Indodax Hentikan Transaksi Token FTX, Pintu Delisting FTT

Crypholic 17 Nov 2022
Dibaca Normal 2 Menit
kripto > berita >   #delisting   #ftx   #indodax   #pintu   #token   #transaksi
Buntut kekacauan FTX, exchange Indonesia tak ingin ambil risiko. Indodax menghentikan total transaksi token-token terkait FTX, sementara Pintu mengeluarkan FTT dari platformnya.

Jagat kripto global baru-baru ini dihebohkan oleh kabar kebangkrutan FTX yang merupakan salah satu  exchange kripto papan atas dari Amerika Serikat. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh FTX Group Companion melalui akun Twitter officialnya, @FTX_Official. Hal ini sontak mengejutkan banyak pihak mulai dari trader, influencer, hingga pelaku industri kripto dari seluruh dunia. Indodax dan Pintu adalah 2 exchange terkemuka di Indonesia yang langsung merespon kabar ini dengan sejumlah pengumuman resmi.

Indodax dan Pintu tanggapi kebangkrutan FTX

 

Indodax Stop Semua Perdagangan Token FTX

Sebagai exchange yang mampu menyediakan beragam jenis token di marketplace-nya, Indodax memiliki beberapa token sekaligus yang berkaitan dengan exchange FTX. Untuk itu, exchange ini mengumumkan telah menghentikan total semua aktivitas perdagangan FTT (token native FTX) dan token terbitan FTX lainnya.

Dilansir dari laman resmi Indodax, token yang dihentikan perdagangannya pada market IDR Indodax meliputi FTT, BNBHEDGE, ETHHEDGE, HEDGE, XRPHEDGE, BEAR, BULL, BNBBULL, dan ETHBULL. Meskipun demikian, pengguna Indodax tetap bisa melakukan withdraw atas token-token bersangkutan. Pihak exchange membuka layanan klien di 021- 5065 8888 dan email support@INDODAX.com untuk memandu para pengguna yang memerlukan instruksi lebih lanjut mengenai transaksi token-token FTX.

Baca juga: Review Exchange Kripto Indodax

 

Pintu Keluarkan FTT dari Daftar Token

Selain mengumumkan bangkrut, FTX juga mengalami peretasan yang berujung pada kerugian hingga beberapa juta token FTT. Sebagai bentuk antisipasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna, Pintu pun mengumumkan delisting token FTT.

Sebagai langkah awal sebelum melakukan delisting, tim Pintu telah menutup fitur perdagangan (trading) token FTT dari aplikasi Pintu pada hari Senin, 14 November 2022, pukul 17:00 WIB. Akibatnya, pengguna sudah tidak dapat melakukan transaksi jual-beli token FTT pada berbagai platform Pintu, baik melalui aplikasi mobile ataupun melalui website.

Bertepatan dengan penutupan fitur trading, exchange Pintu juga akan menutup deposit terhadap token FTT. Bagi pengguna yang belum sempat menjual semua token FTT setelah delisting dilakukan, maka masih bisa melakukan pengiriman token FTT keluar dari Pintu. Pihak Pintu dapat melakukan penutupan fitur trading secara lebih cepat apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan terkait FTX dan token FTT. Langkah preventif ini dilakukan untuk memastikan pengguna Pintu benar-benar aman dan terhindar dari dampak dari kebangkrutan FTX.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Wisnu Nugroho |  15 Feb 2022

Menurut mimin, gimana prospek token ASIX milik selebritis Anang Hermansyah? Apakah bagus karena dibacking oleh orang terkenal?

Lihat Reply [4]

Pernahkah kamu dengar soal "goreng-menggoreng saham"? Tahukah siapa yang menggoreng saham? Orang terkenal, influencer medsos, mereka yang mengaku "pakar" saham, bahkan artis yang disewa emiten untuk meng-endorse saham perusahaan tertentu.

Saham yang digoreng itu akan mengalami kenaikan nilai dalam waktu singkat. Namun, jika fundamentalnya jelek, maka nilainya akan segera jatuh lagi.

Demikian pula prospek token yang digawangi oleh para artis. Backing orang terkenal saja tidak cukup untuk meningkatkan nilai token di masa depan. Hal-hal yang dapat menguatkan nilainya secara sungguh-sungguh itu hanyalah faktor-faktor seperti manfaat token, jangkauan penggunaannya, jumlah penggunanya, legalitas perijinannya, dll.

Aisha   15 Feb 2022

Kalau menurut kakak, gimana prospek token Asix ini?

Wisnu Nugroho   16 Feb 2022

Sekarang sih prospeknya masih jelek ya. Pangsa pasar utamanya di Indonesia, tapi izin dari Bappebti saja belum punya. Ini poin yang sangat krusial. Meski konon katanya perizinan sedang diproses, tetapi ASIX belum tentu benar-benar bisa memperoleh izin itu kelak. Fungsi token ASIX juga belum jelas.

Kalau sudah dapat izin dan jelas fungsinya, barulah kita bisa mulai menakar prospek ASIX. Tapi untuk saat ini, tidak recommended.

Aisha   17 Feb 2022

Kalau saya bakal memilih token yang udah pasti-pasti aja. Menurut saya ga bijak sih memilih token yang masih ga jelas apalagi dikeluarkan oleh artis. Kalau menurut saya sendiri, koin artis ini memang lebih mudah diakses dan mungkin sedikit murah dari token yang sudah ada tapi kadang harganya ngikutin keadaan artisnya. Contohnya leslar koin, karena ada isu KDRT dari pasangan artis membuat harganya anjlok, dan menurutkan it's ridiculous banget masa iya ya investasi bisa anjlok karena KDRT.

Lydia   12 Nov 2022
 Ameerah |  12 May 2022

Apa yang terjadi dengan Tokocrypto? Kenapa transaksi $UST sempat dibatasi?

Lihat Reply [15]

Halo bu,

Per tanggal 15 Mei lalu, banyak exchanger yang melakukan delisting pada Luna. Tidak hanya Tokocrypto, Indodax, Pintu, dan exchanger-exchanger lainnya juga melakukan aksi yang sama.

Penyebabnya adalah pergerakan $UST (LUNA) yang sangat ekstrim, merosot hingga 90% dalam waktu 24 jam.

Sebagai catatan, Tokocrypto merupakan exchanger yang teregulasi oleh pemerintah Indonesia. Anda bisa menyimak review Tokocrypto di sini

Ananta   18 May 2022

Kira2 kalau koin di delisting gini ada kemungkinan bakal muncul lagi gak ya? soalnya kan kalo denger berita kayaknya si Luna ini harganya mulai naik lagi.

Ane ada nyangkut dikit, 100,000 doank sih... (awalnya 1 jt, hhuu). Haruskah ane ikhlasin? 

Surya   20 May 2022

apa yang menjadi penyebab harga LUNA bisa turun drastis dalam waktu yang singkat?

Dwi Pandu   23 May 2022

apakah perkiraan harga LUNA bisa merangkak naik lagi?

Ahmad Rafuan   23 May 2022

kripto apa yang sampai dengan saat ini harganya stabil atau naik?

Fikrii Irkiff   23 May 2022

Kripto termasuk aset beresiko tinggi dengan volatilitas yang sangat besar. Jika mencari yang harganya naik terus, sepertinya mustahil karena pergerakannya mengikuti demand pasar dan sentimen investor. Sebelum membeli sebuah mata uang kripto, lakukan riset pasar dulu. Semakin besar kapitalisasinya, cenderung semakin prospek krn diminati pasar.

Sejauh ini, 3 kripto dengan kapitalisasi pasar tertinggi adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Tether (USDT).

Ananta   23 May 2022

Bagaimana update dari TokoCrypto terbaru? Apakah pengguna bisa trading LUNA seperti biasanya lagi?

Rozak   25 May 2022

Jika dilihat dari data yang beredar, saat ini $LUNA sudah di delisting dari banyak exchanger dan sudah tidak bisa ditransaksikan. 

Ananta   25 May 2022

hal ini terjadi karena kesalahan developer yang memasang harga $1 USD LUNA sama dengan 1USDT. Untuk memenuhi demand, mereka terus melakukan minting pada koinnya. Akibatnya, banyak pelaku arbitrase yang masuk pasar dan pegging koinnya jadi ambrol.

Sesuai dengan hukum supply dan demand, terlalu banyak supply membuat harga jadi turun. 

Ananta   25 May 2022

Hingga saat ini (25 Mei 2022) belum ada update mengenai trading $LUNA di TokoCrypto maupun exchanger manapun.

Meskipun begitu, founder Binance (partner utama TokoCrypto) menyatakan bahwa aset yang ada dalam wallet investor akan tetap aman.  

Sebaiknya Anda juga follow akun media sosial exchanger-exchanger terkait agar mendapatkan informasi terbaru.  

Ananta   25 May 2022

sulit sih ini bos, temen-temen ane juga banyak yg ngalami kayak gitu juga. Jadi ya dibiarin aja deh siapa tau bisa ditransaksikan lagi. Tapi denger2 ada Luna 0.2, dan hodler Luna bakal kebagian airdropnya. Coba dicek-cek aja infonya. 

Dennish   6 Jun 2022

Koin apa yang bisa cuan untuk diinvest di tokcrypto? Minta rekomendz donkkss gan. Trimzz. newsbie.

Antok Tok   12 Jul 2022

Untuk bisa cuan saat investasi kripto, faktor terpenting adalah mempelajari pasar. Tidak ada koin yang bisa terus menerus harganya naik, tapi Anda bisa mencari koin-koin yang kapitalisasinya besar dan prospek untuk dihold jangka panjang.

Tokocrypto menyediakan koin-koin kripto yang sudah cukup terkenal seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Cardano (ADA), serta Ripple (XRP), berinvestasi di koin-koin yang sudah cukup lama muncul ini bisa dipertimbangkan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba investasi pada koin buatan Tokocrypto yaitu TKO melalui fitur Staking. Simak cara stakingnya di sini

Ananta   14 Jul 2022

Apakah UST sekarang menjadi USTC? Dan mengapa harganya masih anjlok?

Sherly Nauli   20 Oct 2022

@Sherly Nauli:

Betul, untuk UST berada di listing dengan Tick "USTC" pasca keruntuhan LUNA pertengahan tahun lalu. Mengenai alasan mengapa harga terus masih anjlok, ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Namun penurunan lebih lanjut ini diperkirakan terjadi karena faktor ekonomi US yang sedang menguat pasca kenaikan Interest Rate oleh The FED. Selain itu, jika diperhatikan lebih dalam harga USTC saat ini telah mengalami kenaikan yang cukup berarti pada nilainya jika dibandingkan pada saat Crash pertengahan tahun lalu.

ustc

Nur Salim   23 Oct 2022
 Ryan |  2 Jul 2022

Kalau menurut kalian, antara Indodax dan TokoCrypto mana exchange terbaik untuk trader pemula. Saya mau daftar tapi bingung pilih mana. Minta rekomendasi ya teman-teman. 

Lihat Reply [12]

Exchanger kripto sekarang makin kompetitif ya...

Bahkan pemain lama mungkin harus putar otak agar tetap relavan dalam persaingan.
Saya kenal Crypto pertama kali di Indodax. Tapi jika ada company menawarkan lebih (secara pelayanan, biaya-biaya, dll) tentu saya mau pindah

Tapi...

TokoCrypto sekrang ini kaya Indodax jaman jadul. Verifikasi lama saat bullish market. Bisa dimaklumi karena TokoCrypto masih baru dan masalah verifikasi ini butuh banyak tenaga kerja.

Untuk saat ini , saya lebih memilih Indodax sebagai metode deposit dan kirim crypto ke exchange lain.

Sutresno   3 Jul 2022

Karena aku udah jadi member indodax lebih dari 4 tahun, jadi aku milihnya indodax aja...haha..

Kelvin Anggara   4 Jul 2022

Indodax lebih sederhana, sepertinya memang didesain untuk lokal, sedangkan TokoCrypto lebih ribet sekaligus lengkap...hehe

Terlebih lagi, di TokoCrypto jika ingin melakukan transaksi ada pair nya masing-masing, misalnya mau beli suatu koin tidak semuanya bisa di beli dgn IDR.

Terus saat melakukan transaksi di TokoCrypto selalu ada sisa coin, ini cukup menguras saldo jika sering membeli banyak coin. Thanks

Dion   7 Jul 2022

@Ryan:

Secara legalitas, keduanya sama-sama sudah masuk dalam daftar Platform kripto legal di Indonesia kok pak. Jadi untuk masalah keamanan, bisa dipastikan keduanya terjaga. Setahu saya keduanya juga saat ini menjadi platform dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Saya pribadi juga aktif menggunakan keduanya. Namun kalau untuk pemula saya sarankan mungkin bisa coba ke Tokocrypto terlebih dahulu saja. Selain Interface-nya yang ramah untuk pemula, biaya transaksi, komisi, dll sedikit lebih murah jika dibanding Indodax. Untuk info lebih lanjut, mungkin bisa dibaca pada artikel kami berikut:

Nur Salim   14 Jul 2022

Apakah di Indodax menyediakan fitur staking koin kayak di TokoCrypto?

Zunisa   18 Jul 2022

Apakah BIDR di Tokocrypto sama dengan stablecoin USDT?

Kharisma   19 Jul 2022

BIDR adalah Stablecoin Binance Chain (BEP-2) yang dipatok ke Rupiah Indonesia (IDR).

Nilai dari 1 BIDR setara dengan 1 IDR. Pengguna yang deposit rupiah ke Tokocrypto, akan langsung menerima BIDR. 1 BIDR nilainya sekitar 15,000 rupiah, mengikuti kurs USD/IDR.

Jadi, BIDR berbeda dengan USDT walau sama-sama stablecoin. Karena acuan BIDR adalah rupiah sementara USDT memakai Dolar AS. Nilai 1 BIDR = 0.00006671 USDT

Pelajari di sini: Mengenal Stablecoin dan Perannya di Pasar Kripto

Ananta   20 Jul 2022

@Zunisa:

Setahu saya untuk saat ini belum bisa pak. Stacking saat ini setahu saya masih terbatas pada layanan Exchange yang berbasis di luar negeri. Memang ada beberapa Exchange lokal yang katanya bisa digunakan untuk "Staking", hanya saja koin yang dapat digunakan juga terbatas.

Nur Salim   21 Jul 2022

Kalo dari segi promosi, lebih menarik yang mana ya antara tokocrypto sama indodax? Maklum HODLer receh gini cari peluang cuan tambahan, hehe

Azka   2 Aug 2022

@Azka:

Mengenai ini sendiri sejujurnya saya kurang mengerti. Seharusnya banyak promosi yang berlangsung dari keduanya terutama untuk membidik user-user baru ataupun user lama untuk bertransaksi pada kedua Platform. Kabar terakhir yang saya tahu sendiri, keduanya sempat menghilangkan Fee transaksi untuk beberapa koin. Namun, kalau saya lihat secara sekilas di Feed Instragram maupun Blog Post keduanya, Indodax menurut saya tergolong lebih aktif dalam menyuarakan promo-promo yang sedang ada di Feed.

Promo seperti Cashback saat deposit, kuis-kuis kecil berhadiah, hingga Review aplikasi berhadiah secara berkala di posting di Feed mereka. Di TokoCrypto sendiri isinya lebih banyak perihal edukasi dan info market saat ini. Informasi terakhir yang saya dapat ya hanya pembebasan Fee saat transaksi BTC.

Namun perlu diingat, ini hanya pendapat saya yang dinilai dari Feed Instagram serta Blog Post yang bersangkutan mengingat saya tidak terlalu Update tentang promo. Untuk informasi lebih lanjut sendiri mungkin bapak bisa langsung menanyakan CS yang bersangkutan.

Nur Salim   3 Aug 2022

Kalau bicara soal tools, antara indodax sm tokocrypto lebih lengkap yang mana ya? Terus juga apakah ada event kumpul2 sesama trader dan program afiliasi? Kebetulan saya punya banyak temen yang suka nyobain invest2 aset baru gini

William   30 Oct 2022

Dari segi Tools, Tokocrypto lebih canggih daripada Indodax.

Dari segi member/trader, Indodax jauh lebih maju daripada Tokocrypto. Sebuah laporan pada akhir tahun 2021 menyebutkan jumlah member Indodax sekitar 5 juta, sedangkan Tokocrypto cuma 2 jutaan.

Dari segi event, keduanya sebenarnya sama-sama sering mengadakan. Hanya saja, Tokocrypto masih dalam fase yang lebih agresif, sedangkan Indodax sudah lebih kalem.

Dari segi program afiliasi, Tokocrypto dan Indodax juga sama-sama punya. Untuk membandingkan reward-nya, silakan kunjungi situs masing-masing yang memberikan info lebih aktual.

Informasi lain tentang perbandingan Indodax dan Tokocrypto dapat disimak pada artikel berikut ini.

Aisha   25 Nov 2022
 

Kirim Komentar Baru