Saat Anda akan mulai trading Option Saham, baik membeli ataupun menjual kontrak Call/Put, maka Anda harus membayar harga premi (premium) tertentu. Harga premi Option Saham adalah posisi harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual kontrak Option tersebut dalam transaksi terkait. Namun, bagaimana Anda bisa mengatakan bahwa harga itu fair? Perlu diketahui, pembeli dan penjual tidak menentukan harga premi secara asal-asalan. Harga premi Option Saham terdiri atas nilai intrinsik (Intrisic Value) dan nilai ekstrinsik (Extrinsic Value) yang terbentuk dari enam faktor yang memengaruhi aset dasarnya.

Harga Premi Option Saham

 

6 Faktor yang Memengaruhi Harga Premi Option Saham

Lee Lowell, seorang pakar trading berpengalaman puluhan tahun di bursa NYMEX, menjelaskan beberapa faktor yang memengaruhi harga premi Option Saham dalam bukunya "Get Rich with Options: Four Winning Strategies Straight from the Exchange Floor". Berikut ini rinciannya:

  1. Harga saham (underlying asset) saat ini
  2. Strike price dari kontrak Option tersebut
  3. Berapa waktu tersisa hingga mencapai kedaluwarsa (jatuh tempo) kontrak Option tersebut
  4. Volatilitas, baik volatilitas historis maupun volatilitas tersirat
  5. Suku bunga
  6. Dividen saham

Semua faktor di atas termasuk input dalam kalkulator yang dipergunakan trader sebagai tools untuk menghitung perkiraan harga premi Option Saham, maupun software yang dipergunakan oleh broker untuk tujuan yang sama. Namun, hasilnya kemungkinan berbeda dengan posisi harga premi yang Anda lihat di bursa. Mengapa demikian? Karena adanya faktor volatilitas yang berubah-ubah dan bersifat relatif.

Kalkulator Option CBOEGambar Contoh Tampilan Kalkulator Option CBOE Setelah Anda Meng-input Symbol (FB)

Diantara keenam faktor yang memengaruhi harga premi Option Saham di atas, empat poin pertama merupakan faktor paling signifikan. Volatilitas bahkan banyak disoroti secara khusus. Semakin tinggi volatilitas perdagangan suatu saham yang mendasari suatu Option (underlying asset), maka makin tinggi pula harga premi Option-nya, karena potensi kenaikan maupun penurunan pun semakin besar. Inilah sebabnya mengapa ada Option Saham tertentu yang dianggap paling menguntungkan. Sebaliknya, suku bunga dan dividen saham tidak dianggap terlalu penting dalam penilaian harga premi Option.

Ketika Anda akan membeli atau menjual suatu kontrak Option Saham, sebaiknya Anda mengetahui seluk-beluk ini agar tidak terjebak oleh harga premi yang terlalu mahal (ketika membeli) maupun terlalu murah (ketika menjual). Meskipun harga premi memang akan muncul secara otomatis pada tampilan layar platform trading yang disediakan oleh broker Option Saham, tetapi formula umum perhitungan harga premi seharusnya sama.

 

Nilai Intrinsik dan Ekstrinsik Option Saham

Nilai intrinsik adalah jumlah profit yang terkandung dalam sebuah kontrak Option Saham. Oleh karena itu, Lowell menilai hanya kontrak Option yang sudah in-the-money yang memiliki nilai intrinsik.

Berdasarkan rumusan ini, maka nilai intrinsik pada kontrak Call maupun Put sama dengan selisih antara harga saham asli (underlying asset) dikurangi strike price. Apabila hasilnya negatif, berarti nilai intrinsik kontrak Option tersebut sama dengan nol (0) alias tidak profit atau belum profit. Sedangkan nilai ekstrinsik adalah nilai yang tersisa dari premi setelah Anda mengurangkan nilai intrinsik; mencakup waktu sampai jatuh tempo, volatilitas, suku bunga, dan dividen.

Contoh:
Harga saham FB adalah 270 USD per lembar. Kontrak Option Call mencapai In-the-Money pada 250 USD, diperdagangkan dengan harga premi 30 USD. Berapakah nilai intrinsik dan nilai ekstrinsik-nya?
Nilai intrinsik kontrak Option Call FB = 270-250 = 20 USD
Nilai ekstrinsik kontrak Option Call FB = 30-20 = 10 USD

Kontrak Option Saham yang belum terealisasi, berada pada status at-the-money atau out-of-the-money, maka tidak memiliki nilai intrinsik sama sekali. Harga premi kontrak semacam itu hanya terdiri atas nilai ekstrinsik, atau dengan kata lain tidak memiliki jumlah profit (nilai riil) sama sekali hingga mencapai in-the-money. Pemahaman mengenai nilai intrinsik dan ekstrinsik dalam harga premi ini akan membantu Anda dalam menerapkan beragam strategi trading Option Saham dan meraih keuntungan.