Mengenal SAFT Dalam Dunia Kripto


Nandini 29 Sep 2021 28Dibaca Normal 9 Menit

Setiap hari, ada istilah kripto yang menarik untuk dipelajari, salah satunya adalah SAFT, bentuk investasi dalam bentuk perjanjian. Sudahkah Anda mengenalnya?



Tidak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan suatu program mata uang kripto pastinya tidak lepas dari kerja sama antara pengembang dan investor. Sama seperti bentuk kerja sama lainnya, dibutuhkan sebuah perjanjian.

Dalam transaksi mata uang kripto, ada perjanjian bisnis yang dikenal sebagai SAFT. Sebenarnya, apa itu SAFT kripto? Lalu bagaimana cara kerjanya? Apakah SAFT aman? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

 

Apa Itu SAFT?

SAFT sendiri merupakan kependekan dari Simple Agreement for Future Tokens yang secara harfiah didefinisikan sebagai Perjanjian Sederhana untuk Token Masa Depan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa SAFT adalah sebuah kontrak investasi yang ditawarkan oleh pengembang blockchain kepada investor resmi.

Berhubung SAFT adalah kontrak investasi, kita bisa menganggapnya juga sebagai sebuah aset sekuritas, karena SAFT memenuhi prinsip dasar berinvestasi di suatu perusahaan dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Meskipun terlihat simpel, SAFT sebetulnya tidak sesederhana itu. Untuk menjadi investor SAFT, Anda tidak bisa langsung menempatkan dana ke pengembang. Anda perlu mempertimbangkan hal-hal seperti: apa yang akan dihadapi ke depannya, apakah mata uang digital itu layak diinvestasikan, apakah ada badan hukum yang melindunginya, dll. Oleh karenanya, investor tidak boleh gegabah berinvestasi.

 

Bagaimana Cara Kerja SAFT?

SAFT dianggap sebagai solusi mengatasi ketidakpastian antara pengembang dan investor akan masa depan token yang dikembangkan. Karena itu, SAFT telah memiliki cara kerja yang terstruktur. Mekanismenya adalah sebagai berikut:  

  1. Jika token yang dikembangkan dijual dengan keyakinan akan menjadi utilitas/komoditas di masa depan, kontrak SAFT dapat dibuat sebagai sekuritas yang dijual kepada investor terakreditasi. Kontrak ini memastikan investor untuk mengirimkan token setelah jaringan atau aplikasi yang berfungsi telah dikembangkan dan token dapat digunakan di dalamnya.
  2. Jika kontrak disetujui, pengembang akan mengembangkan jaringan dan mendaftar ke SEC (Securities and Exchange Commission). Di sini, penerbit dan investor akan dihadapkan oleh tantangan baru. SEC atau pengadilan seringkali memutuskan bahwa SAFT adalah bagian dari ICO atau sekuritas.

Cara kerja di atas mungkin sedikit membingungkan bagi investor pemula. Untuk itu, berikut rincian yang bisa Anda pahami dengan lebih mudah:



  1. Pengembang jaringan kripto terdesentralisasi menandatangani perjanjian tertulis atau SAFT dengan investor resmi.
  2. SAFT meminta investor untuk membayar kepada pengembang, dengan harga yang cenderung naik.
  3. Di sini, investor diberi imbalan hak atas token setelah jaringan selesai diaktifkan atau dikembangkan. Selain itu, investor biasanya mendapatkan diskon.
  4. Pengembang mengajukan formulir ke regulator (SEC) terkait pengembangan mata uang digital, tetapi di sini, mereka belum mengeluarkan token pra-fungsional sama sekali.
  5. Pengembang mulai memanfaatkan dana yang digalang dari investor untuk mengembangkan jaringan. Di tahap ini, token pra-fungsional belum dikeluarkan juga. Nah, proses pengembangan ini tidak terjadi dalam waktu singkat; bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.
  6. Setelah fungsi jaringan terbangun, pengembang akan mulai membuat token dan mengirimkan ke investor. Transaksi token pun bisa dilakukan oleh publik di pasar terbuka untuk merealisasikan keuntungan mereka.

Baca Juga: Perbedaan Token Vs Koin Kripto Yang Wajib Anda Ketahui

 

Keamanan dan Peraturan SAFT

Investasi dalam perjanjian SAFT berbeda dengan investasi lainnya. Perbedaan yang paling mendasar ada di tipe investor. Tipe investor yang boleh menanamkan modal di SAFT hanyalah mereka yang terakreditasi. Istilah ini merujuk pada mereka yang secara hukum diizinkan untuk transaksi sekuritas dengan memenuhi persyaratan tertentu. Bisa dibilang, mereka yang bisa investasi di SAFT sangatlah terbatas.

keamanan saft

Beberapa aturan yang mesti dipenuhi oleh investor SAFT antara lain: jumlah pendapatan, kekayaan bersih, pengalaman profesional, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan keamanan dan peraturan SAFT sendiri?

Sama dengan investor, SAFT juga memiliki sejumlah peraturan yang harus dipenuhi karena digolongkan sebagai sekuritas. Oleh karena itu, developer harus memenuhi peraturan yang ada dan memiliki akses ke penasihat keuangan dan hukum. Beberapa developer baru di luar sana masih ada yang belum punya akses ke dua pihak tersebut, namun tetap saja dalam pelaksanaan penggalangan dananya harus sesuai aturan yang berlaku.

Yang perlu digarisbawahi investor, perusahaan yang menjual SAFT hanya menerima dana tanpa menjual, menawarkan, atau menukar token. Sebagai gantinya, investor menerima sebuah bukti dokumentasi yang menunjukkan bahwa investor akan diberikan akses jika ada cryptocurrency atau produk yang dibuat.

Kunjungi juga: 10 Kripto Terbaik Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Untuk keamanannya sendiri, fokus SAFT sedari awal adalah memberikan dana untuk mengembangkan jaringan teknologi blockchain dalam proses pembuatan token fungsional. Jadi, apabila proyek yang dikembangkan gagal, investor harus siap menghadapi risiko kehilangan dana yang tidak bisa dikompensasi.

 

SAFT vs ICO

Saat berselancar di dunia cryptocurrency, Anda pasti pernah dong menjumpai istilah ICO. Bahkan, tidak sedikit juga dari Anda yang masih bingung mengenai definisinya. Secara konsep, SAFT dan ICO sama-sama membahas tentang penggalangan dana. Lalu apa sih perbedaannya?

Pertama, kita lihat dari definisi keduanya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SAFT merupakan sebuah perjanjian investasi yang ditawarkan oleh seorang developer kepada investor terakreditasi. Sementara, ICO atau Initial Coin Offering adalah sebuah cara penggalangan dana melalui penawaran mata uang kripto baru.

Dilihat dari definisinya, kita bisa tahu perbedaannya yang mencolok terletak pada tipe investor. Investor yang boleh ikut investasi SAFT hanyalah mereka yang terakreditasi dengan badan hukum. Artinya, secara hukum, mereka sudah memenuhi syarat tertentu yang sudah berlaku.

Sementara untuk investor ICO, investasi terbuka untuk publik. Artinya, siapa pun orangnya boleh menanamkan modal di ICO karena secara konsep, ICO lebih seperti menawarkan suatu mata uang sebelum mata uang itu diluncurkan. Bisa dibilang, investor membeli mata uang dengan harga di bawah saat peluncurannya.

beda ico dan saft(Simak Juga: Mengapa Sebagian Besar ICO Gagal?)

Jadi, setelah investor menyerahkan sejumlah uang, mereka akan diberi token. Uang yang didapat pengembang akan digunakan untuk mengembangkan jaringan blockchain dan mata uang yang akan diedarkan. Jika harga koin yang diluncurukan nantinya bisa mengalami kenaikan harga di pasaran, kedua pihak akan saling untung, terutama investor.

Hal ini berbanding terbalik dengan SAFT. Investor SAFT tidak akan mendapatkan token segera setelah mereka menyerahkan modal. Seperti yang sudah disebutkan di atas, token akan diberikan setelah jaringan terbentuk dan mata uang mulai dipasarkan.

 

SAFT vs SAFE

Di atas, kita sudah tahu perbedaan SAFT dan ICO. Nah, sekarang, kita akan bandingkan SAFT dengan SAFE. SAFE atau Simple Agreement for Future Equity tergolong investasi baru yang dikembangkan oleh Y Combinator pada tahun 2013.
Definisi SAFE sendiri merupakan perjanjian antara perusahaan dan investor yang memiliki potensi ekuitas di masa depan.

Sama-sama penggalangan dana untuk mengembangkan jaringan kripto baru, perbedaan SAFE dan SAFT yang mencolok terletak pada potensi di masa depannya. Investor SAFT akan menerima token fungsional sebagai gantinya, sedangkan SAFE akan menerima aset yang memiliki potensi ekuitas dan likuiditas.

Untuk mekanismenya sendiri, SAFE dan SAFT cenderung mirip. Investor dan pengembang akan melakukan penandatangan kontrak lalu membahas timbal baliknya yang berupa saham/ekuitas tersebut. Yang perlu Anda ketahui, ekuitas SAFE ini tidak berupa surat utang atau saham biasa, tetapi lebih ke surat perintah untuk mengembangkan jaringan.

Baca juga: Apa Itu Saham Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Di dalam perjanjian pun tidak akan ada bunga tahunan, diskon khusus, atau tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, SAFE memiliki aturan tersendiri seperti SAFT. Pembangian keuntungannya nanti tergantung pada potensi harga suatu kripto di masa depan.

Kesimpulan yang dapat di tarik dari SAFT dan SAFE adalah: SAFT dapat dikonversi menjadi token masa depan sebagai produk, sedangkan SAFE dapat dikonversi menjadi ekuitas.

 

Batasan-Batasan SAFT

Kerangka kerja SAFT tidaklah semudah yang dibayangkan karena harus tunduk dan patuh pada aturan yang ada. Selain itu, SAFT juga memiliki beberapa batasan seperti:

  • Hanya fokus pada hukum Federal AS. Kerangka kerja SAFT dibuat untuk memenuhi kriteria di bawah Undang-Undang dan peraturan Federal AS. Oleh karena itu, SAFT hanya berlaku untuk pasar AS dan dapat dianggap ilegal atau tidak valid di yurisdiksi dan negara yang berbeda. Hal ini menimbulkan kompleksitas dalam kerjasama investor dan perusahaan lintas negara,
  • Hanya dapat diakses oleh investor terakreditasi. Seperti yang sudah disinggung di atas, kerangka kerja SAFT itu terbatas; hanya untuk mereka investor resmi/terakreditasi, bukan investor ritel.

 

Pro Kontra SAFT

Apapun bentuk sebuah kontrak atau perjanjian, pastinya menimbulkan pro dan kontra di mata masyarakat dan terkhusus investor. Nah, berikut daftar kelebihan dan kekurangan dari SAFT.

Pro:

  • SAFT dilakukan melalui proses dua langkah. Kerangka kerja SAFT mampu menghadirkan struktur pembiayaan dan standar pembiayaan token yang sesuai dengan tahap dan tujuan perusahaan. Selain itu, kerangka kerja ini memungkinkan lebih banyak investor institusional lebih optimis ketika berpartisipasi dalam pengembangan token kripto.
  • Sesuai dengan aturan otoritas AS. Standar yang diberlakukan oleh SEC sebagai regulator dapat membantu mengurangi risiko SAFT bagi investor institusional.

Baca juga: Apa Saja Keuntungan Menjadi Investor?

 

Kontra:

  • Token SAFT berpotensi digunakan untuk menghindarkan klasifikasi SEC. Namun, belum ada konfirmasi akan kekhawatiran SEC ini.
  • Kerangka kerja SAFT hanya berlaku dalam lingkup pasar AS. Oleh karenanya, SAFT tidak berlaku secara global, sehingga dapat menghambat kontribusi internasional.
  • Kerangka kerja SAFT tidak mengizinkan partisipasi masyarakat umum atau publik. Hal ini disebabkan aturan yang berlaku hanya menghendaki investor terakreditasi saja.

pro kontra saft(Simak Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Risiko Trading Kripto?)

 

Kesimpulan

Perjanjian SAFT merupakan salah satu cara untuk ikut berinvestasi pada pengembangan dan peluncuran mata uang kripto. Meskipun cukup menguntungkan untuk kedua belah pihak, perjanjian SAFT saat ini hanya berlaku untuk investor resmi di AS. Sama seperti aset investasi kripto lainnya, keuntungan dari perjanjian SAFT tergantung pada masa depan dan kesuksesan peluncuran mata uang kripto itu sendiri.

 

Selain SAFT, ada pula istilah kripto lain yang menarik untuk dipelajari, yakni Bitcoin IRA. Usut punya usut, istilah ini berkaitan dengan jaminan pensiun, lho. Apa hubungan Bitcoin dengan dana pensiun? Pelajari seluk-beluknya di Pro Kontra Investasi Bitcoin IRA.

BANKKPRRitel
Bank Amar Indonesia 13.00% 11.00%
Bank Artha Graha Internasional 10.90% 10.40%
Bank Artos Indonesia 30.23% 30.23%
Bank Bisnis Internasional 8.78% 12.35%
Bank Bukopin 9.31% 9.20%
Bank Bumi Arta 9.98% 10.55%
Bank Capital Indonesia 13.30% 13.30%
Bank China Construction Bank Indonesia 9.89% 9.89%
Bank Cimb Niaga 9.55% 10.10%
Bank Commonwealth 10.75% 10.75%

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden
Kirim Komentar/Reply Baru
10 Cara Menghasilkan Uang Lewat Kripto
10 Cara Menghasilkan Uang Lewat Kripto
Melati   18 Oct 2021   6  
10 Rekomendasi Software Mining Bitcoin Terbaik
10 Rekomendasi Software Mining Bitcoin Terbaik
Cahyaning   12 Oct 2021   20  
Spot Trading Kripto: Bagaimana Untung dan Ruginya?
Spot Trading Kripto: Bagaimana Untung dan Ruginya?
Cahyaning   10 Oct 2021   21  
Apakah Trading Forex Dengan Bitcoin Menguntungkan?
Apakah Trading Forex Dengan Bitcoin Menguntungkan?
Cahyaning   5 Oct 2021   16  
Cara Mudah Mining Chia Coin Untuk Pemula
Cara Mudah Mining Chia Coin Untuk Pemula
Nandini   30 Sep 2021   64  
Cara Trading Kripto dengan Indikator Stochastic
Cara Trading Kripto dengan Indikator Stochastic
Damar Putra   25 Sep 2021   74  
8 Wanita Berpengaruh di Dunia Kripto
8 Wanita Berpengaruh di Dunia Kripto
Melati   19 Sep 2021   32