PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 3 jam lalu, #Saham Indonesia

Inflasi

Inflasi Tumbuh Mengagumkan, Dolar Berjaya
Hana Raisa     10 Apr 2024
Indeks Harga Konsumen (CPI) AS ternyata lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya. Dolar pun menguat dan prospek Fed rate cut mundur lebih jauh.
Dolar Sideways Setelah NFP Tumbuh Mengesankan
Hana Raisa     9 Apr 2024
Pasar memilih wait and see jelang rilis data inflasi CPI yang dapat menjadi acuan untuk memproyeksikan waktu Fed rate cut.
Greenback Stabil Meski Data PCE Melambat
Hana Raisa     1 Apr 2024
Data PCE AS terbaru mendukung ekspektasi Fed rate cut pada Juni. Dolar cenderung mendatar karena tipisnya likuiditas saat Paskah serta wait and see jelang rilis NFP minggu ini.
Kamus

Kamus Trading

Inflasi

Suatu kondisi yang menggambarkan kenaikan harga barang dan jasa secara terus menerus dalam suatu periode tertentu di suatu wilayah. Lawan kata Inflasi adalah Deflasi.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #inflasi

Herry   9 Feb 2012

Sebenarnya berapa persen kah inflasi yang diinginkan suatu negara setiap tahunnya? Apakah hanya dengan menaikkan suku bunga, inflasi bisa terkendali? Apakah tidak ada cara lain? mohon penjelasannya, thanks.

nafa okta   1 Mar 2018

Apakah efektifitas kebijakan moneter terhadap pengendalian inflasi di indonesia?

Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #inflasi

  Dimas   |   5 Feb 2015   |   Artikel
aku mau tanya tindakan pemerintah yang sangat tegas dalam rangka menghadapi inflasi ....???

  Marta   |   30 Jun 2022   |   Artikel

Kenapa inflasi dan buruknya data ekonomi Amerika malah bikin dollar menguat? Kenapa investor masih lebih memilih dolar daripada investasi lainnya? Bingung gue

  Aisha   |   3 Jul 2022

Dolar AS terkenal sebagai mata uang "safe haven". Itu artinya, investor cenderung memilih untuk menyimpan uang dalam bentuk dolar AS ketika terjadi gejolak keuangan atau krisis ekonomi. Dan ini berlaku baik saat negara lain yang mengalami krisis, maupun AS sendiri yang mengalami krisis.

Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa seburuk-buruknya kondisi AS sekarang, masih banyak negara lain yang bernasib lebih buruk. Alhasil, orang-orang dari negara-negara lain itu memilih untuk menyimpan uang mereka dalam dolar AS daripada mata uangnya sendiri.

Kenapa bukan dibelikan aset investasi lain? Masalahnya, dalam kondisi menjelang krisis, "cash is king" (uang tunai adalah raja). Pertanyaannya, uang tunai apa yang paling aman? Pilihannya jelas, dolar AS sebagai mata uang cadangan devisa global, diterima di negara mana pun.

Inilah beberapa alasan mengapa dolar AS menguat meskipun kondisi ekonomi Amerika sendiri gonjang-ganjing.

  Rioyanto   |   27 Oct 2022   |   Artikel

Untuk tahun 2022 ini bukan hanya btc tetapi crypto yang lain juga bakalan crash sih. Wajar-wajar saja karena hal ini berkelanjutan dari tahun tahun sebelumnya karena ketidakpastian ekonomi dunia. Udah kena covid-19, setelah mereda, malah terjadi perang yang memicu inflasi dan krisis energi.

Pastinya investor juga takut bahwa aset mereka akan susah diambil. Alih alih uang mereka simpan di aset, mending mereka simpan sebagai uang cash. Bila sewaktu-waktu terjadi kriris ekonomi, mereka masih ada uang.

Menurut gw, apabila sampai terjadi krisis, kurasa crypto akan berpengaruh dan mungkin sampai terjadi crash yang benar-benar membuat nilai crypto jadi turun banget. Gw yakin kalau daerah perang biasanya koneksi internet dll bakal terputus, bisa ga transaksi dengan btc? Dan ujung2nya safe haven yang akan punya nilai disaat itu. Nah cuma berandai-andai aja. Bila krisis ini lewat pastinya btc dan crypto lain bakal rebound sihh because history will repeat itself .

  Richard   |   5 Dec 2022

Kalau menurut saya sendiri kurang yakin crypto akan rebound kembali. Udah terjadi berkali-kali hal seperti ini terjadi dan kepercayaan investor pasti berkurang drastis. Apa lagi bila dirasakan beralih ke aset lain ternyata lebih tidak beresiko dengan return yang sebanding, bisa aja crypto bakal ditinggalin.

Menurut saya sendiri cryptocurrency terlalu banyak spekulan sehingga harga juga sangat berfluktuasi. Selain spekulan, investor disana rata-rata juga membeli crypto dikarenakan ikut-ikutan dan ujung-ujung terjadi FOMO. Hal hal seperti yang artikel tulis diatas saja udah bahas crypto winter dan crypto crash yang tidak biasa

  Binda   |   16 Jan 2023   |   Artikel

Kalau dari tulisan Kak Anna di atas dikatakan kalau rupiah adalah salah satu mata uang terlemah di dunia. Tapi, sebenarnya rupiah nggak buruk-buruk amat, lho.

Ada mata uang yang lebih rendah jika dibandingkan dengan rupiahnya Indonesia.

Contohnya kayak Vietnam, Dong. Waktu aku ke Vietnam, aku berasa dari turis paling kaya. Ke mana-mana gampang, beli apa-apa nggak kerasa mahalnya. Memang sih nggak terlalu tinggi nilai pertukarannya. Ibaratnya kalau kita bawa 10ribu, bisa dapet 15ribu dong. Tapi ya lumayan jugalah, ada rasa bangganya dikit kalau nilai mata uang kita lebih tinggi dibandingkan sama Vietnam hihihi

Terus katanya kalau nggak salah, mata uang Laos, Kip juga lebih rendah sedikit siih dibandingkan sama Indonesia, kayaknya 1 rupiah itu bisa 1,12 kip yaa? Emang nggak terlalu jauh beda juga sih. Mungkin karena sama-sama negara berkembang ya, yang saling berjuang demi memajukan perkembangan ekonomi dunia.

Sebenarnya kalau dipikir-pikir, penyebab mata uang kita lemah itu karena kita terlalu bergantung kepada kebijakan negara asing ya. Investasi banyak negara asing yang menanamkan modalnya. Terus kita juga masih banyak impor produk-produk luar negeri.

Coba aja Indonesia fokus mengembangkan produk-produk dalam negeri agar menjadi tuan rumah di negara sendiri. Pasti inflasi nggak akan parah sih dan perlahan-lahan pasti mata uang rupiah semakin menguat.

  Erik   |   6 Mar 2023

Binda: Ga setuju sihh kalau dinilai dari nilai tukar. Bisa saya kasihkan contoh, Rp 1 itu sama dengan 0.0089 Yen lho. Jdi bisa dikatakan ga relevan kalau menilai dari nilai tukar antar negara yg berbedaa kecuali Dollar karena dollar secara ga langsung mempengaruhi semua mata uang di dunia karna emang merupakan mata uang dunia.

Dan dalam artikel ini memang ngebahas tentnag pelemahan nilai mata uang rupiah terhadap US Dollar dan bukan dari negara lain.

Sedangkan, permasalaan bila menggunakan produk sendiri itu terkadang bahan dasar dari produk tersebut ternyata import dari luar dimana dalam negeri sendiri belum mampu menghasilkan bahan dsar untuk produk tersebut. Contohnya saja kulit sintetis sepatu/sandal, rata rata sebagian besar itu import dari China untuk kulit sintetisnya sehingga bila terjadi inflasi disana, pasti akan pengaruh ke kita jga karena secara teknis mata uang yang dipakai ekspor import adalah US dollar.

Pandangan saya seperti itu yaa, krna buat lepas dari campur tangan asing di produk lokal itu sebetulnya agak susah krna SDA dalam mengelola bahan dasar itu masih kurang.

  Juanedi   |   8 Feb 2023   |   Artikel

Maaf, maksudnya USD menguat kok bisa menyebabkan beberapa mata uang turun dan beberapa mata uang naik? Untuk cara mengetauinya itu gimana? Soalnya begitu bnyk psngn mata uang yang perlu saya pljir dan hafal lho. Dan mengenai NFP sndiri, dikatakan NFP menguat, maka suku bunga acuan naik. Brrti scara teknis, klu NFP dimana pengangguran rendah brrti eknomi lagi baik kan, nah sdngkn hri ini yagn terjdi itu inflasi, dan cara THE FED ngatasin jga naikin suku bunga lho. Jdi NFP menguat itu sbnrnya baik atau ga?

Mngnai pertnyaan saya klu ga dtnggpi jga gpp hehehe maklum sya bukan anak ekonomi jdi rada-rada buntu soal kyk ginian...

  Kenny   |   8 Feb 2023

Juanedi: Bantu jelasin yaa gan, mengapa kalau USD menguat menyebabkan beberapa pasangan mata uang ada yang melemah dan ada yang menguat. Kalau ane bacanya kyk gini :

  • Untuk pasangan mata uang dengan USD dibelakang maka ketika USD Menguat maka chart akan menujukkan bearish. Ane kasih contoh, misalkan EUR/USD, karena EUR berada didepan, maka chart yang ditampilkan adalah chart gerakan Euro. Bila Euro menguat maka gerakan chart akan bearish begitu juga sebaliknya bila USD menguat (EUR melemah) maka chart akan bearish
  • Untuk pasangan mata uang USD didepan, bergerak sebaliknya. Nah misalkan USD/JPY, karena USD berada didepan maka chart menampikan gerakan dari USD. USD Menguat= bullish, USD lemah = bearish

Mengenai pengangguran rendah dengan inflasi sebenarnya ada kaitannya. sy jelasin dengan bahasa umum, klu bnyk yg kerja, otomatis bnyk orng dapat gaji atau profit, karena uang ada, pada belanja-blnja dan krna pada kuat belanja, yang dagang atau nyediain jasa naikin harga. Ya sederhannya gt, cma utk ngendallin agar ga trjdi inflasi berlebihan maka suku bunga acuan dinaikin biar ngerem kegiatan blnja mreka dan agar pd nyimpan uang di bank (suku bunga acuan tinggi, maka bunga bank jg tinggi).

NB: ini cm pandngn dri satu sisi saja..

  Ellios   |   16 Aug 2023   |   Artikel

Emas terkenal sebagai instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi dan cenderung stabil ketika tingkat ekonomi suatu negara memburuk. Oleh karena itu, emas cocok dijadikan investasi jangka panjang. Tapi, jika ingin memperoleh keuntungan dalam waktu singkat, kamu bisa mendapatkannya dengan cara trading emas.
Meskipun pasokannya terbatas, logam mulia terbukti menjadi aset yang masih digandrungi investor sebagai koleksi maupun untuk diperdagangkan.

Seperti yang telah diketahui, pasar emas menjadi salah satu pasar terbesar di dunia, bahkan jumlah transaksi per harinya bisa mencapai lebih dari US$ 3,2 triliun. Makanya saya cukup tertarik dengan dengan produk ini. namun akankah emas bagus untuk scalping?

Selain itu, Gold hampir selalu di-trade melawan Dolar, jadi harga emas sangat bergantung naik-turunnya Dolar. Kalau Dolar naik, otomatis emas anjlok. Sering-sering aja update kurs Dolar. Masa sih? Tapi saya pernah lihat chart di mana USD melemah, Gold juga ikutan melemah. Nah itu kira-kira kenapa bisa begitu?

  Sari P   |   17 Aug 2023

Pada dasarnya harga emas akan selalu bertolak belakang dengan dollar AS. Kenapa? Perhatikan simbol emas yaitu XAU/USD.

XAU adalah kode internasional untuk emas/gold.
USD adalah kode internasional untuk dollar AS.
Nilai tukar emas yang selama ini kita jadikan standar selalu dibandingkan dengan dollar AS.

Logikanya:
Kalau USD menguat, maka XAU/USD melemah.
Kalau USD melemah, maka XAU/USD menguat.

Tapi saya pernah lihat chart di mana USD melemah, Gold juga ikutan melemah. Nah itu kira-kira kenapa bisa begitu? Ini artinya ada faktor fundamental yang tidak sejalan sehingga USD dan XAU sama-sama melemah. USD melemah bisa karena dari faktor makro ekonomi sedangkan XAU melemah karena sentimen risiko global yang risk-on. Kalau dua-duanya melemah, bisa kita cek di indeks dollar AS. Jadi, sebagian besar USD akan berlawanan dengan harga emas namun ada waktu-waktu tertentu dimana emas dan USD sejalan.

Baca Juga: Mengupas Korelasi Harga Emas Dan Dolar AS

  Karinna   |   18 Aug 2023

Boleh ya, tambahin sedikit info nih... Sejarah harga emas memang agak bergelombang, tapi jika dilihat secara sederhana, harga emas sebenarnya cenderung tetap stabil selama berabad-abad. Menurut pandangan saya, jika Anda mahir dalam trading emas, scalping bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, jika Anda menguasai strategi ayunan, peluang keuntungan besar bisa Anda raih. Trading ini berada dalam tren bullish dari lingkaran hitam, dan jarang sekali mengalami pembalikan tren bearish, meskipun ada retracements yang masih bersifat bullish. Semoga informasi ini bermanfaat, teman-teman!

Baca Juga: Teknik Scalping Emas 5 Menit untuk Pemula

Inflasi AS Mengganas, Dolar Menguat
Hana Raisa     15 Mar 2024
Peningkatan indeks harga konsumen dan produsen AS mengisyaratkan adanya kemungkinan bagi The Fed untuk menunda rate cut. Prospek tersebut mengerek nilai tukar Dolar.
Inflasi Lampaui Ekspektasi, Dolar AS Bullish
Hana Raisa     12 Mar 2024
Indeks harga konsumen AS ternyata jauh lebih baik dari perkiraan. Kurs Dolar pun terdongkrak, tetapi proyeksi Fed rate cut masih bertahan di bulan Juni.
#bullish  #cpi  
Data PCE AS Minim Kejutan, Greenback Lesu
Hana Raisa     29 Feb 2024
Pasar berekspektasi data PCE AS akan memberikan hasil di luar perkiraan. Namun, data aktual ternyata sama persis dengan yang diprediksikan sebelumnya.
Volatilitas Meninggi, Dolar AS Fluktuatif
Hana Raisa     28 Feb 2024
DXY ambles sesaat setelah naik ke level tertinggi mingguan. Beberapa peristiwa telah memicu volatilitas pasar semakin tajam.
GBP/USD Bearish karena Inflasi Inggris Memerah
Hana Raisa     14 Feb 2024
Data inflasi CPI Inggris sangat mengecewakan sehingga memicu pelemahan nilai tukar Pound sterling. Pasar pun menunggu rilis data GDP Inggris untuk acuan selanjutnya.
Inflasi AS Di Luar Ekspektasi, Greenback Meninggi
Hana Raisa     13 Feb 2024
Data inflasi CPI AS ternyata lebih tinggi dari perkiraan konsensus. Ekspektasi pemotongan suku bunga The Fed pun mundur dan memicu kenaikan Dolar.
Dolar Sideways Jelang Rilis Data Inflasi AS
Hana Raisa     12 Feb 2024
DXY bergerak sideways menjelang rilis data inflasi CPI AS karena ekspektasi suku bunga berbagai bank sentral utama tidak jauh berbeda.
PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penurunan penjualan mobil selama periode Januari–Maret 2024, 3 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG dibuka rebound pada perdagangan hari ini, naik 0.35% ke level 7,156, 3 jam lalu, #Saham Indonesia

Pada Rabu (17/April), BEI melakukan pengumuman Unusual Market Activity (UMA) terhadap saham PT Barito Renewables Tbk (BREN), 3 jam lalu, #Saham Indonesia

Kapitalisasi pasar alias market cap PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) makin menggembung, sudah menembus Rp1,063 triliun, 3 jam lalu, #Saham Indonesia

Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 21 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 21 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 1 hari, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 1 hari, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 1 hari, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 1 hari, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 1 hari, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 1 hari, #Saham Indonesia


Simak Juga
Kirim Komentar Baru