Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 8 jam lalu, #Forex Fundamental   |   GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 8 jam lalu, #Forex Teknikal   |   EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 11 jam lalu, #Forex Teknikal   |   Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 11 jam lalu, #Emas Fundamental   |   Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 14 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 14 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 14 jam lalu, #Saham Indonesia   |   IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 14 jam lalu, #Saham Indonesia

Jumlah Investor Di Indonesia Dibandingkan Asing

Anna 3 Dec 2018
Dibaca Normal 3 Menit
bisnis > saham >   #investor
Semakin besar jumlah investor di Indonesia, maka semestinya makin kecil pula pengaruh dana asing terhadap kondisi ekonomi negeri. Namun, realitanya berbeda.

Pasar saham merupakan salah satu fondasi ekonomi modern negara manapun, termasuk di Indonesia. Lebih dari itu, jumlah investor domestik di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga mewakili akuisisi kepemilikan korporasi besar oleh warga negara Indonesia.

Semakin besar jumlah investor di Indonesia dan makin besar dana domestik yang diinvestasikan, maka makin kecil pula pengaruh dana yang dibawa investor asing terhadap kondisi ekonomi negeri. Sebaliknya, jika jumlah investor domestik rendah dan mayoritas pemain pasar modal merupakan dana asing, maka perekonomian Indonesia akan mudah goyah ketika dana-dana asing yang dikenal sebagai "Hot Money" itu ditarik kembali ke luar negeri.

Nah, terkait hal ini, ada dua fakta penting yang perlu Anda ketahui. Pertama, data jumlah investor di Indonesia saat ini. Kedua, perbandingan kepemilikan investor lokal dan asing.

 

Jumlah Investor di Indonesia

 

Jumlah Investor Di Indonesia Baru Saja Tembus 1 Juta

Menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang mencatat kepemilikan nomor identifikasi investor perorangan (Single Investor Identification/SID), jumlah investor di Indonesia baru saja mencapai 1.36 juta orang pada bulan Juli 2018 lalu. Angka tersebut mengindikasikan peningkatan sebesar 33.59 persen dibandingkan jumlah SID per Juli 2017 yang hanya sebesar 1.02 juta saja.

Ada berbagai faktor yang mendorong peningkatan jumlah investor di Indonesia ini, antara lain:

  1. Kampanye Nabung Saham yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan lembaga terkait.
  2. Dibukanya Pojok Bursa di universitas negeri maupun swasta di seluruh penjuru nusantara, bukan hanya di universitas unggulan saja.
  3. Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) yang diadakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, dan lain sebagainya setiap bulan.
  4. Dipangkasnya minimal modal awal untuk investasi saham menjadi Rp100,000 saja, sehingga memungkinkan semua orang dari berbagai kalangan untuk membuka rekening efek, termasuk mahasiswa.

 

Kepemilikan Oleh Investor Lokal Meningkat Pesat?

Menurut laporan BEI, porsi kepemilikan domestik di pasar modal pada tahun 2013 hanya 37.08 persen, sedangkan asing menguasai 62.94 persen. Namun, menurut laporan KSEI via Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dilansir oleh Kontan baru-baru ini, per 9 Maret 2018, proporsi kepemilikan asing di pasar modal sudah menyusut menjadi 44.45 persen, sementara kepemilikan domestik membesar hingga 55.55 persen.

Sepintas, nampak ada kenaikan pesat dari kalangan investor lokal. Namun, realitanya berbeda. Khususnya untuk instrumen ekuitas (saham), kepemilikan asing masih mendominasi. Per 9 Maret 2018, total kepemilikan ekuitas asing adalah sebesar Rp1,986.89 Triliun, sedangkan kepemilikan ekuitas oleh lokal sedikit lebih rendah pada Rp1,975.63 Triliun.

 

Jumlah Investor di Indonesia

 

Mengapa proporsi kepemilikan saham masih lebih besar asing, padahal katanya jumlah investor di Indonesia bertambah? Pertama, jumlah investor di Indonesia yang dilaporkan KSEI bisa mencakup pula warga negara asing. Kedua, boleh jadi, ini karena sebagian besar dari total jumlah investor lokal di Indonesia merupakan pemula.

Kecenderungan investor pemula itu berinvestasi dengan modal rendah pada saham-saham berharga lebih murah. Di sisi lain, investor asing yang lebih berpengalaman biasanya mengincar saham-saham unggulan yang memiliki kondisi fundamental lebih baik, meskipun harganya lebih mahal.

Sebagai imbas dari masih besarnya proporsi kepemilikan saham oleh asing ini, harga saham perusahaan nasiional dan indeks pasar modal Indonesia mudah terusik oleh sentimen luar negeri. Begitu ada kabar baik dari AS, misalnya, dana-dana asing akan langsung melancarkan aksi jual di BEI dan lari ke mancanegara. Fenomena ini hanya dapat dihentikan jika jumlah investor domestik yang memahami seluk-beluk investasi saham dan menanamkan dana besar di BEI mengalami peningkatan signifikan, lebih dari jumlahnya saat ini.

Terkait Lainnya
 
Data inflasi Inggris mendukung Poundsterling, dolar AS menguat sebelum pidato the Fed, 8 jam lalu, #Forex Fundamental

GBP/JPY menarik beberapa pembeli di atas level 192.00 setelah data IHK Inggris, 8 jam lalu, #Forex Teknikal

EUR/USD: Level rintangan utama terlihat di area 1.0600-1.0605, 11 jam lalu, #Forex Teknikal

Harga emas tetap menguat karena ketegangan Geopolitik masih berlanjut, 11 jam lalu, #Emas Fundamental

Dow Jones Industrial Average naik 0.17% menjadi 37,798, S&P 500 kehilangan 0.21% menjadi 5,051, dan Nasdaq Composite kehilangan 0.12% menjadi 15,86, 14 jam lalu, #Saham Indonesia

Menilik laporan keuangan tahun buku 2023, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) memperoleh pendapatan usaha sebesar Rp8.54 triliun, terkoreksi 15.70% secara tahunan dari Rp10.14 triliun. , 14 jam lalu, #Saham Indonesia

Saham-saham top gainers LQ45: PT Charoen Pokphand Tbk (CPIN) +3.48%, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) +2.41%, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) +2.34%, 14 jam lalu, #Saham Indonesia

IHSG rebound pada perdagangan Rabu (17/April), naik 0.82% ke level 7,223, 14 jam lalu, #Saham Indonesia


Komentar @inbizia

Klo dipikir2 dunia investasi emang ckp berbahya bg org2 yg blm berpengalaman atau br pertama kali terjun di dunia investasi terutama kripto. Artikel ini sngat menarik krn bs menambah wawasan bg investor newbie dlm trading kripto. emang sih dijaman skrg ini sgl cara dilakukan oleh pr penipu utk meraup keuntungan tdk peduli dg kondisi pr korban baik itu setelah ditipu atau seblmnya. Gw jd pensaran nih ttg rugpull, sbnrnya bagaimana sih cara kerja rugpull itu? dan bgmn bs trader2 masuk dlm jebakan rugpull tsb? apa emang jebakan rugpull itu sngt tdk terlihat jd bs membuat pr investro terjebak dan kehilangan semua asetnya? mgkn ada senior yg bs menjelaskan. thanks.
 Winarti |  17 Oct 2023
Halaman: Waspadai Skema Rug Pull Saat Investasi Kripto
Winarti: sbnrnya gw blm senior ya didunia kripto, tp gw coba bntu jwb yaa sesuai dg apa yg gw tau gitu Setau gw sih cara kerja rugpull itu biasanya trjdi pd token2 yg ada di decentralized exchange (DEX) yg mengndalkan kmpulan aset yg dismpan dlm DEX tsb. Nah dlm modus ini, biasanya pr pelaku scam atau penipu mengaku sbg developer dan mrncang proyek yg sngt menjanjikan hasilnya kmdian rncangan proyek2 tsb disebarkan shg bnyk investor atau trader yg tertarik. Stlh bnyk investor yg tertarik dg proyek tsb, tntu sj hal itu bs membuat hrga aset akan meningkat tajam. Stlh aset melmbung tinggi dan diperkirakan sudah sesuai dg hasil keuntungan yg diincar pr penipu tsb, maka mrka bakal menjual semua aset tsb scra serentak, dan tntu sj jumlhnya sangat banyak dan nilainya besar sekali. Kmdian mrk jg akan mnghncurkan harga aset tsb dan hal itu sdh pasti membuat smua investor yg mnyimpan asetnya akan mengalami kerugian atau kehilangan smua asetnya. knp bnyk investor yg bs tertarik dg proyek tsb? selain janji keuntungan yg menggiurkan, pr penipu juga sbnrnya mengeluarkan bnyk modal sblmnya, slh satunya utk merekrut artis dan membuat iklan scr besar2an di media sosial. Slain itu mrk jg memberikan modal atau memasukan sndiri modal ke dlm klmpok mereka shg mmbuat pr investor tertarik dan mudah percaya.
 Putri |  17 Oct 2023
Halaman: Waspadai Skema Rug Pull Saat Investasi Kripto
Wah menarik jg ya investasi di reksadana pasar uang syariah, tnp pajak, gak dipungut biaya, gak pake riba dll, apalagi bs jg digunakan utk tabngan dana darurat, kayaknya pilihan investasi yg pas nih. Cm jujur aja nih gw tuh msh awam dlm dunia investasi yg kayak gini2, jd msh rada2 bingung gitu. Klo boleh tau nih apa saja yg hrs kita siapkan utk memulai investasi di reksadana psr uang syariah ini ya? trus gimana cara daftar dll nya? hrp maklum ya besti gw bnr2 kagak ngerti msh awam banget nih. trus apa bnr2 dijamin nih keamanannya? ya maklum lah br jd calon investor amatir kan takut jg klo dana investasi gw ilang gitu.
 Jessy |  17 Oct 2023
Halaman: Manfaat Menyiapkan Dana Darurat Di Reksadana Pasar Uang Syariah
Jessy:Hai kak gw jg msh baru nih di dunia investasi, tp gw cb bntuin jwb ya.. Sbnrnya gampang aja kok kak klo mau mulai invest di reksadana pasar uang syariah, skrg tuh udah bnyak aplikasi2 online utk berbagai investasi, jd utk langkh pertama kk hrs tetntuin nih aplikasi mana yg mau dipake. tp kk jg hrs ingat, pilih agen penjualan efek reksadana (APERD) yg udah terdaftar dan pnya izin OJK ya. Kmdian kk hrs daftr dl sbg investor dg mengisi formulir online dan mengikuti langkah2 yg udah ditentukan, biasanya nih kk hrs siapin juga e-KTP ama NPWP soalnya ada langkah pendaftaran wajib foto dg memengang e-KTP. sdgkn utk NPWP biasanya gak wajib juga sih. trus stlh selesai mendaftar sbg investor, kk jg perlu mengaktifkan pilihan investasi syariah, biasanya ada tuh di aplikasi "preferensi syariah" atau klo gak ada kk bs langsung pilih produk reksadana pasar uang syariah. stlh itu kk jg hrs memilih manager investasi yg benar2 kompeten, dg cara cek izin usaha, trek record, dan kinerjanya (semua ada ketika memilih manager investasi). Trus klo smuanya dah oke, tinggal pilih aja tuh reksadana pasar uang syariah yg mana yg dikehendaki, dan stlh memilih dan menentukan angka investasi, tinggal transfer aja uangnya bisa melalui rekening bank, atau pake dompet digital jg bs. gampang kan. Slmat mncoba.
 Kinar |  17 Oct 2023
Halaman: Manfaat Menyiapkan Dana Darurat Di Reksadana Pasar Uang Syariah
"Dengan adanya manajemen portofolio, para investor dan trader dapat terbantu dalam memantau sekaligus mengurus aset yang mereka miliki secara detail." Ada yg bsa jelaskan ga ya perbedaan antara investor dan trader. Soalnya istilah dua hal ini sering membuat gue jdi bingung sndiri. Yg gue ngerti dan tau selama ini adalah investor itu biasa identik dngn saham, dan trader identik dngn Forex. Tetapi ada kalanya di saham itu ada istilah trader jga dan begitu jga sebaliknya di Forex, terdapat juga istilah investor di Forex, apalagi klu metode tradingnya memakai PAMM yg ga ada di broker2 lokal. So, apa sihh perbedaan antara investor dan trader? Selain itu, sbagai pemula sebaiknya memilih jadi investor ato trader apabila terdapat perbedaan di kedua istilah tsb. Makasih ya sblmnyaa min! Mohon dijwb!
 Fidelya |  17 Oct 2023
Halaman: Mengenal Proses Manajemen Portofolio Ala Broker Hsb
Aska:Emang sih bg org yg blm tau seluk beluk deposito akan berpikiran spt km dan hal itu wajar aja bg sy. tp km jg hrs tau jk deposito mrpkan salah satu investasi yg diburu oleh pr investor krna mreka menilai deposito mrpkan investasi yg paling aman, apalagi dpsito syariah. Emang sih keuntungannya trmasuk dikit dibandingkan dg investasi lainnya. Tp minimal modal utk investasi tsb terjamin keamanannya. krna ketika udah jatuh tempo, modal yg km depositokan tsb bs balik lagi, utuh gak berkurang. Bgmn jk bank bangkrut? km gak perlu khawatir krn di Indonesia ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Salah satu fungsi LPS adalah menjamin uang yang disimpan nasabah di bank, termasuk deposito. Ktka bank bangkrut maka pihak LPS yg akan mengganti semua dana nasabah dg ketentuan dan peraturan yg udah ditetapkan. klo gak salah nih simpanan dibwah Rp2 miliar bs dikembalikan utuh, tlg koreksi klo salah. Tp yg perlu km ingat, hnya bank2 yg pnya kerja sama dg LPS saja yg dijamin keamanannya. Jd sblm km buka deposito, pilihlah bank yg dijamin olh LPS.
 Chintya |  19 Oct 2023
Halaman: Deposito Syariah Seperti Apa Praktik Dan Ketentuannya

Komentar[2]    
  Rere   |   14 Oct 2021

Apakah ada peningkatan jumlah investor lokal di tahun 2021 ini?

  Husen   |   14 Oct 2021

untuk info detail data bisa mengunjungi web KSEI langsung kak..