Jangka Pendek

Strategi Jangka Pendek dengan Moving Average dan Fibonacci
Kiki R     30 Jan 2023
Entry pada time frame singkat sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Seperti strategi jangka pendek ini, cukup dengan menggunakan kombinasi Moving Average dan Fibonacci. Bagaimana caranya?
5 Investasi Jangka Pendek Terbaik Menurut Broker Finex
Evan     15 Dec 2022
Untuk meminimalisir risiko inflasi tinggi dan resesi global, investasi jangka pendek dapat menjadi solusi. Berikut adalah daftar investasi jangka pendek terbaik menurut Finex.
4 Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Wajib Kamu Tahu
Febrian Surya     27 Jun 2020
Mulai dari trading forex hingga investasi di peer to peer lending, sebaiknya ketahui karakteristik masing-masing instrumen investasi jangka pendek biar tidak buntung.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #jangka #pendek

Andrew Bobo   12 Feb 2015

Apakah trader baru dengan deposit trading yang rendah bisa mencoba untuk trading intraday dan jangka panjang? Kalau dilihat sepertinya cara yang memungkinkan itu scalping, tapi disini sya juga ingin membangun sistim trading yg lebih konsisten. Jadi mohon bantuannya master...

basir   26 Jun 2015

Untuk Heri

Dalam istilah trading istilah tersebut memungkinkan pergerakan mata uang uang pada periode tertentu, berdasarkan Time Frame yang digunakan. Dimana :

-Jangka pendek biasanya hasil analisa berdasarkan TF M1-M15
-Jangka menengah biasanya hasil analisa berdasarkan TF M30 - H4
-Jangka Panjang biasanya hasil analisa berdasarkan TF D1, Weekly atau Montly

Jangka pendek berpotensi Naik, maka BUY
Jangka menengah berpotensi Naik, maka BUY
Jangka Panjang Hold / Ditahan tetap BUY sekalipun turun, karena dalam perkiraan jangka panjang akan naik.

Thanks

basir   18 Apr 2017

Sistem long term adalah sistem jangka panjang, sistem ini menuntut kesabaran dan tentunya perlu memiliki modal yang cukup. Sistem ini berorientasi bahwa Profit bisa di dapat beberapa hari kedepan






diatas adalah salah satu sistem Long Term  dengan setingan

Bolinger band  periode 120 deviation 3 shift 0 - Apply  HLCC/4

dan zigzag 110 - 5 - 3

SELL ketika ada  di ujung atas di Uper Band BUY jika ada di Low Band Ujung Bawah

Thanks

m singgih   5 May 2019

@ Dedi Fx:

Terlepas dari long term atau short term, sistem trading adalah metode entry dan exit, strategi entry dan money management. Sistem trading tidak tergantung dari long term atau short term, tetapi tergantung dari kombinasi metode, strategi dan money management yang bisa menghasilkan profit konsisten.

Sistem trading yang telah berjalan dengan baik untuk short term, bisa saja diterapkan untuk long term, asalkan sudah diuji dengan backtest (ditest pada kondisi pasar yang telah lewat) dan atau forward test (ditest pada kondisi pasar sekarang.

Metode entry dan exit menggunakan analisa teknikal, strategi entry bisa berdasarkan analisa teknikal atau analisa fundamental, sedang pengaturan money management terdiri dari risk management dan risk/reward ratio setiap kali entry.
Metode entry dan exit yang umum adalah kombinasi antara price action dan indikator. Misal terjadi bullish engulfing dan pada saat yang bersamaan kurva indikator MACD diatas kurva sinyal, maka bisa entry dengan open buy, dsb.

Strategi entry adalah cara yang Anda gunakan untuk entry. Untuk strategi entry yang berdasarkan analisa teknikal misalnya entry ketika pasar trending (strategi breakout), atau ketika terjadi bouncing (strategi buy the dip / sell the rally). Strategi entry yang berdasarkan analisa fundamental adalah entry beberapa saat setelah rilis news data berdampak tinggi.

Strategi mana yang Anda pilih tentunya tergantung dari keinginan dan kecocokan Anda, dan sebaiknya disesuaikan dengan type kepribadian Anda. Misal jika Anda cenderung agresif maka sebaiknya memilih strategi breakout, bukan strategi buy the dip sell the rally.

Kesimpulannya: Anda harus mencari metode entry dan exit, strategi entry dan money management yang paling sesuai dengan pair yang Anda tradingkan dan time frame yang Anda gunakan.

basir   12 Feb 2015

Dengan modal $ 50-100  anda bisa saja trading jangka panjang, dengan catatan anda menggunakan akun jenis cent. Misal nilai 1 lot nya adalah 1.0000. dengan trading dengan lot 0,01, maka nilainya 100. Kita coba kalkulasikan :

Lot 1 = $ 1 (10.000)
Lot 0.1 = $ 0,1 (1.000)
Lot 0.01 = $ 0.01 (100)

Jika anda BUY EUR/USD dengan lot 0,01, kemudian ternyata turun sebanyak 100 pips, maka anda minus sebesar $1. Balance anda masih kuat.

Anda BUY kembali dengan lot 0.02 dengain niat melakukan averaging / m singgihgale ternyata turun jauh 100 pips, anda minus $2 ditambah minus BUY pertama sebesar $2. Total minus $4, dst.

Dalam trading ini, anda BUY SELL menggunakan uang broker sementara sebagian modal anda menjadi jaminan. Ada broker yang akan melakukan closed order jika Order minus melebihi margin. Namun ada Broker yang membiarkannnya.

Maka yang mesti anda perhatikan kapan melakukan BUY / SELL lagi jika open pertama berbeda arah. Atau justru anda akan closed posisi dan mencoba melakukan order kembali.

Modal kecil cukup satu kurs pair saja, dan menggunakan akun cent.

Thanks.

hendriksen   13 Feb 2015

kan ndak semua broker punya akun cent.
biasanya yang paling kecil akun mikro, apa sama akun mikro itu juga bisa?
sebenarnya terlepas dari jenis akun, aturan leverage & lot untuk trader baru itu berapa ?

basir   13 Feb 2015

Kadang antara akun cent atau mikro sama saja. Dibroker A disebut akun mikro, di broker B disebut akun cent. Yang jelas untuk membedakannya adalah lihat nilainya, jika nilai lot  0,01 =100 atau 0.10 =100 itu berarti sama.

Untuk pemula sabaiknya trading pada satu pair saja dulu. Leverage 1:400-1:500. Dan trading dengan lot terkecil dulu. Perhatikan marginnya.

Yang jelas Anda BUY SELL anda menggunakan uang broker, sementara sebagian modal anda jadi jaminan/margin.

Thanks.

fuad   29 Aug 2015

jika uang broker habis gara2 loss apakah kita harus mengganti ke broker sesuai yang dipinjamkan atau jaminan kita sebagai gantinya?

basir   1 Sep 2015

Untuk Fuad..

Tidak, perlu. Anda bisa melakukan injek dana, atau meninggalkan akun tersebut atau membuka akun baru dibroker yang lain.

Thanks.

basir   16 Feb 2015

Bisa. Anda bisa trading di akun cent. Perhatikan Lotnya, trading dengan lot kecil saja.

Thanks.

m singgih   19 Feb 2015

@ floura noreen :

Trading jangka pendek atau jangka panjang tidak ada hubungannya dengan jumlah deposit dalam account trading Anda. Kalau gaya trading ditentukan oleh besar kecilnya account berarti trader dengan account kecil cuman bisa main scalping dong…..

Dengan dana berapapun Anda bisa memilih untuk trading jangka panjang atau jangka pendek. Yang Anda perlukan hanya mengatur ukuran lot atau volume trading (position sizing) sesuai dengan besarnya resiko (stop loss) yang Anda sepakati. Selain itu jika Anda merasa lebih nyaman dengan pip value (nilai per pip dalam satuan uang) yang lebih kecil Anda tidak harus trading dengan jenis account regular (standard), tetapi bisa memilih account mini (0.1 dari pip value account regular) atau account micro (0.01 dari pip value account regular).

Semoga bisa membantu.

M Singgih   17 Dec 2021

@ Widianto:

Trading jangka pendek, menengah maupun panjang harus mempunyai sistem trading yang profitable, dengan mencobanya di akun demo terlebih dahulu. Sistem trading yang profitable bukan berarti setiap trade mesti profit, tetapi hasil akumulasi dari sekian kali trade dalam periode waktu tertentu secara keseluruhan hasilnya masih profit.

Sistem trading terdiri dari metode entry dan exit, strategi entry dan money management.
Metode entry dan exit menggunakan analisa teknikal, strategi entry bisa berdasarkan analisa teknikal atau analisa fundamental, sedang pengaturan money management terdiri dari risk management dan risk/reward ratio setiap kali entry. Strategi entry adalah cara yang Anda gunakan untuk entry.

Setelah itu, uji sistem tersebut dengan backtest (ditest pada kondisi pasar yang telah lewat) dan atau forward test (ditest pada kondisi pasar sekarang dalam akun demo), dan lihat persentase profitnya. Kalau persentase profit kurang dari 50% benahi lagi sistem tersebut.

- Buat rencana trading yang jelas, lengkap dengan kriteria untuk entry dan exit, resiko per trade dan risk/reward ratio.
- Jalankan rencana trading tersebut dengan disiplin, dan kendalikan emosi sewaktu trading. Rencana dan proses dalam trading seharusnya tidak dipengaruhi oleh emosi.
- Buat jurnal trading untuk evaluasi. Benahi mana yang kurang dan tingkatkan persentase keuntungannya.

Bakti   21 Dec 2021

Pak kalau untuk pemain long-term biasanya main di time frame berapa?

M Singgih   22 Dec 2021

@ Bakti:

Trader long term biasanya menggunakan time frame daily dan weekly.

 

M Singgih   15 Apr 2022

@ Husni Mubarak:

Analisa untuk entry, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang sebaiknya dilakukan dengan analisa teknikal dan fundamental. Tanpa analisa teknikal, trader tidak mengetahui dengan pasti arah pergerakan harga dan saat yang tepat untuk entry. Tanpa analisa fundamental, trader tidak bisa mengantisipasi arah pergerakan harga terutama kemungkinan lonjakan harga (slippage) yang akan terjadi ketika ada rilis data fundamental ekonomi berdampak tinggi.

 

Husni Mubarak   12 Apr 2022

Untuk trading jangka panjang apakah memerlukan analisa teknikal buat menentukan kapan harus entry atau fokus pada analisa fundamental saja ya pak?

floura noreen   16 Feb 2015

Apakah trader baru dengan deposit trading yang rendah bisa mencoba untuk trading intraday dan jangka panjang?

Widianto   16 Dec 2021

Untuk memulai trading jangka panjang, kira-kira kiatnya seperti apa ya min?

Firman   14 Jun 2022

Strategi jangka panjang idealnya membutuhkan waktu berapa lama hingga berhasil take profit?

Kiki R   15 Jun 2022

@Firman: Untuk swing trading (TF Daily & Weekly) biasanya membutuhkan beberapa hari sampai 3 minggu untuk take profit.

Sedangkan untuk position trading (TF Weekly & Monthly) biasanya membutuhkan beberapa minggu sampai 3 bulan untuk take profit.

Dedi Fx   18 Apr 2017

Salam master... saya mau nanya sistem trading long termn gmn caranya? Thx

heri   23 Jun 2015

Apa yang dimaksud dengan jangka pendek, menengah, dan panjang pada Analisa teknikal dan rekomendasi di situs ini???
Misal jangka pendek ( Buy ) menengah ( Buy )panjang( hold )
Terima kasih

Andika   21 Sep 2022

Kalau masih pemula, jangan dulu mikir berapa lama bisa profit deh. Sudah punya sistem trading yang teruji atau belum? Kalau sistem trading sudah diuji, mestinya sudah bisa memperkirakan soal kapan bisa profit.

Fendi   9 Nov 2022

Kira kira enakan berapa lama sistem trading yang kita jalankan bisa segera dicoba. Misalnya udah terbukti berkali-kali udah oke?

Soalnya terkadang udah teruji dan bagus, begitu terjun ke dunia real nya malah sering boncos. Dan minimal modal sebenarnya yang paling tepat untuk memulai Forex sebenarnya berapa?

Kiki R   11 Nov 2022

Ada 2 pertanyaan penting.

1. Lama pengujian sistem trading untuk masuk ke akun riil

2. Modal minimal yang tepat untuk memulai trading forex

Kita masuk ke pertanyaan pertama.

Kata kunci dari pengujian trading ada 2, yaitu PROFITABLE dan KONSISTEN.

Berapa lama pengujian sistem trading? Saya sarankan minimal 3 bulan.

Kenapa?

Karena 1 bulan belum cukup menjamin sistem trading Anda bisa bertahan. Sering terjadi dalam 1-2 bulan tersebut metode trading Anda sangat profitable karena keadaan market sedang optimal untuk sistem trading Anda.

Namun, ternyata pada bulan berikutnya market berubah dan Anda banyak terkena SL.

Saat market sedang dalam keadaan trending dan Anda menggunakan metode trending maka hasil trading Anda sangat baik. TP Anda sering tersentuh sedang SL Anda jarang tersentuh.

Namun, ketika masuk market sideways, malah SL Anda yang sering kena.

Salah satu tuga Anda sebagai seorang trader adalah mengetahui kondisi market seperti apa yang optimal buat sistem trading Anda secara detail.

Sekarang pertanyaan kedua mengenai modal minimal.

Saya pribadi selalu menyarankan mulai dengan modal sekecil mungkin. Kalau bisa dibawah $100 dulu.

Kenapa?

Karena Anda belum mempunyai data yang dapat mendukung bahwa Anda profitable selama beberapa bulan.

Apakah sistem trading Anda profitable?

Jika ya, sudah diuji berapa bulan?

Bagaimana sistem trading Anda bertahan pada market yang kurang bagus untuk sistem trading Anda?

Sampai Anda bisa mencapai PROFITABLE dan KONSISTEN yang dibuktikan oleh data, maka Anda harus terus trading dengan modal kecil.

Kalau Anda sudah profitable dan konsisten, tidak ada batasan berapa modal Anda. Lebih baik fokus mengembangkan dana Anda atau masuk prop firm untuk mendapat profit yang lebih besar.

Fendi   19 Dec 2022

Baik terima kasih atas sarannya pak @Kiki R. Berarti saya harus bertahap dalam forex ya, beberapa orang sih dan termasuk saya sendiri menganggap forex itu untuk mendatangkan profit itu lebih cepat dibandingkan kerjaan lain. Nyatanya ternyata ga seperti itu dan saya rasa malah lebih susah ya soalnya ada loss-nya juga.

Reply > Lihat[25]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #jangka #pendek

  Somat_49   |   21 Jul 2014   |   Artikel
konsep nya icimoku kinki ini allinone tapi sayang kenapa buat timeframe yang tinggi2 aja, padahal yg paling sering diminati disini ya scalping sama intraday trading. klo hanya bisa buat trading jangka panjang berarti mesti tambah modal biar akun nya juga kuat nahan floating. ini sayang padahal banyak juga yang bisa dianalisa dari indikator ini.
  Amran   |   18 May 2015   |   Artikel
bos saya punya pinjaman kur pada BRI Rp 20000000 jangka waktu 3 tahun saya sudah membayar selama 17 bulan tanpa tunggakan tapi saya butuh modal ut mengembangkan usaha apa bisa mengajukan penambahan modal ke bri dengan sisa kredit 19 bulan dan berapa jumlah maksimalnya yang bisa di ajukan
  Anna   |   18 May 2015
@amran: Pertanyaan Bapak terkait dengan kebijakan masing-masing bank berdasarkan survei pihak bank terhadap kondisi finansial Bapak. Oleh karena itu, sebaiknya Bapak menanyakannya kepada pihak bank saja :)
  Harun Anwar   |   7 Dec 2022   |   Artikel

Bisa disimpulkan bahwa Vesting itu sendiri melindungi nilai kripto dengan cara menahan pelepasan kripto dalam jangka waktu tertentu sehingga melindungi stabilitas harga koin tersebut serta mencegah terjadinya FUD yang bisa menyebabkan penjualan koin secara besar-besaran dipasar yang menyebabkan harga koin menjadi tidak ada value.

Nah apakah dengan tahap lockup/vesting ini setelah periode penahanan pelepasan koin tersebut sudah usai, apakah ada jaminan profit dalam koin tersebut, apalagi biasanya lockup sampai bertahun-tahun? Dan sebagain investor pemula apakah dengan mengikuti ICO ini bisa dianggap lebih aman ketimbang investasi kripto lainnya?

  Evan   |   7 Dec 2022

Tidak ada jaminan apa pun dalam dunia trading, baik forex maupun kripto. Tapi, setidaknya dengan adanya vesting, kondisi transaksi kripto akan lebih fair.

  Timothy   |   18 Jan 2023   |   Artikel

Secara fitur sepertinya MRG Mega berjangka sedikit tidak kompetitif karena selain deposit minimal yang diperlukan cukup besar, leverage yang ditawarkan juga cukup kecil sehingga memberatkan saya untuk memulai trading dengan MRG Mega Berjangka. Tetapi saya cukup tertarik dengan penawaran instant yang diterapkan oleh Mega Berjangka serta tertarik dan penasaran dengan tipe broker. Di MRG Mega berjangka, dituliskan bahwa dia adalah akun tipe STP, karena penasaran saya berkunjung ke website mereka dan di website memang tertulis seperti ini :

Review Broker Mrg Mega

Kira-kira maksudnya apa ya? Soalnya pas saya masuk ke tombol learn more, ternyata bagan transaksinya tidak langsung seperti yang dibicarakan di gambar tadi

  Marsianus   |   18 Jan 2023

Apakah bagan yang dimaksud adalah seperti ini pak?

Review Broker Mrg Mega

itu memang cara kerja broker tipe STP.

Jadi, broker meneruskan orderan dari client mereka ke likuiditas yang memiliki koneksi dengan likuiditas besar.

Lebih simplenya seperti ini : bapak buat orderan, orderan diteruskan broker ke Bank, dan Bank meneruskan orderan dari broker ke Bank Sentral misalnya. Jadi proses tersebut tidak langsung dan kalau broker serta likuiditasnya memiliki server yang ga memadai biasanya akan sering terjadi requote.

Untuk penjelasan lebih jelas mengenai broker STP bisa dibaca di artikel berikut ini :( mengenal apa itu broker STP dan keunggulannya )

  Peter Situmorang   |   18 Jan 2023

Gan, untuk komentar diatas oleh pak @Timothy, gw ngelihat pernyataan yang dituliskan oleh MRG Mega berjangka:

"kami tidak pernah mengambil posisi bersebrangan dengan anda"

itu maksudnya apa ya? Kok bacanya agak ngeri, jadi seakan ada broker yang mengambil posisi bersebrangan dengan trader? Jadi mau ngelawan posisi yang dibuka trader gitu? Misalkan hal ini terjadi, ini rasanya agak rawan manipulasi jadinya kalau trading di Forex.

  Tobing   |   18 Jan 2023

Mengenai pernyataan

"kami tidak pernah mengambil posisi bersebrangan dengan anda"

Itu adalah jaminan bahwa broker tersebut bukanlah broker bandar. Memang mekanisme broker bandar memang seperti itu, jadi bila kita buka posisi buy, maka broker akan membuka posisi sell dan bila kita ternyata loss maka broker akan profit atau broker akan menarikan trader lain yang membuka posisi bersebrangan dengan kita.

Apakah akan terjadi manipulasi? Iya! Apakah semua broker bandar melakukan manipulasi? Tidak juga, tetapi karena mekanismke kerjanya seperti itu banyak trader yang menghindari dan memilih broker STP. Tapi ada juga lho broker bandar yang mengklaim dirinya broker STP, biasanya broker ini juga ga teregulasi di Bappebti alias investasi bodong jatuhnya.

  Liani   |   23 Jan 2023   |   Artikel

Kak, kena deposito dimasukkan sebagai investasi jangka pendek, tapi tabungan biasa enggak? Padahal kan tabungan juga aman dan minim risiko kayak deposito loh.

  Inbizia Support   |   23 Jan 2023

Halo kak Liani,

Deposito dan tabungan memang sama-sama minim risiko, namun dari segi bunga dan biaya, tabungan kurang bisa menguntungkan seperti depositonya kak. Karena itu, menurut Finex tabungan biasa kurang bisa dijadikan instrumen investasi jangka pendek yang menguntungkan seperti kelima investasi di atas.

  Juan   |   2 Feb 2023

Liani: Tabungan biasa bukan termasuk investasi. Tabungan, kasarnya, Kita menitipkan uang kita di bank karena lebih aman dan itu memang tujuannya tabungan. Dan sebagai balasan karena bank udah mengamankan uang, maka bank bisa memebebankan biaya adminstrasi.

Sadar atau ga, bunga bank sekarang udah mencapai 0% lho, dengan kata lain, kita menyimpan uang di bank udah ga ada bunganya lagi.

Dan dari sifatnya, tabungan bersifat cair, jadi bila dibutuhkan langsung bisa dipakai baik itu ditarik dalam bentuk uang tunai ataupun melalui kartu debit.

Sedangkan deposito disebut Investasi karena memilik bunga return yang cukup besar dan selain itu investasi ga bisa ditarik uangnya sesuai perjanjian. Jadi ketahan sampai waktunya tiba baru bisa dicaiirin

  Cindy   |   26 Jan 2023   |   Artikel

Membuka rekening deposito memang salah satu pilihan investasi bagi sebagian orang. Keuntungannya pun lumayan bagi orang-orang yang memiliki modal awal yang besar, baik itu deposito syariah atau umum.

Dua jenis deposito tersebut juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi yang ingin saya tanyakan, apakah ada jaminan keamanan saat kita berinvestasi di deposito? Mengingat deposito merupakan tabungan berjangka, dan bisa saja sewaktu-waktu bank jadi bangkrut, padahal uang kita masih tersimpan di bank.

  Dinar   |   26 Jan 2023

Cindy: Di Indonesia ada lembaga yang khusus melindungi nasabah bank, yaitu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Salah satu fungsi LPS adalah menjamin uang yang disimpan nasabah di bank, termasuk deposito.

Jadi ketika terjadi sesuatu terhadap bank, pihak LPS menjamin bahwa uang yang Anda simpan di bank tersebut tidak akan hilang. Anda bisa mendapatkan kembali uang tersebut. Memang tidak semua produk bank dijamin oleh LPS.

Tapi untuk tabungan dan deposito sudah pasti dijamin LPS, jadi jika Anda berinvestasi melalui deposito sudah pasti aman, Anda tidak perlu khawatir.

Selain itu LPS juga melakukan pengawasan terhadap bank yang menjadi anggota LPS. Setiap bulan atau setiap tahun LPS berhak menerima laporan keuangan dari pihak bank. Jadi LPS sudah pasti tahu jika bank akan mulai bangkrut.

Yang perlu Anda ingat, tidak semua produk bank dijamin oleh LPS, hanya produk tertentu saja. Salah satunya deposito. Terima kasih.

EUR/NZD Bergerak Terbatas, Antisipasi Peluang Jangka Pendek
Kazuki     8 Oct 2019
Pergerakan Euro terhadap Dolar New Zealand terkurung dalam range sempit yang membatasi peluang trading jangka menengah dan panjang.
Peluang Buy EUR/GBP Jangka Pendek
Ardi Suryanto     26 Dec 2017
Diperkirakan pasangan mata uang ini terus bergerak bullish untuk menguji area resisten 0.8932.
#buy  #gbp  
Peluang Buy Jangka Pendek GBP/USD
Ardi Suryanto     14 Dec 2017
Pound nampak bergerak positif, terlihat pada price action perlawanan bullish yang masih kuat.
#buy  
Peluang Sell EUR/USD Jangka Pendek
Ardi Suryanto     12 Dec 2017
Euro bergerak bearish selama sesi perdagangan Asia, terlihat pasangan EUR/USD belum mampu menembus area resisten 1.1807.
Peluang BUY Jangka Pendek Pada Koreksi EUR/USD
Ardi Suryanto     27 Oct 2017
Euro telah berhasil menembus support daily, terlihat pada time frame H4 EUR/USD terkoreksi naik.
Peluang Trading Euro Jangka Pendek
Ardi Suryanto     18 Oct 2017
Pasangan mata uang EUR/USD sedang reversal di area support level 1.1748-1.1739. Dari sini, Anda dapat mengincar posisi buy ataupun sell.
Peluang Trading GBP/USD, Potensi Buy Jangka Pendek
Ardi Suryanto     10 Oct 2017
Saat ini Pound rebound dari area resisten di level 1.3184 namun demikian, kekuatan Bullish masih mendominasi pasar.
Kirim Komentar Baru