Stop Loss - Forum

Kirim Pertanyaan Baru
Syahrul Ramadhan
Pak, bu, saya ingin bertanya. Jika semisal saya open posisi di harga 1.5000, TP di 1.5500 dan Stop Loss di 1.4500, saya pasang Trailling Stop sebanyak 100 poin (10 pips), kemudian harga naik ke 1.5050. Apakah Stop Loss saya secara otomatis dipindahkan oleh sistem dari 1.4500 ke 1.5040?

M Singgih (27 May 2020 15:09)

@ Syahrul Ramadhan:

Buy pada 1.5000, SL awal pada 1.4500, trailing stop (TS) = 10 pip.
Dengan demikian ketika harga naik menjadi 1.5010, maka TS telah aktif dan SL menjadi berada pada level 1.5000 (berjarak 10 pip). SL awal yang ada di level 1.4500 sudah tidak berlaku.

Ketika harga naik lagi menjadi 1.5020, maka TS menjadi berada pada level 1.5010. Dan ketika harga naik menjadi 1.5050, maka SL menjadi berada pada level 1.5040.

Jadi SL awal menjadi tidak berlaku ketika trailing stop (TS) sudah mulai aktif. TS mulai aktif ketika Anda sudah memperoleh profit sebesar pip TS yang ditentukan. Dalam hal ini SL awal sudah tidak berlaku ketika harga mencapai 1.5010.

SL awal adalah sebagai proteksi jika Anda salah posisi, sehingga trailing stop (TS) tidak pernah teraktivasi.
Baca juga: Menggunakan Fasilitas Trailing Stop

Syahrul Ramadhan (28 May 2020 19:31)

Terimakasih atas jawabannya. Berhubung saya kemaren tanya di Grup Telegram SF ada yang bilang kalau Trailing Stop hanya aktif ketika device itu aktif juga, entah itu PC ataupun Android. Jadi kalau keduanya atau salah satunya off, Trailing Stop juga ikutan deactive(off). Apakah benar demikian?

M Singgih (02 Jun 2020 15:14)

@ Syahrul Ramadhan:

Mengenai hal tersebut memang benar demikian. Kalau Anda mematikan komputer atau smartphone, atau Anda tidak online, maka trailing stop yang telah Anda pasang tidak akan bekerja. Hal itu disebabkan karena fasilitas trailing stop bekerja di client terminal, bukan di server seperti stop loss (SL) dan take profit (TP).

Jadi sebaiknya Anda juga memasang SL di samping trailing stop untuk berjaga-jaga seandainya ada gangguan di komputer, smartphone atau jaringan. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan trailing stop secara manual (tidak otomatis), yang mana Anda harus selalu memonitor komputer dan menggeser level stop loss secara manual.


Tess (10 Jun 2020 10:00)

Tes forum

Reply New
Sarwani Senenen

master, cara gunakan trailing stop? awalnya OP Buy/Sell kemudian arahkan ke pair yg sedang berjalan klik kanan, pilih trailing stop, pilih jumlah point. Apakah seperti itu caranya master nanti saya santai-santai aman pakai trailing stop rupanya MC hehehe atau saya pasang stop loss manual kemudian pasang trailing stop.


saya binggung master di MT5 tidak ada keterangan trailing stop telah terpasang? tanda cek list aja di pilihan pointnya, apakah laptop mati trailing stop tetap berjalan master? penggunaan pending order Buy/sell stop buy/Sell limit tercatat di laporan harian broker,  apakah penggunaan trailing stop ini juga masuk ke laporan harian broker?


Terima kasih banyak atas jawabannya master.


M Singgih (28 Feb 2020 07:43)

@ Sarwani Senenen:

Bukan pada pair-nya, tetapi klik kanan pada order di kolom Trade di Terminal pada platform Metatrader:



Untuk cara penggunaan fasilitas trailing stop pada Metatrader silahkan baca:
Penggunaan Trailing Stop Pada MetaTrader
Menggunakan Fasilitas Trailing Stop


- … saya bingung master di MT5 tidak ada keterangan trailing stop telah terpasang?

Besarnya trailing stop yang telah di-set akan ditampilkan pada kolom S/L di Trade Terminal Metatrader.


- … apakah laptop mati trailing stop tetap berjalan master?

Jika komputer Anda matikan, maka order trailing stop tidak berjalan. Jadi komputer dan platform Metatrader harus tetap aktif dan online.


- … apakah penggunaan trailing stop ini juga masuk ke laporan harian broker?

Maksudnya masuk ke laporan harian broker?

Reply New
Andriana

Pak bgmn cara mmsang SLTP yg bnar? Bolehkah pasangnya cm asal selisih brpa pip dg entry?


M Singgih (03 Dec 2019 15:23)

@ Andriana:

Biasanya stop loss (SL) ditentukan berdasarkan level support atau resistance terdekat. Kalau level support atau resistance tidak tampak jelas, bisa mengacu pada price action, atau level-level Fibonacci retracement atau expansion.
Untuk penjelasan yang lebih lengkap, silahkan baca: Tips Dalam Menentukan Stop Loss


Untuk target profit (TP), agar dalam jangka panjang bisa menghasilkan profit yang konsisten, sebaiknya ditentukan berdasarkan risk/reward ratio. Dalam hal ini risk/reward ratio minimal adalah 1:1.
Untuk penjelasan silahkan baca: Belajar Memahami Money Management

Reply New
Prawito Adi

bagaimana pak cara setting tp/sl, agar dengan one klik order langsung keluar TP/SL dengan jarak yang saya inginkan. Terimakasih.


M Singgih (06 Nov 2019 03:33)

@ prawito adi:

Kalau Anda menggunakan platform Metatrader 5, ada utility one click trading dengan SL dan TP yang bisa langsung tampil di chart.
Silahkan baca: One Click Trading with SL and TP

Atau Anda juga bisa membaca salah satu artikel kami tentang Metatrader 5 di halaman berikut:

Cara Menggunakan Metatrader 5

Terima kasih.

Reply New
Scott

Aku nggak pernah pakai trailing stop loss. Konsep ini menurutku agak aneh. Saat membuat order SL, aku memutuskan levelnya berdasarkan kerugian yang siap aku terima. Cuma logika ini yang kupakai yang menurutku masuk akal. Bagaimana menurut master?


M Singgih (01 Nov 2019 00:46)

@ Scott:

- Aku nggak pernah pakai trailing stop loss. Konsep ini menurutku agak aneh.

Anehnya dimana?
Trailing stop adalah fasilitas untuk menggeser level Stop Loss (SL) secara otomatis, ketika telah profit sebesar jarak SL tsb (atau ketika risk/reward ratio 1:1 telah tercapai). Ini berguna untuk memaksimalkan profit ketika pergerakan harga sedang trending dengan kuat, searah dengan perkiraan pada saat entry. Anda juga bisa menggeser SL secara manual (tanpa trailing stop), tetapi harus terus memonitor pergerakan harga.

Baca juga:
Menggunakan Fasilitas Trailing Stop
Antara Stop Loss, Take Profit, Dan Trailing Stop

Kalau Anda tidak ingin merubah SL ketika pergerakan harga sedang trending dengan kuat searah dengan perkiraan pada saat entry, maka profit Anda akan terbatas pada level Target Profit (TP) yang Anda tentukan sebelumnya.


- Saat membuat order SL, aku memutuskan levelnya berdasarkan kerugian yang siap aku terima.

Ya, memang seharusnya begitu. Anda tentukan besarnya lot dengan position sizing berdasarkan persentase risiko dari equity. Hanya saja kalau pergerakan harga sedang trending dengan kuat, Anda bisa menggunakan fasilitas trailing stop untuk menggeser level stop loss secara otomatis, guna memaksimalkan profit.

Reply New
Susila

saya pemula. Untuk membuat stop loss dan take profit yang saya inginkan nggak pernah bisa, mohon bantuannya, terima kasih.


M Singgih (18 Sep 2019 15:48)

@ Susila:

Besar kecilnya range stop loss (SL) ditentukan berdasarkan keadaan riil di pasar. Ketika pasar sedang trending dan volatilitas sedang tinggi maka stop loss relatif lebih besar (lebar) dibandingkan ketika pasar sedang sideways. Acuan untuk menentukan batas-batas level stop loss bisa dari level support atau resistance, level Fibonacci retracement atau expansion, kurva dari indikator Bollinger Bands atau level tertinggi atau terendah sebuah bar candlestick (price action).
Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa baca:
Beberapa Cara Menentukan Stop Loss
Menentukan Stop Loss Dan Target Dengan Price Action

Target profit (TP) juga ditentukan berdasarkan keadaan riil di pasar. Acuan batas-batas level TP juga bisa dari level support atau resistance, level Fibonacci retracement atau expansion, kurva dari indikator Bollinger Bands atau dari price action. Untuk keterangan bisa baca: Menentukan Target Profit Yang Sederhana Dan Efektif.
Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan risk/reward ratio, yaitu SL dibanding dengan TP. Biasanya minimal perbandingannya 1:1, atau minimal SL=TP. Kalau bisa usahakan TP lebih besar dari SL.

Reply New
Chrys

Saya ambil 1lot di posisi sell 1456 dan order ke 1450, tp ternyata posisi bergerak naik terus ke posisi 1500, bgm caranya utk bisa stop kerugian?


Erik T (11 Aug 2019 22:41)

Untuk Chrys,

Jika sampai saat ini Anda masih memiliki posisi Sell tersebut, saya asumsikan Anda bertrading tanpa SL atau Anda pasang SL yang lebar (long-term)?

Apapun itu, jika Anda merasa ragu akan posisi Anda, Anda dapat merealisasikan saja kerugian (cut loss) Anda saat ini. Karena sifat ragu dan bimbang tentu akan mempengaruhi psikologis trading Anda sehingga dapat mengganggu Anda dalam menganalisa pasar dan saat mengambil keputusan trading.

“...bgm caranya utk bisa stop kerugian?”

Satu-satunya cara untuk mengatasi merugian adalah dengan menetapkan stop loss. Perlu diketahui juga untuk tren emas saat ini masih sangat bullish. Meskipun demikian, bukan berarti emas tidak akan turun untuk terkoreksi. Oleh karena itu, Anda dapat menentukan stop loss di level resisten terdekat atau Anda juga bisa mengikuti ulasan analisa emas yang rutin kami hadirkan setiap harinya.

Semoga bisa membantu.

Reply New
Ignatius

Modal awal $100, buka posisi buy dengan volume 0.01 jadi saya ingin pasang S/L kisaran 50 pip, semisal loss kerugian saya berapa ya? dari modal awal $100 ,?? 


Erik T (31 Jul 2019 21:12)

Untuk Ignatius,

Itu tergantung dari pair apa yang Anda tradingkan pak. Karena pada dasarnya, nilai per pip (pips value) untuk setiap pair ada yang berbeda-beda. Kita ambil contoh saja Anda bertrading di pair EUR/USD yang mana nilai per pips nya adalah USD 10 per 1 lot-nya. Sedangkan jika Anda membuka posisi sebesar 0.01 lot maka nilai per pips nya hanya menjadi USD 0.1.

Lalu Anda memasang SL dengan jarak sebesar 50 pips dari harga open posisi, maka berapa kerugiannya jika ternyata posisi tersebut terkena SL? Kerugian yang akan Anda alami ketika posisi tersebut terkena SL adalah sebesar USD 5. Atau dengan kata lain, ketika Anda membuka posisi buy EUR/USD sebesar 0.01 lot pada harga 1.1150 lalu kemudian ternyata harga turun sebesar 50 pips atau menyentuh level 1.1100, maka Anda hanya menderita kerugian sebesar USD 5 saja.

Semoga bisa membantu.

Reply New
Marino Rubianto

Salam kenal bpk,saya ingin bertanya untuk stop los,saya biasa pasang stoplos 20pip ,apakah itu ideal? Jika tidak berapa sebenarnya stoolos itu dipasang?


M Singgih (17 Jul 2019 04:17)

@ Marino rubianto:

Stop loss (SL) tidak bisa di-fixed sekian pip, tergantung dari kondisi pasar saat itu. Pada umumnya penentuan SL dan TP diambil pada level support dan resistance terdekat, dan diusahakan risk/reward ratio-nya lebih besar dari 1:1 agar dalam jangka panjang bisa profitable.

Misal Anda open buy pada harga 1.1200, dan support terdekat adalah 1.150, maka jaraknya adalah 50 pip. Kalau support terdekat 1.100, maka jaraknya 100 pip. Support dan resistance terdekat adalah yang paling logis, karena kemungkinan harga akan break atau bouncing adalah pada level tersebut.

Selain dengan level support dan resistance yang memang sudah jelas, SL bisa ditentukan juga dari level-level Fibonacci retracement atau expansion, support dan resistance yang dihitung berdasarkan pivot point, indikator Bollinger Bands dan juga indikator ATR.
Silahkan baca: Tips Dalam Menentukan Stop Loss

Secara realistis, sebenarnya jarak SL tidak bisa ditawar. Kalau jarak SL dianggap terlalu besar, maka atur ukuran lot Anda dengan position sizing.
Untuk keterangan yang lebih lengkap, silahkan baca: Belajar Memahami Money Management

Reply New
Kadesie

Saya ingin tahu sejarah asal usul stop loss dan take profit. Kira kira sejak tahun berapa dtop loss dan take profit mulai diperkenalkan. Terima kasih


M Singgih (24 Jun 2019 23:54)

@ Kadesie:

Sejak adanya bisnis trading, mungkin sekitar abad ke 18.
Perlu Anda ketahui bahwa stop loss dan target profit adalah strategi baku dalam trading, yang mendasari teori position sizing dan risk/reward ratio. Sedangkan position sizing dan risk/reward ratio sudah dikenal sejak lama.

Reply New
Puji Rahayu

Apa bisa kita menentukan take profit dan stop loss berdasarkan harga tertinggi dan terendah saat itu. Apa kita harus mengetahui rata2 pergerakan pips pair mata uang untuk menentukan take profit dan stop loss


M Singgih (11 May 2019 02:18)

@ Puji Rahayu:

- Apa bisa kita menentukan take profit dan stop loss berdasarkan harga tertinggi dan terendah saat itu.

Bisa, dan sering dilakukan trader. Dalam hal ini Anda menggunakan acuan level support (harga terendah) untuk target profit posisi sell dan stop loss posisi buy, dan level resistance (harga tertinggi) untuk target profit posisi buy dan stop loss posisi sell.

- …… Apa kita harus mengetahui rata2 pergerakan pips pair mata uang untuk menentukan take profit dan stop loss

Itu kalau Anda ingin menentukan take profit dan stop loss berdasarkan level support atau resistance dinamis, yaitu berdasarkan kurva moving average (bisa SMA atau EMA). Tetapi Anda harus menentukan periode rata-ratanya, misal 50 hari untuk SMA 50 atau EMA 50 pada time frame daily, dsb. Dan itu tidak ada acuannya.
Setahu kami cara ini jarang digunakan, lebih banyak yang menggunakan acuan level support dan resistance garis horisontal.

Reply New
M. ROFIQ ALFAIZI

Malem seputar forex, saya mau tanya... saat ada news high harga akan berfluktuasi drastis... saat analisa, saya sudah input stoploss yang saya tentukan... tp ketika pasar ternyata lawan arah kenapa trading saya ga terjual di angka stoploss saya,, tp lebih jauh dr target risk yg saya tentukan... apa masalahnya? 


Erik T (08 May 2019 23:02)

Untuk M. ROFIQ ALFAIZI,

Kejadian yang Anda alami itu disebut dengan slippage. Slippage bisa saja terjadi, terutama pada saat kondisi pasar sedang tidak seimbang. Maksudnya, jumlah volume trading dan permintaan harga antara buyer dan seller terpaut jauh. Sehingga, hal tersebut akan membuat order Anda tereksekusi jauh dari level yang sudah Anda tetapkan. Dan hal tersebut tentu saja membawa dampak buruk (terutama ketika Anda memasang order yang bersifat stop) terhadap posisi trading Anda.

Semoga bisa membantu.

Reply New
Doki Fujiyama

Pasang trailing stops itu idealnya brp poins ya gan? Trailing saya set 50 poins - 100 poins kena terus, hehehe.


Erik T (27 Mar 2019 21:39)

Untuk Doki Fujiyama,

Fitur trailing stop akan bekerja sangat baik jika market dalam keadaan trending. Oleh karena itu, demi meminimalisir resiko dan memaksimalkan profit ketika mempunyai posisi terbuka pada saat market trending, maka fitur trailing stop adalah solusi yang tepat.

Namun, jika digunakan dalam keadaan sideways atau trend yang melemah, maka fitur ini tidak akan bekerja secara maksimal atau bahkan dapat menutup posisi lebih awal. Karena jika dalam keadaan sideways atau trend yang lemah, penggunaan trailing stop dengan jarak yang kecil akan rentan untuk kena. Sedangkan jika pengaturan jarak trailing stop terlalu besar, maka fitur ini dikhawatirkan tidak akan bekerja dengan baik, mengingat pergerakan yang dihasilkan pada saat sideways tidaklah terlalu besar.

Oleh karena itu, saran dari kami yaitu gunakan fitur ini hanya pada saat market sedang trending. Pada saat market sedang trending, maka Anda dapat mengatur trailing stop dengan jarak yang ketat tanpa rasa khawatir akan cepat kena.

Baca juga : Penggunaan Trailing Stop Pada MetaTrader

Semoga bisa membantu

Reply New
Sodiq

Adakah trik khusus dalam melakukan cut loss supaya oting saya pada akun ga makin parah?


M Singgih (21 Jan 2019 03:26)

@ Sodiq:

Tidak ada Pak. Kalau ingin cut loss (secara manual), maka semakin kecil pip yang di-cut tentunya akan semakin menguntungkan, karena besarnya kerugian akan semakin sedikit.

Jika ingin menunda realisasi kerugian, Anda bisa menggunakan teknik hedging (locking). Silahkan baca: Apa Itu Hedging?

Cara yang dianjurkan adalah dengan menggunakan Stop Loss (SL) setiap kali Anda entry, sehingga tidak harus melakukan cut loss secara manual, yang biasanya dilakukan setelah floating loss-nya besar.
Silahkan baca: Apa Itu Stop Loss Forex: Pengertian dan Panduannya

Reply New
Ghefary

Bagai mana cara meminimalisir lose? /kerugian 


Erik T (07 Jan 2019 15:25)

Untuk Ghefary,

Anda dapat menggunakan Stop Loss pada setiap posisi trading untuk mengontrol kerugian yang terjadi. Banyak cara dan metode yang dapat digunakan untuk menentukan titik Stop Loss level. Salah satu cara yang paling sederhana adalah menggunakan level support atau resisten terdekat sebagai titik kerugian (Stop Loss). Mengenai penempatan dan bagaimana cara menentukan Stop Loss yang ideal, dapat Anda simak di sini.

Semoga bisa membantu.

Reply New
Adi

Saya seorang swing trader, berapa stop loss ideal yang harus saya pasang? terima kasih pencerahannya


Erik T (03 Jan 2019 13:12)

Untuk Adi,

Stop Loss yang ideal untuk seorang swing trader biasanya menggunakan patokan level-level support maupun resisten. Level-level support maupun resisten yang digunakan sebagai acuan dapat menggunakan perhitungan daily/weekly pivot atau menggunakan indikator teknikal seperti Moving Average, Bollinger Band, dll. Anda dapat baca lebih lanjut mengenai menentukan Stop Loss di sini, dan beberapa tips sebelum menentukan Stop Loss dapat Anda baca di sini.

Semoga bisa membantu.

Reply New
Dana

mohon maaf saya mau bertanya, saya baru bergabung dengan broker yang memiliki trading terms stop out level 30% dan margin call level 100%.. maksud dari 30% dan 100% itu apa? terima kasih.


M Singgih (04 Jan 2019 02:48)

@ Dana:

Istilah Margin Call (MC) dan Stop Out (SO) menunjukkan batas-batas besarnya equity yang ditentukan, ketika Anda sedang mengalami kerugian, atau istilahnya floating loss.

Balance / saldo : jumlah dana dalam akun Anda.
Equity = Balance + Floating Profit / Loss
Floating profit : posisi terbuka yang sedang profit
Floating loss : posisi terbuka yang sedang loss

Ketika Anda kena Margin Call (MC), berarti lampu kuning. Dalam hal ini Anda dianjurkan untuk menambah dana supaya equity Anda mencukupi untuk menahan kerugian yang sedang terjadi (floating loss).
Tetapi ketika Anda kena Stop Out (SO), berarti sudah lampu merah. Dalam hal ini trading Anda akan dihentikan secara otomatris oleh broker, karena equity Anda dianggap sudah tidak bisa menahan kerugian.

MC dan SO ditentukan dari Margin Level.
Margin Level = (Equity / Margin total) x 100%

MC = 100%, artinya jika Margin Level = 100%, maka Anda akan terkena MC. Dalam hal ini Anda akan terkena MC ketika Equity = Margin total.
SO = 30%, artinya jika Margin Level = 30%, maka Anda akan terkena SO, dan trading Anda akan dihentikan. Dalam hal ini Anda akan terkena SO ketika Equity = 30% dari Margin total.

Contoh:
Balance dalam akun Anda = USD 5,000, dengan beberapa posisi trading yang masih terbuka dan totalnya rugi (diluar margin), dengan margin total = USD 500.
Jika total kerugian Anda telah mencapai USD 4,500 maka Anda akan terkena Margin Call, karena Margin Level Anda = ((USD 5,000-USD 4,500) / USD 500 ) x 100% = 100%.
Jika Anda diamkan (tidak menambah dana), dan total kerugian Anda telah mencapai USD 4,850 maka Anda akan terkena Stop Out, karena Margin Level Anda = ((USD 5,000-USD 4,850) / USD 500 ) x 100% = 30%.

Maksud adanya Margin Call dan Stop Out karena broker tidak mau merugi. Hal itu logis saja karena kalau posisi Anda terus minus dan jaminan (margin) Anda habis tetapi tidak dihentikan maka Anda akan berhutang pada broker, dan kalau tidak terbayar maka broker akan merugi.
Untuk keterangan lebih lanjut bisa baca: Margin Dalam Trading Forex

Semoga bisa membantu.


Ipang (20 Feb 2019 08:48)

Barusan saya kena Margin Call dan modal saya tinggal 0.36 Dolar. Masih bisakah saya bertrading dengan modal tsb?


M Singgih (21 Feb 2019 16:32)

@ Ipang:

Anda kena Margin Call, artinya Anda diminta untuk menambah dana agar bisa meneruskan trading. Kalau ada posisi yang masih terbuka, akan jalan terus. Jika tidak menambah dana dan posisi yang terbuka tersebut terus minus, maka Anda akan terkena Stop Out, dan proses trading otomatis akan dihentikan oleh sistem.

Ketika terkena Margin Call, Anda tidak bisa lagi membuka posisi baru, karena Free Margin yang ada dianggap tidak mencukupi, apa lagi jika ada posisi terbuka yang merugi.
Jadi kesimpulannya Anda harus menambah dana supaya bisa terus trading. Dengan dana USD 0.36, dengan akun cent sekalipun Anda tidak cukup untuk membuka posisi. Ketahanan Anda sangat kecil.

Reply New
Arman Lucky

Min apakah buy stop (menunggu membeli sampe harga menyentuh price kita) apakah bisa memasang stop loss. 


Maaf Saya pemula belum paham betul money management pada forex. 


M Singgih (01 Jan 2019 23:50)

@ Arman lucky:

Bisa. Di kotak order akan tampil seperti ini:


                             


Isikan level / harga Stop Loss dan Take Profit sesuai yang diinginkan. Lihat juga ketentuan broker mengenai jarak points / pip minimal SL dan TP yang akan diset tsb dengan harga saat ini. Dalam contoh di atas minimal jaraknya harus 10 points.

Untuk Money Management, silahkan baca: Belajar Memahami Money Management


Sugih (14 Feb 2019 09:22)

Kenapa Buy Stop Saya tereksekusi jauh di atas harga yg saya mau?


M Singgih (15 Feb 2019 01:21)

@ Sugih:

Berarti Anda terkena slippage atau loncatan / lonjakan harga yang tiba-tiba.
Untuk informasi, semua order yang bersifat stop, yaitu Buy Stop, Sell Stop dan Stop Loss akan terpengaruh oleh slippage, atau bisa terseret sebanyak besarnya slippage tsb. Tetapi order yang bersifat limit, yaitu Buy Limit, Sell Limit dan Target Profit tidak terpengaruh slippage.

Anda bisa check di broker lain, apakah pada waktu yang bersamaan dengan saat Anda mengalami slippage, di broker lain juga terjadi lonjakan harga.

Reply New
Jarimin

Bagaimana cara memasang angka sl dan tp pada akun metatreder 5?


M Singgih (20 Dec 2018 14:16)

@ Jarimin:

Sama dengan Metatrader 4. Pada kotak “Order”, isi Stop Loss dengan harga stop yang diinginkan (misal: 1.13870), atau jumlah pip (misal 100, 150 dsb):





Untuk kotak Stop Loss akan diisi harga atau jumlah pip, bisa diset dari: Tool - Options, pilih Stop levels In Points (dalam jumlah pip), atau In Prices (dalam harga):





Baca juga: Cara Menggunakan MetaTrader5 (MT5)

Reply New
Deffi Isnanda Zein

mengapa bila saya op di forex misal saya buy saya pasang SL dan TP tapi harga terus bergerak sampai 2 hari tidak mau tutup, apa mungkin harga SL dan TP nya terlalu lebar ya.tolong infonya


M Singgih (24 Oct 2018 08:34)

@ deffi isnanda zein:

Penentuan SL dan TP seharusnya disesuaikan dengan kondisi pergerakan harga. Ketika volatilitas pergerakan harga sedang tinggi, SL dan TP seharusnya lebih lebar dibandingkan ketika volatilitas sedang rendah.
Selain itu, penentuan SL dan TP tidak dengan perkiraan, atau dengan besarnya pip yang selalu sama, tetapi didasarkan pada level resistance atau support terdekat.

Logikanya kalau harga tidak menembus resistance atau support maka kemungkinan besar akan berbalik arah. Semakin kuat level resistance atau support, maka akan semakin valid SL dan TP yang ditentukan pada level tersebut. Nilai selisihnya (dalam pip) tergantung dari jarak saat Anda open dengan level resistance atau support yang terdekat.

Biasanya stop loss ditentukan berdasarkan level-level support yang terdekat (untuk posisi Buy) atau resistance terdekat (untuk posisi Sell), sedang level take profit ditentukan berdasarkan risk/reward ratio yang telah Anda rencanakan.

Ada beberapa cara menentukan level stop loss. Anda bisa baca:
Tips Dalam Menentukan Stop Loss
Menentukan Stop Loss Dan Target Dengan Price Action
Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Memasang Take Profit Dan Stop Loss
Beberapa Cara Menentukan Stop Loss

Reply New