Koin Kripto

Mengenal Monero, Koin Kripto untuk Pecinta Privasi
Abideva     26 Sep 2022
Bila Anda termasuk orang yang mementingkan kerahasiaan identitas, data pribadi maupun data transaksi, Monero bisa jadi koin privasi yang dipertimbangkan.
Perbedaan Token Vs Koin Kripto Yang Wajib Anda Ketahui
Linlindua     30 Jun 2021
Topik mengenai perbedaan token vs koin kripto seringkali membingungkan para pemula yang baru terjun ke dunia kripto. Yuk, kenali perbedaan kedua aset digital tersebut dengan lebih jelas melalui artikel berikut ini.
#token  
Koin Kripto Terbaik
Sistem     19 Mar 2021
10 koin kripto terbaik berikut ini merupakan kripto dengan kapitalisasi pasar tertinggi dan selalu diperbarui berdasarkan data terbaru.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #koin #kripto

siti musyarofah   28 Mar 2022

Mata uang kripto bisa digunakan untuk apa saja?

Nur Salim   31 Mar 2022

 @Siti Musyarofah:

Selamat malam bu, seperti namanya mata uang kripto umumnya digunakan sebagai alat tukar-menukar layaknya Rupiah ataupun USD. Perbedaan mendasarnya ada pada tidak adanya regulasi pada mata uang kripto ini jika dibandingkan dengan mata uang fiat. Selain itu mata uang kripto juga mengunggulkan transparansinya akan semua perpindahan mata uang dari satu pihak ke pihak lain. Kelemahannya tentu saja karena sifatnya yang tidak teregulasi dan tidak ada backing sehingga menjadikannya tampak seperti tidak memiliki nilai.

Pada perkembangannya sendiri mata uang kripto memiliki banyak fungsi dan dimanfaatkan dalam berbagai macam hal saat ini. Di antaranya adalah:

1. Investasi jangka pendek, menengah atau panjang

Sama seperti mata uang fiat, nilai mata uang kripto juga bisa naik dan turun sesuai dengan valuasinya saat itu. Bedanya valuasi ini tidak ditentukan oleh faktor-faktor fundamental yang sama dengan mata uang fiat. Hal ini menjadikannya sebagai ladang baru bagi investor untuk mengembangkan kekayaan yang dimiliki dengan menjadikan mata uang kripto sebagai asetnya. Beberapa faktor penggerak harga kripto bisa ibu baca pada artikel kami berikut.

2. Penggalangan dana untuk proyek ataupun startup

Mata uang kripto ini juga sekarang aktif dikembangkan sebagai salah satu sistem pendanaan proyek ataupun startup-startup baru. Alasan umumnya tentu saja karena transparansi yang diberikan oleh kripto menjadi fokus utama investor. Selain itu, karena nilainya sendiri bisa meningkat, kesuksesan Startup ataupun proyek sendiri itu dapat menambah value atau nilai dari mata uang kripto yang digunakan sebagai bentuk pendanaan.

3. Support atau mendekatkan diri dengan artis atau public figure

ini salah satu fungsi yang sedang tren beberapa tahun belakangan ini. Banyak artis ataupun Public Figure yang menciptakan mata uang kripto mereka sendiri. Pembelian mata uang ini biasanya dihubungkan sebagai langkah untuk men-support artis tersebut. Selain itu biasanya ada Reward-reward tertentu 

Selain beberapa hal di atas, masih banyak fungsi-fungsi lain dari mata uang kripto yang tidak bisa saya tuliskan satu persatu. Semoga jawaban di atas bisa cukup mewakilkan. 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Adamzulfa   25 Apr 2022

apakah ada dampak negatif dari mining kripto?

Nur Salim   3 Jun 2022

@Adam Zulfa:

Dampak negatif utama yang dirasakan saat ini utamanya ada pada borosnya sumberdaya energi listrik yang digunakan. Untuk menambang 1 Bitcoin saat ini biasanya membutuhkan energi listrik di kisaran 86,000-286,000 kWh bergantung dari Rig yang digunakan. Untuk Mining Pool bahkan bisa menghabiskan kisaran 128 GWh per hari untuk menambang 900 Bitcoin. Tapi perlu diingat, tidak semua mining kripto menghabiskan daya yang begitu besar seperti ini. Untuk Alt-Coin yang masih sepi biasana konsumsi listrik yang digunakan jauh lebih kecil.

Anna   21 Sep 2022

Satu lagi fungsi mata uang kripto saat ini: Mata uang dalam game (in-game currency).

Banyak gamer profesional yang bisa hidup dan berkarir sepenuhnya dari perolehan uang hasil main game juga, bukan hanya kompetisi dan streaming seperti dulu. Mereka mengumpulkan in-game currency yang kemudian bisa ditukar dengan uang fiat biasa seperti USD.

Dulu cuma ada dalam cerita dalam novel Jepang/Korea, tapi sekarang sudah jadi fakta. Sejalan dengan perkembangan Metaverse, fenomena ini bisa makin luas. 

Reply > Lihat[4]
samsul muafi   9 May 2022

Mana yang lebih bagus antara Luno, Zipmex, dan Bitocto?

Ananta   17 May 2022

Soal mana yang lebih bagus antara Luno,Zipmex, dan Bitocto, kembali ke kebutuhan Anda. Apakah ingin menabung? Investasi multi aset? Atau sekalian jualan NFT?

Saya jabarkan sedikit di sini ya...

Luno: dikenal dengan keamanannya yang berlapis, biaya awal trading kripto yang sangat terjangkau (mulai dari 15 ribu), serta fasilitas Luno Savings yang memudahkan Anda untuk menabung.

Zipmex: memiliki fitur investasi sekaligus (saham dan kripto), menyediakan 2 jenis wallet, serta tawaran menarik untuk join di proyek token yang dirilis oleh Zlauch.

Bitocto: Dipercaya bisa membantu penguatan nilai IDR pada USD, dilengkapi sistem Cold Storage Encrypted, menyediakan akses jual NFT di Opensea.

Arief Ansori   23 May 2022

mohon info tentang tokocrypto dan PINTU kak? dari kemudahan pendaftaran dan penggunaannya? Trims

Yama kaliki   23 May 2022

ZIPMEX, Bitocto dll ini merupakan exchange kripto ya kak, exchange kripto yang bagus menurut kakak apa saja ya? mohon infonya. Terima kasih

Gupita Byanis   23 May 2022

kalau untuk tujuan menabung yang bagus apa ya kak?

Ananta   25 May 2022

Dari segi pendaftaran, baik tokocrypto maupun Pintu Tokocrypto memiliki mekanisme yang sama.Mengisi identitas, nomor handphone, lalu menunggu verifikasi. Selain itu, ada proses KYC yang meminta Anda untuk mengirimkan foto KTP dan selfie.

Dari segi penggunaan, Tokocrypto menawarkan keamanan dan pelayanan yang cukup terpercaya dengan membawa nama besar Binance. Fitur-fitur untuk tradingnya juga lengkap mulai dari chart, Stop Limit, Limit Order, hingga jual beli NFT. Kekurangannya ada pada opsi deposit yang belum bisa memakai kartu kredit dan angka minimal withdrawal cukup tinggi. Untuk info lebih lengkap bisa cek di halaman review TokoCrypto. 

 

Sementara itu, Pintu memiliki keterbatasan dalam hal asetnya masih kurang variatif dibanding exchanger lokal sepantarannya. Tapi yang menarik, transaksi tradingnya tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis. Minimal transaksinya juga dipatok terjangkau, mulai IDR 11,000. Untuk withdrawalnya bisa mulai IDR 50,000. Kalau tidak membutuhkan fitur-fitur terlalu banyak dan masih pemula, Pintu ini newbie friendly. Anda bisa cek juga review Pintu di sini.

Ananta   25 May 2022

Saat ini di Indonesia sudah sangat banyak exchanger kripto lokal. Untuk mencari exchanger kripto yang bagus, pastikan exchangernya memenuhi kualifikasi berikut:
1. Terdaftar di Bappebti 

2. Menerima deposit dan withdrawal dengan rupiah

3. Customer servicenya fast response dan mudah dihubungi (bisa lewat media sosial, live chat, atau hotline whatsapp dan sebagainya)

4. Memiliki keamanan berlapis dan sistemnya transparan

Selanjutnya, Anda bisa cari yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa exchanger yang fitur untuk tradingnya canggih seperti Indodax dan TokoCrypto, ada juga yang lebih nyaman digunakan untuk menabung seperti Luno dan Pintu.

Jika Anda mencari exchanger kripto yang biayanya cukup ramah kantong, bisa cek ke artikel "Exchange Kripto Termurah yang Diregulasi Bappebti" 

Ananta   25 May 2022

Untuk menabung kripto akan lebih bagus jika memilih exchanger-exchanger yang menyediakan fitur crypto savings. Contohnya: Crypto.com, Gemini, Coinbase, YouHodler, Linus
dan BlockFi. Di Indonesia sendiri juga sudah mulai banyak exchanger dengan akun tabungan kripto. Contohnya:

Luno: Dompet tabungan kriptonya (Luno Savings) tersedia dalam Bitcoin, Ethereum, dan USDC. Bunganya hingga 7.6% per tahun.

Pintu: Dengan fitur Nabung Rutin, Anda bisa membuat simulasi menabung mata uang kripto tertentu beserta perkiraan keuntungan yang akan diperoleh dalam jangka waktu tertentu.

Selain menabung dengan cara biasa, Anda juga bisa menabung kripto dengan metode staking yang juga bisa menghasilkan keuntungan ekstra. Selamat mencoba!

 

Septian Fikri   22 Jun 2022

Platform atau exchange lokal mana yang menyediakan fitur staking? Mohon infonya kak.

Ananta   29 Jun 2022

Untuk exchanger lokal, yang menyediakan fitur Staking antara lain Triv, Tokocrypto, dan Zipmex.

Anda bisa membaca detail mengenai staking pada platform-platform tersebut di sini:

Ketika staking, jangan lupa perhatikan masa penawaran dan masa lockingnya. Exchanger Indodax juga sempat memberikan penawaran DEP Airdrop pada bulan Februari 2022 silam, dengan masa locking 1 bulan.

Jadi, tidak menutup kemungkinan di masa depan bakal ada momen staking lagi di exchanger ini dan exchanger-exchanger lain. 

Marshall   8 Aug 2022

Di Indonesia, aplikasi trading kripto mana yang menyediakan pair trading kripto paling lengkap? 

Nur Salim   9 Aug 2022

@Marshall:

Untuk saat ini setahu saya hanya Indodax dan Tokocrypto yang memiliki jumlah Supported Crypto terbanyak dari pada Exchange lainnya. Indodax dengan 68 Supported Crypto sedangkan Tokocrypto dengan 53 Supported Crypto. Namun, dalam hal jumlah market dan fitur yang lebih lengkap, Tokocrypto jauh lebih unggul dengan banyaknya pilihan-pilihan mata uang Fiat yang tergabung karena koneksinya dengan Binance. Sementara Indodax lebih unggul dengan BIDR-nya. 

Yendri   8 Sep 2022

Aplikasi trading kripto dan metatrader apakah sama?

Aisha   9 Sep 2022

Metatrader adalah platform untuk trading secara CFD (Contract for Difference). Jadi, kalau kamu mau trading kripto secara CFD, maka kamu bisa pakai Metatrader.

CFD yang dimaksud di sini adalah transaksi buy/sell pada platform dengan leverage (margin) yang tidak melibatkan aset fisik. Pembeli dan penjual hanya memperdagangkan kontrak yang tercatat secara elektronik untuk memperoleh keuntungan dari naik-turun harga.

Tapi kalau kamu ingin jual-beli kripto secara fisik atau kontrak non-CFD lain, maka kamu harus pakai platform trading yang disediakan oleh bursa kripto kamu (crypto exchange). Metatrader tidak memfasilitasi jual beli kripto secara fisik atau non-CFD. Berikut ini artikel tentang beberapa platform trading kripto yang sah di Indonesia.

Syahrul C   30 Sep 2022

Apakah di Indonesia ini ada aplikasi trading kripto yang tanpa persyaratan KYC? Saya khawatir dengan keamanan data pribadi kalau harus kirim id card dan selfie seperti itu. Mohon infonya. 

Aisha   1 Oct 2022

Semua penyedia layanan jasa keuangan dan perdagangan berjangka di Indonesia harus melaksanakan prosedur KYC. Oleh karena itu, semua aplikasi berizin di Indonesia tentu memberlakukan ketentuan tersebut.

Kalau kamu tidak mau memenuhi syarat KYC, kamu dapat bergabung dengan aplikasi mancanegara atau aplikasi lokal yang tidak teregulasi.

Reply > Lihat[15]
halim perdana   4 Apr 2022

Badan / Lembaga apa yang mengawasi mata uang kripto?

Nur Salim   4 Apr 2022

@Halim Perdana:

Untuk saat ini sendiri segala Plaform dan bentuk jual/beli aset kripto masih diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti). Sehingga mohon dengan seksama jika ingin melakukan transaksi kripto untuk mengecek terlebih dahulu legalitas baik dari sisi Platform yang digunakan serta aset yang diperdagangkan.

Terima kasih, semoga bisa membantu.

halim perdana   5 Apr 2022

mata uang kripto saat ini berkembang sangat pesat, tips nya kak untuk memilih kripto yang aman seperti apa? Trims

Nur Salim   6 Apr 2022

@Halim Perdana:

Untuk tips dalam memilih mata uang kripto yang aman sebenarnya ada banyak. Namun, faktor terpenting untuk saat ini adalah menjaga keamanan dan risiko dari banyaknya kasus skema penipuan yang sering muncul akhir-akhir ini, baik itu dari sisi koin atau token kripto, robot trading kripto, dan yang paling gempar belakangan masalah Binary Options.

Oleh karena itu tips yang paling baik saat ini tentu saja memilih Exchange ataupun broker yang teregulasi sebagai penyedia jasa pembelian/penjualan kripto ataupun trading kripto. Terlebih lagi melihat kinerja mereka beserta jajaran aparat lain dalam menanggulangi kasus kerugian dari penipuan belakangan ini sangat patut diapresiasi.

Untuk tips lain sendiri dalam memilih koin ataupun token yang ingin dibeli baik itu dalam rangka trading ataupun investasi, pilihlah koin ataupun token yang sudah terdaftar dan teregulasi sebagai langkah awal pengamanan modal yang ingin digunakan. Selain itu, usahakan selalu untuk memiliki alasan teknikal dan fundamental dalam mengambil keputusan investasi ataupun trading di kripto. Serta hindari rasa FOMO yang muncul hanya karena suatu koin atau token habis digoreng oleh  nama-nama besar selebritis ataupun pengusaha.

Demikian tips dari saya, terima kasih dan semoga bisa membantu.

Sayid   21 Sep 2022

Apa bedanya OJK dan Bappebti ya kak? Dan mengapa exchange kripto diregulasi oleh Bappebti bukan OJK? Makasih

Aisha   22 Sep 2022

OJK = Otoritas Jasa Keuangan

Dilihat secara harfiah saja, kita bisa tahu bahwa OJK bertugas mengawasi sektor jasa keuangan di Indonesia. Apa itu jasa keuangan? Jasa keuangan adalah kegiatan menghimpun dana masyarakat untuk diinvestasikan, mengelola dana investasi nasabah, perantara investasi, memberikan nasihat investasi, menyediakan platform investasi, dll.

Lebih jelasnya, OJK memonitor perusahaan-perusahaan perbankan, asuransi, manajemen investasi (asset management), sekuritas (broker saham). Perusahaan-perusahaan ini memberikan jasa keuangan kepada masyarakat dengan imbalan berupa fee, contohnya seperti biaya admin bank, fee broker saham, dst.

Bappebti = Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi

Bappebti merupakan badan di bawah Kementrian Perdagangan. Perhatikan di sini: perdagangan. Transaksi yang diawasi oleh Bappebti termasuk dalam kategori perdagangan (jual-beli), bukan jasa keuangan biasa.

Perusahaan-perusahaan yang diawasi oleh Bappebti antara lain pialang berjangka (broker forex), bursa kripto (exchange), dan fasilitator jual-beli emas. Mereka semua mungkin juga mengenakan biaya jasa, tetapi terutama memperoleh keuntungan dari markup harga.

Ketika kamu ingin membeli/menjual emas, forex, ataupun kripto, maka tentunya kamu akan dihadapkan pada kurs jual dan kurs beli. Nah, selisih antara kurs jual dan kurs beli ini terdiri atas spread yang terjadi secara alamiah di pasar dan ditambah dengan markup. Kamu tidak akan melihat kurs jual/kurs beli seperti itu pada perusahaan jasa keuangan (yang diawasi OJK).

Reply > Lihat[5]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #koin #kripto

  Asnawi   |   24 Dec 2018   |   Artikel

saya punya uang koin 50 euro cent, mau tukar dimna ya. 

  Admin   |   26 Dec 2018

Uang 50 euro cent masih bisa digunakan di wilayah zona Euro. Tetapi mengenai apakah bisa ditukar di money changer atau tidak, silahkan ditanyakan ke money changer terdekat, karena peraturan masing-masing bisa berbeda-beda :)

  Fariz   |   24 Jan 2020   |   Artikel
Permisi, apakah disini dapat menukarkan uang rupiah ke mata uang asing lain dalam bentuk koin?
  Andra   |   24 Jan 2020
Dicoba saja mas bawa ke bank atau money changer...
  Danu Alif Rabbani   |   18 May 2022   |   Artikel

koin kripto terbaik saat ini apa ya?

  Bagas Kurniawan   |   19 May 2022

Koin kripto terbaik saat ini masih tetap Bitcoin dan Ethereum, karena penggunaan dan adopsinya yang paling luas.
Kedua koin kripto ini juga sudah punya rekam jejak yang panjang

  Budi Antoro   |   19 May 2022

Litecoin adalah koin pengikut Bitcoin yang paling awal, sehingga adopsinya juga cukup luas dan rekam jejaknya jelas.

  Muhammad Hanafi   |   19 May 2022

Cardano berpeluang untuk bersaing dengan Ethereum sebagai platform blockchain, didukung riset dan tim yang lebih unggul.
Saat ini masih dalam pengembangan, namun ada kemungkinan menjadi bagian dari sistem keuangan masa depan

  Darla   |   15 Jun 2022   |   Artikel

Rekomendasi koin micin yang potensial buat dihold jangka panjang donk, bro? Saya ada dana nganggur, recehan sih. Jadi pengen coba aja gitu invest di koin-koin ini.

  Alfalfa   |   15 Jun 2022

$SHIB bismillah cuan beberapa tahun lagi

  Anand   |   22 Jun 2022

Coba dipantau di sini:

  Danank   |   30 Jun 2022

yang namanya koin micin yah sebetulnya ga disarankan HODL terlalu lama, biasanya koin-koin micin ini cuma dibeli pas lagi trending aja, setelah mencapai titik overbought (puncaknya, harga paling mahal) yah biasanya langsung dijual sama bandar-bandarnya.

Singkat kata, koin micin biasanya cuma buat spekulan kebanyakan duit, cuma HODL bentar terus dilepas begitu harganya sudah dianggap terlalu tinggi.

Kalau pingin HODL koin atau staking, disarankan pilih koin-koin mayor yang valuasinya sudah besar (sekitar 1B USD) atau rank 10 besar di coinmarketcap.com

Kalau sekedar investasi dana receh, malahan lebih baik investasikan ke reksadana aja, soalnya kalo investasi di kripto, volatilitasnya liar banget, salah prediksi harga dikit aja, udah pasti rugi

  Budi Setiawan   |   23 Jun 2022   |   Artikel

Sayang banget pamornya mulai kalah sama koin-koin baru, padahal tujuan pertama kripto untuk anonimitas.

  Jumaidin   |   4 Aug 2022   |   Artikel

Disitu tertulis kita kudu menghindari koin micin. Tapi kan sekarang masih banyak tuh koin micin yang dibagi2in via airdrop, gimana tuh "hukum"nya? Boleh kita klaim atau lebih baik jangan? Pendapatnya suhuuu

  Geralt   |   25 Aug 2022

Kalau buat saya sich, gak semuanya koin micin berbahaya y. Apalagi kalo dapetnya gratisan, ya anggap saja iseng2 berhadiah.

Kadang yang berbahaya dari airdrop tuh kalau developernya nggak trusted, kita asal klik link, eh malah isinya malware atau segala macem yang merusak komputer.

Kalau kita dapat airdrop dari cara-cara yang aman kayak jadi early investor, ikut event, jadi promotor token kripto, atau sumbangan dari komunitas kripto yang trusted, kayaknya bakal ok2 aja.

Aku baca dari artikel Panduan Airdrop Kripto Untuk Pemula

Koin Untung
Koin Untung
Koin Harga/Change
XRP $0.49
(2.5%)
Ethereum $1,352.59
(0.9%)
Binance USD $1.00
(0.1%)
BNB $293.99
(0.1%)
Konversi Bitcoin

Konversi Bitcoin

Koin Paling Ramai
Koin Paling Ramai
Koin Volume
Tether $37M
Bitcoin $31.8M
Ethereum $10.1M
Binance USD $6.9M
USD Coin $3.7M
XRP $2.2M
BNB $200.2jt
Tamadoge $113.4jt
NvirWorld $2.9jt
Memeverse $2.7jt
Koin Rugi
Koin Rugi
Koin Harga/Change
Bitcoin $20,161.83
(-0.2%)
Tether $1.00
(-0.1%)
Event Exchange
Event Exchange

LunoXperience Part 2

09 September 2022 - 08 Oktober 2022
Belajar Kripto

Luno


LunoXperience Part 3

14 Oktober 2022 - 12 November 2022
Belajar Kripto

Luno


Airdrop LUNA Tahap 3

01 November 2022
Airdrop

Pintu


Airdrop LUNA 2.0 Tahap 2

01 Desember 2022 - 01 Desember 2024
Airdrop

Indodax


Promo Exchange
Promo Exchange

TikTok Star Tokocrypto

01 September 2022 - 15 Desember 2022
Total hadiah ribuan Dolar

Tokocrypto


SCBD Indodax

07 September 2022 - 07 Oktober 2022
Cashback Bitcoin Rp50 ribu

Indodax


SERU (Promo Si Pengguna Baru)

03 Oktober 2022 - 24 Oktober 2022
Cashback Bitcoin 10%

Indodax


Buy & Hold ONBUFF

10 Oktober 2022 - 07 November 2022
Airdrop senilai 10,000 USDT

Indodax


4 Koin Kripto Ini Bisa Ditambang Dengan Komputer Biasa
SAM     15 Aug 2018
Meskipun Bitcoin semakin susah dijangkau, masih ada koin kripto yang bisa ditambang dengan komputer biasa. Apa sajakah itu?
3 Cara Tukar Bitcoin yang Wajib Kalian Tahu
Intan     18 Jul 2022
Bitcoin bisa ditukar dengan rupiah dengan beberapa cara. Secara umum, ada 3 cara tukar Bitcoin yang aman dan bisa menjadi pertimbangan kalian.
DYOR Kripto: Kunci Sukses Memilih Koin untuk Investasi
Damar Putra     22 Jun 2022
Salah satu kunci kesuksesan investor kripto adalah selalu melakukan DYOR. Apa itu DYOR kripto dan bagaimana cara melakukannya?
Koin Paling Ramai
sistem     21 Jun 2022
Daftar berikut menampilkan koin paling ramai saat ini. Ranking ditentukan dari volume transaksi tertinggi, sehingga tersaji daftar koin yang paling banyak diperdagangkan dalam 24 jam terakhir.
Koin Rugi Hari Ini
Sistem     19 Mar 2021
Pasar kripto memang dikenal akan volatilitasnya yang ekstrem. Di antara semua kripto yang ada, mana sajakah koin yang mengalami penurunan terbanyak hari ini?
Kirim Komentar Baru