Anak-anak kuliahan umumnya mudah bosan dengan rutinitas sehari-hari sebagai mahasiswa. Oleh karenanya, saat ini sudah banyak sekali mahasiswa yang meluangkan waktunya untuk mulai belajar bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Selain untuk menambah rutinitas, mereka juga bisa belajar hidup mandiri dengan menghasilkan uang tambahan dari jerih payah mereka sendiri.

ide bisnis paling cocok untuk anak kuliahan

Jika kamu tertarik untuk berbisnis sambil kuliah, maka idenya bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu berdasarkan hobi, bakat, dan minatmu. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi harus meminta uang jajan kepada orang tua, terlebih lagi kamu bisa membantu meringankan beban keuangan orang tuamu untuk kebutuhan sehari-hari sebagai anak kuliahan seperti biaya makan, biaya buku pelajaran, atau bahkan uang sewa tempat tinggal jika kamu menjadi anak kost.

 

Desain Grafis

Bagi kamu yang hobi desain grafis, tidak ada salahnya untuk mulai menjajaki hobi dan bakatmu lalu mengembangkannya sebagai ide bisnis. Pertama-tama, kamu bisa membuat sebuah website yang bisa dijadikan tempat untuk menaruh portofoliomu. Kamu bisa menggunakan website-website gratisan terlebih dahulu seperti Wordpress dan Blogger. Namun, jika kamu kesulitan menggunakan website gratis tersebut, kamu bisa menggunakan Wix.com, yang dianggap lebih mudah digunakan untuk pemula.

Kemampuan dasar yang perlu kamu miliki adalah penggunaan software Photoshop. Kamu juga bisa memanfaatkan tutorial gratis melalui internet. Hal ini berguna untuk semakin menambah kemampuanmu saat memberikan jasa desain kepada teman-temanmu ataupun orang lain. Modal yang kamu butuhkan cukup laptop dan internet saja.

 

Bisnis Penerjemah

Saat ini, memiliki kemampuan berbahasa asing memang sangat dibutuhkan untuk menunjang karirmu saat di dunia kerja nanti. Minimal kamu bisa menguasai dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Oleh karenanya, jika kamu merupakan mahasiswa dari jurusan bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Prancis, dan lain sebagainya, jangan sia-siakan kemampuan berbahasa asingmu tersebut.

Dalam hal ini, kamu bisa menawarkan jasa sebagai penerjemah ke beberapa rumah produksi atau penerbit majalah, artikel, dll. Untuk agensi saja, jasa penerjemah bisa mendapatkan bayaran Rp300 per kata untuk konten berbahasa Inggris.

 

Penulis Lepas

Suka menulis hal-hal yang menarik di sosial media dan blog milik pribadi? Mengapa kamu tidak menjadi seorang penulis lepas saja? Dengan menjadi seorang penulis lepas, kamu bisa dibayar hingga Rp200 ribu per artikel. Lumayan, bukan? Agar bisnismu optimal, topik yang kamu tulis bisa disesuaikan dengan bidang keahlian atau minatmu. Dengan demikian, kamu tidak hanya menjadi penulis lepas secara umum, tapi juga menjadi penulis lepas dengan keahlian expert di bidang tertentu. Tentunya, pendapatan yang bisa kamu hasilkan akan jauh lebih besar sebagai penulis expert ketimbang penulis lepas biasa.

bisnis penerjemah(Baca juga: Cara Cerdas Mengelola Gaji Ala Freelancer)

 

Bimbingan Belajar

Apakah kamu memiliki nilai akademik yang baik saat kuliah? Jika iya, kamu bisa memikirkan peluang bisnis untuk membuka jasa bimbingan belajar untuk anak-anak SD, SMP, ataupun SMA. Kamu bisa membuka bisnis ini di rumah atau datang langsung ke rumah anak-anak yang kamu bimbing. Bukan hanya dalam hal akademik, bimbingan belajar juga bisa mencakup hal-hal non akademik seperti les musik dan tari. Kamu bisa mmengenakan biaya sebesar Rp500 ribu per bulan hanya untuk 4 pertemuan saja. Jika bisnis bimbingan belajarmu sukses, tak menutup kemungkinan kamu bisa merekrut teman-teman yang lain untuk menjadi pengajar dan memperluas pangsa pasar di kalangan anak-anak sekolah.

 

Jasa Ketik

Jika kamu pernah menggunakan jasa print di sebuah warnet atau toko buku, pasti kamu pernah melihat bahwa mereka juga menawarkan jasa pengetikkan untuk berbagai keperluan seperti naskah, data entri, dll. Hanya bermodalkan komputer atau laptop, mereka sudah mendapatkan keuntungan dari bisnis sederhana ini. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengenakan tarif dari jasa pengetikanmu sebesar Rp4,000-Rp5,500 per lembar.

jasa ketik

 

Bagaimana jadinya jika bisnismu sukses di luar dugaan dan masih berkembang hingga kamu selesai kuliah? Apakah sebaiknya melanjutkan bisnis tersebut atau mencari pekerjaan saja yang sesuai dengan jurusan kuliahmu? Sebagai pertimbangan, kamu bisa membaca artikel "Anak Milenial: Pilih Kerja Atau Usaha?"