Minta penjelasan fakey bar

Andy 1 Apr 2017 1478
halo mastah,
Tolong jelasin mengenai fakey bar, habisnya saya kurang mengerti. thanks
Kirim Pertanyaan Baru
Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 1    

  Reply
M Singgih
4 APR 2017

@ Andy:

Fakey bar adalah bar candlestick yang bersifat palsu atau mengelabuhi (fake = palsu). Dalam hal ini seolah-olah harga akan break (menembus) level resistance atau support setelah terjadinya inside bar (konsolidasi), tetapi ternyata kemudian berbalik arah sehingga trader yang sudah keburu masuk posisi akan salah. Terjadinya fakey bar sering disebut dengan false break atau break level resistance atau support yang ternyata salah.

Untuk menghindari jebakan fakey bar dengan memastikan valid atau tidaknya break bisa digunakan indikator oscillator seperti stochastic, jika terjadi perpotongan kurva %K dan %D maka kemungkinan akan berbalik arah (tidak valid).

Berikut contohnya pada GBP/USD H1 dan USD/JPY H1:



Tampak saat terbentuk fakey bar (false break) pada resistance dan support, kurva %K dan %D indikator stochastic berpotongan dan posisi pergerakan kurva %K (warna biru) dan kurva %D (warna merah) berlawanan dengan sebelumnya, yang menunjukkan terjadinya pergantian arah pergerakan harga.

Keterangan mengenai fakey bar bisa dibaca di:
- Formasi Candlestick Dalam Price Action
- Trading Dengan False Breakout

Selain itu validitas penembusan level resistance atau support untuk menghindari jebakan fakey bar (false break) bisa juga diuji dengan menggunakan strategi double Bollinger Bands (baca: Strategi Trading Double Bollinger Bands).