PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan penjualan bersih sebesar Rp10.07 triliun, turun 4.95% YoY, 1 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -10%, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) -2.16%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -1.77%, 1 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.33% ke 7,151, 1 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) mengungkapkan proyeksi pertumbuhan pendapatan sebesar 51% untuk tahun 2024, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

Fakta Dinar Si Mata Uang Terkuat Di Dunia

Yulinda 9 Oct 2020
Dibaca Normal 9 Menit
bisnis > rupiah >   #dinar
Selama ini, banyak yang menyangka bahwa Dolar AS adalah mata uang terkuat. Padahal, anggapan itu salah. Mari berkenalan dengan Dolar Kuwait, si mata uang perkasa.

DI

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi dengan cara membeli sejumlah mata uang, biasanya Anda juga ingin tahu tentang mata uang apa yang paling besar nilainya saat ini. Sekilas mungkin Anda akan berpikir tentang mata uang internasional yang seringkali diperbincangkan setiap hari.

Jawabannya, ternyata bukan Dolar AS, Pound sterling ataupun Euro yang mana merupakan mata uang internasional. Faktanya, Dinar Kuwait adalah mata uang terkuat di dunia sejak tahun 2013 hingga saat ini.

Mungkin pertanyaan ini terlintas di benak Anda:

"Mengapa Dinar Kuwait bisa menjadi mata uang terkuat?"

Apakah Dinar yang dimaksud sama dengan Dinar yang digunakan pada saat zaman pemerintahan Rasulullah SAW?

Sebelum kita mengulas fakta-fakta menarik mengenai Dinar Kuwait, lebih baik kita mengenal apa itu mata uang Dinar itu sendiri. Agar bisa lebih jelas mata uang Dinar mana yang kita maksud, mari kita cari tahu asal usul mata uang dinar dan juga bagaimana perkembangannya saat ini.

dinar kuwait

 

Apa Itu Mata Uang Dinar?

Dinar adalah mata uang yang digunakan oleh masyarakat Arab sejak zaman pemerintahan Nabi Muhammad SAW. Namun sebenarnya Dinar bukanlah berasal dari masyarakat Arab itu sendiri.

Masyarakat Arab pada waktu itu cenderung melakukan barter sebagai alat mendapatkan kebutuhannya. Sementara penggunaan mata uang Dinar mengadaptasi dari budaya Romawi dan Persia.

Mata uang Dinar yang digunakan bangsa Arab pada saat itu biasanya terbuat dari material emas. Selain dinar, ada juga dirham yang terbuat dari perak. Dinar berasal dari Bahasa Romawi yakni denarius, sedangkan dirham berasal dari Bahasa Persia yakni drachma.

Namun, bentuk Dinar terus berkembang di berbagai negara Emirates Arab. Dinar Kuwait saat ini berbentuk uang kertas, jadi Dinar yang di maksud sebagai mata uang terkuat di dunia ini berbeda dengan bentuk Dinar Romawi.

Seperti Namanya, Dinar Kuwait (KWD) adalah mata uang yang digunakan oleh masyarakat Kuwait. Dinar memang digunakan oleh sebagian besar negara-negara Arab, namun setiap negara memiliki mata uang Dinarnya sendiri.

Nah, itulah sekilas mengenai mata uang Dinar, sekarang kita akan membahas fakta- fakta mengenai Dinar Kuwait yang wajib Anda ketahui!

 

Fakta-Fakta Dinar Kuwait Yang Perkasa

Tahukah Anda, sebelum akhirnya nilai mata uangnya menjadi yang terkuat di dunia, Dinar Kuwait harus mengalami proses yang cukup panjang di negara asalnya sendiri karena sebelumnya Kuwait merupakan negara jajahan Inggris.

Hingga akhirnya, pada tahun 1960 Kuwait terbebas dari Inggris dan akhirnya mengganti mata uangnya dari yang awalnya Gulf Rupee menjadi Dinar Kuwait.

 

1. Dinar Kuwait Pengganti Gulf Rupee dan Dinar Irak

Gulf Rupee sendiri di produksi oleh Bank Sentral India dan nilainya setara dengan Rupee. Hal ini karena dulu, Rupee adalah mata uang yang terkenal di wilayah Timur Tengah.

beda emas batangan dengan dinar(Baca Juga: Perbedaan Emas Batangan Dengan Dinar Emas)

 

Namun perjuangan Kuwait dengan mata uangnya belum selesai. Pada tahun 1990 Kuwait kembali mengalami invasi. Kali ini Iraklah yang melakukan invasi sehingga perang teluk tidak bisa di hindari. Hal ini juga menyebabkan hilangnya stabilitas ekonomi Kuwait dan akhirnya terpaksa mengganti mata uangnya menjadi Dinar Irak.

Untungnya hal ini tidak berlangsung lama, karena 1 tahun kemudian yakni pada tahun 1991 Kuwait berhasil mengusir tentara Irak dan akhirnya berhasil memulihkan asset moneternya kembali, salah satunya adalah berkenaan mata uang. Saat itu Kuwait menerbitkan seri ke 3 Dinar Kuwait.

 

2. Nilai 1 Dinar Sama Dengan 1000 Fulus (Fils)

Selain Dinar Kuwait (KWD), sama seperti negara lain, Kuwait juga menggunakan koin sebagai alat tukarnya. Koin Kuwait bernama Fulus. Saat ini 1 Dinar Kuwait nilainya cukup besar yakni setara dengan 1000 Fulus. Pecahan Fulus yang di keluarkan Kuwait terdiri dari 1 fulus, 5 fulus, 10 fulus, 20 fulus dan 100 fulus.

Fulus juga digunakan oleh negara di Timur Tengah lainnya serta dikenal sebagai pelengkap dinar dan dirham. 1 fulus nilainya 1/100 dirham. Fulus biasanya terbuat dari beberapa jenis material misalnya nikel yang dicampur kuningan, atau kuningan yang dicampur dengan baja, dan juga stainless steel.

 

3. Dinar Kuwait Mengalahkan Mata Uang Internasional

Cukup mengejutkan memang, mengetahui fakta bahwa Dinar Kuwait nilainya lebih besar dibanding mata uang internasional seperti US Dollar (USD), Euro (EUR), dan juga Pound sterling (GBP). Karena mungkin biasanya populatritas ketiga mata uang tersebut seringkali menjadi acuan bagaimana nilai kuat atau lemahnya suatu mata uang. Tapi ternyata popularitas tidak selalu setara kualitasnya.

Jika Anda cek, saat ini per-8 Oktober 2020 nilai 1 KWD setara dengan 3,26 USD atau 2,77 EUR atau 2,51 GBP. Ini menunjukan secara jelas bahwa nilai Dinar Kuwait memiliki kekuatan diatas rata-rata di dunia. Lalu bagaimana jika 1 Dinar dikonversikan ke Rupiah (IDR)?

Namun sebelum menjawabnya, mari kita cari tahu mengapa Kuwait berhasil meningkatkan nilai mata uangnya? Padahal sebelumnya Kuwait menjadi negara protektorat Inggris hingga tahun 1960 dan bahkan diinvasi Iraq pada tahun 1990. Hal ini akan dibahas pada poin berikutnya.

 

4. Karena Kuwait Penghasil Minyak Dunia, Dinar Jadi Yang Terkuat

Fakta bahwa Dinar Kuwait menjadi mata uang termahal di dunia bahkan mengalahkan mata uang internasional seperti USD, EUR atau GWD mungkin membuat kita bertanya-tanya sebenarnya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Apalagi Kuwait bisa dikatakan baru menjadi negara yang merdeka belasan tahun lebih lama dari Indonesia.

Namun, rasa penasaran Anda mungkin akan terjawab jika mengetahui bahwa Kuwait adalah salah satu negara pengekspor minyak terbesar di dunia. Kabarnya, Kuwait memiliki sumber daya minyak mentah sekitar 10-15% cadangan minyak dunia.

harga minyak dunia(Cek: Harga Komoditas Dunia)

 

Oleh karena itu 75% pendapatan negara Kuwait berasal dari sini dan juga di dukung oleh kebijakan bebas biaya pajak. Atas kekayaannya yang berasal dari minyak ini, Kuwait bahkan menjadi negara dengan IPM (Index Pembangunan Manusia) tertinggi di negara-negara Arabia.

Selain itu, jumlah ekspor Kuwait jauh lebih besar dibandingkan kebutuhan impornya. Kuwait hanya mengimpor bahan-bahan seperti bahan pokok, tekstil dan mesin-mesin. Hal ini secara otomatis menaikan nilai mata uang Kuwait karena jumlah ekspornya yang lebih banyak ketimbang impornya. Misalnya saja pada tahun 2011, Kuwait dikabarkan bisa menghasilkan 94.47 Milyar USD, sementara nilai impornya hanya sekitar 22.41 USD.

 

5. Dinar Kuwait Mengalahkan Mata Uang Penghasil Minyak Terbesar yang Lain

Walaupun Venezuela dan Kuwait sama-sama menjadi negara penghasil minyak mentah terbesar di dunia, namun nasib keduanya jauh berbeda. Biasanya, mungkin orang menganggap bahwa negara penghasil minyak pastilah makmur sehingga wajar nilai mata uangnya pun melambung tinggi. Namun kenyataannya tidak demikian.

Venezuela kini identik dengan kekacauan politik, krisis kemanusiaan dan keruntuhan. Padahal dulu Venezuela tampak seperti penghasil minyak mentah yang tiada habisnya, bahkan menjadi pusat kekuatan Amerika yang paling diandalkan pada tahun 1990-an. Sayangnya, Venezuela berubah menjadi negara sosialisme dan terlalu tergantung pada ekspor minyak ke luar negeri.

Setelah meninggalnya Chavez, pemerintahan menjadi korup dan harga minyaknya jatuh secara global. Hal ini tentunya mempengaruhi mata uangnya yakni Bolivar. Saat ini 1 Bolivar nilainya Rp. 2,133.

Jauh sekali jika dibandingkan dengan Dinar Kuwait. Dari sini kita bisa melihat bahwa nilai mata uang suatu negara juga dipengaruhi oleh kondisi politik dan pengelolaan sumber daya dan pemerintahannya.

faktor yang mempengaruhi harga mata uang(Baca Juga: 6 Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Mata Uang)

 

6. 1 KWD Hampir Rp50 ribu-an

Anda mungkin akan berfikir beberapa kali ketika ingin menukarkan uang Rupiah Anda ke Dinar Kuwait (KWD). USD, EUR dan GWB saja nilainya sudah kalah 2 hingga 3 kali lipat. Nah, jika di konversikan ke Rupiah, per 8 Oktober 2020 nilai 1 KWD = Rp. 48.038, bahkan pernah sampai bernilai 50 ribuan.

Jadi jika Anda punya uang 100 Dinar Kuwait (KWD), Anda sudah bisa berbelanja sebesar Rp. 4.803.911. Nilai yang luar biasa bukan?

Hal ini mungkin bisa mengajak kita berefleksi tentang masa depan Rupiah di waktu mendatang. Karena jika berbicara mengenai sumber daya alam Kuwait yang menjadikan mata uangnya memiliki super power di dunia, Indonesia juga sebenarnya memiliki sumber daya alam yang tidak kalah melimpah.

Dalam hal ini, Indonesia mungkin perlu belajar bagaimana Kuwait menjadikan sumber daya alamnya mempengaruhi perekomian negara dalam waktu 30-40 tahun saja.

 

7. Dinar Kuwait Sudah Terbit Dalam 6 Seri

Sejak di gunakan secara resmi pada tahun 1960, hingga saat ini sudah ada 6 seri Dinar Kuwait yang telah diterbitkan oleh pemerintah Kuwait. Seperti yang kita ketahui, bahwa seri pertama pada tahun 1960, dan mulai resmi beredar pada Januari 1961 hingga 1982. Saat itu, pemerintah Kuwait mencetak dinar dengan pecahan ¼ KWD, ½ KWD, 1 KWD, 5 KWD dan 10 KWD.

Lalu seri kedua diterbitkan pada 17 November 1980 dan seri ketiga diedarkan pada tahun 1986. Pada seri ketiga inilah pertama kali uang pecahan 20 KWD digunakan. Kemudian pada tanggal 24 Maret 1991 seri keempat dikeluarkan bertepatan dengan berakhirnya invasi Iraq. Pada seri kelimanya diterbitkan pada 3 April 1995, Dinar Kuwait sudah dibekali dengan teknologi canggih dan desain yang modern.

Terakhir, seri Dinar Kuwait yang ke enam di terbitkan pada 29 Juni 2014 yang lalu, dan tentunya dengan desain yang lebih modern dari seri sebelumnya dan menggunakan material khusus sehingga masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam melihat (tuna netra) bisa mengenalinya dengan lebih mudah. Tak hanya Dinar Kuwait, sebenarnya rupiah pun punya sejarah yang menarik. 

sejarah rupaih(Baca Juga: Sosok Pahlawan Indonesia Di Mata Uang Rupiah)

 

Penutup

Kekayaan minyak serta cara pengelolaan yang berhasil dilakukan Kuwait memiliki pengaruh besar dalam menjadikan Kuwait sebagai negara makmur di Jazirah Arab dan secara langsung meningkatkan nilai mata uangnya. Hal tersebut juga tidak terjadi dalam semalam, namun ternyata Kuwait harus mengalami fase-fase yang cukup berat di baliknya.

Itulah 7 fakta mengenai Dinar Kuwait (KWD), si mata uang termahal dan fenomenal yang selama 7 tahun merajai mata uang di dunia.

 

Apakah Anda tertarik menukarkan uang Rupiah ke Dinar Kuwait? Simak dulu tips menukarkan mata uang asing agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal.

Terkait Lainnya
 
PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan penjualan bersih sebesar Rp10.07 triliun, turun 4.95% YoY, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

Top losers LQ45 terdiri dari: PT Mitra Pack Tbk (PTMP) -10%, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) -2.16%, PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) -1.77%, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di awal perdagangan hari ini, turun 0.33% ke 7,151, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR) mengungkapkan proyeksi pertumbuhan pendapatan sebesar 51% untuk tahun 2024, 1 jam lalu, #Saham Indonesia

EUR/USD berusaha keras untuk melanjutkan kenaikan hari Selasa, 18 jam lalu, #Forex Teknikal

Pound Sterling pertahankan penguatan di tengah membaiknya prospek ekonomi, 18 jam lalu, #Forex Teknikal

Indeks sentimen bisnis IFO Jerman lebih jauh membaik ke level 89.4 di April Dibandingkan Prakiraan 88.9, 18 jam lalu, #Forex Fundamental

Dolar AS mengkonsolidasi penurunan menjelang data tingkat menengah, 18 jam lalu, #Forex Teknikal

PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) berencana akan membagikan dividen sebesar Rp8.06 triliun atau setara Rp69.3 per saham dari laba bersih tahun buku 2023, 23 jam lalu, #Saham Indonesia

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) akan membagikan dividen final sebesar Rp 165 per saham untuk tahun buku 2023. , 23 jam lalu, #Saham Indonesia

Top gainers LQ45 pagi ini adalah: PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) 3.28%, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) 2.75%, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) 2.15%, 1 hari, #Saham Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pagi ini sebesar 0.64% ke 7,156, 1 hari, #Saham Indonesia


Komentar @inbizia

Maaf mau tanya kalau untuk menukar uang dinar iraq 25 tahun 82 msih bisa gak ya, saya ada 195 lembar ingin di tukar rupiah, dimana kalau bisa ?trims

 Aris Ar |  11 Nov 2021
Halaman: Macam Macam Kurs Uang Rupiah Yang Perlu Anda Ketahui

Saya dititipin sama sodara duit pecahan 2000 dinar kuwait itu palsu ga seh. setau saya pecahannya cuma sampe 20.mohon penjelasannya. apakah bisa dituker ke rupiah ga. trims

 Budi Wibowo |  28 Mar 2022
Halaman: Ini Cara Tukar Uang Yang Sudah Tidak Berlaku

Anda mungkin bisa menukar Dinar Irak secara langsung di negara Irak. Money Changer dan bank umum biasanya tak menerima penukaran Dinar Irak.

 Aisha |  19 Oct 2022
Halaman: Ini Cara Tukar Uang Yang Sudah Tidak Berlaku

ya iyalah, kan dinar itu dari emas. lha, kalo dinar enggak ikut harga emas, trus apa mau ikut harga perak?

 Sebut Saja ... |  23 Oct 2022
Halaman: Perbedaan Emas Batangan Dengan Dinar Emas

Dalam penipuan mata uang Dinar Irak, saya juga pernah mendengarnya sekitar tahun 2007. Saat itu memang banyak kabar yang menyatakan bahwa nilai Dinar tidak akan bisa turun, bahkan akan selalu naik.

Tapi banyak orang salah mengerti dengan kabar tersebut, sehingga berbondong-bondong membeli mata uang Dinar Irak. Padahal setahu saya, nilai Dinar yang kemungkinan besar tidak turun adalah Dinar emas, yaitu koin yang terbuat dari emas bernilai satu dinar. Apakah hal itu benar?

 Nimah |  17 Jan 2023
Halaman: Hatihati Tiga Penipuan Valas Paling Populer Di Dunia Menghantui

Beberapa negara terutama yang berada di Timur Tengah dan Afrika menggunakan mata uang Dinar. Tapi selain itu, memang ada koin dinar emas, dan koin tersebut menjadi buruan para kolektor untuk berinvestasi.

Karena selain terbuat dari emas murni koin bernilai 1 Dinar tersebut harganya cukup mahal, bisa mencapai jutaan rupiah. Ada beberapa negara terutama yang berbahasa Arab menggunakan mata uang Dinar emas.

Karena nilainya sangat tinggi beberapa negara termasuk Indonesia juga membuat koin Dinar emas. Seperti Dinar yang dibuat oleh perhimpunan BMT Indonesia, yang dicetak dengan satuan berat 4,44 gram emas.

Ada juga Dinar emas yang dibuat oleh PT Logam Mulia, dan IMN. Karena harganya sangat tinggi koin dinar emas ini juga menjadi pilihan investasi di beberapa kalangan. Perlu diketahui pada tahun 2021 lalu harga satu koin dinar produksi Antam yang memiliki berat 4,25 gram bisa mencapai Rp3,5 Juta. Tapi perlu diingat bahwa harga tersebut tidak terikat dan bisa berubah.

Karena harga yang sangat tinggi ada beberapa toko penyedia Dinar emas yang bisa menjual setengah dinar bahkan seperempat dinar.

 Seno |  17 Jan 2023
Halaman: Hatihati Tiga Penipuan Valas Paling Populer Di Dunia Menghantui
Suku Bunga Deposito
BANK 12 bulan 12 bulan
  Rupiah USD
BNI 46 2.75% %
BCA 2.50% %
MANDIRI 2.50% %
OCBC NISP 3.00% %
PANIN 4.25% %
Lihat Bank Lain
Suku Bunga Kredit
BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.05% 8.30% 7.30%
BCA 7.90% 8.10% 7.20%
Mandiri 8.05% 8.30% 7.30%
BTN 8.05% 8.30% 7.30%
OCBC NISP 8.25% 8.75% 8.00%
BTPN 7.64% 10.36% -
Danamon 8.50% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.30%
HSBC Indonesia 7.00% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain

Kirim Komentar Baru