Inside Bar

4 Cara Mengenali Pola Inside Bar Yang Menguntungkan
Fatma Adriana     15 Nov 2021
Pola Inside Bar yang menguntungkan tidak terbentuk di sembarang time frame. Selain itu, masih ada 3 cara lain untuk mengenali pola Inside Bar yang layak menjadi acuan trading Anda.
Cara Deteksi Sinyal Entry dengan Daily Inside Bar dan Trendline
Rida     10 Jun 2022
Pola candlestick Inside Bar sering menjadi pilihan populer karena mudah dikenali serta dikombinasikan dengan indikator pendukung. Strategi kali ini mengupas cara mencari sinyal entry Daily Inside Bar dan Trendline.
Cara Trading Kripto Harian Dengan Pola Double Inside Bar
Evan     9 May 2022
Dianggap sebagai pengembangan Pola Inside Bar, pola ini diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi untuk trading kripto harian. Seperti apa pola dan bagaimana penggunaanya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #inside #bar

Dewan   17 Jul 2013

Apa insideday candlestick bentuk candlenya harus besar dan apa bisa untuk time frame H4 dan H1?

basir   17 Jul 2013

Inside day adalah suatu pergerakan candle dimana high dan low hari ini tidak lebih besar daripada high dan low pada hari kemarin. Strategi ini paling bagus diterapkan pada daily time frame, namun ada juga trader yang menggunakannya pada hourly time frame.

Thanks

buyung   12 Mar 2015

Supaya lbh sesuai apa bs kl di tf h4 dn h1 nantiny yg dibandingkn adlh high low dr candle per 4 jam atau per 1 jam?

nantiny jadi candle inside hour??

basir   12 Mar 2015

Candle di H1, H4 menurut para pengguna candle, dianggap candle yang sangat akurat, namun perlu berhati-hati juga. Karena bentuk candle di tiap broker sangat berbeda. Hal ini disebabkan oleh time server broker.

Kami ambil 2 Broker yang berbeda. perhatikan jam servernya. Dengan TF dan Kurs mata Uang  dan harga yang sama .

Broker 1, sudah membentuk candle baru.
Broker 2, masih menunggu 1 jam kemudian untuk membentuk candle baru.

Kalau mengambil H4 berarti 1 Candel di H4 sebanding dengan 4 candle H1. Tentunya perlu banyak berlatih juga untuk memahami pola ini. Namun menurut kami perlu allternatif lain sebagai "serep" dengan memahami double top dan double bottom.

Thanks.

kiki r   5 Nov 2019

@Dewan: Trading dengan menggunakan inside day (inside bar Daily) memiliki akurasi yang lebih baik pada time frame H4 ke atas. Pola ini memiliki akurasi rendah jika digunakan pada time frame H1 ke bawah. Selain itu teknik ini cocok digunakan pada market trending dan kurang cocok pada market sideways. Jika kita ingin menggunakan pola inside day dalam trading, maka Anda perlu tahu bahwa inside day bisa bermakna penerusan atau pembalikan.

Jika candlestick inside day retrace lebih dari 50% dari candle besarnya, maka kemungkinan besar harga akan reversal. Sebaliknya, jika candlestick inside day retrace kurang dari 50% dari candle besarnya, maka kemungkinan harga akan berlanjut (market pause).

Terima Kasih

Bagaskara   23 Aug 2022

Setelah mother candle, namun kemudian diikuti oleh candle doji namun salah satu ekornya lebih panjang dibandingkan dengan mother candlenya. Apakah seperti itu termasuk inside bar valid?

Kiki R   24 Aug 2022

@Bagaskara: Tidak termasuk.

Inside = didalam

bar = candle

Inside bar artinya candle kedua berada "didalam candle" mother bar (candle pertama).

Jadi, ketika salah satu ekor kedua mempunyai panjang yang lebih daripada mother candle, maka secara otomatis tidak bisa dikatakan inside bar.

Reply > Lihat[6]
Revan   10 Feb 2018

Bagaimana cara mudah untuk mendeteksi pin bar dengan akurat?

m singgih   1 May 2018

@ Muhammad Yusuf:

Tidak ada ketentuan perbandingan panjang ekor dan panjang total bar. Panjang ekor yang kurang lebih setengah dari panjang total bar sudah bisa dikategorikan pin bar. Semakin panjang ekor akan semakin valid.

Yang penting adalah posisi dari pin bar tersebut, yaitu harus tampak menonjol keluar diantara bar sebelum dan sesudahnya. Jadi Anda harus menunggu minimal satu bar untuk memastikan bar yang Anda duga pin bar tersebut (untuk konfirmasi). Selain itu, sebelum entry hendaknya dikonfirmasi juga dengan indikator

Untuk EUR/USD tanggal 27 April, kalau yang Anda maksud di time frame daily:


Waktu 27 April itu pin bar belum terkonfirmasi. Indikator teknikal tidak ada yang mendukung untuk entry buy. Selain itu harga juga tertahan di resistance 50% Fibo retracement (bukan resistance become support).
Hati-hati sebelum entry Pak, jangan buru-buru. Indikator dibuat untuk digunakan. Jadi gunakan sebagai acuan untuk konfirmasi.

basir   23 Feb 2013

PIN BAR merupakan salah satu Price Action / aksi dari pergerakan harga  yang sering muncul saat  tekanan jual / beli sangat Kuat, tetapi  setelah penutupan harga dan pembukaan harga baru, candle sebelumnya menyisakan atau memperlihatkan garis panjang. Demikian juga dengan shooting star. Thanks

m singgih   15 Jun 2019

@ Dhanie Saputra:
Pin bar dan shooting star adalah salah satu formasi single candlestick. Karakteristik pin bar adalah candlestick yang memiliki ekor yang lebih panjang dari body-nya. Panjangnya ekor menunjukkan kekuatan penolakan (rejection) pada suatu level harga tertentu. Semakin panjang ekor maka akan semakin tinggi sentimen penolakan terhadap level harga tersebut. Pin bar bisa mengisyaratkan penerusan arah trend (trend continuation) atau pembalikan arah trend (trend reversal), tergantung dari posisinya dalam alur trend yang sedang terjadi.

Shooting star adalah pin bar yang terbentuk pada kondisi uptrend dan mengisyaratkan kemungkinan terjadinya pembalikan arah ke downtrend. Formasi sejenis yang terbentuk pada kondisi downtrend disebut dengan formasi hammer. Formasi doji yang berekor panjang juga dikategorikan sebagai pin bar.

Berikut contoh pin bar / shooting star yang terbentuk pada chart EUR/USD daily baru-baru ini:

basir   12 Mar 2018

Pin bar merupakan sebuah istilah dari Pola candle yang membentuk ekor panjang (mirip paku ). Yang perlu diketahui, tiap jam/time dari server broker adalah berbeda-beda.

Anda bisa melakukan penelitan menggunakann 2,3,4 atau lebih MT4 broker. Coba perhatikan 1 kurs pair mata uang yang sama dengan time frame yang sama pula. Maka anda akan mendapati pola-pola candle yang berbeda. Coba perhatikan dari M15 - D1 atau yang lebih besar. Apa penyebabnya ? karena pembukaan / penutupan harga yang berbeda. Silahkan perhatikan timenya. Ada broker yang pola candlenya masih bergerak, ada broker yang pola candlenya sudah siap membentuk candle baru.

Misal menggunakan TF-H4 :

Di broker A, timenya menunjukan 16.00 (candle masih bergerak). Dibroker B, timenye sudah masuk 17.00 (masuk candle baru), dan seterusnya.

Bagi mereka yang ingin trading dengan news, perhatikan bahwa :
1. Harga akan bergerak sebelum news dirilis.
2. Harga akan bergerak bersamaan news dirilis.
3. Harga akan bergerak setelah news dirilis.

Demikian.

Thanks.

m singgih   15 Sep 2018

@ yanuardi:
Trading berdasarkan sinyal dari pin bar tidak bisa mengandalkan pin bar-nya semata, tetapi juga level support atau resistance (bisa juga level Fibonacci retracement atau expansion), dan indikator teknikal sebagai konfirmator momentumnya. Trader sering menggunakan indikator Bollinger Bands dan MACD.
Berikut ini contoh EUR/USD H1 (time frame 1 jam) dengan indikator MACD dan Bollinger Bands:


Tampak pin bar yang terbentuk mendapat rejection (penolakan) dari level resistance 1.1187 dan kurva upper band indikator Bollinger Bands. Entry sell ketika kurva indikator MACD telah memotong kurva sinyal (warna merah) dari arah atas, dan garis histogram OSMA berada dibawah level 0.00. Exit setelah kurva MACD memotong kurva sinyal dari arah bawah.
Pin bar mencerminkan sentimen pasar, jadi seharusnya cocok untuk sinyal trading, baik bagi newbies maupun yang sudah lama trading. 

M Singgih   29 Aug 2021

@ Thoriq:Kalau hammer level open sama dengan level high atau level close sama dengan level high. Sedangkan untuk pin bar level high tidak harus sama dengan level open atau level close.
Silahkan baca juga:

Thoriq   6 Sep 2021

Kalau untuk scalping, sinyalnya lebih akurat mana, dari Hammer atau Pin Bar?

M Singgih   6 Sep 2021

@ Thoriq:

Hammer adalah bentuk khusus dari pin bar. Akurasi atau validitasnya tergantung dari hasil penunjukan indikator trend dan atau indikator momentum untuk konfirmasinya. Jadi sebaiknya dikonfirmasi oleh indikator trend dan atau indikator momentum.

Indikator trend yang biasa digunakan adalah moving average, Bollinger Bands, parabolic SAR, ADX, dan juga MACD dan OSMA. Sedangkan indikator momentum biasanya berupa oscillator seperti RSI, stochastic atau CCI.

Misal jika ada sinyal reversal dari bearish ke bullish dari hammer atau pin bar, tetapi indikator trend dan atau momentum tidak mengkonfirmasi, maka sebaiknya jangan entry buy dulu sampai ada konfirmasi dari indikator teknikal.

 

M Singgih   11 Feb 2018

@ Revan:

Pin bar adalah sinyal yang mengisyaratkan kemungkinan pergerakan reversal. Untuk mengetahui terbentuknya pin bar adalah murni dari pengamatan. Dengan demikian Anda harus mengetahui ciri-ciri pin bar ketika terbentuk dalam rentetan candlestick pergerakan harga.

Untuk penjelasan mengenai pin bar, silahkan baca: Kupas Tuntas Strategi Trading Reversal Dengan Pin Bar

Salim   11 Feb 2018

Kalau digabungkan dengan indikator, pin bar ini sebagai sinyal entry atau pemicu sinyalnya pak?

M Singgih   15 Feb 2018

@ Salim:

Pin bar yang valid adalah sinyal untuk entry. Validasi dari sebuah pin bar dilakukan dengan konfirmasi oleh indikator teknikal. Jika terkonfirmasi oleh indikator teknikal, maka pin bar tersebut adalah sinyal yang valid.

Apa yang Anda maksud dengan pemicu sinyal?

 

Salim   15 Feb 2018

Pemicu sinyal yang saya maksud adalah penunjuk sinyal muncul pak.

Pin bar ini akuratnya di time frame berapa ya pak?

M Singgih   16 Feb 2018

@ Salim:

Sinyal berupa pin bar bisa muncul tiba-tiba, tidak ada pemicu. Tahunya ada pin bar atau tidak adalah murni dari pengamatan, setelah bar tsb selesai terbentuk.

Mengenai akurasi dari pin bar, semakin tinggi time frame dimana pin bar tsb muncul, maka akan semakin akurat sinyal dari pin bar tsb. Misal pin bar yang muncul pada time frame daily akan lebih akurat dibandingkan pin bar yang muncul pada time frame 5 menit.

 

yanuardi   12 Feb 2018

ane sempet baca trading pin bar,, keliatan nya gampang,,

tapi kok banyak yang nyebutin itu kurang cocok ya buat newbies?

apa sebetul nya ada analisa tambahan selain melihat formasi pin bar sbg penunjuk reversal?

Thoriq   27 Aug 2021

Min saya mau tanya, apakah candlestick pin bar dan hammer itu sama cuma beda nama aja?

Muhammad Yusuf   29 Apr 2018

Terimakasih master Inbizia karena tidak henti-hentinya membantu saya belajar trading, saya mengalami kebingungan dengan syarat pin bar yaitu ekor haruslah 2/3 dari panjang total bar atau setidaknya 3/4. Karena saya menemukan beberapa bar yang saya sangka pin bar tapi tidak memenuhi syarat yg saya sebutkan diatas.

Namun, dari yg sudah-sudah saya melihat mereka bekerja dengan baik. Seperti pola fakey with pin bar bullish reversal di emas/XAUUSD yang terbentuk pada 25 Agustus 2017 memicu breakout resistance range yang kuat namun pin barnya tidak memiliki ekor 2/3 panjang keseluruhan barnya.

Juga pin bar bullish reversal di EURUSD pada tanggal 27 April 2018 kemarin, terbentuk di resistance become support serta level 50% fibonacci (konteks yang tepat menurut saya) namun tidak memenuhi syarat ekor 2/3 panjang bar keseluruhan.

Jadi apakah mereka tetap dapat diandalkan? saya berniat entry senin besok di sinyal EURUSD tersebut namun ada keragu-raguan akan hal ini. mohon bantuannya mastah

Dhanie Saputra   23 Feb 2019

masta...apa yg dimaksud dgn pin bar dan shooting star?? bgmn cara mengimplementasikan ke dlm open posisi kita?? trims,,

Harun Rasyid   9 Jun 2022

Kak mau tanya, apakah ada syarat tertentu untuk penggunaan pin bar pak? Apakah pin bar dilakukan sesuai tren yg terjadi atau dapat dilakukan kapan saja tanpa melihat tren?

Kiki R   9 Jun 2022

@Harun Rasyida: Syaratnya ada 2:

  • Gunakan pola candlestick ini di time frame H4 keatas
  • Gunakan pola candlestick ini pada level yang kuat/penting

Artinya, pola pin bar ini tidak bisa sembarangan digunakan, harus melihat level harga dan gunakan time frame H4 ke atas agar tidak banyak noise (banyak noise di time frame kecil).

Candil   15 Jul 2022

Apakah pin bar dan inside bar itu sama? Bagaimana cara mengenali pola inside bar yang menguntungkan?

Kiki R   16 Jul 2022

@Candil: Pin bar tidak sama dengan inside bar.

Pola candlestick pin bar tidak memperdulikan apakah pola pin bar ini berada di dalam range candle sebelumnya atau tidak. Patokannya lebih ke shadow/ekor dan body dari candlestick.

Sedangkan candlestick inside bar mempunyai ciri khusus yaitu candlestick terakhir harus berada didalam (inside) range candlestick mother bar.

Cara paling mudah mengenai pola inside bar yang menguntungkan ada 2 langkah.

1. Tunggu pola ini di level harga penting/signifikan

Jangan menggunakan pola inside bar di sembarang level karena berpengaruh pada akurasi dan rasio risk/reward.

2. Perhatikan candle setelah pola inside bar terbentuk. Pola inside bar menjadi bagus apabila candle setelah pola inside bar berhasil menembus range candle mother bar.

Hal ini berarti konfirmasi pembalikan arah menjadi valid.

Reply > Lihat[21]
Endry   20 Feb 2020

Pagi pak..
Mohon berkenan utk buat analisa tentang JPY terbaru
Terima kasih

Argo Gold Spotter   24 Feb 2020

@ Trader Endry,

Saya pribadi masih sedang mengupayakan agar dapat memberikan ulasan analisa forex, khususnya pair forex mayor. Sehingga dalam hal ini, silakan Anda bookmark halaman analisa forex agar tidak ketinggalan update dari analisa teknikal atau peluang trading terbaru dari kami.

Kiki R   4 Apr 2022

@Peppy Popo: Minggu ini sepertinya harga cenderung bergerak sideways atau agak melemah.

Lebih baik menunggu harga pullback ke sekitar 123-124 untuk mempertimbangkan posisi sell.

peppy popo   4 Apr 2022

Analisa USD/JPY untuk minggu ini master. Tx

Reply > Lihat[3]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #inside #bar

  Bambang Priyono   |   22 Oct 2013   |   Artikel
Harami yang digunakan untuk mengenali reversal, seperti bearish harami misalnya, menganalisa pemebntukan 3 candlestick yang bisa diidentifikasikan dengan inside bar. Jadi ketika candlestick kedua yang besarnya tidak lebih dari candlestick pertama, dan lalu kemudian dikonfirmasi dengan candlestick ketiga.
  Muchlis Prayuda   |   26 Apr 2014   |   Artikel
gw denger inside bar ini sering ada false sinyal juga? dan katanya juga kurang cocok buat trader yg masih baru? berarti inside bar ini kurang efektif juga untuk dijadikan indikator penerusan atau pembalikan harga. karena susah digunakan sama yang belum kebiasaan mengenali inside bar ini. belum lagi resiko false sinyalnya.......
  Evolve   |   17 Oct 2014   |   Artikel
edunn... setelah harga merosot sebanyak itu di C darimana kita bisa yakin penurunannya itu tdk akan berlanjut? apa dari price actionnya? sy kalau lihat inside bar paling tidak tunggu sampai candlestick ketiga muncul, dan memang bnar candlestick setelahnya itu ditutup di atas harga tertinggi inside bar. tapi tetap saja, masih akan sulit mengenali A sebagai area asal kalau trader tidak kepikiran untuk trading breakout. kalau ini diperjelas dengan indikator support dan resistance akan bisa lebih membantu tidak ya?
  M Singgih   |   16 Aug 2015
@Evolve:
Kalau dari analisa price action candle pada C itu adalah rejection pin bar oleh kurva sma 20, jadi mengisyaratkan bullish, tetapi mesti dikonfirmasi. Anda benar ada inside bar, dan level tertinggi mother bar belum ditembus, seharusnya sabar menunggu break mother bar-nya.

Tetapi penulis artikel ini (Sam Seiden) bukan penganut analisa price action melainkan penganut teori permintaan dan penawaran (supply and demand), jadi cara analisanya memang agak berbeda dengan price action.

Menurut Seiden area A itu memang area support, dan dari teori supply and demand kemungkinan besar akan terjadi bouncing dimana sentimen buy naik (permintaan meningkat).
  Abdul Hamid   |   5 May 2016   |   Artikel
oh harami ini polanya mirip2 sama inside bar yah? Jadi kalau bar kedua lebih besar dari bar pertama biasanya harga akan mengalami reversal, begitu yg saya tahu. Sama juga seperti pola2 engulfing.
  Agus Bastian   |   3 Jun 2016
ya emang mirip2 sama sih, kan harami sama engulfing emang turunan dari inside bar. Bedanya paling di karakteristik detail posisi shadow2nya aja. Basicnya sih sama, bar kedua menunjukkan pola harga sudah mulai berkonsolidasi dari trend yg sudah berjalan, jadi kalau mendekati batas-batas support atau resistance biasanya bisa jadi pertanda reversal tuh inside bar.
  Seupetoengfx   |   20 Jun 2016   |   Artikel
hmm kalo buat trading jangka pendek emang bener sih, pengunaan price action pd timeframe rendah (h1-h4) mungkin bisa merefleksikan harga lebih tepat, aplg kalo muncul pola inside bar tadi, sipdeh
  Irawan   |   20 Jun 2016
ha, inside bar? pola apaan tuh, ga ada tuh di artikel atas? Ampuh emang polanya?
  Seupetoengfx   |   21 Jun 2016

Nih artikel yang jelasin apa itu inside bar, ciri khasnya itu satu bar lebih besar dari bar yang satunya lagi, itu biasanya pertanda reversal akan terjadi, ampuh bener, sering banget sesuai prediksi apalagi kalo deket garis support ma resistance

  Chyntya   |   5 Jun 2020   |   Artikel

harusnya artikel berjudul "Menggunakan Pola Candlestick Three Inside Up Dan Three Inside Down" langsung diberi linknya min biar g nyari dulu aku nya :-(

Candlestick Populer

Pola Candlestick Populer

Pola Candlestick
Cara Trading Menggunakan Pola Candle Three Bar Inside Bar
Rida     13 Apr 2022
Apa keunggulan Three Bar Inside Bar dibanding Inside Bar biasa? Bagaimana cara tepat membaca pola candlestick ini agar keuntungan maksimal?
Cara Trading Inside Bar dan MACD, Layakkah Dicoba?
Fatma Adriana     16 Sep 2021
Dari sekian banyak kombinasi pola candlestick dengan indikator yang ada di pasaran, apakah cara trading Inside Bar dan MACD layak dicoba?
Teknik Day Trading Dengan Kombinasi Inside Bar
Damar Putra     25 Aug 2021
Ingin trading tanpa ribet? Teknik day trading dengan kombinasi Inside Bar berikut mungkin bisa jadi solusi terbaik. Bagaimana caranya?
3 Cara Trading Inside Bar Ini Wajib Dihindari
Nandini     25 Jun 2021
Cara trading dengan Inside Bar memang tergolong mudah dan pasti bisa diterapkan oleh siapa saja. Namun, ada beberapa poin yang harus dihindari agar profit yang diperoleh bisa optimal.
Cara Mengenali Sinyal Palsu Dengan Inside Bar
Nandini     14 Jan 2021
Pola candle Inside Bar rupanya bisa saja menimbulkan sinyal palsu yang dapat menjegal langkah trader. Untuk itu, trader perlu tahu bagaimana triknya agar sinyal palsu Inside Bar dapat dimanfaatkan.
Trading Dengan Strategi Inside Bar
SAM     16 May 2013
Pola Inside Bar sebenarnya sering muncul di Chart, tetapi seringkali trader melewatkannya. Supaya dapat peluang trading, mari kita belajar cara trading Inside Bar dengan tepat.
Cara Membaca Candlestick Three Outside Dan Three Inside
Linlindua     29 Oct 2020
Candlestick masih menjadi tool favorit para trader penggemar analisa teknikal. Kemunculan beragam pola dapat dimanfaatkan selama trading, salah satunya pola Three Outside dan Inside berikut ini.
Kirim Komentar Baru