Ethereum

Ethereum Vs Cardano, Mana yang Lebih Baik untuk Investasi?
Nandini     30 Mar 2022
Saat ini, aset NFT banyak dibuat menggunakan blockchain Ethereum. Namun ternyata, Cardano juga berkembang sebagai penyedia jaringan smart contract yang bisa menyaingi Ethereum.
Seluk Beluk Peluncuran Ethereum 2.0
Damar Putra     29 Apr 2022
Sebagai Investor kripto, ada banyak informasi penting di balik agenda peluncuran Ethereum 2.0 yang wajib untuk diketahui. Apa saja itu?
5 Mitos dan Fakta Seputar The Merge Ethereum 2.0
Damar Putra     20 Sep 2022
The Merge Ethereum telah menimbulkan banyak kesalahpahaman yang telah beredar luas. Apa saja mitos dan faktanya?
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #ethereum

Admin   3 Aug 2022

Halo Sobiz,
Dari dua pilihan koin kripto tepopuler yaitu Bitcoin dan Ethereum, kalian tim mana nih? Dan apa alasannya?

Sandi   28 Jul 2022

2 koin terpopuler saat ini adalah Bitcoin dan Ethereum. Namun yang menjadi pertanyaan, apa perbedaan antara dua koin ini? Dan mengapa Bitcoin dan Ethereum memiliki nilai tertinggi dibanding koin-koin lainnya? Terima kasih

Aisha   3 Aug 2022

Solana dan Ethereum sama-sama merupakan platform yang dapat dipergunakan untuk hosting proyek blockchain. Ethereum dirilis lebih awal pada tahun 2014, sedangkan Solana baru dirilis pada 2020.

Bagi sejumlah pihak, mungkin Solana yang lebih baru dianggap lebih baik. Realitanya, Solana memang memberikan opsi platform blockchain yang lebih murah dan cepat dibanding Ethereum (untuk saat ini).

Namun, Ethereum sebenarnya justru menawarkan jaringan terdesentralisasi yang lebih matang. Itulah sebabnya, sampai sekarang pun lebih banyak lembaga yang memilih Ethereum sebagai basis proyek mereka.

Bagaimana jika untuk investasi? Sejauh ini, Ethereum masih lebih baik. Ada dua alasan utama yang mendasari:

  • Platform Ethereum lebih diakui dan lebih banyak diadopsi oleh lembaga dan perusahaan besar.
  • Platform Ethereum merupakan pelopor NFT (Non-Fungible Token), sehingga prospek aplikasinya ke depan tetap sangat luas.

Ibaratnya, Ethereum sudah "diwisuda" sedangkan Solana masih seperti anak-anak yang baru masuk sekolah. Jika ingin trading jangka pendek, dua-duanya mungkin menarik. Tapi dari sudut pandang investasi, Ethereum lebih baik.

Ananta   29 Jul 2022

Secara garis besar, perbedaan antara BTC dan ETH terletak pada:

1. Tujuan. Bitcoin merupakan mata uang digital, sementara Ethereum adalah token yang menjadi fasilitator dari Smart Contract. Berbeda dengan Bitcoin yang hanya bisa dijadikan mata uang virtual, Ethereum menjadi teknologi yang bisa diterapkan ke dalam berbagai sistem.

Cek di sini: Bitcoin Vs Ethereum, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

2. Simbol yang digunakan. Bitcoin dilambangkan dengan BTC, sementara Ethereum bersimbolkan ETH.

3. Tahun peluncuran. Bitcoin lebih dulu muncul pada tahun 2009, sementara Ethereum baru menyusul 6 tahun kemudian pada Juli 2015.

4. Jumlah koin yang terdistribusi. Bitcoin memiliki total koin sebanyak 21 juta keping, sementara Ethereum mengeluarkan 18 juta keping setiap tahunnya.

5. Pendiri. Hingga saat ini, pendiri Bitcoin masih misterius dan hanya memiliki alias "Satoshi Nakamoto". Sementara itu, Ethereum secara terbuka memperkenalkan Vitalik Buterin, Joseph Lubin, dkk sebagai penggagasnya.

Alasan kenapa Bitcoin dan Ethereum memiliki nilai tertinggi adalah karena kedua koin tersebut bisa dibilang sebagai yang tertua dan dipercaya, sehingga mendapatkan banyak dukungan dari komunitas Crypto-enthusiast.

Berikut adalah tabel perbedaan antara Bitcoin dan Ethereum.

bitcoin vs ethereum

Bagas   3 Aug 2022

Apakah Bitcoin juga akan bermigrarsi ke PoS seperti Ethereum yang juga berencana akan melakukan the Merge?

Mahmud   11 Aug 2022

Selain 2 koin tersebut, apakah ada rekomendasi koin lain yang cocok diinvestasikan di tahun 2022?

Nur Salim   14 Aug 2022

Jika memang keperluannya untuk investasi jangka panjang maka menurut saya pribadi tidak ada yang lebih baik dari keduanya. Saran saya, jika ingin coba investasi pada kripto lain selain BTC dan ETH, cukup alokasikan total dana di bawah 10% mengingat fluktuasi tinggi yang mungkin muncul dari kripto lain. Mengenai pilihannya sendiri, bapak mungkin bisa memulai dari 10 daftar koin kripto terbaik kami ini. 

Mamat   19 Aug 2022

Apa yang terjadi setelah supply Bitcoin sudah habis?

Nur Salim   24 Aug 2022

@Mamat:

Bapak ingin tahu kondisi dari sisi apa terlebih dahulu? Jika untuk harga, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi:

1. Harga terus meroket karena permintaan atau Demand yang meningkat.

2. Harga bisa Stack di Certain Price karena permintaan atau Demand-nya tetap.

3. Harga bisa turun karena kurangnya Demand atau permintaan.

Hal ini sendiri belum bisa diketahui karena Bitcoin masih dalam proses pengembangan serta belum bisa diterima secara Global. Jadi mungkin tunggu tanggal mainnya saja. Para ahli sendiri memperkirakan bahwa Bitcoin akan menyentuh batas atas Supply-nya di 21 Juta Bitcoin pada 2140. Masih lebih dari 100 tahun kok, jadi masih banyak waktu untuk perkembangan atau perbaikan sistem di Bitcoin sendiri.

Dampak atau pengaruh yang sudah pasti sendiri ada pada Miner atau penambang Bitcoin. Saat jumlah Supply ini terpenuhi, Miner tidak akan mampu mendapatkan keuntungan lagi dari proses penambagan ini. 

Mamat   24 Aug 2022

Iya pak saya ingin tahu dari segi harganya,...terima kasih sudah dijelaskan..

Namun, kalo benar Bitcoin baru habis di tahun 2140 kok aneh ya kak...padahal untuk menghabiskan supply 19 juta aja membutuhkan waktu 13 tahun dari tahun awal peluncurannya di tahun 2009.

Padahal kalo tertulis di koin marketcap supplynya hanya tinggal 2 jutaan saja. Mengapa bisa demikian? 

Nur Salim   26 Aug 2022

@Mamat:

Kalau untuk penjelasan teknisnya karena sistem dari penambangan BTC sendiri akan terus berkurang karena Reward akan selalu terbagi 2 selama 4 tahun sekali. Awal rilis sendiri, Reward Per Block yang diperoleh dari Mining adalah sekitar 50 BTC, saat ini sendiri Reward telah berkurang jauh di kisaran 6.5 BTC dan akan terus berkurang seiring berjalannya waktu. Kalau dari perhitungan matematikanya itu kurang lebih baru tahun 2140 keseluruhan BTC akan selesai diproduksi.

Ananta   29 Aug 2022

Jika dilihat dari karakteristik penggunanya, Bitcoin sepertinya agak susah untuk bermigrasi ke PoS. Hal ini kembali lagi ke sistem PoW yang membuat Bitcoin diminati banyak orang. 

Pertama-tama, kita harus memahami beda PoW dan PoS. 

  • Proof of Work (PoW): Kelebihan PoW bisa terlihat dari fungsinya dalam jaringan blockchain. Kunci utama dari PoW adalah konsensus, dimana semua transaksi Bitcoin tercatat dan diatur di dalam blok.
  • Proof oF Stake (PoS): di PoS, penambang hanya bisa mengakses aset kripto dan memvalidasi transaksi sesuai dengan kepemilikan asetnya. 

Ethereum memakai PoS untuk meningkatkan skalabitasnya, sementara peminat Bitcoin menggunakan BTC karena tidak ingin ada ketimpangan antara pemilik aset yang banyak vs sedikit. Karena itu, besar kemungkinan komunitas Bitcoin tidak melakukan perubahan radikal pada blockchain kecuali terpaksa. 

Sambo   29 Aug 2022

Mengapa Max Supply Ethereum tidak dimunculkan di CoinMarketCap?

max supply Eth

Nur Salim   29 Aug 2022

@Sambo:

Bukan tidak dimunculkan pak. ETH memang memiliki Unlimited Supply atau tidak ada batasnya. Oleh karena itu tidak ada nilai yang cantumkan di sana.

Abang Crypto   2 Aug 2022

Maaf OOT....Kalau ETH dibandingkan dengan Solana, apakah Solana lebih baik dibandingkan ETH?

Reply > Lihat[13]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #ethereum

  Yudha Bagas   |   2 Jun 2022   |   Artikel

Baru tahu saya kalau ternyata NFT itu ada di berbagai blockchain. Jadi penasaran selain ethereum dan solana, nft itu ada di blockchain apa aja? terus kenapa blockchain itu bisa ada banyak? emangnya apa aja jenis blockchain?

  Evan   |   2 Jun 2022

@Yudha Bagas

Selain Ethereum dan Solana, NFT juga ada di banyak Blockchain, seperti Polygon, Matic, Binance Smart Chain, EOS, dan lain-lainnya. Dan kenapa Blockchain bisa ada banyak, itu karena adanya pengembangan kegunaan Blockchain dan tentu saja persaingan bisnis. Apabila pengembang Blockchain ingin menciptakan koin sendiri, maka harus memiliki Blockchain sendiri. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca dua artikel mengenai Blockchain, yaitu Mengenal Beragam Lapisan Pada Blockchain dan Apa Saja Jenis Blockchain Yang Perlu Diketahui?

  Joni Pulungan   |   7 Jun 2022   |   Artikel

Itu Solana termasuk layer 1 ya? Tapi kok sistemnya lebih bagus daripada BTC dan ETH ya? Btw, Ethereum 2.0 bakal tetep di layer 1 atau di layer lainnya? Kayak Shiba yang katanya mau bikin blockchain sendiri di layer 2.

  Fajar Santoso   |   27 Jun 2022   |   Artikel

"Polygon diciptakan untuk memberikan solusi atas beberapa masalah blockchain Ethereum tanpa mengesampingkan aspek keamanan."

"...yang menjadi sisi negatif dari Sidechain adalah rawan akan serangan hacker."

Jadi Polygon itu masih rawan serangan hacker atau tidak? Dan kenapa sidechain bisa sampai rawan serangan hacker?

  Damar Putra   |   29 Jun 2022

Sejauh ini yang saya ketahui, Polygon belum pernah mengalami hack kak. Jadi bisa dibilang aman.

  Kurmala   |   20 Sep 2022   |   Artikel

Merge Ethereum 2.0 itu PoS atau DPos ya kak?

Tokocrypto Gratiskan Trading Ethereum Lewat Promo Zero-Free ETH
Crypholic     7 Sep 2022
Tokocrypto mengadakan promo Zero-Fee ETH yang membebaskan biaya transaksi trading Ethreum pairing dengan BUSD yang berlaku mulai 26 Agustus 2022.
Panduan Tukar Ethereum ke Rupiah
Cahyaning     14 Aug 2022
Untuk bisa menikmati keuntungan dari penjualan NFT, Anda harus terlebih dahulu tukar Ethereum ke rupiah. Bagaimana cara melakukannya?
Market Pagi Ini: Euro Mulai Tertekan, Bitcoin dan Ethereum Kompak Melemah
Inbizia     10 Aug 2022
Penantian pasar menjelang rilis data CPI AS nanti malam membuat laju EUR/USD tertahan. Sementara itu, pasar kripto gagal melanjutkan momentum bullish.
Market Pagi Ini: Euro Optimis Menyambut NFP, Ethereum Masih Tertahan
Inbizia     5 Aug 2022
Antisipasi data NFP AS malam ini diwarnai dengan sentimen bullish dari EUR/USD. Sementara itu, teknikal ETH masih mensinyalkan keraguan meski fundamentalnya berbias bullish.
Mengenal Koin BNB, Pesaing Ethereum yang Sedang Naik Daun
Damar Putra     15 Jun 2022
BNB adalah salah satu koin yang sedang ramai diperbincangkan karena potensi dan valuasinya yang terus meningkat. Benarkah koin BNB bisa menyaingi Ethereum?
#bnb  #koin  
Mengenal Polkadot, Salah Satu Kompetitor Terbesar Ethereum
Evan     21 Apr 2022
Sempat disebut-sebut sebagai Ethereum Killer, Polkadot menjadi salah satu kripto menarik untuk dipelajari di tahun 2022 ini. Simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut.
Co-Founder Ethereum Ingatkan Bahaya Di Balik Industri Kripto
Crypholic     21 Mar 2022
Pemberitaan kripto yang terlalu berlebihan dikhawatirkan dapat menjadi bumerang karena bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab yang mengutamakan keserakahan.
Kirim Komentar Baru