Market Pagi Ini: Euro Optimis Menyambut NFP, Ethereum Masih Tertahan

Inbizia 5 Aug 2022
Dibaca Normal 4 Menit
berita >   #eth   #ethereum   #eur   #euro   #market   #market-pagi-ini   #nfp
Antisipasi data NFP AS malam ini diwarnai dengan sentimen bullish dari EUR/USD. Sementara itu, teknikal ETH masih mensinyalkan keraguan meski fundamentalnya berbias bullish.

Selamat pagi, para pencari profit! Ekspektasi penurunan dalam NFP mendukung Euro untuk melangkah naik versus Dolar AS. Ethereum sedang mencari kepastian bullish, emas mendapat suntikan permintaan safe haven, sementara indeks saham Indonesia diyakini menguat hari ini.

Bagaimana ulasan lengkap di setiap market? Mari kita bedah satu per satu.

 

Forex

Pagi ini, trader rupanya tak sabar menanti perilisan data ketenagarkerjaan AS. EUR/USD tampak menguat di level 1.0250 meski krisis energi masih mengancam ekonomi Uni Eropa.

Fundamental

  • Dalam proyeksi rilis NFP malam ini, AS diperkirakan menambah 250,000 pekerjaan pada bulan Juli, merosot dari angka bulan Juni yang mencatatkan penambahan 372,000 lapangan kerja.
  • EUR/USD menguat di level tertinggi 13 hari, terpengaruh oleh rilis data ekonomi Jerman pada hari Kamis kemarin.
  • Pesanan Pabrik Jerman turun sebesar 0.4% secara bulanan.
  • Harapan pemulihan ekonomi Uni Eropa turut menambah kekuatan Euro di tengah krisis energi dan pembelian obligasi ECB.

Teknikal

  • Menurut pengamatan David Song dari DailyFX, EUR/USD tampak kembali menguji level 1.0349 yang pernah menjadi zona support.
  • EUR/USD berusaha memperpanjang rebound dari level terendah mingguan (1.0123) dengan break atau close di atas area 1.0370 (ekspansi 38.2%).
  • Namun, EUR/USD dapat mengikuti penurunan garis SMA 50 (1.0375) jika gagal menguji zona 1.0349.
  • Kegagalan bertahan di 0.9952 berpotensi mendorong EUR/USD menuju area terendah Desember 2002 (0.9859), dengan target di bawah level terendah Oktober 2002 (0.9685) hingga 0.9608.

EURUSD

 

Kripto

Market kripto belum terlihat ada pergerakan yang cukup siginifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari Ethereum yang masih diperdagangkan secara terbatas di area $1,600 hingga $1,700.

Fundamental

  • Salah satu Whale kripto, Justin Sun, mengatakan bahwa ia akan mendukung hardfork Ethereum dengan menyumbangkan ETH ke ekosistem setelah peluncuran sukses.
  • Poloniex telah mengumumkan bahwa mereka juga mendukung hardfork Ethereum dengan mendaftarkan dua token hardfork potensial.
  • Coinbase bermitra dengan BlackRock untuk membuat titik akses baru dalam investasi kripto institusional.

Teknikal

  • Harga Ethereum bergerak terbatas di antara $1700 dan $1600.
  • Selama 24 jam terakhir, ETH terdepresiasi lebih dari 4%.
  • Menurut Anushsamal dari NewsBTC, harga Ethereum perlu naik di atas batas harga $1745 agar momentum bullish muncul kembali.
  • ETH saat ini masih bertahan di atas support penting $1500 pada grafik H4.
  • Jika Ethereum bergerak hingga di bawah $1471, ada potensi harga akan terkoreksi lebih dalam hingga ke support sebelumnya yaitu $1300.

Ethereum

 

Emas

XAU/USD mulai melonjak pasca perilisan data Jobless Claims dan neraca perdagangan AS yang defisit. Selain itu, pernyataan Gubernur Bank of England (BoE) terkait kemungkinan resesi di Inggris meningkatkan minat pasar terhadap aset safe haven.

Fundamental

  • Harga emas di pasar spot sempat melonjak hingga ke $1793 pasca pernyataan BoE dan data ekonomi AS yang lemah. Saat ini, XAU/USD masih bertahan di level $1790.
  • Gubernur BoE, Andrew Bailey, mengatakan bahwa Inggris mungkin akan masuk ke jurang resesi dalam beberapa bulan ke depan.
  • Data Jobless Claims dan neraca perdagangan yang defisit membuat Indeks Dolar ditutup melemah di level 105.75.

Teknikal

  • Pada chart daily, XAU/USD akhirnya berhasil menembus garis downtrend. Hal ini membuat potensi bullish menguat kembali.
  • Indikator teknikal Momentum dan RSI kembali mengarah naik ke level positif.
  • Harga emas masih jauh di bawah SMA 200 yang saat ini berlokasi di sekitar $1824.
  • Pada chart H4, indikator teknikal menunjukkan adanya potensi kenaikan lanjutan harga emas. RSI yang sebelumnya berada di garis tengah, saat ini telah mendekati area overbought.
  • Analis FXStreet memproyeksikan XAU/USD masih akan tetap bullish selama bisa bertahan di atas level $1769.

 

Saham

Saham-saham AS menghentikan reli jelang rilis NFP dan data ketenagakerjaan AS lainnya. Namun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tetap optimis karena sentimen bullish yang terus mendominasi sejak awal pekan.

Saham AS

  • S&P 500 turun tipis setelah kenaikannya melambat di sekitar level resistance 4165.
  • Sektor energi mengalami penurunan terbesar karena aksi jual minyak yang tak kunjung reda.
  • NASDAQ 100 berhasil mencatatkan sedikit penguatan di tengah sesi pasar saham yang cenderung beragam. Indeks ini naik 0.44% ke level 13,311.
  • Fokus pasar selanjutnya akan tertuju pada rilis data ketenagakerjaan AS petang ini.

Saham Indonesia

  • Setelah naik selama 4 sesi perdagangan beruntun, IHSG berpotensi menguat kembali.
  • Andri Zakaria Siregar, Head of Technical Analyst Research dari BNI Sekuritas, merekomendasikan ANTM, EMTK, SIDO, dan ASII sebagai kelompok emiten saham yang patut dicermati peluangnya.
  • Menurut Andri, IHSG berpotensi menguat terbatas secara teknikal. Indikator MACD memang terindikasi bullish, tetapi sinyal Stochastic sudah overbought.
  • BBYB tampak rebound dan sudah breakout dari level resistance 1380. Analis Stefanus Mulyadi Handoko mencermati jika pola bullish reversal Inverted Head and Shoulder telah terkonfirmasi, dengan target teoritis di 1800.

 

Untuk mendalami ilmu trading di masing-masing pasar, Anda juga bisa belajar di kumpulan artikel Inbizia.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Nanang |  23 Jan 2012

high n low utk mengetahui Average market, mhn dijelaskan. Patokan high n low dilihat dimana? misal kita dg TF H1 bagaimana open posisinya?

Lihat Reply [4]

Bung nanang,, Untuk mengetahui High Low,, ada pada meta trader dari broker yang anda Gunakan. Anda bisa menghitungnya dengan cara High + Low : 2 = Average market. Jika harga ada di atas Avrage market, maka ada kecendrungan naik. demikianpun sebaliknya. Di TF manapun  High Low bisa dilihat karena ini harga  sedang  diperdagangkan dalam hari tersebut.

Untuk Open Posisi maka anda perlu menambangkan analisa lainnya untuk memperkuat pengambilan open posisi anda. Average market Cocok pula digunakan di TF m1-m5 untuk Trade secara scalper.  thanks

Basir   23 Jan 2012

Untuk Nanang,

Teknik average market (atau harga tengah) sebenarnya hampir sama dengan penerapan teknik Pivot Point (harga tengah). Terdapat banyak cara untuk menentukan titik Pivot Point, namun cara perhitungan yang umum digunakan adalah :

  • PP = (High + Low + Close) : 3

Lalu dari mana kita bisa mendapatkan patokan data High, Low, Close tersebut? Umumnya data tersebut diambil dari sesi perdagangan sebelumnya (Daily). Pengaplikasian PP ini pun terbilang cukup sederhana. Jika harga bergerak diatas titik PP, maka bisa dibilang market bersentimen bullish. Sebaliknya, jika harga bergerak dibawahnya, maka market cenderung bersentimen bearish.

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   24 May 2019

Selama ini perhitungan level harga dengan rumasan tertentu memunculkan pivot ponit, camarilla dan yang lainnya.

Tentunya perlu ada kajian atas apa yang anda maksudkan. namun demikian anda bisa lakukan uji coba. semoga menjadi gaya trading bagi anda sendiri.

Thanks.

Basir   21 Nov 2014

Penghitungan pada average market apa bisa digunakan sebagai pivot point juga?

Nur Salam   21 Nov 2014
 Pery Platypus |  20 Feb 2012

Permisi gan, mau tanya klo pake market average di sesi asia, bagusnya diterapkan jam berapa? dan misalkan harga terendah adalah harga pada saat pembukaan, apakah harga pembukaan dianggap sebagai harga terendah?

Lihat Reply [2]

saat anda buka MT4 maka perhatikan High Low nya. High + Low / 2 = Avarge market.

Jika harga ada di bawah Avarage market harga cendrung turun. Jika harga ada di atas avarage market cendrung naik. sebaik nya di awal sesi. karen jika agak siang cendrung diam. dan akan menuju pasar eropa.
e
harga pembukaan ya harga pembukaan. tentunya 1,2,3 menit ada pergerakan. disitulah anda perhatikan High lownya.

Basir   20 Feb 2012

Untuk Pery Platypus,

Jika ingin menggunakan teknik average market di sesi Asia, maka tentu saja waktu yang ideal untuk mengaplikasikannya adalah disaat sesi Asia berlangsung.

Sedangkan untuk menentukan range-nya, jika harga pembukaan pada sesi sebelumnya adalah harga terendahnya, maka harga pembukaan tersebut adalah harga terendah untuk sesi tersebut.

Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   12 Jun 2019
 Mr Fxto |  16 Apr 2012

master, gimana cara untuk mengetahui market yang sedang mau ada trend?

Lihat Reply [2]

Besarnya volume dari aksi beli atau Jual  dari para pemodal besar itulah yang mempengaruhi pergerakan harga. Kita tidak mengetahui secara pasti trend apa yang akan terjadi. hanya saja dalam MT4 ada beberapa teknikal yang bisa dijadikan alat bantu seperti salah satu contohnya Bolinger band anda bisa perhatikan

thanks

Basir   16 Apr 2012

@ mr fxto:

Untuk mengetahui pergerakan pasar sedang trending atau sideways, bisa diamati dari indikator ADX. Kalau ADX dibawah level 25, bisa dianggap pergerakan sedang sideways. Kalau ada peralihan dari level yang semula di bawah 25 kemudian bergerak ke atas level 25, berarti sedang akan ada trend.
Untuk keterangan yang lebih lengkap, silahkan baca: Cara Menggunakan Indikator ADX untuk Mengetahui Kekuatan Trend

M Singgih   6 Jul 2019
 Ari Nugroho |  18 Apr 2012

br belajar trading,.. mau bertanya ttg heiken ashi,.. seberapa pentingkah heiken ashi diperlukan dalam mengamati pergerakan market,.. kegunaannya sebagai apa?apakah dengan heiken ashi kita dapat menyimpulkan kekuatan arah kemana market dgn melihat TF yg lbh besar,dan heiken ashi itu ada berapa macam,...

Lihat Reply [2]

sebetulnya Heiken Ashi termasuk pola pergerakan candle juga, dan keduanya di temukan oleh orang jepang. Untuk dasarnya anda bisa mempelajari pola pola candle tersebut. 

untuk day trader biasanya mengambil TF H1 karena hal ini dianggap standar. pola h1 mengggambarkan pergerakan candle dalam 24 jam sebanyak 24 candle.

kalaupun ada nama nama lain sebetulnya itu hanya pengembangan dari candlesticknya saja .

Thanks

Basir   18 Apr 2012

Untuk Ari Nugroho,

Silahkan baca panduan lengkap di situs ini. Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   4 Jul 2019
 Arip Sanjaya |  16 May 2012

tolong pak admin bisa jelaskan secara singkat bagaimana cara memprediksi trend market hitungan hari dan mingguan,, saya sering OP pake TF 1 ,, sebaiknya menganalisa trend market menggunakan TF berapa ???

Lihat Reply [2]

Kalau TF 1 berarti per satu menit. Jika anda ingin memprediksi tren harian perhatikan TF D1.  Jika ingin melihat trend mingguan maka lihat TF mingguan. Perlu di pahami jika menggunakan H4, maka sama artinya 1 candle yang bergerak mewakili pergerakan selama 4 jam.  Jika menggunakan D1 , maka pergerakan 1 candle mewakili pergerakan selama 1 hari. Jika menggunakan TF1  ini berarti setiap 1 menit candle akan berubah.

/

anda bisa mempelajari pola pola candle. dan anda bisa padukan dengan tehnikal yang nada gunakan.
thanks

Basir   16 May 2012

@Arip Sanjaya:

Secara sederhana, cara memprediksi trend market harian adalah menggunakan time frame Daily dan memprediksi trend mingguan menggunakan time frame Weekly. Apabila OP pake TF H1, maka cukup menganalisa trend Daily, kemudian OP di H1.  

Kiki R   12 Sep 2019
 

Kirim Komentar Baru