Bagi kamu yang sudah lulus kuliah dan memilih ingin menjadi seorang pebisnis sukses, pertama-tama kamu perlu menyiapkan terlebih dahulu ide bisnis apa yang ingin kamu geluti. Namun, kadang kala yang menjadi persoalan ketika kamu ingin membuka usaha sendiri adalah besaran modal. Oleh sebab itu, kamu perlu berpikir secara kreatif terkait barang-barang apa saja yang bisa kamu manfaatkan agar bisa menghasilkan uang dengan modal secukupnya.

Jika kamu harus menyewa kios atau tempat untuk berdagang, maka biaya pengeluaranmu saat ingin membuka usaha sendiri tentu semakin tak terjangkau. Padahal, sebagai fresh graduate kamu belum memiliki terlalu banyak biaya untuk menjalankan bisnis baru. Nah, apa sajakah ide bisnis terjangkau yang bisa dimanfaatkan jika kamu masih fresh graduate?

ide bisnis sampingan untuk fresh graduate

 

Berjualan Produk-Produk Online

Jika kamu harus dipusingkan dengan biaya sewa kios atau toko saat ingin berjualan secara offline, berbeda halnya kalau kamu berjualan secara online. Kamu tidak perlu memusingkan tempat, gudang, dan lain sebagainya, karena semua transaksi bisa dilakukan secara online. Lebih hebatnya lagi, kamu tidak perlu harus memiliki produk-produk yang ingin dijual secara fisik, sebab, kamu bisa menjadi dropshipper atau perantara antara penjual dan pembeli. Di sini, kamu hanya bertindak sebagai penerus pesanan dari pihak pembeli ke penjual, lalu meminta penjual agar mengirimkan barang yang telah dibeli ke alamat rumah si pembeli. Keuntungan dari bisnis berjualan secara online sebagai dropshipper bisa mencapai 10% dari transaksi yang berhasil dilakukan.

 

Jasa Penulisan Konten

Saat ini, banyak sekali para fresh graduate yang memiliki bisnis sampingan sebagai penulis lepas. Sebab, membuka jasa penulisan konten sangat mudah sekali untuk dijalankan. Kamu hanya butuh modal kreativitas, internet, dan laptop untuk menjalankan bisnis sampingan ini. Untuk mendapatkan pesanan dari pelanggan terkait keperluan penulisan konten, kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai wadah mempromosikan layananmu kepada pelanggan. Namun ingat, mekanisme pembayaran gaji penulis lepas dengan profesi full time lainnya tidaklah sama. Karenanya, kamu perlu bijak mengatur gaji jika memutuskan untuk menjadi penulis konten freelancer.

 

Kerajinan Tangan

Apakah kamu adalah orang yang suka mengubah suatu barang tidak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai jual? Jika ya, kamu bisa membuka usaha kerajinan tangan untuk berbagai macam kebutuhan seperti desain lampion, tas perempuan, dompet, dan lain sebagainya. Ide ini bisa kamu jadikan sebagai bisnis sampingan di rumah. Jika produk-produk kerajinan tanganmu laris manis di pasaran, tidak menutup kemungkinan para kolektor kerajinan tangan dari penjuru dunia akan mencari produk buatanmu tersebut.

Agar karya senimu bisa dilihat dan dibeli oleh banyak orang, kamu bisa memasarkan produk kerajinan tangan buatanmu di e-commerce yang memang khusus menjual barang-barang kerajinan tangan.

 

Menjadi Guru Les

Ide bisnis sampingan untuk menjadi guru les bisa kamu lakukan jika memang benar-benar menguasai suatu disiplin ilmu. Sebut saja kamu pandai mengajar ilmu sains, maka kamu bisa membuka kelas privat untuk pelajaran-pelajaran sains yang banyak dibutuhkan oleh anak-anak sekolah dari jenjang SD hingga SMA. Jika bisa berkembang, bisnismu ini berpotensi menjaring pengajar-pengajar lain sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak siswa sebagai pelanggan. Kamu bisa merekrut tenaga pengajar profesional atau bahkan mereka yang ingin mendapatkan penghasilan sambil kuliah.

 

Membuka Jasa Titip

Maraknya produk-produk impor dengan harga yang miring membuat bisnis jasa titip saat ini semakin populer, khususnya bagi generasi milenial. Kamu bisa memulai ide bisnis sampingan ini dengan mudah, di mana kamu bisa menentukan sendiri produk-produk untuk jasa titip dari Korea, Jepang, atau Tiongkok.

membuka jasa titip

Dalam mekanisme atau model bisnis jasa titip ini, kamu hanya perlu membelikan barang yang dipesan oleh pembeli, kemudian mengirimkannya kembali ke pembeli tersebut dengan tambahan ongkos kirim dan jasa pembelian barang. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis jasa titip ini juga relatif kecil. Untuk mendapatkan banyak pesanan, kamu perlu selalu update dengan perkembangan produk baru dari negara asalnya, lalu memasarkan produk-produk terkait melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram.

 

Opsi setelah fresh graduate tidak hanya terbatas pada bekerja atau membuka bisnis. Jika kamu masih bersemangat melanjutkan pendidikan, maka tak ada salahnya untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi dengan mengambil S2. Namun sebelum itu, kamu perlu tahu apa saja strategi yang harus dipersiapkan sebelum mengambil pendidikan S2.