Mengenal Bahaya Cryptojacking dan Cara Mencegahnya

Cahyaning 17 Nov 2021 Dibaca Normal 8 Menit
kripto > scam >   #cryptojacking   #bahaya   #scam   #penipuan
Cryptojacking adalah salah satu metode peretasan yang tidak mudah untuk dideteksi. Tapi, ada beberapa cara mencegah cryptojacking agar tak merugikan Anda.

Kepopuleran mata uang kripto berimbas pada kemunculan berbagai jenis kejahatan cyber. Hal ini sangat merugikan trader kripto yang sudah bekerja keras mengumpulkan pundi-pundi dari pasar digital. Salah satu praktik kejahatan cyber yang semakin merajalela adalah ara-mengatasinya-284657-38" class="extlink">cryptojacking. Uniknya, cara peretasan ini tidak mencuri cryptocurrency. Korban bahkan tak menyadari bahwa dirinya tengah menjadi target cryptojacking. Untuk itu, artikel kali ini akan mengulas lebih lengkap tentang apa itu cryptojacking serta cara mencegahnya.

cara mencegah cryptojacking

 

Apa Itu Cryptojacking

Seperti yang diketahui, salah satu cara paling populer untuk mendapatkan cryptocurrency adalah dengan mining atau menambang. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan hardware dan software yang mumpuni. Untuk mendapatkan alat mining yang berfungsi dengan baik, trader harus merogoh kocek dalam-dalam. Tentu saja tak semua orang bisa membeli alat-alat tersebut untuk mendukung kegiatan mining mereka. Inilah salah satu penyebab yang mendasari lahirnya cryptojacking.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Mining Bitcoin Terbaik

Pada dasarnya, cryptojacking mengacu pada jenis cyber crime yang memanfaatkan komputer orang lain secara ilegal untuk menambang uang kripto. Peretas umumnya melakukan aksi ini melalui phising atau mengarahkan orang lain untuk mengklik tautan berbahaya yang disematkan dalam email atau iklan online. Setelah itu, mereka akan 'mengambil alih' sumber daya perangkat korban untuk melakukan mining. Karena hal ini dilakukan secara diam-diam, tak jarang korban baru menyadari setelah semuanya sudah terlambat.

Pada tahun 2018 silam, beredar 8 aplikasi terpisah yang secara diam-diam menambang cryptocurrency dengan memanfaatkan sumber daya dari pengunduhnya. Aplikasi ini bisa ditemukan di dalam Microsoft Store sebagai aplikasi gratis. Selain itu, terdapat sebuah kode cryptojacking yang tersemat di salah satu halaman website Los Angeles Times, sehingga ketika pengunjung membuka halaman tersebut, mereka tanpa sadar menjadi korban cryptojacking.

Ada beberapa jenis cryptojacking yang beredar:

 

1. Cryptojacking Berbasis File

Jenis peretasan yang satu ini menggunakan email untuk mengakses infrastruktur komputer. Biasanya, email tersebut berisi file yang memancing pengguna untuk mengklik suatu tautan. Agar terkesan meyakinkan, peretas akan menyamarkan diri sebagai badan resmi, seperti bank atau semacamnya. Kemudian korban akan diarahkan untuk mengunduh file yang disematkan di dalam email itu. Biasanya, lampiran akan disamarkan sebagai faktur atau mutasi rekening.

 

2. Cryptojacking Berbasis Browser

Jenis yang kedua adalah dengan memanfaatkan browser populer seperti Google Chrome, Mozilla, Safari, dan lainnya. Peretas bisanya menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat skrip cryptojacking. Skrip inilah yang disematkan ke dalam situs-situs web populer yang banyak digunakan oleh masyarakat. Korban yang terjebak akan secara tidak sengaja menginstal software tersebut ke dalam perangkat mereka. Cara ini pun tergolong cukup susah untuk dideteksi.

 

3. Cryptojacking Cloud

Layanan cloud lebih kompleks untuk diretas, namun bukan berarti tidak mungkin sama sekali. Cryptojacker biasanya mencari kunci API guna mengakses layanan Cloud. Jika langkah mereka sukses, para peretas pun bisa menggunakan sumber daya Cloud untuk menambang cryptocurrency. Namun, langkah ini seringkali dianggap lebih susah dan berisiko untuk diterapkan.

Baca juga: Apakah Mining Bitcoin Masih Menguntungkan Di 2021?

 

Cara Kerja Cryptojacking

Untuk bisa menjalankan praktik ini, peretas harus mendapatkan akses ke CPU korban. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukan sebuah skrip cryptojacking ke dalam hardware yang digunakan. Umumnya, cryptojacking dilakukan bersama teknik phising atau memasangkan tautan berbahaya ke dalam sebuah halaman. Link yang dimaksud bisa berupa iklan, tawaran yang menggiurkan, atau bahkan link yang disematkan dalam email. Peretas akan meletakkan skrip cryptojacking tersebut ke dalam sebuah situs populer agar mereka bisa menjaring lebih banyak korban.

cara mencegah cryptojacking

Terkadang, cyrptojacking juga bisa dilakukan dengan menjalankan skrip di web browser. Metode ini lebih sulit untuk dideteksi karena tidak ada kode digital yang diletakkan pada komputer. Sebagian besar antivirus juga tidak bisa mengidentifikasi program ini karena skrip disematkan pada browser. Berbeda dengan malware lainnya, sistem cryptojacking tak akan merusak komputer ataupun data korban. Namun, mereka mencuri sumber daya pemrosesan komputer.

Baca juga: 4 Koin Kripto Ini Bisa Ditambang Dengan Komputer Biasa

Setelah menyematkan skrip tersebut, peretas akan mulai menjalankan kode di perangkat korban dengan menggunakan kekuatan untuk menghitung hash. Setelah selesai menambang, koin kripto akan ditransfer ke dompet digital mereka.

Perlu diperhatikan pula bahwa cryptojacking tak hanya menginfeksi perangkat desktop, tapi juga Android. Caranya tak jauh berbeda dengan metode yang diterapkan untuk meretas komputer. Namun, serangan di perangkat Android sering terjadi melalui Trojan yang bersembunyi di beberapa aplikasi unduhan dan berpotensi merusak program.

 

Mengapa Cara Ini Banyak Digunakan?

Alasan utamanya adalah karena cryptojacking sangat mudah dipelajari. Praktik ini tak memerlukan keterampilan teknis yang rumit, disebut-sebut sangat murah, bahkan di beberapa dark web ada yang menjual perlengkapan cryptojacking dengan harga $30 saja. Bisa dikatakan, cryptojacking dianggap memiliki risiko kecil namun berpotensi meraup keuntungan besar.

Melalui ransomware, peretas bisa mendapatkan keuntungan dengan rasio sebesar 3 dari 100 komputer yang terinfeksi. Namun jika menggunakan cryptojacking, seluruh komputer yang terinfeksi bisa dimanfaatkan untuk menambang kripto. Apalagi, software ini susah dideteksi, jadi risiko peretas tertangkap juga jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan praktik peretasan lainnya. Meskipun software berhasil ditemukan dalam komputer korban, akan sangat sulit untuk melacak kembali sumbernya. Apalagi karena secara teknis tidak ada yang 'hilang' atau dienkripsi dari komputer.

 

Cara Mencegah Cryptojacking

Mungkin Anda merasa tidak mungkin menjadi korban karena tak memiliki daya komputasi yang cukup. Pada kenyataannya, para peretas tidak menargetkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi saja. Apalagi, saat ini ada banyak cryptocurrency yang bisa ditambang dengan menggunakan hardware apapun, salah satunya adalah Monero. Agar terhindar dari praktik cryptojacking, pelajari cara mendeteksi tanda-tandanya sejak dini:

 

1. Perhatikan Hardware

Cara mencegah cryptojaking yang pertama adalah memperhatikan performa hardware Anda dengan seksama. Cryptojacking cenderung memperlambat kerja komputer, sehingga ini adalah indikasi yang paling mudah untuk tahu bahwa daya komputasi Anda kemungkinan sudah diambil alih oleh cryptojacker. Jika komputer Anda yang biasanya cepat tiba-tiba saja lelet, lebih baik segera periksa lebih lanjut. Performa yang lambat memang tak selalu berarti Anda menjadi korban cryptojacking, tapi ini adalah salah satu indikasi yang bisa membantu Anda mengenali cryptojacking sejak dini.

Baca juga: 5 Kasus Penipuan Kripto Terbesar

 

2. Cek Windows Task Manager

Usahakan untuk menggunakan Windows Task Manager secara berkala guna memeriksa jika ada hal yang janggal di komputer Anda, seperti adanya program yang berjalan di background tanpa sepengetahuan, atau mungkin browser tetap aktif meskipun sudah ditutup. Bisa jadi, program tersebut sedang menjalankan software cryptojacking yang digunakan oleh peretas. Jika hal ini memang terjadi, Anda bisa memanfaatkan Task Manager untuk menghentikan program tersebut secara paksa. Ini merupakan salah satu cara mencegah cryptojacking yang cukup efektif dan cepat.

cara mencegah cryptojacking

 

3. Gunakan Program Antivirus

Selalu gunakan program antivirus yang bisa dipercaya. Beberapa antivirus bisa membantu Anda mengenali malware cryptomining yang ada di hardware. Skrip cryptojacking mungkin tidak terdeteksi sebagai malware oleh program antivirus, tapi jika skrip tersebut sudah mencapai hardware melalui teknik phising, maka antivirus bisa mengenalinya.

 

4. Lihat Tagihan Listrik

Cryptojacking berpotensi meningkatkan biaya tagihan listrik Anda. Sebab, pada dasarnya yang 'dicuri' oleh para peretas adalah sumber daya perangkat Anda. Peretas akan menggunakannya secara terus-menerus, menyebabkan tagihan listrik Anda meningkat pesat. Kalau sudah begini, tentu Anda akan rugi besar karena biaya hidup jadi bertambah. Jika hal ini terjadi, coba cek perangkat yang Anda miliki karena bisa jadi ada software cryptojacking yang sedang bergeriliya di dalam komputer Anda.

 

5. Gunakan Ad-Blocker

Cara mencegah cryptojacking yang lain adalah dengan memasang Ad-Blocker. Tak jarang, peretas menyisipkan skrip cryptojacking di dalam iklan suatu situs. Dengan menggunakan Ad-Blocker, keamanan perangkat jadi lebih terjamin karena iklan-iklan mencurigakan akan dibatasi secara otomatis. Bahkan, saat ini ada beberapa Ad-Blocker yang menyediakan fitur unuk mengenali beberapa skrip cryptojacking di dalam iklan. Selain itu, penggunaan Ad-blocker juga bisa meningkatkan kenyamanan Anda saat berselancar di internet.

 

6. Amankan Komputer

Mengamankan komputer menjadi salah satu cara mencegah cryptojacking yang paling penting. Ada beberapa cara untuk melindungi komputer Anda, yang pertama adalah memastikan firewall Anda sudah diperbaharui. Hal ini bisa melindungi Anda dari peretas yang ingin memanfaatkan sumber daya secara diam-diam. Selain itu, Anda juga bisa mematikan Javascript. Faktanya, peretas bisa menyembunyikan skrip cryptomining di elemen-elemen Javascript. Anda bisa memastikan keamanan Javascript dengan menggunakan extentions atau fitur khusus demi melindungi diri dari cryptojacking.

 

Akhir Kata

Cara mencegah cryptojacking sebetulnya tidak susah, namun dibutuhkan ketelitian serta sikap hati-hati yang kuat. Jika Anda telah menjadi korban cryptojacking, jangan keburu panik. Deteksi apakah ada skrip mencurigakan di dalam sistem Anda, kemudian segera hapus file tersebut. Hal ini dapat mencegah penambangan cryptocurrency lebih lanjut di dalam hardware Anda. Jangan lupa terapkan program antivirus untuk memindai drive agar komputer tetap aman dari ancaman apapun. Modus cryptojacking memang sedikit susah untuk dideteksi, namun bukan berarti tak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

 

Selain melalui peretasan, risiko kerugian juga bisa datang dari penipuan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Dalam praktiknya, kasus scam di dunia kripto kerap mengusung investasi koin baru yang menawarkan profit tetap. Salah satu koronologinya bisa diikuti di Kasus EDCCash, Penipuan Ponzi Berkedok Kripto.

Terkait Lainnya
 

Forum Terkait

 Dedi |  20 Jul 2013

masta.. bagaimana jika mengikuti tren di time frame 4h yang baru saja membentuk.. apakah terlalu bahaya untuk diikuti?

Lihat Reply [3]

Anda bisa ikuti sesuai dengan keyakinan dan analisa anda. Namun lebih baik tetap berhati-hati, gejolak pasar sering terjadi begitu saja. Perhatikan data-data yang akan dirilis.

Thanks

Basir   20 Jul 2013

Analisa tren di tf H4 cocok untuk trading jangka apa kira-kira?
Apa ada rekomendasi time frame berapa yg bisa digunakan untuk pembanding?

Suradi   12 Jan 2014

@dedi :
Untuk time frame 4H tidak berbahaya Pak. Yang berbahaya justru kalau Anda mengikuti begitu saja trend yang terbentuk pada time frame 1 menit atau 5 menit. Sebenarnya semakin tinggi time frame trading Anda akan semakin akurat Pak.

@ Suradi :
Time frame H4 atau 4 jam itu cocok untuk trading jangka menengah Pak. Untuk pembanding, kalau mau simple bisa gunakan time frame daily dan weekly sebagai konfirmasi trend, tetapi kalau mau yang teoritis bisa pakai analisa triple screen yang diperkenalkan oleh trader terkenal Dr.Alexander Elder, yaitu menggunakan time frame yang lebih rendah untuk entry dan time frame yang lebih tinggi untuk konfirmasi. Untuk time frame H4 Anda bisa gunakan time frame 30 menit atau 1 jam untuk entry, dan time frame daily untuk konfirmasi.

M Singgih   9 Feb 2015
 Ibnu Kamil |  10 Mar 2021

Kan banyak tuh kasus penipuan broker lokal, nasabahnya bilang kalau modalnya tiba2 raib. Nah, padahal di brokernya kan bilang kalau ada segregated account, yang uangnya diawasi oleh bappebti dan katanya brokernya sendiri aja ga bisa menggunakan uanh nasabah tersebut. Namun kenapa uang nasabah bisa hilang sampai ratusan juta di broker lokal? Apakah segregated account itu hanya gimik?

Lihat Reply [10]

@ Ibnu Kamil:

Mengenai modal yang tiba-tiba hilang dengan sendirinya, kami belum pernah tahu kalau ada kejadian seperti itu. Setahu kami kejadian yang biasanya merugikan klien adalah modal yang berkurang banyak setelah ditradingkan oleh orang lain, dalam hal ini terkena margin call (MC) dan klien disarankan untuk menambah modal.

 

M Singgih   13 Mar 2021

Kalo "orang lain"nya itu dari marketing broker terkait, apakah saya bisa melaporkan broker tersebut ke pihak berwajib?

Soalnya dia mengiming-iming bakal ada profit yang secara rutin dilaporkan. Namun sampai 3 bulanan lebih lost kontak. Dan akun saya tidak bisa diakses.

Ibnu Kamil   16 Mar 2021

@ Ibnu Kamil:

Mengenai hal tsb, setahu kami bisa diadukan ke Bappebti selaku pengawas perusahaan broker, jika broker tsb memang telah teregulasi oleh Bappebti, dengan disertakan bukti-bukti.

 

M Singgih   17 Mar 2021

Selain dari aspek regulasi, kita dapat mengukur kredibilitas broker forex berdasarkan sedikitnya tiga hal:

  • Relasi antarperusahaan. Umpamanya, broker forex tersebut merupakan anak usaha dari suatu perusahaan keuangan multinasional ternama yang sudah beroperasi dengan baik selama berpuluh tahun. Contohnya seperti Forex.com yang merupakan anak usaha dari Gain Capital (perusahaan sudah go public di bursa saham New York).
  • Rekam jejak. Umpamanya, perusahaan broker yang sudah berdiri selama 10 tahun tentu akan lebih terpercaya daripada broker yang baru berdiri bulan lalu. Lebih baik lagi jika perusahaan berumur >10 tahun itu memiliki reputasi yang baik, ramah pada trader, tidak pernah menunda withdrawal, dan memiliki kualitas eksekusi yang unggul.
  • Tokoh korporat. Umpamanya, perusahaan broker forex tersebut didirikan oleh tokoh-tokoh terkenal yang sering muncul pada forum internasional dan memiliki reputasi yang baik. Contohnya seperti Pepperstone yang dua orang pendirinya (Owen Kerr dan Joe Davenport) merupakan enterpreneur muda ternama di Australia. Contoh yang lebih baru adalah para pendiri Robinhood asal Amerika Serikat.
Aisha   11 May 2022

Halo bu, ketika memilih broker, pastikan Anda memilih broker yang sudah teregulasi.

Caranya, Anda bisa akses ke situs resmi Bappebti, masuk ke menu "daftar pialang berjangka" lalu cek nomor regulasinya. Selain itu, broker resmi Indonesia juga memiliki kantor resmi yang bisa dilacak alamatnya. 

Dengan memilih broker-broker yang teregulasi BAPPEBTI, keamanan dana dan aktivitas trading Anda akan lebih terjamin, karena ada seperangkat peraturan hukum yang mengikat. 

Kami juga telah merangkum rekomendasi broker-broker lokal terbaik di halaman ini.

Ananta   18 May 2022

Halo pak/mas, saya ditawari trading sama temen. Tapi nama brokernya saya rasa asing gitu. Cara ngecek broker Indonesia yang terpercaya gimana ya? Terimakasih sblmnya. 

Vivi   2 May 2022

Apa ciri-ciri broker forex terpercaya selain dari regulasinya?

Nay Nay   10 May 2022

Bagaimana melaporkan kecurangan di broker lokal, dan kepada siapa kita harus melaporkannya?

Yuan GG   7 Jun 2022

Sebelum melaporkannya, pastikan Anda telah mengumpulkan bukti-bukti kecurangan yang terjadi. Anda harus memastikan bahwa poin-poin yang muncul benar-benar kesalahan broker, bukan kesalahan pada trader yang tidak teliti membaca syarat dan ketentuan maupun kesalahan manajemen keuangan.

Jika Anda memiliki kontak Wakil Pialang Berjangka yang menangani akun, catat baik-baik.

Selanjutnya, Anda bisa melaporkan ke Bappebti. Sebaiknya, Anda mengumpulkan terlebih dahulu klien-klien lain yang menjadi korban kecurangan agar laporan bisa lebih kuat. 

Ananta   13 Jun 2022

Broker lokal mana ya yang paling lama beroperasinya dan gaada masalah penipuan nasabah dsb, mohon infonya donk trims. 

Anisah Fatimatuz   21 Jun 2022
 Phutut |  11 Jun 2021

Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri? Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari platform trading tersebut?

Lihat Reply [14]

Untuk Agung...

Anda bisa menghungungi broker yang bersangkutan, bisa jadi ada sistem yang eror atau yang lainnya.

 

Thanks.

Basir   3 Mar 2016

Ataukah mungkin ini ada manipulasi dari broker? Entah yang mana yang memanipulasi, tapi kalau sampai terbentuk candle yang beda, bukankah ini cukup jadi warning untuk mencurigai broker?

Silvi   4 Mar 2016

Untuk Silvi..

Hal itu bisa terjadi, atau ada sistem/ pengamanan yang jebol oleh lonjakan harga. Jika broker tersebut bertanggung jawab, maka mereka akan melakukan kompensasi.

Thanks.

Basir   8 Mar 2016

Untuk Anto,

Dari hasil penelusuran kami, Fin888 Autotrade adalah perusahaan yang khusus menyediakan layanan copytrade atau robot trading bagi para investornya. Sedangkan untuk broker yang digunakan, pada halaman resminya menyatakan bahwasanya layanan ini menggunakan broker

Samtrade FX sebagai broker utamanya. Samtrade FX sendiri adalah broker forex yang berasal dari Saint Vincent and the Grenadines. Broker ini mengklaim dirinya terlisensi oleh badan regulator FSA (SVG), ASIC (Australia), dan juga FINTRAC (Canada). Meskipun telah terlisensi, agaknya popularitas broker ini kurang begitu menonjol untuk kalangan trader Indonesia.

Kesimpulannya, kami sarankan Anda untuk berhati-hati dan mencari informasi terlebih dahulu mengenai performa dari layanan copytrade yang ditawarkan. Jikapun Anda tertarik untuk mengikuti layanan ini, Anda boleh saja mencobanya. Akan tetapi kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan layanan ini dengan broker lain yang lebih jelas status regulasinya. Semoga bisa membantu.

Argo Gold Spotter   3 Mar 2021

@ Phutut:

- Mengapa broker membuat platform tradingya sendiri?

Broker membuat platform sendiri adalah karena policy perusahaan tsb, antara lain untuk promosi agar platformnya bisa dikenal secaa luas. Meski demikian tidak banyak broker yang membuat platform sendiri, kebanyakan menggunakan platform yang sudah eksis seperti Metatrader.



- … Dan terjadi beberapa kasus adanya perbedaan pergerakan harga dari broker 1 dan lainnya? Apakah hal tersebut berasal dari pla form trading tersebut?

Bukan, tertapi tergantung dari harga yang diberikan oleh penyedia likuiditas atau liquidity provider dari broker tsb. Harga yang diberikan oleh setiap broker memang bisa berbeda dengan broker lainnya, tetapi perbedaannya tidak jauh.

M Singgih   13 Jun 2021

Rekomandasi platform trading selain MT4 apa ya pak. Yang tampilannya lebih friendly dan mudah dipahami. Matur nuwun.

Anam   18 Jun 2021

@ Anam:

Silahkan Anda coba platform dari broker Agea, yaitu Streamster. Platform Streamster bisa di-download di sini.

M Singgih   20 Jun 2021

@ Wijaya:

Bisa saja diretas jika peretas tahu nomor Login dan Password Anda. Peretas bisa mentradingkan akun Anda,tetapi tidak bisa menarik dana yang ada di balance karena untuk withdraw harus masuk ke rekening atas nama Anda sesuai dengan saat Anda mendaftar di broker. Mengenai Anda tidak bisa login, mungkin saja si peretas telah mengganti password.

Dalam hal ini Anda memang harus menghubungi CS broker. Kalau tidak direspon Anda bisa komplain ke badan regulator yang memberi regulasi broker tsb.

Kami harap Anda trading di broker yang diregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional, yaitu: : CFTC, NFA, FCA, FSA, FINMA, MiFID, ASIC dan FMA.
Badan regulator yang kredibel adalah yang telah teruji dan diakui dunia, dan memberikan sanksi dengan tegas kepada broker jika ternyata melanggar ketentuan yang telah disepakati. Badan regulator tersebut juga bertanggung jawab terhadap keamanan dana klien.

 

M Singgih   15 Sep 2021

Setelah saya baca-baca di situs brokernya, mereka tergulasi IFSC pak. Saat ini sudah saya kirimi email. Bila tidak direspon gimana pak soalusinya? Terima kasih

Wijaya   15 Sep 2021

@ Wijaya:

Jika broker tidak merespon memang harus ke regulator. Menurut kami tunggu saja jawaban dari badan regulator yang seharusnya bertanggung jawab atas broker tsb. Jika ternyata tidak direspon juga, menurut kami Anda harus merelakan dana Anda karna tidak ada cara lain. Anggap saja brokernya scam, dan itu adalah risiko trading di broker yang tidak teregulasi oleh badan regulator yang kredibel secara internasional.

 

M Singgih   16 Sep 2021

Baik pak, terima kasih atas sarannya...

Wijaya   16 Sep 2021

Mungkinkan akun MT4 diretas pak? 

Soalnya terakhir login balance saya berkurang 15 dollaran, kemudian, dua hari berikutnya akun trading tidak bisa login.

Sudah menghubungi CS Broker tidak ada jawaban. Bagaimana solusinya?

Wijaya   14 Sep 2021

Saya pengguna Fin888, sejauh ini lancar. Apakah ada insight mengenai Fin888? 

Anto   7 Feb 2021
Kenapa pada tanggal 29 februari 2016 di mt4 saya candle jam 23.00 pair EURUSD terbentuk doji sebesar 260 pip sedangkan di broker lain pada saat yang sama candlenya normal (cuma sekitar 30 pip).
Agung   1 Mar 2016
 

Komentar @inbizia

mantab mm emang perlu diterapkan banged gak peduli analisa udah pinter punya tool paling canggih kl mm belom ketat sekali loss bisa bahayakan akun. sebagai trader juga mestinya pinter atur mm kl cuma fokus belajar supaya analisanya bener mending jadi analis aja. trader disini ada profit yg diutamakan bukan sekedar bener apa salah perkiraanya.
 Om Somed |  28 Jul 2014
Halaman: Contoh Money Management Mm Yang Baik
Yang namanya Holy Grail dalam trading itu tidak ada, apalagi sistem yang akurat sampai 100%. Harusnya saat mengamati performa trader lain yang mengaku sukses, Anda juga memperhatikan Track Record-nya, sebesar apa Win Rate-nya, Maximum Drawdown, dan lain sebagainya.
Track Record itu juga sebaiknya ditampilkan di platform portofolio yang sudah terkenal dan kredibel, seperti Myfxbook atau Forex Factory, dan bisa diakses semua orang. Jadi, mempercayai performa trader sukses itu tidak bisa asal hanya dengan melihat apa yang dia tampilkan di Youtube.

Lagipula, ada 2 hal yang perlu Anda pahami di sini. Pertama, sangat mustahil untuk membangun strategi trading dari hanya satu jenis analisa (seperti analisa Candle), tanpa menggunakan metode analisa yang lain sebagai konfirmator. Apabila trading tsb. tidak dilengkapi manajemen risiko, maka justru lebih berbahaya lagi.

Kedua, trading Binary Options itu tidak sama dengan Forex. Jika yang Anda perhatikan itu bisa diterapkan di Binary, maka belum tentu itu juga bisa diterapkan di Forex. Dalam trading Forex, trading 1 menit itu dianggap sangat berbahaya dan hanya berspekulasi.

Jadi sepertinya, channel Youtube itu kurang bisa diandalkan sebagai patokan. Kemungkinan dia hanya trader yang ingin mempromosikan platform Olymp Trade. Hati-hati dengan trader semacam ini.
 Hari Santoso |  13 Dec 2018
Halaman: Tips Membaca Candlestick Simpel Dan Akurat Tak Perlu Hafalan
Sama bahayanya dengan overtrading adalah doubletrading... yaitu overtrading, tapi harga yang dipasang dua kali harga trading sebelumnya. Jadi misalnya kamu trade, terus loss. Emosi. Pengen balas dendam, akhirnya trading lagi (overtrading) dan pasang harga 2x lipat lebih tinggi....
 Surya |  20 Jan 2021
Halaman: Apa Itu Overtrading Dalam Forex

"Namun sebaiknya jangan asal mengikuti bonus sebelum Anda benar-benar paham bagaimana syarat dan ketentuannya."
^
bener banget. Soalnya masih banyak trader pemula yang ga baca syarat dan ketentuan, eh pas bonusnya ga bisa di-withdraw malah bilang broker-nya scam.
 Bogel |  22 Feb 2021
Halaman: Cara Tepat Memanfaatkan Bonus Trading Broker Forex
Kasus penipuan kripto ini emg meresahkan. Apalagi skrg dah bnyk bngt influenser2 dan artis2 yang ngikut, terus kabur ninggal investornya yg nyangkut. Katanya rug pull ta apalag itu.. Cara bedain penipuan ama rug pull gmn ye? Apa kedua hal tsb sama? Thx.
 Yeyen |  4 Apr 2022
Halaman: Kasus Penyalahgunaan Kripto Yang Menggegerkan Dunia
Sekarang ini trading bnyk sekali macamnya, sampe2 susha dikenali mana yg trading mana yg penipuan. Temen2 ane bnyk banget yg diem2 ngakunya trading forex lah, bitcoin lah, gataunya cm nitip modal terus kena tipu. Disuruh baca ilmu kyk gini mana mau. Capek de.
 Adeeee |  11 Apr 2022
Halaman: Apa Itu Trading Ini Cara Main Dan Mengatasi Risikonya
Kirim Komentar Baru
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip