Koin Kripto

5 Koin Kripto Terburuk di Tahun 2022
Intan     23 Jan 2023
Tahun 2022 disebut sebagai Crypto Winter karena banyaknya koin yang berjatuhan dan memicu efek domino. Dari semua kripto yang turun, berikut ini 5 koin kripto dengan performa terburuk di 2022.
Bitcoin Vs Bitcoin Cash, Apa Saja Perbedaannya?
Damar Putra     28 Dec 2022
Apakah potensi Bitcoin Cash lebih besar dari Bitcoin? Bagaimana potensi keduanya di masa depan? Meski namanya hampir serupa, banyak perbedaan Bitcoin Vs Bitcoin Cash yang mesti Anda pahami.
10 Kripto Murah Terbaik untuk Investasi Pemula
Bung Jonny     14 Oct 2022
Untuk kamu yang masih awam tentang dunia kripto, berikut 10 mata uang kripto murah yang potensial untuk dibeli di tahun 2022.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #koin #kripto

Admin   25 Jul 2022

Halo pembaca Inbizia,
Kita kepo nih, pengen tahu koin-koin apa saja yang Anda HODL saat ini? Dan mengapa Anda HODL koin tersebut? Yuk tulis jawaban Anda di bawah ya, siapa tahu ada pembaca lain yang juga terinspirasi untuk HODL juga...

Arifin   19 Oct 2022

Aku sering denger seputar DeFi, namun belum mendapatkan pemahaman yang cukup jelas dan bagaimana juga cara kerjanya? Mohon Penjelasannya

Nur Salim   23 Oct 2022

@Arifin:

Konsep DeFi (Decentralization Finance) ini secara simpelnya dibuat agar setiap orang dapat mengakses layanan keuangan dengan transparansi dan kemudahan kapanpun dan dimanapun. Cara kerjanya yang dimaksud di sini apa pak? Saya kurang bisa menangkap maksud dari pertanyaannya.

 

Arifin   26 Oct 2022

Maksud saya, apakah cara kerjanya itu seperti perbankan? Terus bagaimana jika mau pinjam aset kripto di platform DeFi?

Nur Salim   31 Oct 2022

@Arifin:

Cara kerjanya kurang lebih sama dengan sistem perbankan konvensional pak. Hanya saja, sistem defi ini bekerja pada jaringan Blockchain yang tidak memerlukan perantara seperti sistem perbankan konvensional. Kelebihan utama berjalannya sistem keuangan di atas Blockchain ini sendiri ada pada transparansi, kecepatan serta kemudahan layanan. Dengan defi, transaksi keuangan dengan jumlah besar antar individu ataupun bisnis dapat dilakukan dalam hitungan detik.

Untuk proses peminjaman sendiri saya kurang tahu bagaimana teknisnya berhubung saya pribadi belum pernah mencoba. Tapi sepengetahuan saya prosesnya kurang lebih sama dengan proses peminjaman konvensional. Hanya saja, tidak seperti peminjaman konvensional tidak ada sistem bunga, kredit, serta kemudahan proses pengajuan dan pembayaran.

Agung Juanda   12 Dec 2022

Apakah DeFi kedepannya bisa menggantikan bank konvensional?

Aisha   12 Dec 2022

Mungkin saja, kita toh tidak dapat mengetahui persis apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, untuk saat ini, aplikasi DeFi belum realistis untuk mengganti bank.

Kita lihat ke realita di Indonesia saja, masih banyak orang-orang yang  tidak bankable. Apa maksudnya tidak bankable?

  • Mereka bisa jadi unbanked, yaitu hanya bertransaksi secara tunai dan tidak punya rekening bank karena lokasi yang terpencil, alasan relijius, atau lainnya.
  • Mereka juga bisa jadi underbanked, yaitu cuma menggunakan produk perbankan paling simpel seperti tabungan, mungkin karena tidak punya riwayat kredit, lokasi terpencil, alasan relijius, atau lainnya.

Nah, faktor-faktor yang menyebabkan banyak orang tidak bankable itu berlaku dua kali lipat untuk DeFi, kripto, dan sebangsanya. Banyak orang yang tinggal di kawasan terpencil tetap membutuhkan transaksi cash via bank. Banyak orang akan mempertanyakan halal-haramnya. Dan jauuuh lebih banyak lagi orang yang akan kebingungan menghadapi teknologinya.

Nur Salim   25 Dec 2022

@Agung Juanda:

Dalam waktu dekat ini, tentu saja tidak. 20 tahun mendatang? Mungkin saja demikian. Masa depan DeFi atau Blockchain secara keseluruhan sepertinya akan tampak jelas pada akhir kasus kripto terbesar saat ini yang dilakukan oleh FTX dan SBF. Meskipun SBF sudah terbukti bersalah karena menyalahgunakan dana deposit dari user untuk kepentingan pribadi, ada kesaksian yang beredar bahwa uang tersebut juga sebagian besarnya digunakan untuk mengakuisisi kembali saham FTX yang dimiliki oleh CZ dan Binance. Pasalnya DeFi ataupun Blockchain saat ini masih sangat jarang digunakan dalam industri lain selain kripto. Sehingga besar kemungkinan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh DeFi akan ikut merosot jika mosi ketidakpercayaan terhadap kripto juga terus merosot.

Berita gembiranya tentu saja, sudah banyak Bank Sentral yang mulai merencanakan penggunaan teknologi canggih satu ini untuk diadopsi dalam sistem keuangan negara. Jika berhasil, pelan-pelan sistem mata uang digital ini tentu saja akan menggantikan uang kertas yang selama ini kita gunakan.

Randy   2 Jan 2023

Apakah menggunakna Decentralized Exchange kayak PancakeSwap, UniSwap, SushiSwap, itu legal di Indonesia? 

Aisha   6 Jan 2023

Pemerintah tidak pernah menyatakan apakah Decentralized Exchange itu legal ataupun ilegal.

Pemerintah Indonesia memberikan lisensi/izin bagi perusahaan yang mengajukan permohonan dan mampu memenuhi persyaratan yang berlaku.

Sepengetahuan publik, PancakeSwap, UniSwap, dan SushiSwap, tidak pernah mengajukan permohonan untuk memperoleh izin di Indonesia, sehingga mereka tidak punya perizinan itu.

Jadi, apakah mereka itu legal di Indonesia? Ya, tidak legal ataupun ilegal. Itu wilayah abu-abu, sehingga terserah masing-masing untuk menerjemahkannya.

Ananta   14 Jan 2023

Kebijakan legalitas penggunaan Decentralized Exchange (DEX) seperti PancakeSwap, UniSwap, SushiSwap di Indonesia ini sebenarnya belum jelas, karena belum ada pernyataan resmi mengenai legalitas penggunaan DEX.

Ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa penggunaan DEX tidak dilarang di Indonesia asalkan pengguna tidak melakukan kegiatan ilegal seperti money laundering atau pencucian uang.

Namun pemerintah belum memberikan pernyataan resmi mengenai legalitas penggunaan DEX seperti PancakeSwap, UniSwap, SushiSwap, dan pengguna harus berhati-hati dalam menggunakan DEX ini.

Reply > Lihat[9]
Admin   25 Jul 2022

Halo pembaca Inbizia,
Dari sekian banyak pilihan exchange, mana yang sedang Anda gunakan saat ini? Dan kalau boleh tahu alasannya apa?
Silahkan tulis jawaban Anda di bawah ya...

Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #koin #kripto

  Fariz   |   24 Jan 2020   |   Artikel
Permisi, apakah disini dapat menukarkan uang rupiah ke mata uang asing lain dalam bentuk koin?
  Andra   |   24 Jan 2020
Dicoba saja mas bawa ke bank atau money changer...
  Abdul Kadar   |   25 Jul 2021   |   Artikel

Saya punya uang kertas 1000 banca d'italia THN 1990  no BF 657972. Saya pun banyak uang koin lama dan kertas mau di jual semua..

  Muroatul Hilmi   |   17 Jun 2022   |   Artikel

Jadi sekarang kan banyak tuh koin micin yang dibagi2in gan, cara buat tau keamanannya bagaimana?

  Gilang L.   |   17 Jun 2022

Cek dulu semua portofolio, aset, serta legalitasnya. Gali informasi tersebut di beberapa situs seperti CoinMarketCap. Cek info dasar seperti "trending coins" atau koin-koin terbaru yang baru saja dipasarkan. Dari daftar koin-koin tersebut, cari valuasi atau kapitalisasi di bawah USD100 juta dan nilai tukarnya masih di bawah USD1.

Lebih lengkapnya bisa baca artikel Cara Berburu Koin Micin Potensial Untuk Pemula

  Shivanna   |   4 Jul 2022

Kalo pengen invest di koin kripto, cara paling standar yang kudu dilakuin adalah ngecek developernya gan. Bisa lewat coinmarketcamp ato forum-forum di sosmed gitu. Apalagi kalau koinnya dibagiin dengan metode share and buzz, jangan asal klaim atau klik-klik sampai masukkin data pribadi.

  Balqis   |   9 Jul 2022   |   Artikel

Info donk, koin apa yang cocok buat di HODL? Ane masih awam banget, baru aja kemaren donlod aplikasi buat tradingnya

  Viking   |   2 Aug 2022

HODL adalah sebuah istilah yang artinya Anda tidak menjual dan tetap menyimpan koin dalam waktu tertentu. Beberapa juga menafsirkan HODL adalah singkatan dari Hold On Dear Life alias "disayang2".

Pelajari di sini: Cara Tepat HODL Kripto Yang Perlu Kamu Tahu

Bicara soal koin yang cocok untuk di-HODL, pertimbangannya adalah sebagai berikut:

1. Koin tersebut kapitalisasinya besar. Jika kapitalisasinya besar, bisa disimpulkan bahwa banyak orang yang menggunakannya dan tingkat kepercayaan masyarakat pada koin tersebut cukup tinggi.

2. Harga koinnya menunjukkan kenaikan dalam jangka panjang. Meskipun koin kripto merupakan aset yang volatilitasnya brutal, tapi jika dilihat dalam chart jangka panjang (misalnya 6 bulan, 1 tahun, bahkan 5 tahun) koinnya mengalami kenaikan harga, maka koin tersebut cenderung lebih banyak HODLernya.

3. Semakin banyak perusahaan dan proyek teknologi yang menggunakan koin kripto tersebut. Karena selama ini banyak gembar-gembor bahwa cryptocurrency adalah uang masa depan, tentu semakin banyaknya perusahaan yang mengadopsi sebuah koin kripto bakal membuat harga koinnya meroket.

Dari karakteristik di atas, saat ini BTC dan ETH masih menjadi raja untuk di HODL. Tapi banyak juga exchanger-exchanger yang memberikan bonusan koin mereka dan layak dicoba seperti TKO (tokocrypto), BIDR (Binance) dan lain sebagainya.

  Asih   |   1 Aug 2022   |   Artikel

Rekomendasi donk, koin kripto apa ya yang bagus buat ditabung?

  Jhon Peter   |   22 Nov 2022   |   Artikel

Perkembangan Ethereum patut diacungi jempol. Developernya juga sangat memperhatikan kekurangan dalam versi lama Ethereum. Tetapi pasti ada pengorbanan yang dilakukan meski bagi saya lebih banyak pro daripada kontra

Berarti ETH 2.0 ini miner sepenuhnya akan dihilangkan. Bisa aja miner pindah haluan ke kripto lain. Tapi memang mining ini udah masalah lama yang terjadi, dimana sangat besar dalam konsumsi daya listrik dan menimbulkan jejak karbon di lingkungan. Saya menduķung rencana penghilangan metode ini dan diganti metode lain dalam mendapatkan koin ETH.

Koin Untung
Koin Untung
Koin Harga/Change
Konversi Bitcoin

Konversi Bitcoin

Koin Paling Ramai
Koin Paling Ramai
Koin Volume
Koin Rugi
Koin Rugi
Koin Harga/Change
Event Exchange
Event Exchange

Airdrop LUNA 2.0 Tahap 2

01 Desember 2022 - 01 Desember 2024
Airdrop

Indodax


Promo Exchange
Promo Exchange

Saldo Gratis Triv x KoinWorks

15 Desember 2022 - 15 Desember 2023
450,000 Koin

Triv


10 Koin DeFi Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang
Damar Putra     29 Sep 2022
Koin DeFi merupakan salah satu jenis aset kripto dengan prospek menarik. Apa saja jenis koin DeFi yang bisa digunakan untuk investasi jangka panjang?
Mengenal Monero, Koin Kripto untuk Pecinta Privasi
Abideva     26 Sep 2022
Bila Anda termasuk orang yang mementingkan kerahasiaan identitas, data pribadi maupun data transaksi, Monero bisa jadi koin privasi yang dipertimbangkan.
Kupas Tuntas Vasil Hard Fork Cardano dan Efeknya
Damar Putra     26 Sep 2022
Cardano baru saja berhasil melakukan Vasil Hard Fork dan berefek positif bagi pasar kripto. Mengapa bisa demikian dan apa perubahan yang dihasilkan?
Apa Perbedaan Utility dan Security Token?
Damar Putra     23 Sep 2022
Meski terlihat sama, namun ternyata Utility dan Security token memiliki perbedaan yang mendasar. Apa saja?
#token  
5 Mitos dan Fakta Seputar The Merge Ethereum 2.0
Damar Putra     20 Sep 2022
The Merge Ethereum telah menimbulkan banyak kesalahpahaman yang telah beredar luas. Apa saja mitos dan faktanya?
Mengenal ApeCoin, Token Kripto Di Balik NFT Bored Ape
Damar Putra     14 Sep 2022
ApeCoin adalah token kripto unik yang diluncurkan oleh Yuga Labs, pencipta NFT Bored Ape Yacht Club. Bagaimana prospeknya?
#nft  #token  
Apakah Privacy Coin Cocok Dijadikan Investasi?
Intan     12 Sep 2022
Privacy Coin ibarat pedang bermata dua dengan segala keuntungan sekaligus risikonya. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di koin privat, cek dulu plus minusnya di sini.
Kirim Komentar Baru