Harga Emas

Market Pagi Ini: Dolar Mulai Kendor, Harga Emas Melonjak
Inbizia     29 Sep 2022
Indeks Dolar turun menjauhi level 114 karena sentimen risiko yang mulai meningkat. Emas dan Bitcoin memanfaatkan kondisi ini untuk mencetak pemulihan.
Harga Emas Koreksi Bullish, Terdorong Aksi Bargain Hunting
Nadia     8 Sep 2022
Para investor sedang melancarkan aksi bargain hunting yang mendukung harga emas naik terbatas di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed.
Harga Emas Melesat Pasca Laporan GDP AS dan FOMC
Nadia     29 Jul 2022
Pasca pengumuman FOMC, harga emas naik dari level rendah 17 bulan menyusul rilis data GDP AS yang dilaporkan negatif di kuartal kedua 2022.
#gdp  
Kamus

Kamus Trading

Emas Hitam

Sebutan untuk komoditas minyak mentah. Emas hitam juga disebut sebagai minyak bumi, dalam bahasa Inggris diistilahkan dengan Crude Oil.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #harga #emas

ayipasep   30 Apr 2014

Salam sukses.. bagaimana untuk menentukan titik jenuh suatu harga, hingga harga berbalik arah?
thanks

basir   25 Apr 2015

Secara teknikal mungkin bisa kita analisa. namun tetap aksi jual dan aksi beli dipasarlah  yang menggerakan harga. sekalipun teknikal menunjukan kondisi jenuh, jika para pelaku pasar masih terus terus melakukan jual / Beli harga akan terus bergerak.

Thanks

m singgih   4 Feb 2016

@ putra:
Jenuh beli atau overbought dan jenuh jual atau oversold adalah istilah dalam analisa teknikal yang digunakan untuk memprediksi kemungkinan terjadinya koreksi atau pembalikan arah. Biasanya digunakan indikator oscillator (yang populer adalah indikator RSI), tetapi harus dikonfirmasi oleh minimal satu indikator trend agar penunjukkannya akurat. Dalam keadaan pasar yang trending maka penunjukkan overbought dan oversold akan cenderung false atau salah.
Berikut contoh pada GBP/USD yang terjadi baru-baru ini:



Pada area A kondisi overbought yang ditunjukkan oleh indikator RSI terkonfirmasi oleh:
1. Indikator parabolic SAR berpindah ke atas bar candlestick yang menunjukkan pergerakan bearish.
2. Garis histogram indikator ADX memendek (menunjukkan pelemahan trend) dan berganti warna ke merah (menunjukkan dominan bearish).
3. Dari price action: terbentuk formasi evening star yang menunjukkan sentimen bearish.
Dengan demikian kondisi overbought tersebut valid.

Pada area B kondisi oversold yang ditunjukkan oleh indikator RSI tidak terkonfirmasi:
1. Indikator parabolic SAR tetap berada di atas bar candlestick yang menunjukkan pergerakan masih cenderung bearish.
2. Garis histogram indikator ADX memanjang yang menunjukkan trend bearish yang semakin kuat.
3. Dari price action: terbentuk formasi three crows, menunjukkan sentimen bearish yang masih kuat.
Karena tekanan bearish (sell) yang semakin kuat sehingga RSI akan terus turun meski telah melewati batas oversold (level 30), dan karena tidak ada sinyal yang mendukung akan terjadinya koreksi bullish maka kondisi oversold pada area B tersebut tidak valid atau false (salah).
Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   20 Mar 2019

Untuk Donny Andriawan,

Indikator Stochastic merupakan satu dari beberapa indikator oscillator yang terdapat pada platform trading. Indikator oscillator umumnya akan bekerja dengan baik disaat pasar sedang ranging / sideways. Dalam keadaan tersebut, umumnya pasar akan bergerak terbatas didalam range tertentu sehingga membuat sinyal overbought dan oversold yang muncul dari indikator oscillator menjadi sangat akurat.

Akan tetapi, jika pasar sedang dalam keadaan trending, umumnya pasar akan mengabaikan sinyal overbought atau oversold dari indikator oscillator. Dengan demikian, jika Anda menemui harga yang bergerak semakin meninggi padahal indikator oscillator menunjukkan pembacaan overbought, atau harga yang semakin merendah ketika sedang dalam keadaan oversold, Itu berarti pasar sedang dalam keadaan trending.

Sehingga saran dari kami, pergunakan juga indikator yang menunjukkan tren seperti moving average atau ADX. Hal ini berguna untuk memfilter sinyal yang muncul dari indikator oscillator, dalam kasus ini adalah Stochastic. Jika dalam keadaan sideways, Anda dapat entry berdasarkan sinyal overbought atau oversold. Namun jika dalam keadaan trending, maka abaikan keadaan overbought dan oversold yang muncul. Anda dapat entry menggunakan teknik divergence atau menggunakan teknik breakout. Perhatikan chart berikut!

Indikator Stochastic akan bekerja sangat baik jika dalam keadaan sideways.

sideways

Dari chart diatas terlihat pasar sedang bergerak diantara support dan resisten. Sehingga Anda dapat membuka posisi buy ketika dalam keadaan oversold dan sell ketika dalam keadaan overbought.

Keadaan overbought atau oversold tidak akan berfungsi jika pasar dalam keadaan trending!

trending

Terlihat dari chart diatas bahwasanya EUR/USD sedang dalam keadaan downtrend. Keadaan downtrend tersebut dikonfirmasi oleh indikator moving average dan indikator ADX. Terlihat harga selalu bergerak dibawah indikator moving average. Selain itu indikator ADX juga menunjukkan tren yang menguat. Perhatikan indikator Stochastic ketika ADX menunjukkan tren (downtrend) yang sedang menguat, Anda akan selalu melihat Stochastic selalu bergerak didalam zona oversold. Dengan demikian, ketika sedang trending, maka sinyal oversold dan overbought dari indikator oscillator tidak dapat digunakan.

Semoga bisa membantu.

basir   30 Apr 2014

Jika memakai analisa tekhnikal, untuk Titik jenuh sebuah harga bisa menggunakan Doubel Top/Botom . Silahkan perhatikan

Sebuah Double Top adalah pola pembalikan yang terbentuk setelah ada perpanjangan gerakan. TOP atau  “puncak” adalah puncak yang terbentuk ketika harga menyentuh tingkat tertentu yang tidak dapat ditembus.

Setelah menyentuh tingkat ini, harga akan terpental sedikit, tapi kemudian kembali ke menguji tingkat puncak lagi. Jika harga memantul dari tingkat itu lagi, maka Anda memiliki DOUBLE TOP!

width=291

Dalam grafik di atas Anda dapat melihat bahwa dua puncak atau “puncak” terbentuk dua kali.

Perhatikan bagaimana puncak kedua tidak mampu menembus tinggi puncak sebelumnya. Ini adalah tanda yang kuat bahwa pembalikan akan terjadi yang mengatakan kepada kita bahwa tekanan beli sudah selesai selesai.

width=319

Melihat grafik diatas, Anda dapat melihat bahwa harga menembus neckline (leher) dan terjun  ke bawah. Ingat bahwa puncak ganda atau double top adalah formasi pembalikan tren sehingga Anda akan menemukan ini setelah ada uptrend kuat.

Anda juga akan melihat bahwa harga terjun kurang lebih sama tingginya dengan pembentukan double top. Hal itu perlu diingat karena itu akan berguna untuk menetapkan target keuntungan (Take Profit).

Double Bottom

Bagian bawah ganda (double bottom) juga merupakan formasi pembalikan tren, tapi kali ini kita mencari untuk pergi buy bukannya sell. Formasi tersebut terjadi setelah downtrend ketika dua bottom telah terbentuk.

width=256

Anda dapat melihat dari grafik di atas bahwa setelah trend sebelumnya, harga membentuk dua lembah karena tidak bisa pergi di bawah tingkat tertentu.

Perhatikan bagaimana bottom kedua tidak mampu secara signifikan memecahkan bottom yang pertama. Ini adalah tanda bahwa tekanan jual sudah selesai, dan bahwa pembalikan akan segera terjadi.

width=278

Harga mematahkan leher dan terbang tinggi.

Lihat bagaimana harga melonjak tinggi hampir sama panjangnya dengan pembentukan double bottom?

Ingat, seperti double top, double bottom  juga formasi pembalikan.

Thanks.

m singgih   22 Nov 2019

@ ayipasep:

Sebenarnya pergerakan suatu harga tidak ada jenuhnya. Titik jenuh hanyalah perkiraan berdasarkan pergerakan sentimen pasar, yaitu dengan mengamati terbentuknya price action.

Pada pergerakan harga yang sedang trending, kemungkinan pembalikan arah (Reversal) bisa ditandai dengan terbentuknya single candle yaitu pin bar atau doji, double candle yaitu double top atau double bottom, tweezer top atau tweezer bottom, dan triple candle seperti morning star atau evening star, triple top atau triple bottom.

Pada pergerakan harga yang sedang sideways, kemungkinan pembalikan arah bisa diamati dari sinyal indikator oscillator seperti RSI, stochastic atau CCI, yaitu dengan melihat apakah kurva indikator tsb telah berada pada area overbought atau area oversold.

Wahyono   2 Jun 2022

Jika menggunakan indikator teknikal, biasanya titik jenuh ini dapat dideteksi dengan indikator jenis apa?

Kiki R   3 Jun 2022

@Wahyono: Dengan indikator berjenis oscillator yang mempunyai batas atas dan batas bawah.

Batas atas disebut dengan jenuh beli (overbought) sedangkan batas bawah disebut dengan jenuh jual (oversold).

Contoh indikator oscillator adalah RSI, stochastic, CCI, DeMarker, dan Williams' Percent Range.

hernanda   6 Jun 2022

Sebenarnya apa yang terjadi di market ketika harga mulai jenuh? Dan mengapa harga bisa jenuh? Saya masih kurang paham. Mohon penjelasannya

Kiki R   8 Jun 2022

@Hernanda: Logikanya seperti ini.

Indikator oscillator ini mendeteksi jenuh beli dan jual berdasarkan harga rata-rata selama beberapa periode terakhir.

Dengan demikian, indikator adalah turunan dari harga.

Dalam market yang sesungguhnya, tidak ada namanya titik jenuh jual dan beli. Kenapa?

Karena sebenarnya tidak ada yang tahu dengan pasti sampai titik berapa para seller dan buyer jenuh. Walaupun harga sudah turun sekian banyak, kalau masih banyak seller daripada buyer maka harga akan tetap akan terus turun meskipun indikator sudah menunjukkan jenuh jual.

Jadi, gunakanlah indikator oscillator tadi sebagai penunjuk arah harga bisa berbalik, bukan PASTI berbalik.

Ketika indikator oscillator menunjukkan jenuh beli, itu artinya harga mulai melambat dan terlihat sudah mulai banyak seller yang masuk.

Apakah pasti harga berbalik? Tidak. Apakah mungkin berbalik? Kemungkinan besar.

Dalam keadaan market yang kacau, harga bisa saja turun dengan sangat kuat atau sebaliknya. Pada keadaan ini, Anda tentu akan selalu melihat indikatornya jenuh jual atau jenuh beli. Jangan gunakan indikator tersebut karena situasinya tidak normal.

Jadi, gunakanlah pola pikir indikator osclillator ini seperti penunjuk arah mengenai dinamika seller dan buyer pada market.

Ikomang   16 Jun 2022

Setelah terjadi overbought atau oversold apakah harga akan segera kembali reversal? 

Pengalaman saya, setelah terjadi overbought, saya pasang Sell harga malah terus naik. Mohon pencerahan suhu. 

Kiki R   17 Jun 2022

@Ikomang: Gunakanlah indikator oscillator tadi sebagai penunjuk arah harga bisa berbalik, bukan PASTI berbalik.

Ketika indikator oscillator menunjukkan jenuh beli, itu artinya harga mulai melambat dan terlihat sudah mulai banyak seller yang masuk.

Apakah pasti harga berbalik? Tidak. Apakah mungkin berbalik? Kemungkinan besar.

Dalam keadaan market yang kacau, harga bisa saja turun dengan sangat kuat atau sebaliknya. Pada keadaan ini, Anda tentu akan selalu melihat indikatornya jenuh jual atau jenuh beli. Jangan gunakan indikator tersebut karena situasinya tidak normal.

Kembali ke pertanyaan Anda di atas, kenapa setelah terjadi overbought atau oversold pasang sell malah harga terus naik?

Karena harga tidak mengikuti indikator tapi indikatorlah yang mengikuti harga, jangan dibalik.

Kalau masih lebih banyak buyer daripada seller di market, mau indikator tunjukkan overbought-pun harga tetap akan naik. Jadi jangan telan mentah-mentah apa yang ditunjukkan oleh indikator.

Kalau indikator tidak bisa ditelan mentah-mentah, lalu bagaimana cara menggunakannya?

1. Perhatikan dulu struktur harga yang sedang terjadi, apakah sedang trending atau sideways?

Kalau trending, kita bisa masuk. Kalau sideways? Tunggu sampai trending.

Dalam trend naik, fokus entry buy sedangkan pada trend turun fokus entry sell.

2. Harga sedang trend naik, fokus buy di level penting seperti support atau demand atau menggunakan indikator overbought.

3. Terakhir tinggal tunggu konfirmasi di area level penting tersebut.

Jadi, arahnya jelas, levelnya jelas dan konfirmasinya pun jelas. Sebaiknya jangan masuk entry melawan arah trend.

Sandra   5 Aug 2022

Pada kondisi overbougt atau oversold, lebih rekomendasi pasar limit order atau stop order?

Kiki R   6 Aug 2022

@Sandra: Memilih antara limit order atau stop order adalah pilihan dari masing-masing trader. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Saya pribadi lebih menyukai menggunakan limit order sehingga kalau disuruh pilih, saya merekomendasikan limit order.

Randu   29 Aug 2022

Jenis-jenis indikator teknikal apa saja yang bisa digunakan untuk deteksi jenuh beli dan jenuh jual?

Kiki R   30 Aug 2022

@Randu: Indikator berjenis oscillator seperti stochastic oscillator, relative strength index (RSI), MACD, William percents range, dst.

Donny Andriawan   20 Mar 2019

Saat stochastic sudah mencapai batas oversold, saya heran kenapa harga malah anjlok dan semakin anjlok. Padahal di kalender economy tidak ada rilis berita penting. Harusnya kan harga tak lama lagi akan naik. Tapi kenapa harga malah semakin anjlok hingga membentuk candle yang sangat panjang.

putra   25 Apr 2015

mas mau nanya, bagaimana menentukan suatu pair, bahwa pair tersebut sudah dalam kondisi jenuh beli atau jenuh jual. trims....

Natasya Ulfa   8 Sep 2022

Kalau untuk memanfaatkan titik jenuh ini apakah sebaiknya kita juga tetap harus berpatokan dengan trend pak? atau kita tetap bisa open posisi tidak peduli berlawanan dengan trend atau tidak?

Kiki R   10 Sep 2022

Sebaiknya berpatokan dengan trend dan hanya memanfaatkan titik jenuh yang searah dengan trend.

Namun, Anda bisa melakukan counter trend (masuk posisi berlawanan arah trend) dengan catatan, Anda mengerti detail-detail cara trading tersebut.

Untuk pemula, saya pribadi lebih menyarankan mengikuti trend.

Carlos   10 Nov 2022

Maaf, kalau seperti ini, apakah ini disebut dengan overbought valid? Di indikator RSI sudah overbought namun balum bisa menembus garis resistance...

Overbought

Kiki R   11 Nov 2022

Ya, harga menguji level resisten yang Anda tandai dengan garis hijau namun hanya tertahan dan ada sinyal overbought.

Reply > Lihat[21]
adjie   6 May 2016

Pak, kenapa ya saat saya mendalami metode scalping tapi jika sudah yakin harga up open buy malah balik arah jadi down, open sell malah naik, sering gitu terus. kalau stop loss terus, kerugian makin banyak. kandang harga tidak balik berhari2 sampai margin menipis, sehingga saya tetap bertahan. saya pakai indi MAE 21-7 TF15 dan Stochastic.
Saya jadi heran lihat master2 yang posting analisa harga akan up/down di level sekian dan ternyata benar.
Lalu apa yang salah dengan trading saya ini pak?

m singgih   10 May 2016

@ adjie:
Mungkin yang Anda maksud memakai indikator exponential moving average (ema) 21 dan ema 7, bukan indikator MAE.
Kombinasi indikator tersebut bisa digunakan dimana stochastics untuk acuan entry (mencari momentum entry yang tepat).
Saya kira Anda harus melakukan test dulu di akun demo pada metode dan strategi trading yang Anda gunakan sebelum diterapkan pada akun riil, bisa dengan backtest atau forward test. Kalau backtest agak ribet bisa dengan forward test atau ditest pada kondisi pasar sekarang. Yang ditest adalah metode trading dan money management yang Anda gunakan. Forward test bisa dilakukan dengan cara trading pada akun demo sebanyak kira-kira 50 hingga 100 trade pada satu pasangan mata uang tertentu.

Dalam trading Anda sebaiknya mengikuti aturan money management yaitu mengendalikan besarnya resiko dengan menggunakan stop loss. Tanpa stop loss berarti Anda tidak membatasi resiko.
Dari hasil test tersebut Anda akan mengetahui winning rate (W%) atau persentase profit dan losing rate (L%) atau persentase loss dari keseluruhan trade backtest tsb. Selain itu juga bisa diketahui besarnya profit rata-rata (Av W) dan besarnya loss rata-rata (Av L) (dalam satuan uang). Dari sini bisa dihitung angka harapan profit = (W% x Av W) - (L% x Av L) (dalam satuan uang).

Jika ternyata dari hasil test W% lebih kecil dari L%, atau angka harapan profitnya negatif maka Anda bisa memperbaiki metode trading atau money management-nya. Memang hasil test yang bagus tidak menjamin akan selalu profit, tetapi kemungkinan profitnya akan lebih besar dari hasil backtest yang kurang bagus. Tanpa melakukan test Anda tidak akan mengetahui kualitas strategi trading yang Anda gunakan terhadap pasangan mata uang yang sedang Anda tradingkan. Mungkin kalau ditest pada pasangan mata uang lain hasilnya akan berbeda.
Semoga bisa membantu.

M Singgih   9 Mar 2021

@ Untung:

Closing order tidak tergantung dari banyaknya candle, Anda bisa close kapanpun Anda ingnkan selama belum terkena stop-out. Jka memang profit, tentunya Anda ingin profitnya sebanyak mungkin. Dalam hal ini Anda bisa close order hingga beberapa menit, jam atau bahkan beberapa hari kemudian. Kami sarankan Anda pelajari lagi dasar-dasar trading. Baca juga: Buku-Buku Terbaik Untuk Belajar Trading Forex Mulai Dari Nol

Terima kasih.

 

untung   8 Mar 2021

Misal kita pilih timeframe M5,pasang buy...kebetulan posisi harga naik sampe lewat waktu 5 menit,otomatis ganti candlestik. kebetulan harga masih naik juga. pada waktu di candle pertama entry order tdk saya cut/close, trus bersambung pada candle berikutnya baru saya close. Apakah itu jg dihitung profit ? Soalnya itu kan saya close di menit ke 10.sedang timeframenya kan M5(5 menit ganti candle). 

Sudarsono   20 Oct 2022

Itu karena adanya Spread. Nah, spread itu bisa dijabarkan secara umum adalah perbedaan atau selisih antara dua harga, tarif, atau penghasilan.

Definisi paling umum tentang spread adalah selisih antara harga penawaran (jual) dan harga permintaan (beli) dari aset tertentu, dan berlaku juga di forex.

Lebih sederhananya lagi spread itu biaya transaksi yang dikenakan ketika trader buka posisi baik itu buy maupun sell.

Spread sendiri itu solusi jadi ketika trader melakukan perdagangan, semua biaya yang harusnya ada seperti komisi dan sebagainya sudah ditambahkan ke biaya spreadnya. Jadi hasil profit dari trader sudah bersih segitu karena tidak ada penambahan biaya komisi dan lain lain.

Cahyono   20 Oct 2022

Pagi, saya mau bertanya ketika saya open posisi misalkan di currency EUR/USD di poin 1.0000, ketika grafik menunjukkan poin 1.0000 saat perdagangan kenapa profit saya masih -0.10 misalnya. Bukan kah seharusnya 0 ya?

Indra Bakti   21 Nov 2022

Konfirmasi sinyal yang dilakukan mastah-mastah di sini itu seperti apa agar tidak salah entry terus?

Kiki R   21 Nov 2022

Biasanya saya menggunakan konfirmasi sinyal entry di H4 berupa pola candlestick seperti engulfing dan pin bar. Pola ini saya tunggu terbentuk di area/level penting yang sudah diidentifikasi.

Reply > Lihat[7]
Firman   19 Feb 2019

Maksudnya spike pada harga itu gmn ya pak?

m singgih   20 Feb 2019

@ Firman:

Istilah “spike” dalam trading forex adalah sebuah lonjakan harga yang cukup tajam, terjadi tiba-tiba, dan berlangsung dalam waktu singkat.

Berikut contohnya:


Banyak trader berpendapat spike disebabkan oleh kesalahan teknis pada sistem, ketika ada order tunggal yang cukup besar. Biasanya spike tidak disebabkan oleh rilis data berdampak tinggi atau peristiwa penting. Spike juga jarang terjadi.

Reply > Lihat[1]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #harga #emas

  Rian D. Angga   |   19 Aug 2014   |   Artikel
elliot wave termasuk indikator? setau ane gak ada tuh indikator elliot wave di mt4. mungkin ada tapi musti cari sendiri kali ya custom indikatornya diluar. kalo secara umum ni lebih dikenal sbg slh 1 metode analisa aja. tapi kaitanya sama event penting ane kurang paham. karna siklus yg dianalisa disini murni teknikal. dari gelombang naik turunya harga.
  Tina   |   28 Apr 2022

ada om, tapi harus download dulu. baru nanti dipasang di metatrader.

  Wahyu   |   24 Jul 2015   |   Artikel
Dear Admin,
Mohon bisa ditampilkan lagi harga Jagung dan Bungkil Kedelai.
Harga Dunia Komoditas ini sangat penting bagi Kami ( Petani kecil ).
Terima Kasih.
  Admin   |   28 Jul 2015
Mohon maaf, sempat terjadi kesalahan teknis, tetapi kini sudah diperbaiki, dan Anda bisa kembali melihat harga Jagung dan Bungkil Kedelai di data.
  Roida Br Hutagalung   |   3 Jul 2016   |   Artikel
waktu harga minyak bumi menggila USD 120 /Barrel ato setara dgn 180 trilyun /year hasil minyak mentah bumi kota Duri Riau orang2 pd sombong yg bekerja di oil company daerah tsb, nah kini tiba2 dtg tsunami di siang bolong minyak jatuh harga banyak jerit tangis ibu2 istri karyawan minyak trdengar dmn2. Bhkn ada ibu2 yg berubah profesi dari ibu rumah tangga jadi pelacur pinggiran jalan, krn suami yg dulu kerja d oil company kelas dunia kini jd pengangguran trkena PHK, oil company mengurangi jumlah karyawan besar2an krn tk sanggup lg menggaji akibat crude oil dunia jatuh harga. Ribuan KK di kota minyak Duri Riau brbondong2 k kantor camat ngurus surat pindah bwt pulang k kampung halaman, mknya jgn sombong lu yg krj d oil company, di waktu harga meroket pemda pd tidur gk ngisi lumbung n celengan bwt menangkis masa paceklik tiba. Anak2 byk yg putus sekolah di daerah tambang emas hitam, istri2 byk yg selingkuh bwt cari recehan di balik kandang ayam, oh sabana sadis, selamat tinggal kota bertuah Duri Riau, 
  Maias   |   25 Feb 2017   |   Artikel
cara kita tau kalau harga emas lagi naik atau turun gimana ya??? masa sy harus cek ke toko emas si tiap bulan.hehe
  Admin   |   27 Feb 2017
Jika yang Anda cari adalah harga emas perhiasan, memang cara mengetahui naik turunnya adalah dengan mengecek ke tokonya langsung.

Namun apabila Anda ingin mengetahui harga standar yang menjadi acuan utama naik-turun harga emas, maka Anda bisa melihat harga emas berjangka, spot forex (XAU/USD), dan emas Antam, sebagaimana tertuang di halaman ini. Silahkan bookmark halaman ini, lalu tengok setiap hari dan lihat perkembangannya,.
  Yan Yoshida   |   14 Apr 2022   |   Artikel

apa yang mempengaruhi pergerakan harga saham?

  Yobie Robiansyah   |   14 Apr 2022

Harga saham dipengaruhi oleh kekuatan kinerja sektor industrinya masing-masing

  Muhafiz Akhdan   |   18 Apr 2022

Harga saham dipengaruhi oleh bbrapa hal berikut :
Faktor kinerja perusahaan
Faktor kinerja industri
Faktor ekonomi makro
Faktor sentimen pasar
Dll

  Kiky Sari   |   2 Jul 2022   |   Artikel

Cara untuk tahu saham harganya masih murah bagaimana ya kak?

  Nana   |   12 Aug 2022

Kamu bisa melihat dari nilai PBV (Price to Book Value) yang dimiliki saham tersebut.

PBV didapatkan dari menghitung harga saham per lembar dibagai nilai buku saham. Setiap tahunnya, nilai PBV ini berubah-ubah, mengikuti performa perusahaannya. Jika ingin mencari saham dengan harga yang masih murah, bisa mencari yang nilai PBVnya masih di bawah 1.

Tapi perlu diingat juga, perhatikan PBV emiten-emiten lain pada sektor sejenis agar tahu harga pasarannya berapa.

Baca Juga: Mencari Harga Saham Murah Dengan Analisa Fundamental

Harga Emas Antam

Harga Emas Antam

Kemarin 913.000
Minggu Lalu 886.000
1 Bulan Lalu 826.000
2 Bulan Lalu 840.000
3 Bulan Lalu 828.000
6 Bulan Lalu 862.000
Harga Emas

Harga Emas

Kemarin 1800.05
Minggu Lalu 1750.70
1 Bulan Lalu 1676.60
2 Bulan Lalu 1720.80
3 Bulan Lalu 1707.90
6 Bulan Lalu 1856.50
Setahun Lalu 1784.70
Harga Emas Dunia

Harga Emas Dunia

Harga Perak

Harga Perak Dunia

Kemarin 22.89
Minggu Lalu 21.29
1 Bulan Lalu 20.92
2 Bulan Lalu 20.66
3 Bulan Lalu 17.87
6 Bulan Lalu 22.19
Setahun Lalu 22.49
Harga Emas Sulit Tembus 1908, Incar Peluang Sell
Kazuki     7 Jun 2021
Pergerakan emas terhadap Dolar AS berisiko mengalami bearish reversal apabila harga kembali gagal menguji R1. Peluang sell menunggu konfirmasi breakout S1.
#sell  
Harga Emas Masih Berisiko Melemah Hingga S2
Kazuki     28 Apr 2021
Setelah membangun arus kenaikan, harga emas berpotensi turun menuju S2 setelah gagal breakout dari R1. Bagaimana skenario pergerakan XAU/USD selanjutnya?
#risiko  
Lonjakan Harga Emas Capai Kisaran 1900
Kazuki     6 Jan 2021
Harga emas rebound ke area 1900 setelah melonjak signifikan dari Support 1. Kini, XAU berupaya menembus R1 dan menargetkan R2.
Mengupas Korelasi Harga Emas Dan Dolar AS
Nandini     14 Nov 2020
Korelasi harga emas dan Dolar AS sering dianggap selalu berlawanan. Apakah benar faktanya demikian? Apa saja faktor yang mempengaruhi hubungan pergerakan emas dan Dolar AS?
Harga Emas Masih Berkubang Di Bawah 1900
Kazuki     15 Oct 2020
Pergerakan emas terhadap Dolar AS masih penuh tekanan. Level 1900 diproyeksikan menjadi resistance kuat yang membatasi koreksi kenaikan.
Trend Harga Emas Secara Historis
Sistem     18 Sep 2020
Bagaimana trend harga emas dalam beberapa bulan terakhir? Seperti apa historis harga emas secara tahunan? Simak grafik trend harga emas dan historisnya di sini.
Harga Emas Berpeluang Terkoreksi Lagi
Kazuki     19 Aug 2020
Pergerakan emas terhadap Dolar AS memang tengah membentuk alur pemulihan. Akan tetapi, koreksi masih rawan terjadi di level-level tertentu.
Kirim Komentar Baru