Investor

Kisah 5 Investor Sukses Di Masa Krisis Finansial
Febrian Surya     30 Dec 2019
Krisis finansial global 2008 masih membekas di memori banyak investor. Berikut 5 kisah investor sukses di masa krisis finansial yang bisa kamu jadikan pelajaran
Belajar Menjadi Investor Cerdas Dari 5 Tokoh Legendaris
Febrian Surya     18 May 2020
Pepatah mengatakan, kalau ingin pintar dan cerdas belajarlah langsung dari para ahlinya. Hal ini juga berlaku bila kamu ingin menjadi seorang investor cerdas. Siapa sajakah tokoh yang bisa dijadikan panutan?
5 Marketplace Reksadana Yang Cocok Untuk Investor Milenial
Jujun Kurniawan     21 Nov 2019
Banyaknya pilihan marketplace reksadana yang tersedia mungkin membuatmu bingung untuk memilih yang terbaik. Berikut marketplace reksadana terdaftar OJK yang bisa jadi pertimbanganmu:
Kamus
Investor

Sebutan untuk sekelompok orang yang menempatkan dananya dalam instrumen investasi jangka panjang seperti real estate (properti), industri skala besar maupun kecil, atau berinvestasi di pasar keuangan untuk ditahan dalam jangka panjang (di atas 3 tahun).

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #investor

Ozan   21 Dec 2021

Skill apa yang harus dimiliki oleh Investor pemula yang ingin memulai investasi Saham?

Erik T   23 Dec 2021

Untuk Ozan,

Sebenarnya sudah banyak dijelaskan. Ringkasnya, jika ingin sukses di saham, Anda perlu mempelajari beberapa skill di bawah ini, antara lain:

1. Bisa memahami trend
2. Taat entry and exit rules
3. Memiliki memanajemen risiko

Namun bila Anda memiliki modal terbatas, Anda bisa membeli saham dengan margin. Semoga membantu

 

Reply >Lihat[1]
Fico   25 Feb 2022

Apakah investor jangka panjang justru akan beli saham perusahaan yang dipercaya ketika harganya benar-benar turun?

Aisha   1 Mar 2022

Tidak. Investor jangka panjang bisa beli saham saat harga turun ataupun naik. Ini karena naik-turun harga tidak masuk dalam pertimbangan utama bagi investor jangka panjang saat akan membeli saham.

Pertimbangan utama investor jangka panjang umumnya bertumpu pada tiga faktor:

  • Kinerja keuangan perusahaan
  • Moat (keunggulan) dan outlook bisnis perusahaan
  • Valuasi saham

Ada pula teknik "nabung saham" di mana investor jangka panjang akan rutin membeli saham dalam jumlah konstan, sehingga tak perlu peduli apakah harga sedang naik atau turun. Misalnya 10 lot tiap bulan. Karena rutin (kadang dapat harga mahal, kadang dapat harga murah), maka koleksi saham dalam portofolionya akan mencapai harga rata-rata yang tidak terlalu mahal, meski tak terlalu murah juga. 

Investor yang concern pada naik-turun harga biasanya trader jangka pendek atau berpegang pada analisis teknikal.

Reply >Lihat[1]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #investor

  Hendra Firmansyah   |   21 Mar 2014   |   Reply   |   Artikel
Isi artikel ini sebenernya khusus untuk Amerika, Negara2 maju, atau bisa juga diterapkan untuk Indonesia?

Soalnya kalo untuk pengaruh peningkatan mata uang di pair forex, suku bunga yg naik diartikan positif coz bisa meningkatkan aliran modal, yang artinya banyak investor yg tertarik menanamkan modalnya di negara yg suku bunganya tinggi dan bisa mengambil keuntungan dari situ.

Kalo ada perbedaan antara pengaruh suku bunga di negara maju dan berkembang mungkin konsep artikel di atas masih bener karena disini tidak menyinggung pengaruh suku bunga untuk aktivitas ekonomi di Indonesia.

Tapi kalo pengaruhnya sama aja mungkin yang terkena pengaruh negatif adalah pebisnis lokal yg harus membayar lebih karena kenaikan suku bunga ini, karena usaha mereka dijlnkn dgn pinjaman dari bank.

sementara untuk investor asing yg menanamkan modal di negara tertentu jelas akan mendapat tambahan bunga dalam sistem pengembaliannya ketika suku bunga dinaikkan. Itu kenapa ketika suku bunga naik permintaan terhadap mata uang juga meningkat. Contoh artikelnya ini.
  Rudy   |   23 Mar 2015   |   Reply   |   Artikel
Bro Muttaqienna dan agan2 lainnya, mohon masukan ya....

2 minggu lalu sy beli saham SIMP di harga 710, sampai sekarang naik tipis dan turun tipis? menurut agan2 semua, keputusan seorang value investor apa yg bisa diambil utk saham SIMP ini? apakah dipertahankan, atau di lepas saja? saya investor pemula gan... thanks. Rudy

  Indonesian Nation   |   18 Sep 2015   |   Reply   |   Artikel
Rupiah adalah soft currency dimana pengaruh sentimen mayor nya dari TRUST!! jika rakyat Indonesia sendiri masih terpecah2 dan mudah dihasut sehingga tidak ada TRUST ke pemerintah ya sudah jelas Rupiah mlorot karena diikuti perekonomian yang lesu dari dampak investor yang mengambil sikap doubtful (notabene Ekonomi Indonesia hampir 80% disokong dari PMA/investor asing). sudah gitu Amerika kegirangan dengan kondisi rakyat Indonesia yang terhasut oleh kepentingan politik untuk tidak percaya pemerintahan (mengeluarkan kebijakan tight money by The Fed) ya sudah jelas Rupiah terjun Bebas. Apalagi sekarang sebagian Pilkada terancam mundur karena adanya calon tunggal (lagi2 politik melemahkan pemerintah dengan tidak mau mengajukan calonnya) yang jelas berpengaruh kepada spekulasi investor asing ke Indonesia (stabilitas keamanan pasca Pilkada). Kalau mau Indonesia kuat dan Rupiah kuat ya harus Bersatu siapapun pemerintahannya (walaupun saya Golput) ga usah mendam sakit hati atau tidak sportif dll, pasti bisa koq asal Bersatu!!
  Bunas Rajo   |   16 Jun 2016   |   Reply   |   Artikel
Mengutip, "beberapa investor cenderung menghindari perusahaan yang bukan bergerak dalam bidang keuangan seperti Bank, atau perusahaan investasi dengan rasio DER lebih dari satu." itu maksudnya kalaupun dia DERnya lebih dari satu tapi selain bank atau perusahaan investasi, semacam properti atau manufaktur, masih bagus untuk diinvestasii?
  Anna   |   29 Jun 2020   |   Reply   |   Artikel

Definisi ini kurang lengkap. Kalau hanya begini saja, Hedge Fund jadi terlalu mirip dengan reksa dana. Padahal keduanya merupakan lembaga keuangan yang sangat berbeda. Hedge Fund mengelola dana investor secara privat, bebas memanfaatkan leverage tinggi maupun mengalokasikan dana kelolaan ke berbagai aset berisiko seperti futures atau options. Manajer investasi reksa dana terikat pada aturan lebih ketat.

  Inbizia   |   30 Jun 2020

Wah terima kasih atas koreksinya. Istilah Hedge Fund di atas sudah kami perbaiki ya :)

  Rere   |   14 Oct 2021   |   Reply   |   Artikel

Apakah ada peningkatan jumlah investor lokal di tahun 2021 ini?

  Husen   |   14 Oct 2021

untuk info detail data bisa mengunjungi web KSEI langsung kak..

7 Negara Ramah Investor Kripto, Apakah Indonesia Termasuk?
Evan     2 Mar 2022
Mulai dari regulasi hingga penentuan pajak aset kripto, inilah negara-negara yang masuk kriteria bersahabat dengan investor kripto.
Bahaya Bubble Crypto untuk Investor Pemula
Nandini     7 Jan 2022
Salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan dari investasi Bitcoin adalah risiko terjadinya Bubble Crypto. Sudahkah kalian tahu cara mengenali tanda-tandanya?
Reksadana Turun? Ini Yang Wajib Dilakukan Investor
Febrian Surya     20 May 2020
Apa yang sebaiknya investor lakukan saat nilai reksadana turun? Daripada sekedar ikut arus pasar untuk panic selling, ada 3 kiat alternatif yang bisa dipertimbangkan. Apa sajakah itu?
Jenis-Jenis Risiko yang Dihadapi Investor Reksadana
Wahyudi     26 Nov 2019
Meski terbilang relatif aman, instrumen investasi reksadana juga memiliki risiko. Berikut sumber risiko reksadana yang perlu Anda ketahui.
Alasan Saham Blue Chip Direbutkan Para Investor
Ryandy H     8 Nov 2019
Meski harganya per lembarnya relatif tidak murah, banyak investor berebut untuk memiliki saham blue chip. Apa alasannya?
9 Buku Rekomendasi Untuk Investor Pemula
Jujun Kurniawan     6 Nov 2019
Tak perlu merasa terlambat bila Anda baru mulai belajar tentang investasi. Berikut rekomendasi buku yang bisa membantu Anda.
Tips Investasi Reksadana Bagi Investor Pemula
Satrya Heli Oriza     28 Aug 2019
Banyak orang yang ingin memulai investasi tapi bingung harus memulai karena tidak memiliki pemahaman yang cukup. Solusinya adalah dengan mulai berinvestasi reksadana. Sebelum memulai, cek tips investasi reksadana berikut.
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip