melalui kripto.

Intan   2 Dec 2022

Bisa dikatakan kalau rupiah digital itu adalah uang yang di digitalkan saja kan pak? Tidak ada perbedaan fungsi dan nilai dengan uang kertas ya. Jadi seperti transfer via mobile banking, OVO , GoPay, QRIS dll yang intinya hanya sebagai alternatif apabila tidak membawa uang asli ya.

Reply > Lihat[12]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #digital

  Atiyah Nur F   |   3 Mar 2022   |   Artikel

bagaimana dengan dompet digital di daerah pelosok?

  Fadilah Akbar   |   3 Mar 2022

menurut saya, kebanyakan keadaan sinyal di daerah pelosok kurang bagus, keadaan masyarakat juga masih awam teknologi, tentunya dompet digital di daerah pelosok akan sulit untuk diterapkan, namun seiring berjalannya waktu dan berkembanganya teknologi pasti akan bisa menjangkau daerah pelosok.

  Los_carlos   |   4 Apr 2022   |   Artikel

dunia digital yang penuh persaingan

  Aris Wahyu   |   4 Apr 2022

siapa yang mampu bertahan dialah pemenangnya

  Roni Manurung   |   7 Jun 2022   |   Artikel

Euro digital masih belum jelas ya? Gak kayak Yuan Digital, wacana bentar langsung eksekusi bikin.

  Jackie   |   28 Nov 2022

Apa akan lebih baik mata uang kertas dijadikan digital semuanya aja ya. Dalam arti ga dihilangkan semua, tetapi pengganti dari sistem pembayaran yang sudah ada. Jadi pedagang di pasar pun ada memberlakukan hal itu jadi lebih efektif dan efisien juga. Dalam segi kenyamanan udah ga perlu lagi rogoh duit asli, dan segi keamanan ga bakalan ada kasus curi uang, rampok uang dsb.

Kalau disandingkan dengan kripto bagaiamanapun akan berbeda karena satu sentralisasi satunya desentralisasi. Dalam hal ini aku pribadi ga masalah sentralisasi karena mau gue pakai juga ga pakai uangnya ke hal yang negatif.. toh juga transaksi ga akan menggambarkan kehidupan pribadi juga. Terkadang heran aja dengan sikap privasi berlebihan seperti itu.

  Sanjaya   |   8 Jun 2022   |   Artikel

Lebih menguntungkan mana, invest emas fisik atau digital?

  Evan   |   10 Jun 2022

Untuk emas online seperti di E-commerce, ada untung dan ruginya juga.

keuntungannya:

- Transaksinya mudah (Anda bisa manfaatkan promo harian, koin-koin cashback, misi emas, kado emas, bahkan ada reminder untuk nabung secara berkala)

- Informasi soal harga mudah diakses

- Alternatif pembayarannya banyak

- Pencairan dananya cepat dan hampir instan

- Tidak perlu menyimpan emas fisiknya

Kerugian:

- Selisih harga jual dan beli cukup besar.

- Tidak bisa dicetak dalam bentuk fisik

Jika ditanya apakah worth it atau tidak, emas merupakan aset lindung nilai dan lebih baik digunakan untuk investasi jangka panjang di atas 1 tahun, karena untuk jangka pendek justru akan rugi kena selisih nilai jual dan belinya.

  Jason   |   5 Nov 2022   |   Artikel

Koreksi kalau salah ya gan. Berarti dari artikel yang agan tulis menunjukkan bahwa yang namanya stablecoin itu sebenarnya adalah mata uang kripto dengan basis nilai berdasarkan mata uang lain sebagai cadangannya seperti dollar maupun cadangan emas dan perak. Kelebihannya asalkan memiliki koneksi Internet, disaat inflasi tinggi serta adanya resesi maupun depresi ekonomi, uang digital ini bisa dijadikan sebagai acuan pembayaran tanpa harus menukarkan terlebih dahulu ke pihak ketiga.

Sebagai contoh apabila saya kebetulan di Argentina dan inflasinya lagi tinggi jadi membuat Peso jadi lemah dan tidak bernilai. Untuk transaksi mereka akhirnya nih makai US Dollar. Nah, kalau saya ada stablecoin, saya tinggal langsung aja bertransaksi disana tanpa harus menukarkan ke dollar lagi dan nilai stablecoin saya berjalan sesuai dengan nilai dollar saat itu. Atau misalnya terjadi krisis gitu, orang menukarkan emas dengan mata uang lain agar bisa bertransaksi, kalau ada stablecoin, saya tinggal langsung bayar saja tanpa perlu tukar sana sini lagi.

Apakah fungsinya kira-kira seperti itu?

  Inbizia Support   |   10 Nov 2022

Fungsi utama dari stablecoin sebenarnya lebih pada untuk memudahkan transaksi antar kripto. Namun kalau penggunaan untuk transaksi di luar itu, harus ada kesepakatan antara pembeli dan penjual. Kecuali kalau negara tersebut sudah mengesahkan kripto sebagai alat pembayaran yang sah, seperti Amerika, Jepang, Rusia, Denmark, dan lain-lain.

  Benny   |   22 Nov 2022   |   Artikel

Mohon maaf nih, saya masih kurang mengerti saham NFT secara detail. Saya paham bahwa NFT itu intinya benda apapun yang berupa digital yang memiliki nilai jual.

Nah yang membuat saya bingung adalah saham NFT. Yang saya tangkap dari yang disampaikan kalau saham NFT itu saham perusahaan yang menyediakan NFT tetapi disisi lain anda menyebutkan kalau kita tidak perlu ada NFT bila ingin saham NFT, cukup menanam modal disana.

Apakah saham NFT itu adalah saham perusahaan penyedia NFT (produsen NFT, jadi seperti saham perusahaan yang membuat NFT) atau saham dari suatu perusahaan yang membeli NFT (kasarnya patungan beli NFT, tar dijual, profit dibagi berdasarkan modal yang dimasukkan)?

Strategi Digital Marketing Untuk UKM Pemula
Linlindua     31 Dec 2020
Ada banyak sekali jenis digital marketing yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis UKM pemula. Beberapa di antaranya ialah melalui optimasi SEO, SEM, hingga Social Media Marketing.
#ukm  #pemula  
Kiat Cerdas Manfaatkan Dompet Digital
Febrian Surya     25 Feb 2020
Dompet digital bisa menguntungkan tapi bisa juga merugikan. Agar tak terjebak kerugian menggunakan dompet digital, ikuti kiat cerdas memanfaatkan dompet digital berikut ini.
Alasan Dompet Digital Tumbuh Pesat Di Indonesia
Febrian Surya     14 Jan 2020
Dompet digital semakin diminati oleh masyarakat. Mengapa dompet digital bisa memikat perhatian masyarakat?
Memahami Fenomena Bakar Duit Ala Dompet Digital
Wahyudi     27 Dec 2019
Kebanyakan startup dompet digital menggelontorkan banyak modal untuk promo cashback. Apa sebenarnya tujuan aksi bakar duit tersebut?
Tips Bijak Gunakan PayLater pada Dompet Digital
Wahyudi     19 Nov 2019
Berbagai layanan dompet digital berbondong-bondong menawarkan fitur PayLater. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dulu dan membayarnya di kemudian hari. Berikut yang harus diperhatikan.
Apakah Platform Terbaik untuk Jual Aset Digital?
Evan     22 Jul 2022
Anda punya aset digital banyak? Ingin tahu di mana jual aset digital tersebut? Simak lengkapnya di artikel ini.
Mengenal Euro Digital: Benarkah Lebih Baik dari Kripto?
Evan     31 May 2022
Kepopuleran mata uang kripto membuat beberapa bank sentral dunia, termasuk European Central Bank (ECB) berinisiatif menciptakan mata uang digital, yaitu Euro Digital. Seperti apa itu Euro Digital?
#euro  #kripto  
Kirim Komentar Baru