Fakta Dinar Si Mata Uang Terkuat Di Dunia

Yulinda 9 Oct 2020 1034
Dibaca Normal 9 Menit

Selama ini, banyak yang menyangka bahwa Dolar AS adalah mata uang terkuat. Padahal, anggapan itu salah. Mari berkenalan dengan Dolar Kuwait, si mata uang perkasa.



Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi dengan cara membeli sejumlah mata uang, biasanya Anda juga ingin tahu tentang mata uang apa yang paling besar nilainya saat ini. Sekilas mungkin Anda akan berpikir tentang mata uang internasional yang seringkali diperbincangkan setiap hari.

 

 

Jawabannya, ternyata bukan Dollar US, Pound sterling ataupun Euro yang mana merupakan mata uang internasional. Faktanya, Dinar Kuwait adalah mata uang terkuat di dunia sejak tahun 2013 hingga saat ini.

Mungkin pertanyaan ini terlintas di benak Anda:

"Mengapa Dinar Kuwait bisa menjadi mata uang terkuat?"

Apakah Dinar yang dimaksud sama dengan Dinar yang digunakan pada saat zaman pemerintahan Rasulullah SAW?

Sebelum kita mengulas fakta-fakta menarik mengenai Dinar Kuwait, lebih baik kita mengenal apa itu mata uang Dinar itu sendiri. Agar bisa lebih jelas mata uang Dinar mana yang kita maksud, mari kita cari tahu asal usul mata uang dinar dan juga bagaimana perkembangannya saat ini.

dinar kuwait

 

Apa Itu Mata Uang Dinar?

Dinar adalah mata uang yang digunakan oleh masyarakat Arab sejak zaman pemerintahan Nabi Muhammad SAW. Namun sebenarnya Dinar bukanlah berasal dari masyarakat Arab itu sendiri.



Masyarakat Arab pada waktu itu cenderung melakukan barter sebagai alat mendapatkan kebutuhannya. Sementara penggunaan mata uang Dinar mengadaptasi dari budaya Romawi dan Persia.

Mata uang Dinar yang digunakan bangsa Arab pada saat itu biasanya terbuat dari material emas. Selain dinar, ada juga dirham yang terbuat dari perak. Dinar berasal dari Bahasa Romawi yakni denarius, sedangkan dirham berasal dari Bahasa Persia yakni drachma.

Namun, bentuk Dinar terus berkembang di berbagai negara Emirates Arab. Dinar Kuwait saat ini berbentuk uang kertas, jadi Dinar yang di maksud sebagai mata uang terkuat di dunia ini berbeda dengan bentuk Dinar Romawi.

Seperti Namanya, Dinar Kuwait (KWD) adalah mata uang yang digunakan oleh masyarakat Kuwait. Dinar memang digunakan oleh sebagian besar negara-negara Arab, namun setiap negara memiliki mata uang Dinarnya sendiri.

Nah, itulah sekilas mengenai mata uang Dinar, sekarang kita akan membahas fakta- fakta mengenai Dinar Kuwait yang wajib Anda ketahui!

 

Fakta-Fakta Dinar Kuwait Yang Perkasa

Tahukah Anda, sebelum akhirnya nilai mata uangnya menjadi yang terkuat di dunia, Dinar Kuwait harus mengalami proses yang cukup panjang di negara asalnya sendiri karena sebelumnya Kuwait merupakan negara jajahan Inggris.

Hingga akhirnya, pada tahun 1960 Kuwait terbebas dari Inggris dan akhirnya mengganti mata uangnya dari yang awalnya Gulf Rupee menjadi Dinar Kuwait.



 

  1. Dinar Kuwait Pengganti Gulf Rupee dan Dinar Irak

Gulf Rupee sendiri di produksi oleh Bank Sentral India dan nilainya setara dengan Rupee. Hal ini karena dulu, Rupee adalah mata uang yang terkenal di wilayah Timur Tengah.

beda emas batangan dengan dinar(Baca Juga: Perbedaan Emas Batangan Dengan Dinar Emas)

 

Namun perjuangan Kuwait dengan mata uangnya belum selesai. Pada tahun 1990 Kuwait kembali mengalami invasi. Kali ini Iraklah yang melakukan invasi sehingga perang teluk tidak bisa di hindari. Hal ini juga menyebabkan hilangnya stabilitas ekonomi Kuwait dan akhirnya terpaksa mengganti mata uangnya menjadi Dinar Irak.

Untungnya hal ini tidak berlangsung lama, karena 1 tahun kemudian yakni pada tahun 1991 Kuwait berhasil mengusir tentara Irak dan akhirnya berhasil memulihkan asset moneternya kembali, salah satunya adalah berkenaan mata uang. Saat itu Kuwait menerbitkan seri ke 3 Dinar Kuwait.

 

  1. Nilai 1 Dinar Sama Dengan 1000 Fulus (Fils)

Selain Dinar Kuwait (KWD), sama seperti negara lain, Kuwait juga menggunakan koin sebagai alat tukarnya. Koin Kuwait bernama Fulus. Saat ini 1 Dinar Kuwait nilainya cukup besar yakni setara dengan 1000 Fulus. Pecahan Fulus yang di keluarkan Kuwait terdiri dari 1 fulus, 5 fulus, 10 fulus, 20 fulus dan 100 fulus.



Fulus juga digunakan oleh negara di Timur Tengah lainnya serta dikenal sebagai pelengkap dinar dan dirham. 1 fulus nilainya 1/100 dirham. Fulus biasanya terbuat dari beberapa jenis material misalnya nikel yang dicampur kuningan, atau kuningan yang dicampur dengan baja, dan juga stainless steel.

 

  1. Dinar Kuwait Mengalahkan Mata Uang Internasional

Cukup mengejutkan memang, mengetahui fakta bahwa Dinar Kuwait nilainya lebih besar dibanding mata uang internasional seperti US Dollar (USD), Euro (EUR), dan juga Pound sterling (GBP). Karena mungkin biasanya populatritas ketiga mata uang tersebut seringkali menjadi acuan bagaimana nilai kuat atau lemahnya suatu mata uang. Tapi ternyata popularitas tidak selalu setara kualitasnya.

Jika Anda cek, saat ini per-8 Oktober 2020 nilai 1 KWD setara dengan 3,26 USD atau 2,77 EUR atau 2,51 GBP. Ini menunjukan secara jelas bahwa nilai Dinar Kuwait memiliki kekuatan diatas rata-rata di dunia. Lalu bagaimana jika 1 Dinar dikonversikan ke Rupiah (IDR)?

Namun sebelum menjawabnya, mari kita cari tahu mengapa Kuwait berhasil meningkatkan nilai mata uangnya? Padahal sebelumnya Kuwait menjadi negara protektorat Inggris hingga tahun 1960 dan bahkan diinvasi Iraq pada tahun 1990. Hal ini akan dibahas pada poin berikutnya.

 

  1. Karena Kuwait Penghasil Minyak Dunia, Dinar Jadi Yang Terkuat

Fakta bahwa Dinar Kuwait menjadi mata uang termahal di dunia bahkan mengalahkan mata uang internasional seperti USD, EUR atau GWD mungkin membuat kita bertanya-tanya sebenarnya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Apalagi Kuwait bisa dikatakan baru menjadi negara yang merdeka belasan tahun lebih lama dari Indonesia.

Namun, rasa penasaran Anda mungkin akan terjawab jika mengetahui bahwa Kuwait adalah salah satu negara pengekspor minyak terbesar di dunia. Kabarnya, Kuwait memiliki sumber daya minyak mentah sekitar 10-15% cadangan minyak dunia.

harga minyak dunia(Cek: Harga Komoditas Dunia)

 



Oleh karena itu 75% pendapatan negara Kuwait berasal dari sini dan juga di dukung oleh kebijakan bebas biaya pajak. Atas kekayaannya yang berasal dari minyak ini, Kuwait bahkan menjadi negara dengan IPM (Index Pembangunan Manusia) tertinggi di negara-negara Arabia.

Selain itu, jumlah ekspor Kuwait jauh lebih besar dibandingkan kebutuhan impornya. Kuwait hanya mengimpor bahan-bahan seperti bahan pokok, tekstil dan mesin-mesin. Hal ini secara otomatis menaikan nilai mata uang Kuwait karena jumlah ekspornya yang lebih banyak ketimbang impornya. Misalnya saja pada tahun 2011, Kuwait dikabarkan bisa menghasilkan 94.47 Milyar USD, sementara nilai impornya hanya sekitar 22.41 USD.

 

  1. Dinar Kuwait Mengalahkan Mata Uang Penghasil Minyak Terbesar yang Lain

Walaupun Venezuela dan Kuwait sama-sama menjadi negara penghasil minyak mentah terbesar di dunia, namun nasib keduanya jauh berbeda. Biasanya, mungkin orang menganggap bahwa negara penghasil minyak pastilah makmur sehingga wajar nilai mata uangnya pun melambung tinggi. Namun kenyataannya tidak demikian.

Venezuela kini identik dengan kekacauan politik, krisis kemanusiaan dan keruntuhan. Padahal dulu Venezuela tampak seperti penghasil minyak mentah yang tiada habisnya, bahkan menjadi pusat kekuatan Amerika yang paling diandalkan pada tahun 1990-an. Sayangnya, Venezuela berubah menjadi negara sosialisme dan terlalu tergantung pada ekspor minyak ke luar negeri.

Setelah meninggalnya Chavez, pemerintahan menjadi korup dan harga minyaknya jatuh secara global. Hal ini tentunya mempengaruhi mata uangnya yakni Bolivar. Saat ini 1 Bolivar nilainya Rp. 2,133.

Jauh sekali jika dibandingkan dengan Dinar Kuwait. Dari sini kita bisa melihat bahwa nilai mata uang suatu negara juga dipengaruhi oleh kondisi politik dan pengelolaan sumber daya dan pemerintahannya.

faktor yang mempengaruhi harga mata uang(Baca Juga: 6 Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Mata Uang)

 

  1. 1 KWD Hampir Rp50 ribu-an

Anda mungkin akan berfikir beberapa kali ketika ingin menukarkan uang Rupiah Anda ke Dinar Kuwait (KWD). USD, EUR dan GWB saja nilainya sudah kalah 2 hingga 3 kali lipat. Nah, jika di konversikan ke Rupiah, per 8 Oktober 2020 nilai 1 KWD = Rp. 48.038, bahkan pernah sampai bernilai 50 ribuan.

Jadi jika Anda punya uang 100 Dinar Kuwait (KWD), Anda sudah bisa berbelanja sebesar Rp. 4.803.911. Nilai yang luar biasa bukan?

Hal ini mungkin bisa mengajak kita berefleksi tentang masa depan Rupiah di waktu mendatang. Karena jika berbicara mengenai sumber daya alam Kuwait yang menjadikan mata uangnya memiliki super power di dunia, Indonesia juga sebenarnya memiliki sumber daya alam yang tidak kalah melimpah.

Dalam hal ini, Indonesia mungkin perlu belajar bagaimana Kuwait menjadikan sumber daya alamnya mempengaruhi perekomian negara dalam waktu 30-40 tahun saja.

 

  1. Dinar Kuwait Sudah Terbit Dalam 6 Seri

Sejak di gunakan secara resmi pada tahun 1960, hingga saat ini sudah ada 6 seri Dinar Kuwait yang telah diterbitkan oleh pemerintah Kuwait. Seperti yang kita ketahui, bahwa seri pertama pada tahun 1960, dan mulai resmi beredar pada Januari 1961 hingga 1982. Saat itu, pemerintah Kuwait mencetak dinar dengan pecahan ¼ KWD, ½ KWD, 1 KWD, 5 KWD dan 10 KWD.

Lalu seri kedua diterbitkan pada 17 November 1980 dan seri ketiga diedarkan pada tahun 1986. Pada seri ketiga inilah pertama kali uang pecahan 20 KWD digunakan. Kemudian pada tanggal 24 Maret 1991 seri keempat dikeluarkan bertepatan dengan berakhirnya invasi Iraq. Pada seri kelimanya diterbitkan pada 3 April 1995, Dinar Kuwait sudah dibekali dengan teknologi canggih dan desain yang modern.

Terakhir, seri Dinar Kuwait yang ke enam di terbitkan pada 29 Juni 2014 yang lalu, dan tentunya dengan desain yang lebih modern dari seri sebelumnya dan menggunakan material khusus sehingga masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam melihat (tuna netra) bisa mengenalinya dengan lebih mudah. Tak hanya Dinar Kuwait, sebenarnya rupiah pun punya sejarah yang menarik. 

sejarah rupaih(Baca Juga: Sosok Pahlawan Indonesia Di Mata Uang Rupiah)

 

Penutup

Kekayaan minyak serta cara pengelolaan yang berhasil dilakukan Kuwait memiliki pengaruh besar dalam menjadikan Kuwait sebagai negara makmur di Jazirah Arab dan secara langsung meningkatkan nilai mata uangnya. Hal tersebut juga tidak terjadi dalam semalam, namun ternyata Kuwait harus mengalami fase-fase yang cukup berat di baliknya.

Itulah 7 fakta mengenai Dinar Kuwait (KWD), si mata uang termahal dan fenomenal yang selama 7 tahun merajai mata uang di dunia.

 

Apakah Anda tertarik menukarkan uang Rupiah ke Dinar Kuwait? Simak dulu tips menukarkan mata uang asing agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal. 

Forum

Zufar (05 Oct 2018)

 Apakah kita harus menghafal semua bentuk Candlestick Agar bisa tepat profitnya Mohon penjelasnnya

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Akurasi analisa teknikal BarChart

Klo blh tau master, analisa teknikal yg di terbitkan barchart.com tiap harinya, tingkat akurasinya berapa persen ya? trims

Adi Ms 9 May 2012

Reply:

Basir (09 May 2012 12:41)

walau tidak 100% anda bisa melihat hasil dari persentase analisa tersebut. dan tetap gunakan analisa anda juga.

Thanks

Erik T (27 Aug 2019 21:04)

Untuk Adi Ms,

Keakuratan analisa dimana saja tentu sangat relatif. Dalam hal ini, Anda wajib menyelaraskannya dengan strategi trading Anda sendiri. Gunakanlah analisa dan rekomendasi yang tersaji sebagai bahan acuan dan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan trading.

Semoga bisa membantu.

Perbandingan Bunga P2P Lending
Perbandingan Bunga P2P Lending
Sistem   9 Apr 2021   107  
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Melati   9 Apr 2021   61  
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Linlindua   31 Mar 2021   466  
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Wahyudi   31 Mar 2021   139  
Panduan Lengkap Cara Membaca Candlestick Cryptocurrency
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Linlindua   30 Mar 2021   214  
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
10 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda
Nandini   30 Mar 2021   122