EUR/USD pullback di balik risiko Geopolitik, pejabat The Fed dan data Jerman, 1 minggu, #Forex Teknikal   |   USD/CHF rebound jelang data tenaga kerja AS, naik ke dekat level 0.9030, 1 minggu, #Forex Teknikal   |   USD pulih dari posisi terendah 2 pekan karena fokus beralih ke laporan pekerjaan bulan Maret, 1 minggu, #Forex Fundamental   |   Emas berpotensi mengalami down trend setelah terkonfirmasi breakout, 1 minggu, #Emas Teknikal   |   Lo Kheng Hong berpotensi menerima dividen sebesar Rp3.11 miliar dari PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) pada 3 Mei mendatang, 1 minggu, #Saham Indonesia   |   PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melalui entitas usahanya, PT Mapan Global Tech mengakuisisi seluruh saham PT Multifinance Anak Bangsa yang dimiliki oleh Winato Kartono. , 1 minggu, #Saham Indonesia   |   PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) berhasil membukukan pendapatan $46.63 juta selama 2023. Ini melesat 300.52% Year on Year (YoY) dari $11.64 juta, 1 minggu, #Saham Indonesia   |   PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) berhasil mencetak pertumbuhan pendapatan bersih Rp31.15 miliar selama 2023, 1 minggu, #Saham Indonesia

Kapan Waktu Terbaik Investasi Reksadana?

Jujun Kurniawan 20 Jul 2020
Dibaca Normal 4 Menit
bisnis > reksadana >   #investasi-reksadana
Banyak yang menyadari bahwa menabung dan investasi itu penting untuk dilakukan. Pertanyaannya, kapan waktu terbaik untuk mulai investasi?

Mungkin kita sudah menyadari betapa pentingnya berinvestasi untuk keperluan masa depan, karena investasi bukanlah sekedar menabung. Akan tetapi kita masih bingung kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi.

Karena kurangnya informasi, banyak orang-orang yang mengira bahwa investasi dilakukan ketika kita sudah mempunyai uang yang melimpah. Namun, definisi memiliki uang cukup banyak malah membuat kita semakin bingung karena itu mungkin membutuhkan waktu 3 tahun, 5 tahun atau 10 tahun lagi. Lalu instrumen apa yang sebaiknya dicoba?

waktu untuk investasi reksadana

 

Reksadana, Solusi Untuk Investasi Dengan Modal Terjangkau

Reksadana adalah kumpulan dana masyarakat pemodal (investor) yang dikelola oleh manajer investasi untuk dimasukkan ke dalam beberapa instrumen investasi seperti obligasi, saham, atau deposito. Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Jadi, kapankah waktu yang tepat untuk investasi Reksadana?

Maka jawabannya, waktu yang tepat untuk memulai berinvestasi itu adalah dilakukan sejak sedini mungkin agar kita berpeluang mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, jika kalian sekarang belum melakukan investasi maka sekaranglah saat yang tepat kalian berinvestasi.

investasi reksadana pendapatan tetap

(Baca Juga: Panduan Reksadana Syariah Mulai Dari 100 Ribu)

Agar lebih memahaminya, mari kita gunakan ilustrasi seperti ini: Ada 3 orang bernama Ajeng, Bebi, dan Cika. Mereka bersahabat dan bersekolah bersama sejak SD sampai dengan lulus S1.

Pada tahun akhir 2019 lalu mereka lulus kuliah S1 dan pertengahan tahun 2020 telah bekerja. Dari ketiga orang tersebut Ajeng dan Bebi selalu menghabiskan uang gajinya untuk keperluan hidup dan menghamburkan sisanya untuk bersenang-senang. Namun, Cika setiap mendapatkan uang gajinya ia menyisihkan sebagian uangnya untuk berinvestasi di reksadana.

Cika setiap bulannya rutin menyisihkan Rp 100.000 untuk berinvestasi di reksadana, dan reksadana pilihannya adalah reksadana pendapatan tetap, yang mayoritas portofolionya adalah efek surat utang.

Berdasarkan data marketplace Bareksa, Top 5 reksadana pendapatan tetap bisa mencatatkan imbal hasil atau return rata rata 22.8 persen dalam tiga tahun terakhir (15 juli 2020). Berarti pertahun rata-rata top 5 reksadana pendapatan tetap tersebut memberikan return sebesar 7.6 persen per tahun.

 

Tabel Top 5 Reksadana Pendapatan Tetap Bareksa

tabel investasi reksadana

Per 15 Juli 2020, sumber: Bareksa.com

Ajeng akan memulai investasi pada tahun 2022, dengan jumlah modal yang sama yaitu Rp100,000 per bulan, Ajeng juga membeli reksadana pendapatan tetap dengan asumsi return yang sama 7.6 persen per tahun. Sedangkan Bebi baru akan mulai berinvestasi pada 2024. Dia juga ingin membeli reksadana pendapatan tetap tetapi dengan jumlah modal yang lebih besar, yaitu Rp200.000 per bulan.

 

Lalu, bagaimana hasilnya setelah 6 tahun mendatang?

Berdasarkan simulasi return diatas asumsi perkiraan investasi di reksadana pendapatan tetap:

  • Hasil investasi Cika pada Juli 2026 mencapai Rp 9,3 jutaan.
  • Hasil investasi Ajeng mencapai Rp 6,8 jutaan per Juli 2026
  • Pada saat yang sama nilai investasi Bebi yaitu mencapai Rp 5,4 jutaan.

Dilihat dari hasil simulasi diatas, kita dapat simpulkan bahwa semakin awal kita memulai investasi maka potensi keuntungan yang didapat pun akan semakin besar meskipun modalnya kecil, dibandingkan dengan modal besar namun waktu investasinya pendek.

biaya investasi reksadana

(Baca Juga: Sebelum Investasi Reksadana, Kenali Biayanya!)

Investasi dapat digambarkan seperti pohon, semakin lama semakin tumbuh besar dan merkembang selama kita bisa merawatnya dengan baik. Soo, sebelum semakin terlambat, waktu yang tepat untuk berinvestasi adalah sekarang, agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dari investasi yang kita lakukan tersebut.

Berinvestasi lewat reksadana merupakan salah satu solusi untuk mengembangkan uang yang kita punya. Selain berinvestasi, kita juga bisa mulai mencoba trading jika menginginkan hasil yang lebih besar. Perlu diingat, potensi return besar juga mengandung risiko yang besar. Agar tidak salah langkah, pelajari dulu langkah-langkah belajar trading yang benar.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Reksadana memang jadi salah satu cara berinvestasi yang simpel dan murah. Bahkan, semua orang bisa menyisihkan uangnya agar tiap bulan bisa memperbaharui portfolionya. Tapi, tolong diingat ya teman-teman, kalau dalam berinvestasi apapun, jangan menggunakan uang dapur. Istilahnya, pastikan dulu uang yang digunakan itu benar-benar uang yang sudah tidak terpakai dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bukan apa-apa, kayak yang dibilang mimin di artikel di atas, kita harus siap dengan risiko-risiko yang kemungkinan akan timbul. Bukan hanya siap dapat cuan berkali-kali lipatnya. Tapi siap juga untuk teliti, smart, dan tahu bidang apa yang kita masuki tersebut. Jadi, harus mau belajar banyak agar dapat meminimalkan risiko-risiko yang mungkin akan terjadi. Yang lebih ditekankan lagi; kita juga harus mengenal diri kita sendiri, sebagai tipe investor yang mana. Risk taker, risk averse atau moderat. Kalau kita agresif (risk taker) dalam mengejar cuan tanamkan prinsip: siap kaya dari reksadana, berarti harus siap miskin juga dari ini. Kalau yang moderat, biasanya memilih reksadana jenis campuran. Biasanya jenis investor ini paham kalau investasi reksadana bisa bergerak naik dan turun. Ini tipe yang berjaga-jaga kalau pasar sedang turun, setidaknya ada jenis lain yang mendapatkan pasar naik. Jadi meskipun keuntungannya nggak drastis banget gitu, tetap ada cuannya bos. Nah, tapi yang ane bingung nih yang tipe konservatif alias main aman gini, dapat keuntungannya biasanya dalam jangka waktu lama, apa bisa juga dalam jangka dekat dapat keuntungan yang tinggi?
 Doni |  16 Nov 2022
Halaman: Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Mulai Dari Nol
Deposito penalti adalah denda yang dikenakan kepada nasabah bank jika nasabah tersebut menarik dana deposito sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan. Denda ini dikenakan untuk mengurangi kerugian bank yang disebabkan oleh penarikan dana sebelum jatuh tempo, karena bank memperoleh pendapatan dari bunga deposito. Nah, ini yang perlu digarisbawahi: deposito penalti hanya dikenakan jika dana ditarik SEBELUM jatuh tempo. Jadi kalau kita menaruh deposito dan tetap hold sampai masa jatuh tempo selesai, tidak akan kena penalti. Jadi memang sebenarnya deposito itu investasi untuk orang yang dananya sudah cukup gede, punya banyak uang dingin yang tidak butuh dipakai urgent. Untuk yang dana masih terbatas tapi ingin memutar dana, bisa diversifikasi investasi ke Reksadana online saja yang lebih fleksibel, modalnya kecil, dan tidak ada penalti penarikannya. Cara Investasi Reksadana Online Dengan Modal Kecil
 Sefiana |  14 Jan 2023
Halaman: Perhitungan Dan Pengelolaan Bunga Deposito
Yang Anda @Tiara sebutkan dan sarankan tersebut sudah termasuk jenis investasi emas digital. Karena si Investor tidak secara langsung menyimpan emas fisik. Dan mungkin emas digital bisa menjadi alternatif lain untuk @Ratu. Karena nantinya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan Anda bisa mencetak emas tersebut dan tetap mendapatkan emas fisik, yang benar-benar murni, tanpa campuran logam apa pun. Dan memang risikonya jika Anda sudah memiliki emas secara fisik, harus ada tempat penyimpanan yang aman, dan itu tidak bisa dihindari lagi. Mungkin @Ratu juga bisa mencoba investasi emas yang lain, misalnya seperti reksadana emas. Jenis investasi reksadana emas merupakan investasi bagi Anda yang memang tidak ingin ribet, tapi bisa mendapatkan keuntungan lumayan besar. Jika memang memerlukan alternatif lainnya, Anda mungkin bisa cek di sini
 Meimei |  25 Jan 2023
Halaman: Kesalahan Investasi Emas Dan Cara Menghindarinya
Mau numpang nanya nih min, gw emang sering denger ttng reksadana dan itu mrpkan slh satu jenis investasi, tp gw blm paham2 bener nih ttg investasi itu. Jd gw mo nanya gimna sih crnya investasi reksadana? Trus apa investasi reksadana itu langkah2nya ribet ya? Itu sih yg gw denger dr temen, ktrnya butuh macem2 utk bs inves reksadana, gak smudah klo kita inves emas, dolar, forex atau saham. Kata temn gw lg nih, klo inves reksadana ktnya jg dikit untungnya jd gak cocok utk investor pemula apalgi yg utk org br mau mulai masuk ke dunia reksadana ini. Bener gak sih min? mhon ptnjuk dan informasinya ya min. thanks.
 Martha |  13 Sep 2023
Halaman: Peluang Investasi Saat Dolar As Melemah
Martha: hai kak... jd gini kak, sbnrnya reksadana itu sederhananya mrpkan tmpat dana kolektif dr bbrapa org atau investor yg kmudian dikelola utk investasi. bntuk investasinya mcem2 kak, bs deposito, obligasi, atau saham melalui prusahaan manager investasi yg lgsung diawasi oleh OJK. nah di perusahaan investasi itu ada org yg sangat ahli dan bersertifikasi dan dipercaya utk mengelola kumpulan dana investasi. Nah untuk memulai investasi mungkin kakak bs belajar investasi reksadana di sini sebenernya gak perlu pake ribet kok klo mau investasi reksadana, apalagi saat ini udah bnyk aplikasi online yg nyediain fitur investasi reksadana, tinggal klik aja dan gak perlu modal yg banyak. klo masalah untung atau rugi sbnrnya semua jenis investasi sama kok, bisa untung dikit, untung banyak, bahkan bisa rugi jd wlpun msh pmula gak perlu takut deh kak utk coba inves reksadana.
 Okky |  15 Sep 2023
Halaman: Peluang Investasi Saat Dolar As Melemah
pagi semuanya, artikelnya cukup menarik dan menambah wawasan ttg investasi reksadana. Setlah bc2 artikel di atas sy sbnrnya ckp tertarik utk investasi reksadana, sptnya slh satu investasi yg menjanjikan dan aman. tp jujur aja nih klo sy blm tau bener utk mulai bisnis atau investasi reksadana ini. Jd gw pengen tau nih gmn langkah awal utk sy bs investasi di reksadana ini. jika ada senior2 yg udah pnglamn di bdng ini mhn sharing donk ilmunya. Trus sy juga mau tanya nih, sbnrnya apa sih manager investasi itu? apa tempat perusahaan yg nyediain reksadana atau gimana? trus apa bener kita bisa mulai investasi reksadana ini melalui berbagai aplikasi? apakah bener2 aman tuh jika kita investasi lewat aplikasi?
 Nina |  19 Sep 2023
Halaman: Potensi Keuntungan Investasi Reksadana

Kirim Komentar Baru