Kupas Tuntas Pembobolan Exchange Bitfinex

Rida 16 Apr 2022
Dibaca Normal 5 Menit
kripto > scam >   #bitfinex   #pembobolan-exchange   #scam   #exchange
Otoritas AS akhirnya berhasil menangkap pelaku pencurian bitcoin yang membobol Bitfinex. Siapakah mereka dan apakah aset yang dicuri bisa dikembalikan?

Pada awal Februari 2022, Departemen Kehakiman Amerika Serikat berhasil mengungkap skandal pencucian uang dan peretasan kripto yang cukup fenomenal. Otoritas menyita aset senilai USD3.6 miliar sekaligus menangkap para tersangka di New York, yakni Ilya Lichtenstein (34) dan istrinya Heather Morgan (31).

Pelaku pembobolan Bitfinex

Tuduhan kepada kedua orang itu adalah konspirasi pencucian dana dari hasil peretasan Bitfinex. Peretasan itu sendiri sebenarnya terjadi pada 2016, di mana sekitar 120 ribu bitcoin berhasil digasak oleh para pelaku. Nilainya kala itu setara dengan USD70 juta atau sekitar seperenam dari total volume perdagangan di Bitfinex. Bila dikonversi ke nilai bitcoin sekarang, jumlah pencurian itu mencapai lebih dari USD 4 miliar!

 

Modus Chain-hopping

Sekitar sepertiga dari bitcoin curian itu ditransfer keluar dari dompet dijital milik para pelaku melalui proses pencucian uang dengan skema yang rumit. Lichtenstein dan Morgan diketahui sengaja membuat sekitar 2,000 akun kripto dengan nama palsu, untuk menerima transfer bitcoin hasil retasan ke dalam mata uang digital lain yang memiliki eksposur dan kepemilikan terbatas seperti Monero.

Proses yang dilakukan untuk mengaburkan aliran dana dan menyamarkan pihak penerima ini disebut sebagai chain-hopping. Aliran dana juga ditemukan ke SalesFolk, perusahaan yang dimiliki oleh Morgan, serta investasi berupa emas dan NFT (Non-Fungible Token).

 

Proses Penangkapan Pelaku

Harian the New York Times menurunkan laporan panjang atas skandal menghebohkan ini. Disebutkan bahwa Lichtenstein adalah pria keturunan Eropa Utara yang menggeluti investasi berbasis teknologi, termasuk kripto dan coding. Memiliki kewarganegaraan ganda Rusia dan Amerika Serikat, ia dibawa oleh kedua orang tuanya berimigrasi ke Amerika saat berumur enam tahun. Sementara itu, sang istri, adalah kolumnis dan kontributor Forbes. Perempuan yang lahir di Oregon itu diketahui aktif di dunia maya serta kerap menyalurkan hobinya sebagai rapper dengan moniker "Razzlekhan". Pasangan ini telah menikah selama tiga tahun.

Pengacara keduanya memastikan bahwa kecil kemungkinan Lichtenstein kabur dari Amerika Serikat karena ia sedang berencana memiliki momongan bersama Morgan.

Ketika penggeledahan dimulai, Lichtenstein dan Morgan sempat berusaha kabur dari apartemen sambil membawa kucing mereka. Petugas membiarkan dulu ketika Morgan melongok kolong tempat tidurnya dan memanggil hewan piaraannya. Memanfaatkan situasi, wanita itu ternyata coba menggapai salah satu telepon genggamnya yang masih terletak di meja tak jauh dari ranjang. Jari-jemarinya bergerak cepat, yang belakangan diketahui sebagai upaya Morgan untuk mengunci perangkat dan mempersulit aparat mengungkap data yang terdapat di dalamnya. Untungnya, petugas berhasil merebut piranti itu dari Morgan.

Baca juga: Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto

Hakim yang mengadili kasus ini dikabarkan sempat membuka peluang bagi suami istri itu untuk bebas bersyarat dengan uang jaminan. Namun, otoritas dengan tegas menutup kemungkinan itu dan mendesak pengadilan segera menuntaskan persidangan.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat menilai bahwa Lichtenstein dan Morgan adalah pelaku tindak kriminal yang sangat canggih, mengingat beragam identitas palsu telah mereka dapatkan secara illegal melalui pembelian di sejumlah platform. Selain itu, keduanya ditengarai memiliki banyak rekening di luar negeri dan sudah lama merencanakan tinggal di Rusia atau Ukraina.

Saking serunya kasus peretasan Bitfinex dan penangkapan pelakunya, Netflix dan Forbes dikabarkan bakal membuat seri dokumenter dari insiden ini.

 

Apa yang Kemudian Terjadi?

Investigasi dan penggeledahan yang dilakukan pihak berwenang menemukan akses ke sejumlah dokumen online terenskripsi, yang untuk membukanya dibutuhkan password. Tentu saja, file-file tersebut diduga kuat terkait proses pencucian uang oleh para pelaku. Jerih payah otoritas tak sia-sia karena mereka berhasil menyelamatkan tak kurang dari 94 ribu bitcoin curian dari Bitfinex yang dalam enam tahun terakhir berada di bawah kendali para pelaku.

Publik dan para pelaku pasar kripto terperangah atas kejadian ini. Semua bertanya-tanya, sungguhkah aksi kejahatan digital sebesar itu hanya dilakukan oleh dua orang saja atau melibatkan pihak yang lebih luas? Bila pengadilan membuktikan bahwa Lichtenstein dan Morgan sunguh-sungguh bersalah, hukuman 25 tahun penjara menanti pasangan kriminal ini.

Baca juga: 5 Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia

 

Dampak bagi Pasar Kripto

Sisi ketidakpastian dunia kripto jadi kembali tersorot. Integritas mereka yang terlibat di dalamnya dipertanyakan. Di satu sisi, ada kebutuhan akan mata uang dan sistem keuangan digital seiring berkembangnya teknologi. Namun pada saat yang sama, tantangan bagi otoritas keuangan sedemikian kompleks karena keberadaan mata uang digital relatif baru.

Banyak kalangan berpendapat bahwa perkembangan kripto perlu diawasi dan diaudit secara berkelanjutan guna meminimalkan moral hazard dan potensi penyalahgunaan yang lebih besar. Belum lagi, isu keamanan dalam bertransaksi antar dompet digital juga menjadi masalah yang patut mendapat perhatian lebih.

Platform Bitfinex

Di mata pelaku pasar, terungkapnya skandal peretasan Bitfinex menimbulkan was-was dan rasa frustrasi. Hanya dalam tempo beberapa jam setelah kabar Departemen Kehakiman berhasil membekuk Lichenstein dan Morgan, forum trader di Twitter dan Reddit ramai dengan keluh kesah klien Bitfinex yang nominal rekeningnya tiba-tiba menipis.

Sebagian pengguna merasa geram menyusul munculnya pengaman tambahan dalam bentuk otentifikasi dua faktor sementara yang lain menyampaikan rasa kesalnya karena Bitfinex sementara menahan uang mereka alias menutup akses penarikan dana. Kepanikan itu bahkan tercermin dalam harga bitcoin di pasar yang anjlok hampir 20 persen.

 

Selain peretasan exchange, faktor keamanan yang patut diwaspadai dari investasi kripto adalah risiko cryptojacking. Aksi ini bisa menyerang siapa saja karena tidak menyasar kripto tertentu. Bagaimana mekanismenya dan apa yang harus dilakukan untuk menghindari cryptojacking?

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Phutut |  11 Jun 2021

Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri? Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari platform trading tersebut?

Lihat Reply [17]

Untuk Agung...

Anda bisa menghungungi broker yang bersangkutan, bisa jadi ada sistem yang eror atau yang lainnya.

Thanks.

Basir   3 Mar 2016

Ataukah mungkin ini ada manipulasi dari broker? Entah yang mana yang memanipulasi, tapi kalau sampai terbentuk candle yang beda, bukankah ini cukup jadi warning untuk mencurigai broker?

Silvi   4 Mar 2016

Untuk Silvi..

Hal itu bisa terjadi, atau ada sistem/ pengamanan yang jebol oleh lonjakan harga. Jika broker tersebut bertanggung jawab, maka mereka akan melakukan kompensasi.

Thanks.

Basir   8 Mar 2016

Untuk Anto,

Dari hasil penelusuran kami, Fin888 Autotrade adalah perusahaan yang khusus menyediakan layanan copytrade atau robot trading bagi para investornya. Sedangkan untuk broker yang digunakan, pada halaman resminya menyatakan bahwasanya layanan ini menggunakan broker

Samtrade FX sebagai broker utamanya. Samtrade FX sendiri adalah broker forex yang berasal dari Saint Vincent and the Grenadines. Broker ini mengklaim dirinya terlisensi oleh badan regulator FSA (SVG), ASIC (Australia), dan juga FINTRAC (Canada). Meskipun telah terlisensi, agaknya popularitas broker ini kurang begitu menonjol untuk kalangan trader Indonesia.

Kesimpulannya, kami sarankan Anda untuk berhati-hati dan mencari informasi terlebih dahulu mengenai performa dari layanan copytrade yang ditawarkan. Jikapun Anda tertarik untuk mengikuti layanan ini, Anda boleh saja mencobanya. Akan tetapi kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan layanan ini dengan broker lain yang lebih jelas status regulasinya. Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   3 Mar 2021

@ Phutut:

- Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri?

Broker membuat platform sendiri adalah karena policy perusahaan tsb, antara lain untuk promosi agar platformnya bisa dikenal secaa luas. Meski demikian tidak banyak broker yang membuat platform sendiri, kebanyakan menggunakan platform yang sudah eksis seperti Metatrader.


- … Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari pla form trading tersebut?

Bukan, tertapi tergantung dari harga yang diberikan oleh penyedia likuiditas atau liquidity provider dari broker tsb. Harga yang diberikan oleh setiap broker memang bisa berbeda dengan broker lainnya, tetapi perbedaannya tidak jauh.

M Singgih   13 Jun 2021

Rekomandasi platform trading selain MT4 apa ya pak. Yang tampilannya lebih friendly dan mudah dipahami. Matur nuwun.

Anam   18 Jun 2021

@ Anam:

Silahkan Anda coba platform Streamster.

M Singgih   20 Jun 2021

@ Wijaya:

Bisa saja diretas jika peretas tahu nomor Login dan Password Anda. Peretas bisa mentradingkan akun Anda,tetapi tidak bisa menarik dana yang ada di balance karena untuk withdraw harus masuk ke rekening atas nama Anda sesuai dengan saat Anda mendaftar di broker. Mengenai Anda tidak bisa login, mungkin saja si peretas telah mengganti password.

Dalam hal ini Anda memang harus menghubungi CS broker. Kalau tidak direspon Anda bisa komplain ke badan regulator yang memberi regulasi broker tsb.

Kami harap Anda trading di broker yang diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.
Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

M Singgih   15 Sep 2021

Setelah saya baca-baca di situs brokernya, mereka tergulasi IFSC pak. Saat ini sudah saya kirimi email. Bila tidak direspon gimana pak soalusinya? Terima kasih

Wijaya   15 Sep 2021

@ Wijaya:

Jika broker tidak merespon memang harus ke regulator. Menurut kami tunggu saja jawaban dari badan regulator yang seharusnya bertanggung jawab atas broker tsb. Jika ternyata tidak direspon juga, menurut kami Anda harus merelakan dana Anda karna tidak ada cara lain. Anggap saja brokernya scam, dan itu adalah risiko trading di broker yang tidak teregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional.

M Singgih   16 Sep 2021

Baik pak, terima kasih atas sarannya...

Wijaya   16 Sep 2021

Mungkinkan akun MT4 diretas pak? 

Soalnya terakhir login balance saya berkurang 15 dollaran, kemudian, dua hari berikutnya akun trading tidak bisa login.

Sudah menghubungi CS Broker tidak ada jawaban. Bagaimana solusinya?

Wijaya   14 Sep 2021

Saya pengguna Fin888, sejauh ini lancar. Apakah ada insight mengenai Fin888? 

Anto   7 Feb 2021

Kenapa pada tanggal 29 februari 2016 di mt4 saya candle jam 23.00 pair EURUSD terbentuk doji sebesar 260 pip sedangkan di broker lain pada saat yang sama candlenya normal (cuma sekitar 30 pip).

Agung   1 Mar 2016

Apakah broker yang udah teregulasi memungkinkan untuk membuat platform trading sendiri? Sedangkan apakah lebih baik kita trading di platform seperti Metatrader dibandingkan trading di platform yang broker buat sendiri?

Gary N   15 Nov 2022

Apakah broker yang udah teregulasi memungkinkan untuk membuat platform trading sendiri? Sedangkan apakah lebih baik kita trading di platform seperti MetaTrader dibandingkan trading di platform yang broker buat sendiri?

Gary N   15 Nov 2022

Ya, broker biasanya mengembangkan software atau platform tradingnya sendiri. Biasanya platform yang broker kembangkan sendiri memiliki tampilan kurang bagus, kurang familiar dan keterbatasan dibandingkan platform seperti metatrader.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa broker tetap menawarkan platform metatrader meskipun sudah mempunyai platformnya sendiri.

Keduanya bagus, tapi saya pribadi akan tetap menggunakan platform metatrader karena lebih universal dan sudah familiar.

Apapun brokernya, bisa Anda login menggunakan platform metatrader. Saya bisa login akun dari broker X, menggunakan metatrader yang saya download dari broker Y.

Namun, pada platform broker yang dikembangkan sendiri hanya bisa memakai broker tersebut.

Kiki R   15 Nov 2022
 Ryan |  2 Jul 2022

Kalau menurut kalian, antara Indodax dan TokoCrypto mana exchange terbaik untuk trader pemula. Saya mau daftar tapi bingung pilih mana. Minta rekomendasi ya teman-teman. 

Lihat Reply [12]

Exchanger kripto sekarang makin kompetitif ya...

Bahkan pemain lama mungkin harus putar otak agar tetap relavan dalam persaingan.
Saya kenal Crypto pertama kali di Indodax. Tapi jika ada company menawarkan lebih (secara pelayanan, biaya-biaya, dll) tentu saya mau pindah

Tapi...

TokoCrypto sekrang ini kaya Indodax jaman jadul. Verifikasi lama saat bullish market. Bisa dimaklumi karena TokoCrypto masih baru dan masalah verifikasi ini butuh banyak tenaga kerja.

Untuk saat ini , saya lebih memilih Indodax sebagai metode deposit dan kirim crypto ke exchange lain.

Sutresno   3 Jul 2022

Karena aku udah jadi member indodax lebih dari 4 tahun, jadi aku milihnya indodax aja...haha..

Kelvin Anggara   4 Jul 2022

Indodax lebih sederhana, sepertinya memang didesain untuk lokal, sedangkan TokoCrypto lebih ribet sekaligus lengkap...hehe

Terlebih lagi, di TokoCrypto jika ingin melakukan transaksi ada pair nya masing-masing, misalnya mau beli suatu koin tidak semuanya bisa di beli dgn IDR.

Terus saat melakukan transaksi di TokoCrypto selalu ada sisa coin, ini cukup menguras saldo jika sering membeli banyak coin. Thanks

Dion   7 Jul 2022

@Ryan:

Secara legalitas, keduanya sama-sama sudah masuk dalam daftar Platform kripto legal di Indonesia kok pak. Jadi untuk masalah keamanan, bisa dipastikan keduanya terjaga. Setahu saya keduanya juga saat ini menjadi platform dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Saya pribadi juga aktif menggunakan keduanya. Namun kalau untuk pemula saya sarankan mungkin bisa coba ke Tokocrypto terlebih dahulu saja. Selain Interface-nya yang ramah untuk pemula, biaya transaksi, komisi, dll sedikit lebih murah jika dibanding Indodax. Untuk info lebih lanjut, mungkin bisa dibaca pada artikel kami berikut:

Nur Salim   14 Jul 2022

Apakah di Indodax menyediakan fitur staking koin kayak di TokoCrypto?

Zunisa   18 Jul 2022

Apakah BIDR di Tokocrypto sama dengan stablecoin USDT?

Kharisma   19 Jul 2022

BIDR adalah Stablecoin Binance Chain (BEP-2) yang dipatok ke Rupiah Indonesia (IDR).

Nilai dari 1 BIDR setara dengan 1 IDR. Pengguna yang deposit rupiah ke Tokocrypto, akan langsung menerima BIDR. 1 BIDR nilainya sekitar 15,000 rupiah, mengikuti kurs USD/IDR.

Jadi, BIDR berbeda dengan USDT walau sama-sama stablecoin. Karena acuan BIDR adalah rupiah sementara USDT memakai Dolar AS. Nilai 1 BIDR = 0.00006671 USDT

Pelajari di sini: Mengenal Stablecoin dan Perannya di Pasar Kripto

Ananta   20 Jul 2022

@Zunisa:

Setahu saya untuk saat ini belum bisa pak. Stacking saat ini setahu saya masih terbatas pada layanan Exchange yang berbasis di luar negeri. Memang ada beberapa Exchange lokal yang katanya bisa digunakan untuk "Staking", hanya saja koin yang dapat digunakan juga terbatas.

Nur Salim   21 Jul 2022

Kalo dari segi promosi, lebih menarik yang mana ya antara tokocrypto sama indodax? Maklum HODLer receh gini cari peluang cuan tambahan, hehe

Azka   2 Aug 2022

@Azka:

Mengenai ini sendiri sejujurnya saya kurang mengerti. Seharusnya banyak promosi yang berlangsung dari keduanya terutama untuk membidik user-user baru ataupun user lama untuk bertransaksi pada kedua Platform. Kabar terakhir yang saya tahu sendiri, keduanya sempat menghilangkan Fee transaksi untuk beberapa koin. Namun, kalau saya lihat secara sekilas di Feed Instragram maupun Blog Post keduanya, Indodax menurut saya tergolong lebih aktif dalam menyuarakan promo-promo yang sedang ada di Feed.

Promo seperti Cashback saat deposit, kuis-kuis kecil berhadiah, hingga Review aplikasi berhadiah secara berkala di posting di Feed mereka. Di TokoCrypto sendiri isinya lebih banyak perihal edukasi dan info market saat ini. Informasi terakhir yang saya dapat ya hanya pembebasan Fee saat transaksi BTC.

Namun perlu diingat, ini hanya pendapat saya yang dinilai dari Feed Instagram serta Blog Post yang bersangkutan mengingat saya tidak terlalu Update tentang promo. Untuk informasi lebih lanjut sendiri mungkin bapak bisa langsung menanyakan CS yang bersangkutan.

Nur Salim   3 Aug 2022

Kalau bicara soal tools, antara indodax sm tokocrypto lebih lengkap yang mana ya? Terus juga apakah ada event kumpul2 sesama trader dan program afiliasi? Kebetulan saya punya banyak temen yang suka nyobain invest2 aset baru gini

William   30 Oct 2022

Dari segi Tools, Tokocrypto lebih canggih daripada Indodax.

Dari segi member/trader, Indodax jauh lebih maju daripada Tokocrypto. Sebuah laporan pada akhir tahun 2021 menyebutkan jumlah member Indodax sekitar 5 juta, sedangkan Tokocrypto cuma 2 jutaan.

Dari segi event, keduanya sebenarnya sama-sama sering mengadakan. Hanya saja, Tokocrypto masih dalam fase yang lebih agresif, sedangkan Indodax sudah lebih kalem.

Dari segi program afiliasi, Tokocrypto dan Indodax juga sama-sama punya. Untuk membandingkan reward-nya, silakan kunjungi situs masing-masing yang memberikan info lebih aktual.

Informasi lain tentang perbandingan Indodax dan Tokocrypto dapat disimak pada artikel berikut ini.

Aisha   25 Nov 2022
 

Komentar @inbizia

Setahu saya per bulan Juni 2022, exchanger Indonesia yang menyediakan layanan OTC selain Tokocrypto adalah Pintu. Kalau di exchanger internasional, ada Kraken, Binance OTC, Coinbase, Satstreet, Bitfinex, dan Huobi OTC. Untuk mekanisme pembelian dan minimal nominalnya bisa jadi berbeda-beda, sebaiknya dicek saja langsung ke website resmi masing-masing exchanger tersebut.
 Afika |  16 Jun 2022
Halaman: Cara Aman Beli Kripto Jumlah Besar Di Tokocrypto
Broker forex yang bonafide seharusnya tidak meminta setoran dana dulu ketika kita akan menarik dana. Lha wong kita mau ambil dana kita sendiri yang dititipkan pada mereka kok, mosok mesti ngasih duit ke mereka lagi. Kalau ada broker yang minta trader memberi uang dulu agar bisa withdraw, berarti dia scam. Terkait exchange fee, apa ya maksudnya? apakah sama dengan conversion fee (biaya untuk menukar valas ke rupiah atau sebaliknya)?
 Aisha |  4 Aug 2022
Halaman: Masalah Umum Saat Melakukan Withdrawal Di Broker Forex
Bisa dicek apakah broker luar tersebut sudah teregulasi dengan otoritas keuangan di negaranya. Berikut saya rincikan otoritas keuangan di beberapa negara : Amerika dengan NFA dan CFTC Prancis dengan AMF Inggris dengan FCA Jerman dengam BaFIN Cypruz dengan CySEC Perlu diperhatikan juga pengalaman brokernya juga, semakin lama semakin baik. Informasi ketentuan trading juga harus jelas baik dari minimal deposit, leverage, spread, pencairan dana dan sebagainya. Nah, kalau broker forex yang anda pilih tidak memiliki kriteria di atas maka bisa saja broker yang anda pilih itu adalah scam. Paling aman ya mencari tahu apakah sudah terdaftar atau belum di badan keuangan negara tempat broker forex beroperasi.
 Mumun |  18 Oct 2022
Halaman: Halhal Yang Cenderung Disembunyikan Tentang Forex Trading
Berarti bisa dibilang kalau exchange kripto itu brokernya kripto ya? Soalnya dari yang anda berikan informasinya benar-benar mirip dengan broker Forex. Untuk perbedaannya apa ya kalau memang ada, soalnya broker Forex saat ini juga ada sediain perdagangan kripto. Kalau misalnya saya lebih fokus ke kripto lebih memudahkan mana ya antara broker dan exchange kripto?
 Kaito W |  7 Nov 2022
Halaman: Pahit Tapi Nyata Ini Fakta Tersembunyi Exchange Kripto
Sebenarnya bisa dibilang broker Forex masuk ke kripto juga. Jadi awalnya hanya berfokus di Forex dan kemudian merambah ke kripto. Secara taking profit juga kurang lebih sama, bisa saat position buy/long maupun sell/short. Dan pastinya aturan broker dan instrumen yang diterapkan sesuai dengan regulasi yang ada jadi menurut saya kalau untuk trading ya gpp sih makai broker forex aman-aman saja. Tapi saya rasa kalau lebih fokus ke kripto rasanya lebih tepat pakai exchange kripto saja.
 Andri |  12 Nov 2022
Halaman: Pahit Tapi Nyata Ini Fakta Tersembunyi Exchange Kripto
Mungkin coba jual di forum-forum kolektor mata uang kak. Mungkin ada yg minat. Kalo di exchanger biasanya hanya bisa ditukarkan bila uangnya masih berlaku.
 Gerry |  15 Nov 2022
Halaman: Ini Cara Tukar Uang Yang Sudah Tidak Berlaku

Kamus Forex

Scam

Penipuan yang merugikan, baik secara moriil maupun materiil. Dalam forex, label scam umumnya berlaku untuk pihak broker, penjual sinyal trading, maupun penjual robot yang menipu klien.

CySEC (Cyprus Securities and Exchange Commission)

Badan pengatur bursa dan lembaga sekuritas sekaligus regulator broker forex di Siprus. Sebagai negara anggota Uni Eropa, peraturan dan operasi keuangan CySEC mematuhi undang-undang harmonisasi keuangan MiFID Eropa.

Broker Forex


Komentar[1]    
  Ezreal   |   18 Apr 2022

pas baca kronologi awal2 sempet mikir, seru banget nih dijadiin serial netflix, eh ternyata emang disebut juga, hahaha. Ini kudu jadi pelajaran buat semua yang berkecimpung di dunia kripto, terutama bagian pengembang... perhatiin keamanannya. Jangan cuma kejar cuan cuan doank, kudu aware sama kasus2 penipuan dan tukang colong gini.