Forex

Apa Itu Strategi Third Candle
Kiki R     8 Apr 2022
Strategi third candle bisa menjadi salah satu teknik trading andalan karena cukup efektif dan mudah terbaca. Simak penjelasan detailnya berikut ini.
Cara Deposit Withdrawal di HFX Internasional Berjangka
Cahyaning     6 Apr 2022
HFX Internasional Berjangka merupakan salah satu broker lokal yang memiliki biaya trading rendah. Berikut panduan untuk deposit dan withdrawal di pialang ini.
Bentuk Candlestick Konfirmasi yang Wajib Diketahui
Kiki R     5 Apr 2022
Strategi trading dengan memanfaatkan candlestick konfirmasi merupakan salah satu metode ampuh yang sering digunakan oleh trader price action. Simak cara menggunakannya pada artikel berikut ini.
Kamus
Broker Forex

Adalah perusahaan, institusi, agen, ataupun individu yang bertugas mempertemukan pihak penjual dan pembeli. Broker forex secara khusus artinya perusahaan yang menghubungkan trader dengan pasar interbank untuk bertrading forex.

Forex

Adalah Foreign Exchange atau pertukaran mata uang asing (valas). Sementara trading forex merujuk pada aktivitas perdagangan valas secara online untuk mendapatkan keuntungan.

Regulator Forex

Lembaga yang berperan memantau operasional usaha dan menjaga ketaatan hukum broker forex di bawah naungan regulasinya. Karena perannya, regulator dianggap menyediakan jaminan perlindungan bagi trader.

Regulator seringkali adalah lembaga pemerintah bersifat otonom atau bisa juga berupa asosiasi swadaya. Regulator forex yang memiliki dasar hukum sebagai bentukan pemerintah contohnya Bappebti (Indonesia), ASIC (Australia), dan FCA (Inggris). Regulator seperti ini memiliki legitimasi lebih kuat daripada asosiasi swadaya.

Kalender Forex, Kalender Ekonomi

Kalender yang memuat jadwal rilis berbagai data ekonomi maupun peristiwa penting terkait kebijakan moneter dan fiskal dari negara-negara yang mata uangnya diperdagangkan dalam pasar forex.

Deposit, Deposit Forex

Sejumlah dana yang harus diberikan kepada broker sebagai modal trading dan menikmati layanan yang diberikan (oleh broker tersebut).

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #forex

agus   28 Oct 2016
Apa boleh main forex tanpa belajar pada akun demo?
basir   31 Oct 2016

Untuk Agus..

Tidak ada larangan, namun alangkah baiknya melakukan pemanasan di akun demo terlebih dahulu. Sebelum terjun berenang, maka para perenang akan melakukan pemanasan. Demikian pun dengan para trader, agar tidak shock saat melihat kondisi pasar maka sebaiknya belajar trading dulu di akun demo.

Sementara untuk trading di akun real, Anda bisa memulai dengan dana kecil.

Thanks.

Reply >Lihat[1]
MEI SETYO KURNIAWAN   28 Jun 2018

Jika jawaban halal atau haram trading forex menurut admin adalah mubah lalu bagaimana inti jawaban dari DR ZAKIR NAIK yang menjelaskan tentang saham dll,saya mohon bantun Admin untuk lebih memperjelasnya dikarenakan saya belum paham dg penjelasan DR ZAKIR NAIK apakah HALAL OR HARAM ??..

Terima Kasih.
admin   28 Jun 2018

Hai Mei Setyo Kurniawan,

Admin coba rangkumkan ya penjelasan dari Dr. Zakir Naik di video yang disertakan tadi.

Pertama, secara keseluruhan Dr. Zakir Naik hanya membahas trading dengan saham, futures, dan options.

Kedua, dalam trading saham, menurut Beliau, diperbolehkan dengan syarat, yaitu. Perusahaan yang kita investasikan tidak bertentangan dengan islam (seperti narkoba, miras,bandar judi, dll). Kedua, kita trading tidak berdasarkan spekulasi.

Poin ketiga, tentang Futures. Menurut beliau, Futures sedikit berbeda dengan pasar saham (stock). Di Futures, kita membeli dan menjual barang yang belum ada wujudnya. Dan itu tidak diperbolehkan dan dijauhi.

Poin tambahan, sebaiknya menjauhi hal-hal yang mendekati riba atau bunga. Kalau dalam bahasa Forexnya, biasanya kita mengenalnya dengan nama Swap.

Mengenai pendapat Admin sendiri soal mubah, Admin sependapat dengan Dr. Zakir Naik. Mubah dalam artiannya adalah sesuatu yang apabila dikerjakan maupun ditinggalkan tidak mendapat pahala maupun dosa. Admin berpendapat seperti ini karena secara khusus hukum trading forex, tidak dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadist. Hanya saja, ada hal-hal yang berhubungan dengan judi, riba, dll yang dijelaskan dan jelas dilarang dalam islam. Jadi selama kita, menghindari hal-hal tersebut, admin rasa sih sah-sah aja trading forex.

Sedikit tambahan lagi, Menurut MUI sih trading forex boleh-boleh aja, asal tidak dibiarkan selama lebih dari 2 hari.

Terima kasih 

Muhammad Ilham   4 Jan 2019

Trading forex itu sebenarnya haram atau halal? Mohon penjelasannya 

erik t   4 Jan 2019

Untuk Muhammad Ilham,

Hingga saat ini, masih banyak orang ataupun kalangan yang berbeda pendapat ataupun pandangan mengenai halal atau haramnya hukum trading forex ini. Saya sendiri tidak bisa memutuskan hukum yang sebenarnya dari forex ini bagaimana, akan tetapi jika melihat dari sisi hukum perdagangan, trading forex ini bisa dikatakan mubah atau boleh. Trading forex dapat dikatakan mubah atau boleh jika bertransaksi secara tunai (spot), bukan secara forward futures. Selain itu, trading forex diperbolehkan asal tidak ada unsur bunga/riba (swap) didalamnya. Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak di sini.

Semoga bisa membantu.

Prabowo Hadinigrat   17 Oct 2019

@Umat Muslim yg baca

saya udah baca fatwa MUI disitu dijelaskan Trading forex yg dilakukan kurang dari 2 x 24 jam itu halal, jadi lebih baik pakai teknik scalping, jam-jaman aja tradingnya jangan sampai ditahan posisi berhari-hari. di broker juga udah disediain akun khusus muslim, trading forex ini aman buat umat muslim jika sesuai aturan, jaman sekarang ini susah cari kerja, selama kita kerja gak rugikan orang lakukan aja, apalagi MUI udah beri fatwa boleh jika kurang dari 2 x 24 jam.

Online adalah kemajuan jaman, dulu orang transaksi fisik sekarang semua pakai uang digital, dulu orang nonton pertunjukan wayang langsung sekarang orang nonton di tv. kalau dulu orang bayar listrik di kantor pln, sekarang orang bayar listrik di supermarket. jaman udah online, ijab kabul aja sah jika melalui video langsung. begitu juga dengan trading forex, mata uangnya ada misalnya euro dan dollar amerika memang ada, transaksinya juga ada dilakukan di amerika dan negara-negara eropa, transaksinya juga dilakukan spot saat itu juga, pakai sistem komisi buat broker bukan bunga, trading forex juga dianalisa dengan banyak teknik bukan tebak-tebakan kayak judi.

Menurut saya, fatwa MUI tentang trading forex boleh jika kurang dari 2 x 24 jam adalah keputusan yg tepat, dimasa ini rakyat banyak yg susah, pekerjaan sulit didapat, negara pun lebih bahagia naikkan BPJS, listrik, dan kebijakan-kebijakan yg memberatkan rakyat, apalagi KUHP yg baru Ayam masuk ke pekarangan tanah orang aja didenda 10 juta, memangnya ayam punya otak bisa tau itu pekarangan rumah siapa. kalau ayam itu tau batas tanah, ayam itu pasti udah jadi ketua RT. Bagi yg mau serius di trading forex ini, analisa yg benar pasti profit.

Marf   1 Nov 2019
lg cari cari forex haram or tidak
search d ytube orang arab & turki ada yg trading forex juga ternyata

bingung bingung dah....
kiki r   12 Dec 2019

Penjelasan mengenai trading forex halal atau haram sudah jelas dalam ketentuan dari Majelis Ulama Indonesia, sehubungan dengan perdagangan valuta asing. Ketentuan umum tentang seputar kegiatan transaksi jual-beli valuta asing berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 28/DSN-MUI/III/2002 tentang Sharf pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan)
  2. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan)
  3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara tunai (at-taqabudh).
  4. Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar (kurs) yang berlaku pada saat transaksi dilakukan dan secara tunai.

Adapun ketentuan mengenai hukum jenis-jenis transaksi valuta asing yang digolongkan mubah (boleh) oleh MUI adalah transaksi Spot, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valuta asing (valas) untuk penyerahan pada saat itu (over the counter) atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari dan merupakan transaksi internasional.

Tim inbizia, Pak Erik dan Pak Prabowo sudah jelas menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan ketentuan MUI sebagai rujukan.

Bagi teman-teman yang mencari rujukan mengenai hukum trading forex, hendaknya memilih ulama yang memiliki latar belakang ekonomi atau paham mengenai ekonomi sehingga dia mengetahui dengan jelas bagaimana mekanisme trading forex secara detail sebelum memberikan fatwa. Setiap bidang mempunyai keahlian/spesifikasi masing-masing maka bertanyalah kepada ahli sesuai bidangnya jika tidak mengetahui.

Terima Kasih

Ahmad rifai   24 May 2020
Lalu klo tentang spekulasi itu gmna?? Trading forex tingkat spekulasinya pasti sangat tinggi
Muhamad Faezal   18 Apr 2021

Mantap bang prabowo. Saya suka pendapat anda...

Reply >Lihat[8]
Silviana   8 Dec 2021

Kalau muncul varian baru omicron seperti saat ini, kira-kira dampaknya apa ke pasar forex?

M Singgih   10 Dec 2021

@ Silviana:

Menurut Menteri Keuangan AS Janet Yellen, penyebaran virus corona varian Omicron dapat memicu pelambatan ekonomi, sehingga bisa menyebabkan ketidakpastian di pasar keuangan. Jika terjadi ketidakpastian, mata uang dan asset safe haven akan diuntungkan seperti US Dollar, Yen Jepang, Swiss Franc dan juga emas.

 

Reply >Lihat[1]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #forex

  Baba   |   29 Jun 2019   |   Reply   |   Artikel

ini mas parmadita agak sedikit eror otaknya. konvergen itu sudah pernah dibahas di artikel forex lainnya di inbizia. arti konvergen yang sebenarnya berbeda dengan arti konvergen pada artikel ini versi parmadita. saya curiga mas parmadita ini bukan trader karena otaknya agak sedikit eror. artikel ini harus di takedown karena menyesatkan. dan mas parmadita sebagai penulis harus di cuci dulu otaknya supaya bersih dari kotoran dan micin-micin.

  Admin   |   1 Jul 2019

Mohon maaf, penulis di atas saat ini sudah tidak aktif di Seputarforex. Jadi pertanyaan Anda tidak bisa kami sampaikan pada yang bersangkutan untuk di-follow up. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencoba bertanya langsung di halaman Tanya Jawab kami.

  Bambang Putranto   |   26 Apr 2020   |   Reply   |   Artikel
woww saya baru nemu info ini terima kasih @SeputarForex saya pikir orang-orang yg jualan robot forex di TV benar-benar sukses sesuai iklannya, saya pun kepikiran mana mungkin market yg sangat fluktuatif bisa dikuasai sebuah robot, saya aja yg manusia beberapa kali mendapat sinyal palsu. apalagi robot yg hanya digerakkan oleh sistem kaku. ketika robot gagal yg disalahkan market woww penjual apa itu? pantas saja ketika tampil di TV wajah marketingnya sangat tertekan, seolah-olah ada kenyataan yg disembunyikannya, ternyata robot EA nya sering loss hahaha..

Bersyukur banget ada Seputar Forex semua bisa di share dengan apa adanya,konsumen yg merasa dicurangi broker pun bisa mengadu, coba ngak ada media seperti ini broker curang, pembuat robot EA curang pasti dengan mudah cari mangsa karena masyarakat tidak dapat info baik buruknya suatu produk, jika info terbuka masyarakat kan bisa share di grup WA hehehe pastinya broker curang dan pembuat robot EA curang akan kehilangan kepercayaan dan nama baik hehehe
  Maya   |   15 Jan 2021   |   Reply   |   Artikel

Kalkulator forex itu cuma ada satu atau macam-macam jenisnya?

  Didi   |   15 Jan 2021

Ada 5, fibonacci calculator, margin calculator, pip calculator, pivot point calculator, position size calculator. Kegunaannya juga beda.

  Poppy   |   18 Jan 2021   |   Reply   |   Artikel

Forex.com bagus ga sih?

  Greta   |   18 Jan 2021

Belum pernah pakai sih, tapi review nya bagus dan populer kok

  Gauri   |   5 Feb 2021   |   Reply   |   Artikel

Ah, sering tuh forex bonus tapi ga bisa di-withdraw, cuma boleh buat trading.

  Ferry   |   5 Feb 2021

Ya emang gitu, kalau bisa WD namanya kan bagi-bagi uang gratis

  David Sayogo   |   13 Apr 2022   |   Reply   |   Artikel

bagaimana cara menggunakan pola candlestick marubozu dalam trading forex?

  Dedi Maulana   |   13 Apr 2022

silahkan ke link berikut kak untuk info detail cara menggunakan pola candlestick marubozu dalam trading forex

Kalkulator Pivot Point

Kal. MM
Waktu Forex
    Kalkulator Margin
    Cara Membuka Akun HFX Internasional Berjangka
    Cahyaning     4 Apr 2022
    Sebagai salah satu broker terbaik di Indonesia, HFX Internasional berjangka menawarkan biaya trading bersaing. Jika tertarik membuat akun pada broker HFX, ikuti panduannya di sini.
    Review Broker Maxco
    Melati     31 Mar 2022
    Meski sudah berpengalaman di industri finansial selama lebih dari 30 tahun, Maxco Futures tak pernah berhenti untuk terus berinovasi demi memenuhi kebutuhan klien akan alat-alat trading terbaru. Berikut ulasan broker Maxco selengkapnya.
    Berapa Leverage yang Cocok untuk Trader Pemula?
    Evan     22 Mar 2022
    Di antara leverage tinggi dan rendah, manakah leverage terbaik untuk pemula yang baru belajar trading? Artikel ini bisa jadi jawaban Anda.
    Cara Menggunakan Indikator ADX untuk Mengetahui Kekuatan Trend
    Kiki R     22 Mar 2022
    Dengan mengetahui kekuatan trend lewat indikator ADX, trader bisa lebih baik dalam meminimalisir risiko dan menaikkan potensi profit.
    3 Cara Menentukan Take Profit yang Perlu Diketahui Trader
    Evan     3 Mar 2022
    Mulai dari Chart Pattern hingga Ongoing Price Action, berikut cara menentukan take profit yang bisa menjadi solusi ampuh untuk keuntungan optimal.
    3 Cara Memanfaatkan Pola Outside Bar Untuk Trading
    Damar Putra     23 Feb 2022
    Ingin trading simpel namun akurat? Selain pola Inside Bar yang sudah dikenal di mana-mana, ada pula pola Outside Bar yang ternyata tak kalah efektif.
    Teknik Bollinger Bands untuk Swing Trading
    Ima AZ     9 Feb 2022
    Sebagai indikator yang bisa menunjukkan volatilitas dan tren harga, bagaimana Bollinger Bands bisa digunakan untuk melengkapi strategi swing trading?
    Kirim Komentar Baru
    Info Karir
    Kontak Kami
    Tentang Kami
    Peraturan
    Terms Of Use
    Privacy Policy
    Arsip