Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 9 jam lalu, #Forex Fundamental   |   GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 9 jam lalu, #Forex Teknikal   |   EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 12 jam lalu, #Forex Teknikal   |   Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 12 jam lalu, #Emas Fundamental   |   Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 15 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 15 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 15 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 15 jam lalu, #Saham Indonesia

Investasi Reksadana

Investasi Reksadana Terbuka Atau Tertutup, Pilih Mana?
Yuvita     30 Dec 2021
Investasi reksadana terbuka memang jauh lebih populer, namun apakah aset tersebut lebih menguntungkan? Berikut pertimbangan memilih reksadana terbuka atau tertutup yang bisa Anda gunakan.
Belajar Investasi Aman di Reksadana Terproteksi
Nandini     29 Nov 2021
Anda seorang pemula yang sedang mencari investasi aman berpotensi return cukup tinggi? Reksadana terproteksi bisa jadi pilihan. Berikut panduannya untuk pemula.
Investasi ETF Vs Reksadana, Mana Yang Terbaik?
Febrian Surya     22 Sep 2020
Walaupun sama-sama produk reksadana, ETF dan reksadana ternyata memiliki perbedaan yang perlu diketahui oleh investor. Apa sajakah itu? Manakah yang terbaik?
Kamus

Kamus Trading

Reksadana

Suatu produk keuangan yang mewakili golongan aset pilihan investor. Sebelumnya, dana investor akan dikumpulkan di satu akun Manajer Investasi pada suatu lembaga keuangan, untuk kemudian diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #investasi #reksadana

Anjar   5 May 2021

Investasi kripto terbaik buat pemula itu token, bitcoin, NFT, atau apa ya? Semakin banyak aja pilihannya, saya jadi bingung. Mohon para sepuh yg udah pengalaman di dunia kripto bagi ide.

kurniawan   9 Mar 2022

Sekarang ini marak sekali investasi bodong, mohon info dan tips agar terhindar dari investasi bodong min?

Ahong   1 Apr 2021

Pak, misalkan saya punya uang 50 juta, dan pingin investasi saham jangka panjang minimal 10 tahun. Antara saham option dan index bagusan mana pak? Makasih

Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #investasi #reksadana

  Ivan Andreyanto   |   29 Nov 2013   |   Artikel
sudah sangat jelas apabila BI menaikan tingkat suku bunga otomatis tingkat investasi menurun. harap di koreksi tulisannya
  God Bless You   |   25 Jan 2018   |   Artikel
Selamat siang,
Saya ingin bertanya, cara investasi emas yang benar bagi si pemula seperti saya?
Terimakasih
  Admin   |   25 Jan 2018

Silahkan lihat ulasannya di artikel Dasar-Dasar Perdagangan Emas.

  Ratu   |   3 Nov 2022   |   Artikel

Maaf agak out of topik, aku pernah ditawarin sama temen aku untuk katanya investasi by robot aja katanya lebih cepat chuannya daripada trading, nah apakah kiat ini bisa diterapkan ke robot ya? terus apakah sama antara robot dan trading? terima kasih sebelumnya

  Nur Salim   |   7 Nov 2022

@Ratu:

Mengenai investasi by robot sendiri kita tidak tahu dengan jelas bagaimana metode investasinya, tapi sebagian besar pasti mengarah ke robot trading bu. Kalau sudah masuk robot trading, jatuhnya sama saja dengan trading hanya saja dilakukan secara otomatis dengan robot. Mengenai taraf perolehan keuntungan serta lama waktunya sendiri bisa sangat beragam tergantung dari risiko yang diterapkan pada robot itu sendiri.

Oh iya, karena pada dasarnya robot trading itu juga trading, jadi kiat-kiat di atas bisa diterapkan pada robot tentu saja.

  Fikri Malik   |   1 Dec 2022   |   Artikel

Apa yang membedakan trading emas dengan kita berinvestasi lewat emas batangan yang secara fisik bisa kita pegang dan kita simpan? Kalau dari sisi pro dan kontranya, lebih baik memilih investasi yang mana Gan? Apa sebenarnya trading emas ini memindahkan kebiasaan kita berinvestasi secara fisik menjadi bentuk trading?

Kalau ditinjau dari segi keuntungan yang bisa kita dapatkan, yang mana yang lebih menguntungkan?

Lalu, kan kalau di Maxco kita bisa mencoba dengan akun demo. Nah, gimana sistem akun demo ini? Apakah dirancang seperti kita melakukan trading sungguhan?

Lalu, gimana caranya pas kita udah puas dan udah dapat ilmu dari akun demo, kita ingin memindahkan dan mencoba akun riil. Apa kita bisa langsung menukarkan akun demo tersebut menjadi akun riil? Atau tetap saja kita harus log in dan membuat akun riil seperti cara yang biasanya, daftar dan log in?

  Inbizia Support   |   2 Dec 2022

"Apa yang membedakan trading emas dengan kita berinvestasi lewat emas batangan yang secara fisik bisa kita pegang dan kita simpan?"
=======
Yang satu trading, satu lagi investasi. Itu sudah dua hal yang berbeda.
=======

"Apa sebenarnya trading emas ini memindahkan kebiasaan kita berinvestasi secara fisik menjadi bentuk trading?"
=======
Tujuan investasi dan trading emas sudah berbeda. Investasi emas itu ditujukan untuk melindungi nilai aset, maka itu disimpen dengan jangka waktu yang lama. Sedangkan trading, bertujuan mencari keuntungan besar ataupun konsisten.
=======

"Kalau ditinjau dari segi keuntungan yang bisa kita dapatkan, yang mana yang lebih menguntungkan?"
=======
Dari segi keuntungan, trading bisa lebih menguntungkan sekaligus bisa lebih berisiko merugikan. Jadi, tentukan Anda ingin mencari keuntungan atau sebagai lindung nilai aset.
=======

"Lalu, kan kalau di Maxco kita bisa mencoba dengan akun demo. Nah, gimana sistem akun demo ini? Apakah dirancang seperti kita melakukan trading sungguhan?"
=======
Ya, akun demo dirancang sama seperti kondisi pasar sebenarnya.
=======

"Lalu, gimana caranya pas kita udah puas dan udah dapat ilmu dari akun demo, kita ingin memindahkan dan mencoba akun riil. Apa kita bisa langsung menukarkan akun demo tersebut menjadi akun riil? Atau tetap saja kita harus log in dan membuat akun riil seperti cara yang biasanya, daftar dan log in?"
=======
Akun demo tidak bisa ditukar dengan akun riil. Untuk lebih lengkap cara pembukaan akun riil, Anda bisa mengikuti panduannya di artikel ini.

  Yudha Ardinata   |   21 Jan 2023

@Fikri Malik

setau saya, Trading seperi forex dan sejenisnya itu berdasarkan CFD. Jadi trading dengan berdasarkan Perbedaan Nilai. Jadi berbeda dengan investasi emas batangan dimana investasi emas batangan sendiri memiliki sertifikat kepemilkan dan juga fisik asetnya.

Sedangkan trading emas itu seperti gini, nilai emas ditukar dengan nilai dollar, makanya dalam trading emas, emas sendiri dilambangkan dengan XAU.

Mengenai lebih profitable yang mana, tentu trading lebih menguntungkan karena bisa 2 arah profit, saat harga tinggi maupun rendah bisa menguntungkan sedangkan investasi emas seperti saham, yakni ketika market lagi bullish baru menguntungkan,

Mengenai akun demo, udah dijelaskan admin diatas. Analoginya seperti ini, motor mainan dan motor sebenarnya apakah bisa ditukar dan menjalankannya dengan cara yang sama?

  Verry Andriawan   |   21 Jan 2023

@Yudha Ardinata, berarti antara istilah trading dan investasi itu berbeda ya gan? mohon maaf nih, soalnya gw sendiri agak awam dan gara-gara termakan iklan broker luar yang sering bilang trading dan investasi. Jadi membuat bingung, soalnya trading kan arti bahasa indo nya berdagang, kenapa dikaitkan dengan instrumen investasi seperti Emas dan Saham

  Yudha Ardinata   |   21 Jan 2023

@Verry, betul gan. Beda antara trading dan investasi. Coba baca komentar terdahulu dari admin.

Simplenya trading itu berdagang. Bila ada profit dan rasanya profit terasa cukup maka bisa dilakukan close position. Dan durasinya ga perlu bertahun-tahun agar bisa mendapatkan hasil.

Sedangkan

Investasi itu kegiatan memendam suatu aset agar mencapai nilai berlipat-lipat dari harga asli. untuk mencapai itu diperlukan waktu bertahun-tahun. Dan terkadang sampai investsor itu ga mau jual asetnya sampai puluhan tahun.

Jadi, kedua istilah ini berbeda banget ya. Semoga Membantu!

  Sandy   |   18 Apr 2023   |   Artikel

Menrut gw sihh buat trading saham yg pengen ambil profit dua arah bsa ngambil broker Finex apalagi tipe yg toleransi resiko nya cukup tinggi krna trading di Finex terutama saham bisa menghasilkan profit di jangka pendek ttapi dibarengin jga ama resiko yg cukup tinggi

Sedangkn klu mao trading yg agak aman, profit cuma saat pasar bullish dna mendapatkan hak kepemilikan dan dividen (ato istilahnya investasi saham), mgnkn Pluang lbh cocok mengingat bnyk bngt pilihan saham yg bsa dibeli dan dimiliki.

Overall resiko tinggi dan trading jangka pendek mnrt gw, trading saham CFD di Finex aja dmana profit lbh cepat dihasilkan sewdangkan klu mau nabunng saham bsa memilih Pluang

  Martha   |   13 Sep 2023   |   Artikel

Mau numpang nanya nih min, gw emang sering denger ttng reksadana dan itu mrpkan slh satu jenis investasi, tp gw blm paham2 bener nih ttg investasi itu. Jd gw mo nanya gimna sih crnya investasi reksadana?

Trus apa investasi reksadana itu langkah2nya ribet ya? Itu sih yg gw denger dr temen, ktrnya butuh macem2 utk bs inves reksadana, gak smudah klo kita inves emas, dolar, forex atau saham.

Kata temn gw lg nih, klo inves reksadana ktnya jg dikit untungnya jd gak cocok utk investor pemula apalgi yg utk org br mau mulai masuk ke dunia reksadana ini. Bener gak sih min? mhon ptnjuk dan informasinya ya min. thanks.

  Okky   |   15 Sep 2023

Martha: hai kak...

jd gini kak, sbnrnya reksadana itu sederhananya mrpkan tmpat dana kolektif dr bbrapa org atau investor yg kmudian dikelola utk investasi.

bntuk investasinya mcem2 kak, bs deposito, obligasi, atau saham melalui prusahaan manager investasi yg lgsung diawasi oleh OJK.

nah di perusahaan investasi itu ada org yg sangat ahli dan bersertifikasi dan dipercaya utk mengelola kumpulan dana investasi.

Nah untuk memulai investasi mungkin kakak bs belajar investasi reksadana di sini

sebenernya gak perlu pake ribet kok klo mau investasi reksadana, apalagi saat ini udah bnyk aplikasi online yg nyediain fitur investasi reksadana, tinggal klik aja dan gak perlu modal yg banyak.

klo masalah untung atau rugi sbnrnya semua jenis investasi sama kok, bisa untung dikit, untung banyak, bahkan bisa rugi jd wlpun msh pmula gak perlu takut deh kak utk coba inves reksadana.

Kapan Waktu Terbaik Investasi Reksadana?
Jujun Kurniawan     20 Jul 2020
Banyak yang menyadari bahwa menabung dan investasi itu penting untuk dilakukan. Pertanyaannya, kapan waktu terbaik untuk mulai investasi?
Rekomendasi 5 Manajer Investasi Reksadana Unggulan
Wahyudi     18 Dec 2019
Investor reksadana wajib jeli saat memilih manajer investasi sebelum mengalokasikan modalnya. Berikut 5 manajer investasi untuk Anda pertimbangkan.
Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Mulai Dari Nol
Febrian Surya     16 Dec 2019
Ingin coba berinvestasi tapi bingung mulai dari mana? Ikuti saja panduan cara investasi reksadana berikut sebagai referensi Anda.
Ciri-Ciri Dan Cara Investasi Reksadana Syariah
Anna     28 Aug 2019
Cara investasi reksadana syariah sama dengan reksadana biasa, tetapi ada 3 perbedaan utama yang menandai ciri khas reksadana syariah.
Tips Investasi Reksadana Bagi Investor Pemula
Satrya Heli Oriza     28 Aug 2019
Banyak orang yang ingin memulai investasi tapi bingung harus memulai karena tidak memiliki pemahaman yang cukup. Solusinya adalah dengan mulai berinvestasi reksadana. Sebelum memulai, cek tips investasi reksadana berikut.
Investasi Reksa Dana Paling Menguntungkan dan Aman
Anna     19 Apr 2019
Ada beberapa hal yang harus dipahami investor pemula agar dapat memilih reksa dana paling menguntungkan dan aman.
Cara Investasi Reksadana Online Dengan Modal Kecil
Anna     25 Mar 2019
Investasi reksadana online makin naik daun karena mudah dan menguntungkan, termasuk bagi orang-orang yang hanya memiliki modal kecil.
Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 9 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 9 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 12 jam lalu, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 12 jam lalu, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 15 jam lalu, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 15 jam lalu, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 15 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 15 jam lalu, #Saham Indonesia


Kirim Komentar Baru