Jenis-Jenis Pembiayaan Syariah Dan Manfaatnya

Anna 26 Jan 2017Dibaca Normal 5 Menit
bisnis>kredit>   #syariah
Masyarakat banyak yang belum menyadari banyaknya ragam pembiayaan syariah. Padahal, produk ini memiliki manfaat yang tak kalah dengan kredit dari bank konvensional.

Untuk mendapatkan modal usaha sebenarnya tidak sulit bagi Anda yang yang sudah memahami bagaimana caranya. Namun, mendapatkan modal usaha untuk masyarakat awam tentu akan membingungkan. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan banyak cara untuk memperoleh modal usaha dengan mudah, salah satunya dengan memanfaatkan produk pembiayaan dari bank syariah. Berikut ini adalah jenis-jenis pembiayaan syariah yang bisa digunakan sebagai sumber modal usaha dan keperluan lain.

Jenis-Jenis Pembiayaan Syariah Dan Manfaatnya

 

1. Pembiayaan Modal Kerja Syariah

Pada dasarnya, pembiayaan modal kerja syariah adalah pembiayaan dengan periode waktu pendek atau panjang untuk pengusaha yang memerlukan tambahan modal kerja sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Modal kerja ini biasanya diperlukan untuk kebutuhan membayar biaya produksi, membeli material untuk bahan baku, perdagangan barang dan jasa, serta pengerjaan proyek. Fasilitas pembiayaan syariah ini bisa diberikan untuk semua usaha yang dinilai memiliki prospek, juga tidak melanggar syariat islam dan peraturan perundangan yang berlaku.

 

  • Pembiayaan Syariah Dengan Skema Jual Beli

Terdapat dua jenis kontrak pembiayaan syariah untuk modal kerja. Pertama adalah pembiayaan syariah untuk modal kerja dengan skema murabahah (jual beli). Dengan skema pembiayaan syariah ini, pihak bank syariah akan membiayai pembelian barang kebutuhan modal kerja yang dibutuhkan nasabah. Pembiayaan tersebut adalah sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank syariah yang sudah disetujui oleh pihak nasabanh dan bank. Perlu diketahui bahwa untuk tingkat keuntungan bank sudah ditentukan di awal, dan keuntungan ini menjadi bagian harga atas barang yang dijual.

Sebagai contoh, jika suatu pebisnis yang bergerak di industri manufaktur memperoleh pesanan barang dengan total modal yang diperlukan adalah satu miliar, sedangkan dana untuk modal yang dimiliki saat ini hanya Rp500 juta, maka pengusaha tersebut dapat melakukan pengajuan pembiayaan syariah untuk tambahan modal kerja sebesar Rp500 juta.

Apabila bank menilai kebutuhan pengusaha cenderung ke kebutuhan material, maka bank syariah akan memberikan pembiayaan modal kerja dengan skema jual beli. Di awal perjanjian, bank akan menetapkan margin keuntungan jual beli, misalnya sebesar Rp85 juta, sehingga total pembiayaan adalah senilai Rp585 juta.

 

  • Jenis Pembiayaan Syariah Skema Kerja Sama

Jenis kontrak pembiayaan syariah kedua adalah dengan skema kemitraan bagi hasil atau mudharabah dan musyarakah. Pembiayaan syariah pada skema ini didasarkan pada kemauan kedua pihak (bank dan nasabah) untuk melakukan kerja sama dalam upaya menaikkan nilai aset mereka. Dalam kontrak perjanjian, tertulis pula skema pembagian hasil keuntungan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Sebagai contoh, ada kontraktor yang mendapatkan nilai kontrak pembangunan infrastrukturdengan total modal yang diperlukan untuk melaksanan kontrak tersebut adalah Rp2 miliar. Namun, pengusaha jasa konstruksi ini hanya mempunyai modal sebesar Rp1.5 miliar, masih kurang R 500 juta. Dalam hal ini, jika pihak kontraktor lebih memerlukan kas, maka bank syariah akan menyediakan pembiayaan syariah dengan skema bagi hasil. Dalam skema ini, pihak bank dan kontraktor tersebut bekerja sama dan membentuk kesepakatan nisbah bagi hasil.

Perbedaan kedua skema pembiayaan syariah modal kerja bisa dilihat pada tabel berikut:

pembiayaan syariah

Melalui pembiayaan syariah dengan skema jual beli (murabahah), nasabah bisa merasakan manfaat lebih daripada kredit di bank konvensional karena nilai angsuran tetap sampai periode perjanjian berakhir. Kondisi ini juga sangat memudahkan nasabah dalam melakukan perencanaan keuangannya. Sedangkan manfaat menggunakan pembiayaan syariah dengan skema bagi hasil adalah mekanisme pembayaran yang fleksibel sesuai dengan keuntungan usaha.

 

2. Pembiayaan Konsumtif Syariah

Pembiayaan konsumtif syariah adalah pembiayaan yang diperuntukkan nasabah dengan tujuan di luar usaha dan bersifat perorangan. Berbeda dengan pembiayaan syariah untuk modal kerja yang bersifat produktif, pembiayaan konsumtif diperlukan oleh nasabah untuk memenuhi kebutuhan sekunder (Baca juga: Mengenal Macam-Macam Kredit Konsumsi Dan Kredit Usaha).

Jenis akad yang paling sering digunakan dalam produk pembiayaan konsumtif syariah ada dua, yaitu akad murabahah dan akad ijarah.

 

  • Pembiayaan Syariah Untuk Kebutuhan Konsumtif Dengan Skema Murabahah

Perlu diketahui bahwa dalam dunia perbankan syariah di Indonesia, akad murabahah adalah salah satu akad utama dalam pembiayaan syariah. Hal itu karena sistem serta cara kalkulasi perhitungan dengan skema akad ini lebih mudah. Salah satu bank syariah yang menawarkan fasilitas pembiayaan syariah konsumtif murabahah adalah BNI Syariah. Bank ini menyediakan pembiayaan syariah untuk pembelian kendaraan bermotor. Untuk agunannya adalah kendaraan bermotor yang dibiayai dengan fasilitas pembiayaan ini.

 

  • Pembiayaan Syariah Dengan Skema Ijarah

Pada dasarnya, prinsip dalam akad ijarah hampir serupa dengan prinsip jual beli, tapi perbedaannya terletak pada obyek transaksi. Jika dalam transaksi jual beli obyek transaksinya adalah jenis barang, maka dalam akad ijarah, pembiayaan diberikan untuk suatu jasa.

Misalnya adalah fasilitas pembiayaan konsumtif untuk memenuhi kebutuhan pembelian jasa paket perjalanan ibadah umroh. Dalam hal ini, biasanya bank syariah sudah melakukan kerja sama dengan agen travel sesuai dengan prinsip syariah.

Tabel di bawah ini akan menjelaskan lebih rinci tentang perbandingan skema pembiaayaan konsumtif syariah:

pembiayaan syariah

 

3. Pembiayaan Investasi Syariah

Pembiayaan investasi syariah adalah suatu pembiayaan dengan periode jangka pendek atau jangka panjang untuk melakukan pembelian barang-barang modal yang dibutuhkan dalam pendirian proyek/usaha baru, ekspansi, relokasi proyek yang sudah ada, dan rehabilitasi atau penggantian mesin-mesin pabrik. Akad yang biasanya diterapkan dalam jenis pembiayaan investasi syariah adalah akad murabahah dan Ijarah Muntahia Bit Tamlik (IMBT).

pembiayaan syariah

Salah satu bank yang menyediakan fasilitas investasi syariah adalah bank BCA syariah. Bank ini menawarkan pembiayaan investasi yang bertujuan untuk modernisasi dan ekspansi usaha-usaha produktif seperti pembelian tempat usaha atau pembelian kendaraan operasional.

Selain menawarkan produk pinjaman, bank syariah juga menawarkan banyak produk perbankan lainnya, misalnya jasa kartu pembiayaan yang berfungsi sebagai kartu kredit berdasarkan prinsip syariah. Dengan adanya banyak jenis pilihan kontrak pembiayaan syariah dan produk-produknya, Anda bisa memilih jenis pembiayaan yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Ini aplikasi lain yang bisa buat perbandingan min DANA

Aplikasi dompet digital ini tentu sudah tidak asing lagi. Anda bisa menggunakan DANA untuk transfer uang antar bank secara gratis tanpa dikenai biaya admin. Lebih dari itu, jika Anda menggunakan DANA maka Anda juga bisa melakukan transaksi berbagai produk digital lainnya. Seperti listrik, pulsa, BPJS, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan aplikasi transfer antar bank ini, Anda juga bisa membeli barang di Bukalapak dan membayarnya. Terlebih aplikasi ini juga menyediakan banyak promo dan diskon yang sangat menarik. Penasaran? Anda bisa langsung mengunduhnya.

Keunggulan : Transfer antar bank tanpa biaya admin Maksimal pemakaian 10 kali setiap bulan Dapat transfer saldo ke sesama pengguna Banyak diskon dan promo menarik Flip
Aplikasi yang menyediakan layanan transfer antar bank tanpa biaya admin ini sudah berdiri sejak tahun 2016. Selain DANA, Flip juga sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia dan sudah terjamin keamanannya. Anda bisa melakukan transfer melalui akun regular dengan limit 5 juta per hari.

Apabila Anda ingin mengirim uang lebih banyak menggunakan Flip, maka gunakan saja fitur FLIP+ dengan angka transfer maksimal 20 juta. Hanya saja transaksi tersebut memerlukan biaya admin sebesar Rp 2.500 saja. Dengan menggunakan aplikasi transfer antar bank ini, Anda bisa transfer ke berbagai bank yang ada di Indonesia. Seperti Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, BNI syariah, BCA, BRI, Bank Muamalat, CIMB Niaga, CIMB Syariah, dan akan masih bertambahlagi.

Keunggulan : Transfer antar bank limit 5 juta per hari untuk akun regular Akun FLIP+ limit hingga 20 juta per transaksi dengan biaya admin sebesar Rp 2.500 Sudah memiliki izin OJK Data pengguna yang terjamin keamanannya 3. IpotPay
Aplikasi transfer antar bank tanpa biaya selanjutnya adalah IpotPay. Aplikasi ini berbeda dari aplikasi sebelumnya, pasalnya dengan menggunakan IpotPay Anda bisa mendapatkan imbalan 7-10% pertahun jika menyimpan saldo dan bertransaksi lewat aplikasi tersebut.

Aplikasi IpotPay sendiri sudah terdaftar di OJK sehingga sudah dijamin keamanannya. Dan yang menarik, di aplikasi ini tidak menetapkan limit tertentu sehingga Anda bisa menggunakannya dengan bebas.

Keunggulan : Transfer antar bank dan menyimpan saldo mendapat imbalan 7-10% Tidak adanya limit transfer antar ban
 Roni Saputra |  23 Jul 2020
Halaman: Aplikasi Transfer Uang Paling Mudah Digunakan
Seorang non muslim menjadi nasabah bank syariah itu diperbolehkan
Di dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang perbankan syariah tidak melarang adanya masyarakat non muslim yang ingin menjadi nasabah dari bank syariah
 Sofiyudin |  30 Jul 2021
Halaman: Perbedaan Deposito Syariah Dan Deposito Berjangka Biasa
Daftar saham periode Desember 2020 - Mei 2021 di JII : No. Kode Nama Saham
1. ADRO Adaro Energy Tbk.
2. AKRA AKR Corporindo Tbk.
3. ANTM Aneka Tambang Tbk.
4. BRPT Barito Pacific Tbk.
5. BTPS Bank BTPN Syariah Tbk.
6. CPIN Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
7. EXCL XL Axiata Tbk.
8. ICBP Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
9. INCO Vale Indonesia Tbk.
10. INDF Indofood Sukses Makmur Tbk.
11. INKP Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.
12. INTP Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
13. JPFA Japfa Comfeed Indonesia Tbk.
14. KAEF Kimia Farma Tbk.
15. KLBF Kalbe Farma Tbk.
16. MDKA Merdeka Copper Gold Tbk.
17. MIKA Mitra Keluarga Karyasehat Tbk.
18. MNCN Media Nusantara Citra Tbk.
19. PGAS Perusahaan Gas Negara Tbk.
20. PTBA Bukit Asam Tbk.
21. PTPP PP (Persero) Tbk.
22. PWON Pakuwon Jati Tbk.
23. SCMA Surya Citra Media Tbk.
24. SMGR Semen Indonesia (Persero) Tbk.
25. TKIM Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk.
26. TLKM Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
27. TPIA Chandra Asri Petrochemical Tbk.
28. UNTR United Tractors Tbk.
29. UNVR Unilever Indonesia Tbk.
30. WIKA Wijaya Karya (Persero) Tbk.
 Rachman |  27 Sep 2021
Halaman: Pasar Modal Dan Saham Menurut Islam
Reksadana syariah dapat dibeli melalui bank, Manajer Investasi, perusahaan efek penyedia sistem online trading syariah, dan berbagai marketplace yang bekerjasama dengan perusahaan efek serta mendapat izin dari OJK sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana.
 Wahyu Aji |  13 Jan 2022
Halaman: Investasi Syariah Untuk Haji Manakah Yang Cocok
kalau menabung di reksadana syariah yang sudah bekerjasama dengan biro perjalanan umroh maka semua kebutuhan umroh, spt pendaftaran dll sudah di atur oleh biro
 Masud |  1 Apr 2022
Halaman: Cara Menabung Umroh Lewat Reksadana
Infonya sangat membantu bagi saya yg masih awam. Apakh bs minta pendapat? Orangtua baru sj pensiun, umur 60 taun, dpt dana sekitar 150jt. Jika mau diinvest ke yg syariah sperti ini... Sbaiknya ke reksadana, saham, atau apa y? Alhamdulillah tdk ada cicilan jd mmg benar2 uang dingin. Mohon masukannya trims.
 Nanda Auliyah |  6 Apr 2022
Halaman: Cara Cerdas Investasi Saham Syariah Untuk Pemula
Komentar[2]    
  Pardede   |   13 Aug 2021

Apakah bank syariah hanya untuk muslim saja..

  Isyara   |   13 Aug 2021

Bank syariah terbuka bagi semua kalangan, baik yang muslim maupun yang non muslim

Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip