Tak lama lagi kita akan menyongsong libur akhir tahun! Pasti kamu dan keluarga sudah tak sabar untuk merencanakan agenda liburan untuk akhir Desember nanti. Siapa yang tak senang menyambut liburan Natal dilanjut libur tahun baru, yang bersamaan dengan libur sekolah?

Anda mungkin sudah sadar bahwa selama masa liburan, keuangan cenderung lebih berantakan daripada biasanya. Banyak pengeluaran tak terduga di luar anggaran. Ujung-ujungnya, dana darurat pun terpakai atau yang lebih buruk utang kartu kredit jadi membengkak. Apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasinya?

Mengatur anggaran liburan akhir tahun

Jawabannya adalah merencanakan anggaran jauh-jauh hari dan disiplin mengikutinya. Ikuti tips mengatur anggaran liburan akhir tahun berikut agar manajemen keuanganmu tetap aman pasca-liburan.

 

Apa Saja yang Perlu Dianggarkan?

Menyusun anggaran liburan secara detail mungkin terasa merepotkan. Rasanya hanya ingin rileks tanpa harus membatasi pengeluaran. Namun ingat, semua ini demi manajemen keuangan yang lebih teratur. You can thank yourself later!

Berikut poin penting yang perlu dipersiapkan dalam membuat anggaran liburan:

Membuat anggaran liburan tak berbeda jauh dengan menyusun anggaran bulanan. Namun untuk memudahkan Anda dalam membuat anggaran, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga anggaran liburan Anda tahun ini untuk tetap hemat:

 

Siapkan Liburan sebagai Reward Anda

Liburan akhir tahun adalah momen penghargaan terhadap apa yang Anda kerjakan pada tahun ini. Jadi, sudah sewajarnya Anda memberikan reward atas upaya keras selama satu tahun tersebut.
Karena liburan akhir tahun ini bukan momen insidental atau tiba-tiba, artinya bisa direncanakan jauh-jauh hari. Siapkan berbulan-bulan sebelumnya agar “hadiah akhir tahun” Anda sesuai dengan keinginan Anda.

 

Hunting tiket di Travel Fair

Secara berkala, banyak maskapai dan agen perjalanan yang menawarkan banyak promo. Promo-Promo itu seringkali diberikan pada travel fair. Nah Anda bisa hunting tiket pesawat di travel ini. Bahkan banyak agen wisata yang menawarkan paket bundling, lengkap termasuk tiket pesawat, hotel, paket internet, hingga transportasi di tempat wisata. Tentu saja promo itu ditawarkan jauh-jauh hari sebelum periode keberangkatan. Agar tidak ketinggalan promo-promo ini, Anda bisa follow akun media sosial travel fair yang biasa digelar di kota Anda.

 

Jangan Malas Riset!

Kunci utama untuk mendapatkan harga paket wisata termurah adalah riset. Ya, sebaiknya Anda jangan malas membandingkan paket wisata dari agen atau aplikasi travel. Setidaknya bandingkan harga paket wisata dari 3-4 penyedia.

Menyusun anggaran liburan

Dengan cara ini, Anda setidaknya bisa menghemat 10-20 persen. Coba saja rutin monitor dan bandingkan. Saat dapat harga yang paling cocok, langsung booking saja sebelum kehabisan.

 

Manfaatkan Kartu Kredit Bila Lebih Murah

Bila Anda liburan ke luar negeri, fitur-fitur dari kartu kredit bisa sangat membantu penghematan Anda. Selain lebih praktis, membayar kartu kredit bisa lebih murah dibandingkan membayar dengan uang tunai yang harus kamu tukar dulu di money changer. Pastikan kamu menggunakan kartu kredit di mesin EDC dengan logo yang sama untuk menghindari biaya administrasi yang tinggi.

Tapi ingat, cek secara rutin daftar transaksimu di mobile banking. Jangan sampai melebihi anggaran yang telah ditentukan.

 

Asuransi itu Murah, Tapi Besar Manfaatnya

Untuk proteksi, idealnya manfaatkan paket asuransi perjalanan yang biasanya ditawarkan agen atau aplikasi travel. Kita tak pernah tahu bila sewaktu-waktu ada insiden selama liburan. Asuransi akan menjadi safety net bila ada insiden tak terduga selama perjalanan kita.

Biaya asuransi perjalanan seringnya relatif murah. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu saja, tergantung tujuan dan profil risiko. Manfaat yang diberikan asuransi bisa bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Menyusun anggaran liburan

Pantang Utang Untuk Liburan

Hal ini penting untuk dijadikan pedoman. Liburan merupakan kebutuhan sekunder yang bisa ditunda. Karena tidak bersifat darurat, tidak ada alasan untuk mengambil utang demi liburan akhir tahun.
Bila ternyata bujet Anda tidak cukup untuk liburan ke luar negeri, pilih destinasi dalam negeri saja. Bila dana tidak cukup untuk ke luar kota, Anda bisa liburan di dalam kota seperti ke museum, taman hiburan, dan lain-lain. Yang jelas, jangan sampai utang!

 

Bandingkan Pengeluaran Liburan Tahun Ini dan Tahun Lalu

Anggaran liburan perlu dibandingkan antara tahun ini dan tahun sebelumnya. Tujuannya adalah agar biaya liburan Anda tetap terkontrol dan maksimal. Idealnya kenaikan anggaran tahun ini menyesuaikan dengan kenaikan penghasilan Anda.