Hati-Hati, Tiga Penipuan Valas Paling Populer Di Dunia Menghantui

Anna 10 Feb 2015
Dibaca Normal 10 Menit
forex > belajar >   #penipuan   #valas   #scam   #bodong   #blacklist
Banyak orang kelewat percaya diri meski tidak paham seluk-beluk ekonomi; menyepelekan dengan anggapan bahwa bisnis valas cukup jual dan beli lalu untung. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian.

Bisnis valas termasuk salah satu usaha berprospek menjanjikan yang banyak dimanfaatkan penipu untuk dijadikan modus operandinya. Ini bisa terjadi karena banyak orang yang meski tidak memahami seluk-beluk bidang ekonomi, namun kelewat percaya diri; menyepelekan dengan anggapan bahwa bisnis valas cukup jual dan beli lalu untung. Padahal, perkara ini lebih kompleks daripada kelihatannya.

Penipuan Valas
Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat berbisnis valas, baik itu jual beli mata uang fisik maupun trading forex. Diantaranya adalah dinamika ekonomi dunia, kepemilikan data terkini yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan, serta pemahaman akan risiko. Namun ketiga unsur ini sering diabaikan oleh orang awam, sehingga mereka terjebak dalam penipuan valas.

Berikut adalah penipuan-penipuan valas fenomenal yang pernah terjadi: 

Penipuan Dolar Amerika: 100,000 USD Tahun 1934 Palsu

Sudah tak terhitung lagi jumlah orang yang bertanya kepada kami tentang apakah uang lembaran 100,000 Dolar AS tahun 1934 masih berlaku dan bisa ditukar di money changer. Bahkan, tak sedikit pula yang mengklaim memiliki sertifikat bukti keabsahan lembaran uang Dolar Amerika yang dimilikinya. Sayangnya, baik dengan maupun tanpa sertifikat, uang 100,000 USD Tahun 1934 bergambar Woodrow Wilson itu tak ada nilainya.

Gold Certificate 100,000 USD Tahun 1934

Profil Gold Certificate 100,000 USD Tahun 1934 Yang Banyak Dipalsukan

Situs Departemen Keuangan Amerika Serikat memiliki satu halaman khusus yang didedikasikan untuk membahas lembaran uang 100,000 USD karena keunikannya. Pemerintah AS menerbitkan uang 100,000 hanya sekali pada tahun 1934 sebagai gold certificate khusus bagi bank-bank. Kepemilikan uang ini terlarang bagi masyarakat umum, dan apabila ada individual memilikinya maka diancam 25 tahun penjara oleh pemerintah federal AS.

Lebih dari itu, karena terbatas hanya untuk dipakai antar bank, maka semua uang sertifikat emas itu telah dicatat, kecuali satu set un-cut sheet yang menurut rumor diduga dicuri dari percetakan. Saat ini, semua sertifikat emas 100,000 USD Tahun 1934 itu sudah ditarik dari peredaran dan telah dimusnahkan, kecuali yang dipamerkan di Smithsonian Museum dan diarsipkan oleh bank sentral AS.

Fakta-fakta tersebut di atas tidak banyak diketahui oleh orang di luar Amerika, sehingga penipuan Dolar Amerika 100,000 USD Tahun 1934 menjadi marak di Asia Tenggara. Para penipu bahkan lebih berani lagi dengan menyebarkan besaran mata uang yang lebih besar, seperti 1,000,000 (satu juta) Dolar AS, dengan label tahun terbit lebih lama lagi, seperti tahun 1920-an. Padahal, sertifikat emas dengan nominal 100,000 merupakan nominal terbesar yang pernah ada dalam sejarah mata uang Dolar AS, dan sebagaimana telah kami paparkan, itupun bukan untuk penggunaan umum.

 

Bisnis Mata Uang Dinar Irak

Dalam penipuan valas yang sempat populer pada 2007-2008 ini, para penipu mengiklankan investasi mudah berisiko rendah dengan membeli mata uang asing saat ini untuk dijual lagi kelak setelah nilainya meningkat. Penjaja mata uang Dinar Irak mengklaim bahwa nilai mata uang Irak saat itu masih sangat rendah, dan dengan kemungkinan bahwa kekayaan alam Irak akan menjadi sangat penting bagi dunia, maka peluang menguatnya nilai Dinar Irak terbuka lebar.

Oleh karena itu, mereka menjual berbundel-bundel "Dinar Irak" dengan jaminan keaslian dan iming-iming keuntungan luar biasa besar. Mereka bahkan tak ragu untuk merekayasa sejumlah "berita" yang mengiaskan kepercayaan negara-negara maju terhadap Irak.

Setumpuk Uang Dinar Irak

Ilustrasi - Setumpuk Uang Dinar Irak

Apakah uang yang mereka jual asli? Ya, besar kemungkinan uang Dinar Irak yang mereka jual itu asli. Masalahnya, nilai mata uang itu hampir tidak mungkin meningkat. Ini karena realitanya:

  1. Irak adalah negara yang terus bergelut dengan konflik antar sekte dan antar suku selama berpuluh tahun. Tiga kelompok utama: Syiah, Sunni, dan Kurdi, tidak bisa merasa rela jika pihak lainnya berkuasa. Konflik ini sudah berurat berakar, sehingga kecil sekali kemungkinan negeri ini akan damai dan perekonomiannya stabil kembali. Padahal tanpa stabilisasi, nilai tukar suatu negara mustahil menguat. Status sebagai "negara produsen minyak" pun bukanlah jaminan bahwa suatu negara bisa menjadi kaya dan berjaya.

    Faktanya, sejumlah negara penghasil minyak telah dan tengah mengalami resesi berulangkali, termasuk Rusia, Venezuela, dan lain-lain. Tak peduli seberapa besar simpanan kekayaan alam sebuah negara, jika negara itu tak punya kemampuan untuk mengelolanya, maka negara tersebut selamanya tidak akan maju.
  2. Perdagangan mata uang sangat bergantung pada likuiditas. Berbeda dengan tanah atau emas yang merupakan aset penyimpan kekayaan jangka panjang, nilai riil suatu mata uang sebenarnya berkurang dari waktu ke waktu. Umpamakan saja 1000 Rupiah dulu bisa digunakan untuk membeli sekantong permen, sekarang hanya bisa beberapa biji saja. Dengan demikian, kemampuan mata uang untuk menghasilkan keuntungan didapat hanya dari pertukarannya dengan mata uang lain dalam jangka pendek.

    Jika Anda tidak bisa menemukan pembeli bagi mata uang yang Anda miliki dengan mudah saat ini, maka bisa dikatakan bahwa mata uang itu tidak bisa dipertukarkan maupun menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Hingga kini, Dinar Irak termasuk mata uang yang paling sulit diperjualbelikan baik via money changer maupun bank; dan ini saja seharusnya sudah membuat Anda ragu untuk berinvestasi dalam mata uang Dinar Irak.
  3. Negara manapun bisa mengganti, me-redenominasi, maupun mendevaluasi mata uangnya kapan saja. Sudah banyak kejadian dimana negara-negara mengganti mata uang karena satu atau lain alasan, dan bahkan ada yang telah melakukan redenominasi dimana 1 juta uang lama dipertukarkan hanya dengan nilai 1 uang baru. Negara-negara dalam kondisi rapuh dan inflasi tinggi termasuk yang paling mungkin melakukan hal ini. Setelah penggantian semacam itu, mata uang lama biasanya ditarik secara bertahap dari peredaran hingga akhirnya tak berlaku sama sekali.

    Dengan kata lain, mata uang asing yang dipegang sekarang bisa lenyap nilainya suatu saat nanti. Fakta ini secara efektif membatalkan klaim "berisiko rendah" ataupun "tanpa risiko". Bila Anda tidak bisa segera menukarkan uang yang Anda pegang, maka di masa depan itu bisa jadi hanya seharga rongsokan. Padahal kalau akan ditukarkan sekarang, maka harganya pun biasa saja.

Selain menggunakan mata uang Dinar Iraq, penipuan valas semacam ini juga mengeksploitasi Dong Vietnam dan Pound Mesir. Korbannya tidak terbatas pada orang-orang awam di Asia Tenggara saja, melainkan juga dari Amerika. Council of Better Business Bureaus yang merupakan jaringan penghubung antara perusahaan dan konsumen di Amerika Serikat dan Kanada, menobatkan penipuan valas dengan modus operandi ini sebagai nomor 6 dalam 10 modus penipuan paling top tahun 2013.

 

Penipuan Satu Juta Euro Commemorative

Versi terbaru penipuan valas menggunakan lembaran satu juta Euro yang diklaim asli, bahkan kadang lengkap dengan sertifikat otorisasi-nya. Seperti halnya penipuan Dolar Amerika palsu di atas, penipuan ini juga memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat akan besaran nominal mata uang dari negara lain.

Bedanya, jika di penipuan pertama melibatkan uang palsu dan penipuan kedua menggunakan valas asli, maka di penipuan ketiga ini menggunakan lembaran kenang-kenangan (commemorative), atau uang koleksi (novelty money) yang bukan merupakan alat pembayaran legal.

Satu Juta Euro Commemorative

Profil Uang 1 Juta Euro Commemorative

Perusahaan Naples Bank Note Company pernah menciptakan lembaran uang Satu Juta Euro dengan desain khusus untuk memperingati awal mula penggunaan Euro sebagai mata uang di 15 negara anggota Uni Eropa pada Januari 2002. Uang yang awalnya ditujukan sebagai barang koleksi tersebut dijual oleh perusahaan dengan harga 18.50 Dolar AS saja, dan tersedia untuk dipesan siapa saja. Sedangkan mata uang Euro aslinya hingga kini tidak pernah diterbitkan dalam nominal lebih dari 500 Euro.

Namun belakangan, uang Satu Juta Euro Commemorative itu tersebar di Asia dan dijadikan bahan penipuan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Mereka yang tertipu biasanya mengira bahwa uang Satu Juta Euro itu kelak akan bisa mereka tukarkan begitu saja dengan nilai sangat tinggi di money changer atau bank, padahal tak ada money changer bonafid maupun bank di dunia ini yang akan mau menerimanya. Satu-satunya yang mungkin mau menerima adalah kolektor, dan itupun paling-paling dengan harga sekitar 20-40 USD saja.

Penipuan dengan novelty money sejenis Satu Juta Euro Commemorative cukup banyak terjadi, dengan memanfaatkan mata uang major seperti Dolar AS dan Euro maupun mata uang eksotis dari negara-negara yang kurang dikenal. Karena hal ini, maka dalam menyikapi tawaran mata uang asing, kita mesti selalu waspada, terutama bila pengetahuan kita tentang karakteristik valas terbatas.

 

Solusi Dan Rekomendasi

Berikut ini sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan agar tak menanggung kerugian karena penipuan seperti tiga kasus di atas:

  1. Ketahuilah bahwa pemerintah manapun akan sebisa mungkin menghindari mencetak mata uang berdenominasi besar, karena sangat rawan pemalsuan. Negara-negara yang mata uangnya punya pecahan besar seperti Indonesia, pada suatu titik akan berusaha melakukan redenominasi. Sedangkan bagi negara-negara maju seperti AS dan Euro, tak ada perlunya mencetak uang berdenominasi besar saat ini.
  2. Ingat, nilai tukar mata uang selalu berubah, dan status mata uang itu sendiri merupakan label yang dikenakan oleh pemerintah negara tertentu pada beberapa lembar kertas dan koin dimana mereka bisa dengan mudah menggantinya dengan yang baru.
  3. Hindari memegang atau menyimpan valas dalam bentuk tunai apabila Anda tidak memiliki keperluan di luar negeri. Menyimpan dana dalam bentuk deposito valas itu baik, tetapi selayaknya disimpan di bank, bukan dalam bentuk tunai.
  4. Sebisa mungkin, beli dan jual valas hanya di bank atau money changer berizin.
  5. Apabila Anda akan memegang valas di Indonesia, prioritaskan mata uang dengan tahun terbit baru; semakin baru semakin baik.
  6. Utamakan untuk memegang valas yang sudah banyak dikenal, bukan mata uang eksotik yang jarang dipertukarkan. Diantara valas paling populer dipertukarkan adalah Dolar Australia, Yuan China, Euro, Poundsterling, Dolar Hongkong, Yen Jepang, Ringgit Malaysia, Dolar Singapura, dan Dolar AS.
  7. Apabila berminat menjalankan bisnis valas secara fisik, maka lebih dulu kenali ciri-ciri mata uang asli, sehingga tidak mudah tertipu oleh mata uang novelty/koleksi ataupun uang palsu.

Penipuan valas telah eksis sejak bertahun-tahun lampau, tetapi hingga kini korbannya masih banyak bertebaran. Salah satu sebabnya adalah, korban atau keluarga korban masih menyimpan valas yang dijadikan bahan penipuan tersebut tanpa menyadari bahwa kertas-kertas tersebut kadang tidak lebih baik dari sampah.

Selain itu, penipuan mata uang asing seperti ketiga kasus marak yang diulas dalam artikel ini akan sulit dimintakan untuk diusut kepada polisi. Masalahnya adalah, kasus seperti ini seringkali melibatkan lembaran sungguhan meski itu hanya uang novelty.

Dalam kasus Satu Juta Euro Commemorative, misalnya, kepolisian di Lucknow, India, sempat menangkap beberapa orang yang menyebarkan lembaran tersebut di tahun 2010, tetapi tidak bisa menjatuhi hukuman karena uang yang disebarkan adalah benar-benar uang Euro commemorative. Para penipu itu memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat; bahwa itu tidak berlaku sebagai alat pembayaran seharusnya sudah menjadi fakta yang diketahui umum. Dalam kondisi ini, kita sendiri yang mesti berhati-hati agar tidak tertipu.

 

Selain dalam bentuk fisik, penipuan valas juga bisa menghantui dalam bentuk perdagangan online. Agar tidak terkena penipuan trading forex, pastikan Anda tahu ciri-ciri kejahatannya. 

infografi penipuan valas

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Ibnu Kamil |  10 Mar 2021

Kan banyak tuh kasus penipuan broker lokal, nasabahnya bilang kalau modalnya tiba2 raib. Nah, padahal di brokernya kan bilang kalau ada segregated account, yang uangnya diawasi oleh bappebti dan katanya brokernya sendiri aja ga bisa menggunakan uanh nasabah tersebut. Namun kenapa uang nasabah bisa hilang sampai ratusan juta di broker lokal? Apakah segregated account itu hanya gimik?

Lihat Reply [18]

@ Ibnu Kamil:

Mengenai modal yang tiba-tiba hilang dengan sendirinya, kami belum pernah tahu kalau ada kejadian seperti itu. Setahu kami kejadian yang biasanya merugikan klien adalah modal yang berkurang banyak setelah ditradingkan oleh orang lain, dalam hal ini terkena margin call (MC) dan klien disarankan untuk menambah modal.

 

M Singgih   13 Mar 2021

Kalo "orang lain"nya itu dari marketing broker terkait, apakah saya bisa melaporkan broker tersebut ke pihak berwajib?

Soalnya dia mengiming-iming bakal ada profit yang secara rutin dilaporkan. Namun sampai 3 bulanan lebih lost kontak. Dan akun saya tidak bisa diakses.

Ibnu Kamil   16 Mar 2021

@ Ibnu Kamil:

Mengenai hal tsb, setahu kami bisa diadukan ke Bappebti selaku pengawas perusahaan broker, jika broker tsb memang telah teregulasi oleh Bappebti, dengan disertakan bukti-bukti.

 

M Singgih   17 Mar 2021

Selain dari aspek regulasi, kita dapat mengukur kredibilitas broker forex berdasarkan sedikitnya tiga hal:

  • Relasi antarperusahaan. Umpamanya, broker forex tersebut merupakan anak usaha dari suatu perusahaan keuangan multinasional ternama yang sudah beroperasi dengan baik selama berpuluh tahun. Contohnya seperti Forex.com yang merupakan anak usaha dari Gain Capital (perusahaan sudah go public di bursa saham New York).
  • Rekam jejak. Umpamanya, perusahaan broker yang sudah berdiri selama 10 tahun tentu akan lebih terpercaya daripada broker yang baru berdiri bulan lalu. Lebih baik lagi jika perusahaan berumur >10 tahun itu memiliki reputasi yang baik, ramah pada trader, tidak pernah menunda withdrawal, dan memiliki kualitas eksekusi yang unggul.
  • Tokoh korporat. Umpamanya, perusahaan broker forex tersebut didirikan oleh tokoh-tokoh terkenal yang sering muncul pada forum internasional dan memiliki reputasi yang baik. Contohnya seperti Pepperstone yang dua orang pendirinya (Owen Kerr dan Joe Davenport) merupakan enterpreneur muda ternama di Australia. Contoh yang lebih baru adalah para pendiri Robinhood asal Amerika Serikat.
Aisha   11 May 2022

Halo bu, ketika memilih broker, pastikan Anda memilih broker yang sudah teregulasi.

Caranya, Anda bisa akses ke situs resmi Bappebti, masuk ke menu "daftar pialang berjangka" lalu cek nomor regulasinya. Selain itu, broker resmi Indonesia juga memiliki kantor resmi yang bisa dilacak alamatnya. 

Dengan memilih broker-broker yang teregulasi BAPPEBTI, keamanan dana dan aktivitas trading Anda akan lebih terjamin, karena ada seperangkat peraturan hukum yang mengikat. 

Kami juga telah merangkum rekomendasi broker-broker lokal terbaik di halaman ini.

Ananta   18 May 2022

Halo pak/mas, saya ditawari trading sama temen. Tapi nama brokernya saya rasa asing gitu. Cara ngecek broker Indonesia yang terpercaya gimana ya? Terimakasih sblmnya. 

Vivi   2 May 2022

Apa ciri-ciri broker forex terpercaya selain dari regulasinya?

Nay Nay   10 May 2022

Bagaimana melaporkan kecurangan di broker lokal, dan kepada siapa kita harus melaporkannya?

Yuan GG   7 Jun 2022

Sebelum melaporkannya, pastikan Anda telah mengumpulkan bukti-bukti kecurangan yang terjadi. Anda harus memastikan bahwa poin-poin yang muncul benar-benar kesalahan broker, bukan kesalahan pada trader yang tidak teliti membaca syarat dan ketentuan maupun kesalahan manajemen keuangan.

Jika Anda memiliki kontak Wakil Pialang Berjangka yang menangani akun, catat baik-baik.

Selanjutnya, Anda bisa melaporkan ke Bappebti. Sebaiknya, Anda mengumpulkan terlebih dahulu klien-klien lain yang menjadi korban kecurangan agar laporan bisa lebih kuat. 

Ananta   13 Jun 2022

Broker lokal mana ya yang paling lama beroperasinya dan gaada masalah penipuan nasabah dsb, mohon infonya donk trims. 

Anisah Fatimatuz   21 Jun 2022

Jika dilihat dari histori terdaftarnya, broker yang paling veteran di Indonesia ada:

1. Askap Futures (sejak tahun 1998)

Per tahun 2020 kemarin, Askap Futures sekarang telah berganti nama menjadi MRG Mega Berjangka dan memaksimalkan fitur Social Tradingnya. Anda bisa menyimak review broker Askap di sini

2. Monex Investindo Berjangka alias MIFX (sejak tahun 2000)

Broker Monex sudah berdiri selama 22 tahun lebih. Hingga saat ini, penawaran utamanya berpusat pada spread rendah dan platform trading yang terus mengikuti perkembangan jaman. Anda bisa menyimak review broker Monex di sini.

Ananta   29 Jun 2022

Pola-pola seperti apa yang biasa digunakan broker scam untuk menipu trader?

Robby   29 Jun 2022

Banyak sekali modus broker scam. Antara lain, yang paling populer:

  • Menjanjikan keuntungan fantastis atau bebas loss.
  • Mencatut nama broker berizin dan lembaga otoritas sah.
  • Memberikan iming-iming bonus dan hadiah untuk mengajak korbannya menyetor modal trading dalam jumlah besar.
  • Menyediakan robot atau sinyal trading yang sudah dimanipulasi.
  • Menyediakan fasilitas PAMM (Managed Account) yang seolah-olah memberikan kesempatan bagi trader agar uangnya dikelola oleh trader profesional.
Aisha   1 Jul 2022

Untuk yang model memberi iming-iming hadiah kek, no deposit bonus...dan apakah dananya tidak bisa di WD? apakah itu termasuk tanda-tanda broker scam?

Gandi   1 Jul 2022

Hampir semua broker bisa memberi hadiah. Tentu saja nggak semuanya itu scam.

Lalu, apa bedanya antara hadiah broker scam dan bukan scam? Semua itu tergantung pada dua hal:

  • Baca S&K sebelum ikut program hadiah apa pun.
  • Cari tahu apakah broker itu sudah berizin atau belum, dan perizinannya dari lembaga apa.

Broker yang perizinannya ketat, biasanya nggak berani bikin modus scam berkedok bonus. Tapi broker yang perizinannya longgar, mereka bisa saja bikin program bonus yang bikin modal kita nggak bisa ditarik.

Aisha   3 Jul 2022

Cara membedakan broker penyedia fasilitas PAMM yang amanah dengan tidak seperti apa ya kak? Apa saja yang sebaiknya kita tanyakan sebelum deal? 

Marnie   20 Jul 2022

Kalau menurutku sih ya, yang terpenting itu regulasinya. Kalau broker itu punya ijin/lisensi dari lembaga regulator yang kredibel, maka dia bisa dipercaya. Kalau tidak, maka tidak bisa dipercaya.

Lembaga yang bisa dipercaya itu didukung undang-undang negara yang besar, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dll. Tapi ya, lembaga regulator yang terpercaya biasanya melarang broker membuat program PAMM. Dan sejauh ini enggak pernah lihat ada fasilitas PAMM dari broker yang punya lisensi bener.

Aisha   21 Jul 2022

Saya fresh grad. Sekarang ini banyak banget lowongan kerja yang bertuliskan futures2, ternyata dijadiin pialang terus banyak yg nglarang saya buat lanjut kak. Emangnya pekerjaan jadi broker itu emang selalu nipu2 kah? Bagian admin dsbnya juga kudu nipu biar gajian?

Astiti   8 Aug 2022
 Phutut |  11 Jun 2021

Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri? Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari platform trading tersebut?

Lihat Reply [14]

Untuk Agung...

Anda bisa menghungungi broker yang bersangkutan, bisa jadi ada sistem yang eror atau yang lainnya.

 

Thanks.

Basir   3 Mar 2016

Ataukah mungkin ini ada manipulasi dari broker? Entah yang mana yang memanipulasi, tapi kalau sampai terbentuk candle yang beda, bukankah ini cukup jadi warning untuk mencurigai broker?

Silvi   4 Mar 2016

Untuk Silvi..

Hal itu bisa terjadi, atau ada sistem/ pengamanan yang jebol oleh lonjakan harga. Jika broker tersebut bertanggung jawab, maka mereka akan melakukan kompensasi.

Thanks.

Basir   8 Mar 2016

Untuk Anto,

Dari hasil penelusuran kami, Fin888 Autotrade adalah perusahaan yang khusus menyediakan layanan copytrade atau robot trading bagi para investornya. Sedangkan untuk broker yang digunakan, pada halaman resminya menyatakan bahwasanya layanan ini menggunakan broker

Samtrade FX sebagai broker utamanya. Samtrade FX sendiri adalah broker forex yang berasal dari Saint Vincent and the Grenadines. Broker ini mengklaim dirinya terlisensi oleh badan regulator FSA (SVG), ASIC (Australia), dan juga FINTRAC (Canada). Meskipun telah terlisensi, agaknya popularitas broker ini kurang begitu menonjol untuk kalangan trader Indonesia.

Kesimpulannya, kami sarankan Anda untuk berhati-hati dan mencari informasi terlebih dahulu mengenai performa dari layanan copytrade yang ditawarkan. Jikapun Anda tertarik untuk mengikuti layanan ini, Anda boleh saja mencobanya. Akan tetapi kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan layanan ini dengan broker lain yang lebih jelas status regulasinya. Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   3 Mar 2021

@ Phutut:

- Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri?

Broker membuat platform sendiri adalah karena policy perusahaan tsb, antara lain untuk promosi agar platformnya bisa dikenal secaa luas. Meski demikian tidak banyak broker yang membuat platform sendiri, kebanyakan menggunakan platform yang sudah eksis seperti Metatrader.



- … Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari pla form trading tersebut?

Bukan, tertapi tergantung dari harga yang diberikan oleh penyedia likuiditas atau liquidity provider dari broker tsb. Harga yang diberikan oleh setiap broker memang bisa berbeda dengan broker lainnya, tetapi perbedaannya tidak jauh.

M Singgih   13 Jun 2021

Rekomandasi platform trading selain MT4 apa ya pak. Yang tampilannya lebih friendly dan mudah dipahami. Matur nuwun.

Anam   18 Jun 2021

@ Anam:

Silahkan Anda coba platform dari broker Agea, yaitu Streamster. Platform Streamster bisa di-download di sini.

M Singgih   20 Jun 2021

@ Wijaya:

Bisa saja diretas jika peretas tahu nomor Login dan Password Anda. Peretas bisa mentradingkan akun Anda,tetapi tidak bisa menarik dana yang ada di balance karena untuk withdraw harus masuk ke rekening atas nama Anda sesuai dengan saat Anda mendaftar di broker. Mengenai Anda tidak bisa login, mungkin saja si peretas telah mengganti password.

Dalam hal ini Anda memang harus menghubungi CS broker. Kalau tidak direspon Anda bisa komplain ke badan regulator yang memberi regulasi broker tsb.

Kami harap Anda trading di broker yang diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.
Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

 

M Singgih   15 Sep 2021

Setelah saya baca-baca di situs brokernya, mereka tergulasi IFSC pak. Saat ini sudah saya kirimi email. Bila tidak direspon gimana pak soalusinya? Terima kasih

Wijaya   15 Sep 2021

@ Wijaya:

Jika broker tidak merespon memang harus ke regulator. Menurut kami tunggu saja jawaban dari badan regulator yang seharusnya bertanggung jawab atas broker tsb. Jika ternyata tidak direspon juga, menurut kami Anda harus merelakan dana Anda karna tidak ada cara lain. Anggap saja brokernya scam, dan itu adalah risiko trading di broker yang tidak teregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional.

 

M Singgih   16 Sep 2021

Baik pak, terima kasih atas sarannya...

Wijaya   16 Sep 2021

Mungkinkan akun MT4 diretas pak? 

Soalnya terakhir login balance saya berkurang 15 dollaran, kemudian, dua hari berikutnya akun trading tidak bisa login.

Sudah menghubungi CS Broker tidak ada jawaban. Bagaimana solusinya?

Wijaya   14 Sep 2021

Saya pengguna Fin888, sejauh ini lancar. Apakah ada insight mengenai Fin888? 

Anto   7 Feb 2021
Kenapa pada tanggal 29 februari 2016 di mt4 saya candle jam 23.00 pair EURUSD terbentuk doji sebesar 260 pip sedangkan di broker lain pada saat yang sama candlenya normal (cuma sekitar 30 pip).
Agung   1 Mar 2016
 Kurniawan |  9 Mar 2022

Sekarang ini marak sekali investasi bodong, mohon info dan tips agar terhindar dari investasi bodong min?

Lihat Reply [7]

@Kurniawan: Berikut ini tips agar terhindar dari investasi bodong.

  • Jangan pernah langsung percaya 100% apapun yang Anda dapatkan di internet ataupun medsos.
  • Jangan pernah tergiur oleh investasi apapun walaupun ada keluarga/artis/influencer atau siapapun. Masuklah karena Anda melihat potensi profit didalamnya secara jelas, bukan karena si A, B, atau C.
  • DYOR (Do Your Own Research), lakukan riset sebelum mengambil keputusan. Pelajari dengan detail investasi apa yang ditawarkan, apa produknya, bagaimana cara menghasilkan keuntungan dan apakah realistis terhadap janji yang diberikan.
  • Hindari grup-grup yang terlalu "vulgar" memberikan janji-janji surga. Sesuatu yang kelihatannya terlalu "bagus" (too good to be true) biasanya tidak bagus.
  • Selalu berfikir logis dan kritis.
Kiki R   10 Mar 2022

Skema Ponzi adalah modus penipuan berkedok investasi yang seolah-olah menawarkan profit besar, tetapi sesungguhnya profit yang diberikan kepada investor awal bersumber dari dana setoran investor yang mendaftar belakangan. Di Indonesia, skema ponzi terkenal dengan istilah "money game" dan "member get member". 

Bagaimana cara mengenalinya? Ada beberapa ciri-ciri umum dari skema ponzi, antara lain:

  • Penipu menawarkan profit tetap dalam jumlah fantastis. Hal ini tidak mungkin terjadi pada skema investasi sungguhan, karena selalu ada risiko kerugian yang setara dengan peluang keuntungan. Lembaga regulator sah seperti OJK dan Bappebti juga melarang promosi investasi yang menjanjikan profit tetap.
  • Penipu menawarkan iming-iming "profit tanpa kerja keras" hanya dengan setor dana saja. Padahal, semua skema investasi perlu proses pembelajaran agar investor bisa sukses.
  • Penipu mengharuskan dana setoran pokok "terkunci" atau tidak boleh ditarik selama periode yang panjang. Investor hanya boleh menarik profit saja secara berkala, tetapi tak boleh mengambil dana pokoknya dalam waktu lama. Hal ini karena sebenarnya penipu akan mengoper dana pokok yang tersimpan itu untuk menjadi "profit" bagi investor lain.
  • Penipu biasanya menggunakan istilah-istilah asing yang terkesan elite untuk mendapatkan kepercayaan orang awam, tetapi kesulitan untuk menjelaskan skema investasinya kepada orang yang sudah berpengalaman. Umpamanya penipu punya skema ponzi yang berkedok robot trading, maka para pakar trader dan programmer robot sesungguhnya dapat membongkar kedok tersebut.
Aisha   24 Mar 2022

mohon info tips nya kak agar terhindar dari skema ponzi?
apakah skema ponzi mencangkup semua jenis investasi atau hanya investasi tertentu saja ya kak? Terima kasih

Nana_banana   24 Mar 2022

Skema ponzi bisa menggunakan kedok investasi apa saja, mulai dari forex (robot trading), emas, properti, bahkan tambak udang ataupun kebun kurma. Sudah banyak sekali contoh kasusnya di Indonesia.

Tips agar terhindar dari skema ponzi? Ya, mudah saja. Kenali ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, kemudian jangan setor dana ada tawaran semacam itu.

Aisha   27 Mar 2022

Tidak ada satu pun diantara ketiganya yang aman untuk pemula. Pemula sebaiknya mengawali dengan belajar berinvestasi, bukan langsung trading. Jika ingin setor modal tanpa belajar dan mau cari aman, maka berinvestasilah pada reksa dana.

Jika sudah belajar dan mau mulai trading, maka sebaiknya berlatihlah pada saham. Lebih baik lagi, cobalah simulasi trading saham dulu. Apabila sudah mahir dalam dunia saham, barulah menjajal forex atau kripto.

Pasar saham lebih mudah diamati dan dipelajari bagi pemula, daripada pasar forex atau kripto yang berskala internasional. Namun, perlu diperhatikan bahwa semuanya sama-sama tidak aman.

Semua aktivitas trading itu mengandung risiko yang sebanding dengan potensi keuntungannya, sehingga kita sendiri yang perlu mengelola risiko (risk management) agar tidak mengalami kerugian di luar batas toleransi kita. Semua calon trader/investor harus memahami ini sebelum mulai trading/berinvestasi apa saja.

Aisha   25 Apr 2022

Apa yang dimaksud dengan skema ponzi dalam investasi dan bagaimana cara mengenalinya?

Nana_banana   22 Mar 2022

antara trading forex, saham dan kripto, manakah yang aman digunakan untuk pemula?

Hairi Nuh   22 Apr 2022
 

Komentar @inbizia

Bpk bgmn cara menyelesaikan blacklist bi yang disebabkan kasus cek kosong yg terjadi sekitar 2 tahun lalu permasalhan dengan orang yg menerima cek sudah selesai  terima kasih
 Miswarman |  28 Dec 2016
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Dolar AS 1juta bukan merupakan alat pembayaran legal, jadi tidak bisa ditukarkan selayaknya valas karena tidak memiliki nilai, tak peduli ada sertifikat ataupun tidak. 

Perlu diketahui bahwa pihak berwenang di Amerika Serikat tidak pernah mencetak uang 1 juta Dolar AS, dan uang 1 juta Dolar AS yang beredar di masyarakat hanyalah uang-uangan untuk koleksi, bukan alat pembayaran yang sah. Sehingga tidak ada bank maupun money changer, baik di Indonesia maupun negara asalnya, yang akan mau menukarnya dengan mata uang lain.
 Admin |  20 Aug 2018
Halaman: Ini Cara Tukar Uang Yang Sudah Tidak Berlaku
Apabila Anda telah membaca artikel baik-baik, maka akan mengetahui bahwa blacklist itu TIDAK ADA. Yang ada: pelaporan setiap bank dan lembaga keuangan (dulu ke Bank Indonesia, sekarang ke OJK) mengenai status debitur masing-masing. Status debitur tersebut menjadi dasar bagi riwayat kredit individual Anda, apakah Anda lancar dalam membayar pinjaman atau tidak. Nah, untuk mengetahui bagaimana kondisi riwayat kredit individual, Anda tidak bisa asal tebak menebak saja. Orang luar seperti kami juga tidak bisa menerkanya. Untuk mengetahuinya, dulu bisa dilakukan BI Checking. Namun, sekarang Anda bisa tanya langsung bagaimana riwayat kredit individual Anda ke kantor OJK (Otoritas Jasa Keuangan) terdekat dengan membawa fotokopi KTP.
 Anna |  17 Sep 2018
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Bukan dikenakan biaya konversi, melainkan ada kurs beli dan kurs jual dalam proses konversi. Kalau soal biaya, transfer antar bank lintas negara memang ada fee tersendiri, tapi namanya bukan biaya konversi, melainkan ya biaya transfer biasa. Konversi dengan kurs jual dan kurs beli berdasarkan rate bank sudah sesuai dengan konsensus sistem pembayaran internasional. Jika uang dari bank mancanegara itu berupa dolar, sedangkan rekening Anda di bank umum Indonesia itu merupakan rekening rupiah, maka pasti dalam proses transfer itu akan dikonversi sesuai rate bank. Jika Anda tak mau uang itu dikonversi, sebaiknya Anda buka rekening valas di bank umum mana saja di Indonesia, kemudian transfer uang dari bank mancanegara ke rekening valas itu, nanti niscaya tidak dikonversi.
 Anna |  17 Jul 2019
Halaman: Tips Menukar Rupiah Ke Mata Uang Asing Atau Sebaliknya
Saya mau bertanya pak, di tahun 2015 saya kredit kereta. Pas di kreditannya pernah nunggak gitu...lalu setelah angsuran selesai saya bayar semua denda nya....saya selesai kredit kereta di tahun 2017. Kemudian sampe sekarang tidak pernah kredit lagi. apakah saya termasuk blacklist bank..apakah berpengaruh dalam pengambilan kredit KPR.atau pun kredit yang lain nya ..tolong solusi nya pak
 Budi Santoso |  24 Oct 2019
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Pemerintah Amerika Serikat maupun bank sentralnya TIDAK PERNAH mengeluarkan uang dengan pecahan sebesar oti. Apabila Anda memiliki lembaran uang satu milyar Dolar, maka uang itu sama sekali tak ada harganya dan tidak bisa ditukarkan dimana-mana. Uang satu milyar Dolar, sebagaimana uang 1,000,000 atau 100,000 Dolar, adalah beberapa skema penipuan valas yang banyak marak, khususnya di Asia.
 Admin |  11 Jun 2020
Halaman: Ini Cara Tukar Uang Yang Sudah Tidak Berlaku

Komentar[2]    
  Dayat   |   28 Jun 2021

Info money changer di surabaya?

  Fery   |   28 Jun 2021

Yang saya tau:
Dua Sisi Money Changer di Ciputra World dan Tunjungan Plaza 1
Bilangan Money Changer di Ruko 21 Klampis