Gagal Tembus R1, AUD/USD Berpaling Turun

Kazuki 12 Jan 2021 44

Reli Dolar Australia tertahan di kisaran 0.78 dan menunjukkan pergerakan korektif yang berpeluang berlanjut hingga level S2 di kisaran 0.75.

AUD/USD menanjak lebih dari 11 persen setelah lepas landas dari area 0.70000. Kini, harga diperdagangkan di area 0.76995, terkoreksi dari level R1 yang terpantau berada di 0.78085. Dengan posisi AUD/USD yang saat ini mulai mendekati S1, rebound atau breakout dari level tersebut akan menjadi penentu.

Baca juga: Strategi Masuk Pasar Berdasarkan Breakout

Jika nantinya harga terus turun menembus area S1, maka Dolar Australia berpotensi melanjutkan pergerakannya ke S2. Namun apabila bias bullish masih kuat dan harga memantul dari S1, proyeksi selanjutnya adalah kembali mengarah ke area R1.

AUDUSD

Rekomendasi untuk AUD/USD: Sell Stop di area 0.76125

Support-support intraday terdekat dari harga saat ini berada pada 0.76700 dan 0.75175. Sedangkan resistance-resistance intraday AUD/USD terlihat 0.78085 dan 0.79113.

Kirim Komentar/Reply Baru


Membedakan Harga Balik Arah Atau Hanya Aksi Take Profit

tanya masta bgmn membedakan apakah harga sedang balik arah atau cuma aksi profit taking...trims masta..

Ridwan Rizki-jkt Tmr 29 Apr 2014

Reply:

M Singgih (30 Apr 2014 03:49)

@ ridwan rizki-jkt tmr:

Mungkin yang Anda maksud profit taking adalah koreksi  atau retracement.
Mengenai koreksi atau pembalikan arah trend (trend reversal), pada chart trading (terutama untuk time frame tinggi) bisa dilihat dari:

1.
Pergerakan harga terhadap garis trend (trend line) dan level-level support atau resistance yang kuat (key support / resistance). Jika harga tidak menembus trend line atau tidak menembus level support atau resistance yang kuat maka masih bersifat koreksi. Jika telah menembus garis trend maka ada kemungkinan akan reversal jika menembus level support atau resistance yang kuat. Jika belum tembus support atau resistance maka masih bersifat koreksi. Perhatikan juga pola price action yang mendukung reversal.

Berikut contohnya pada XAU/USD daily:

koreksi 1

Pada contoh diatas terjadi reversal setelah harga menembus level A yang sekarang jadi resistance kuat. Pola price action yang mendukung adalah long tail pin bar.

2. Pergerakan harga terhadap level-level Fibonacci retracement.
Contoh pada EUR/USD daily berikut ini:

koreksi 2

Jika harga telah menembus level retracement 61.8% - 76.4% maka waspada, jika muncul pola price action yang mendukung bisa terjadi pergerakan reversal. Pada contoh diatas pola price action yang mendukung adalah long tail pin bar.

Keterangan: dalam praktek yang menyebabkan reversal biasanya data atau peristiwa fundamental, misal perubahan tingkat suku bunga yang mendadak atau pernyataan pejabat bank sentral yang diluar ekspektasi pasar.

5 Mitos Trading Dengan Time Frame Harian
Nandini 277
Forex