Ingin Dapat Pinjaman Tanpa Takut Riba? Ini Caranya

Jujun Kurniawan 15 Sep 2020Dibaca Normal 5 Menit
bisnis>kredit>   #pinjaman   #riba   #cara
Ketika dana untuk bisnis terasa terbatas, mencari dana pinjaman adalah salah satu solusinya. Namun, bagaimana cara dapat pinjaman yang bebas riba? Simak caranya di sini.

Dalam menjalankan bisnis, kadangkala kita membutuhkan modal tambahan untuk menunjang bisnis tersebut. Namun untuk memilih pinjaman yang tepat kita harus memilah pinjaman mana yang paling menguntungkan dan minim resiko.

Telah banyak kasus terjerat hutang karena pinjaman bunga berbunga. Alih-alih meminjam modal ke pihak lain untuk menopang bisnis. tapi pinjaman tersebut malah menjadi awal dari kehancuran karena bisnis kita dibebani oleh bunga pinjaman yang mencekik arus kas.

So, apa solusinya? Emangnya ada pinjaman bebas bunga?

pinjaman bebas riba

(Baca Juga: Jenis Pembiayaan Syariah Dan Manfaatnya)

 

Ternyata, pinjaman bebas bunga itu memang ada. Kita dapat menjumpainya pada beberapa produk pinjaman yang berlabel "syariah". Pinjaman syariah dirancang khusus untuk nasabah yang tidak ingin membayar cicilan dengan tambahan bunga/transaksi riba.

Maka dari itu, beberapa pihak pemberi pinjaman seperti bank syariah biasanya menggunakan akad murrabahah dan ijarah, yaitu sistem bagi hasil.

Selain itu, kita sebagai calon nasabah, harus cermat untuk memilih pinjaman yang terpercaya dan sudah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan pinjaman, yuk simak beberapa tips memilih pinjaman tanpa riba berikut ini.

pinjaman syariah

(Baca Juga: 6 Akad Yang Perlu Diketahui Saat Investasi Syariah)

 

Tips Memilih Pinjaman Tanpa Riba

1. Memahami persyaratan untuk menjadi calon nasabah

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah persyaratan yang diberikan oleh lembaga pemberi pinjaman, persyaratan awal ini akan memudahkan kalian untuk mendapatkan pinjaman dan nominal pinjaman yang sesuai dengan yang kalian ajukan.

 

2. Menentukan nominal pinjaman

Setelah kalian memenuhi semua syarat yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman, kalian menentukan nominal pinjaman yang akan kalian ajukan. Kalian juga harus benar benar menghitung berapa banyak pinjaman yang kalian butuhkan untuk bisnis kalian ataupun keperluan lainnya dan juga durasi cicilan yang akan kalian ambil. Hal ini juga akan menentukan besaran cicilan yang akan kalian bayar nantinya.

 

3. Memahami konsekuensi dari pinjaman tersebut

Selain 2 tips diatas, kalian juga harus paham atas konsekuensi pinjaman tanpa bunga/tanpa riba. Karena ada beberapa produk pinjaman tanpa riba yang memilik konsekuensi yang harus kalian ketahui.

Misalnya, kalian harus menggadaikan kendaraan sebagai jaminan, sehingga kalian tidak bisa menjualnya sampai perihal pinjam meminjam tersebut lunas. Jangan sampai kalian baru paham dengan konsekunsinya setelah mengajukan pinjaman ya? Kalian juga harus memperhitungkan untung ruginya.

 

Ini dia Pilihan Pinjaman Tanpa/Bebas Bunga

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Syariah

Kredit Tanpa Agunan syariah, atau bisa disingkat menjadi KTA syariah merupakan produk perbankan dengan sistem syariah, atau tanpa riba. KTA syariah ini hampir mirip dengan produk pinjaman bank lainya.

Hanya saja KTA Syariah ini hanya dikeluarkan oleh bank syariah. Untuk sistem syariah, bunga diperhitungkan dengan menggunakan sistm bagi hasil, setelah terjadi keuntungan.

KTA syariah ini menawarkan plafon pinjaman beragam mulai dari 5 juta sampai dengan 100 juta rupiah, dengan jangka waktu pelunasan 4 tahun, tergantung dari kebijakan masing-masing bank syariah.

 

  1. Pegadaian Syariah

Pegadaian syariah menjadi salah satu opsi sumber pinjaman bagi kalian. Pegadaian syariah tidak jauh berbeda dengan pegadaian konvensional yaitu manggunakan barang. Namun, tentunya akad syariah berbeda dengan konvensional.

Sistem yang ditawarkan sedikit berbeda dengan pegadaian konvensional. Jika pegadaian konvensional mengambil keuntungan dengan adanya sistem bunga, maka pegadaian syariah tidak menggunakan sistem bunga, Melainkan berupa upah jasa untuk pemeliharaan barang jaminan.

Proses untuk mendapatkan pinjaman dari pegadaian syariah ini cukup mudah, kalian hanya perlu datang ke kantor pegadaian syariah terdekat, lalu mengajukan pinjaman dan memberikan barang yang kalian miliki sebagai jaminan.

 

  1. Produk Pinjaman Online Tanpa Riba

Seiring berkembangnya teknologi di zaman milenial ini tentunya pinjaman online menjadi salah satu produk pinjaman yang cukup banyak diminati. Produk produk pinjaman online ini banyak ditawarkan oleh Financial Technology (Fintech). Hal ini tentunya memudahkan para nasabah untuk mendapatkan fasilitas pinjaman uang secara online.

Produk Pinjaman Online Tanpa Riba

(Baca Juga: Daftar P2P Syariah Terbaik dan Terdaftar OJK) 

Salah satu pinjaman online syariah yaitu SyarQ. Ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk kalian yang ingin mengajukan pinjaman tanpa riba. Dapat dibilang produk ini hampir sama dengan solusi pembiyaan sejenis yang menggunakan sistem cicilan. Namun, SyarQ ini menjalankan prinsip-prinsip syariah, yang pasti tanpa riba.

 

  1. Kartu Kredit Syariah

Produk kartu kredit syariah ini sudah dikeluarkan sejak tahun 2006 lalu, memang keberadaannya tak seramai dengan kartu kredit konvensional pada umumnya.

Fasilitas kartu kredit syariah ini dapat menjadi salah satu sumber dana bagi kalian. Sama seperti kartu kredit bank konvensional pada umumnya, kartu kredit syariah ini menggunakan biaya tahunan, biaya keterlambatan, dan biaya administrasi.

Kartu kredit syariah menggunakan akad ijarah dengan menetapkan biaya iuaran keanggotaan sebagai imbalan karena sudah menggunakan fasilitas kartu kredit syariah.

Selain pinjaman, investasi dan bisnis syariah juga semakin banyak. Salah satunya adalah transaksi jual beli mata uang asing (forex) yang menerapkan Swap-Free agar bebas riba.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Dadank Batinggelaga ... |  11 Aug 2012

Master dari penjelasan berita Pair GBP?USD kemarin bahwa : Intraday 1.5680 – 1.5730 -1.5825 dan
Support Intraday 1.56 – 1.5580 Yang saya tanyakan kenapa RESISTEN 1.5625 at 38,2% tidak di jadikan resisten juga melainkan langsung menyebutkan ke 1.5680 at 23.6% dan merupakan titik tertinggi minggu saat itu. mhon penjelasannya master.thanks b4

Lihat Reply [2]

 Pic Man |  6 Nov 2014

Apakah yg dimaksud wave pada market & bagaimana cara mengenalix?

Lihat Reply [4]

 Mas Sinar |  1 May 2018
Selamat sore SF, saya baru belajar tentang trading pada daerah ranging dan breakout. Dan saya menemukan indikator bollinger bands dan donchian channel. masing-masing punya parameter sendiri. Saya ingin bertanya, mana yang lebih baik ya? menggunakan level high/low seperti donchian atau standar deviasi seperti bb? thx

Lihat Reply [7]

 Mutia |  27 Jul 2018
Kenapa harga kalau di buy slalu turun. Pas di sell malah naik. Gimana ya pak mengantisipasi false break out pada chart?

Lihat Reply [9]

 Miftahul Arrijal |  24 Jan 2022

Di grup ada yang menyebarkan informasi seperti ini:

Top Akumulasi Bandar :
BBHI, -3.3%
WOWS, 0%
ISAT, 0.4%
TRIN, 0.6%
UNTR, -0.4%

Top Distribusi Bandar :
PKPK, -4.2%
AMAR, -6.8%
MPPA, -6.9%
IPTV, -1.3%
BOSS, 4.3%

Apa itu akumulasi dan distribusi bandar? Kemudian bagaimana cara membaca data yang disajikan tersebut? Terima kasih

Lihat Reply [5]

 

Komentar @inbizia

Saya mau tanya? Saya memiliki kredit bank yg kurang lancar, tetapi alhamdulilah sudah selesai, 2 tahun lalu dan dinyatakan lunas oleh pihak bank dan saya baru ambil agunan, dokumen saya 2 bulan ini.  Yang ingin saya tanyakan, bagamana nama saya di BI checking? kira-kira masih bisa atau tidak saya melakukan pinjaman lagi ya?
 Muhamad Fadli |  20 Dec 2019
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Mohon maaf saya mau bertanya.. apakah ngaruh jika punya kredit kendaraan tapi telat membayar cicilan dan kita mengajukan pinjaman kur ke bank BRi? Apakah pihak bank akan menolak pinjaman kita?
 Tent |  23 Jan 2020
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Tidak berpengaruh kepada Anda, kecuali jika Anda ikut tanda tangan saat dahulu orang tua mengambil pinjaman yang gagal bayar itu.
 Admin |  21 Feb 2020
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Pengalamanku deposito 6M di Bank yg berbeda, terbagi 3tempat masing2 bank aku deposito 2M dgn ketentuan LPS, lumayan bunga ku dpt 21juta/bln. Hanya setahun berjalan aku baru paham kalau bunga deposito ternyata RIBA. Setelah aku mengerti bahwa RIBA uang depositoku ku tarik belikan tanah kosong seluas 32Hektar dipedesaan.
 Achmad Zaky |  8 Nov 2020
Halaman: Kalkulator Bunga Deposito
Selamat siang saya mau bertanya perihal kasus saya.
Saya mau mengajukan pinjaman tapi ditolak karna bi checking
katanya saya ada macet di danamon pada th 2019,padahal saya sendiri tidak pernah berhubungan langsung dengan danamon setelah dcek katanya saya ada tunggakan di adira quantum. Seumur hidup saya tidak pernah ambil adura quantum. Saya sudah jelaskan dengan pihak danamon, pihak danamon sendiri masih memproses dan prosesnya lama sekali
Kalo boleh tau langkah apa yang harus saya ambil?
 Rizky |  14 Apr 2021
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
Investasi saham langsung adalah Investasi yang dilakukan secara mandiri (investor mengelola dana dan membeli sesuai yang diinginkan)
Sedangkan investasi reksadana adalah investasi yang dikelola oleh perusahan aset manajemen dan investor tidak dapat leluasa memilih instrumen investasi saham
 Aidil Fitra |  8 Apr 2022
Halaman: Mengenal Jenis Jenis Reksadana
Komentar[3]    
  Sukawati   |   6 Apr 2022

sistem bagi hasil dinilai lebih adil dan transparan

  Tantri Dewi   |   6 Apr 2022

saldo tabungan di bank syariah lebih rendah

  Tombro   |   6 Apr 2022

produk syariah saat ini lebih banyak dicari oleh masyarakat

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip