Forum  > Candlestick Forex

Minta Penjelasan Fakey Bar

  Andy |   1 Apr 2017 |   3081

Halo mastah,
Tolong jelasin mengenai fakey bar, habisnya saya kurang mengerti. thanks

  M Singgih   |   4 Apr 2017

@ Andy:

Fakey bar adalah bar candlestick yang bersifat palsu atau mengelabuhi (fake = palsu). Dalam hal ini seolah-olah harga akan break (menembus) level resistance atau support setelah terjadinya inside bar (konsolidasi), tetapi ternyata kemudian berbalik arah sehingga trader yang sudah keburu masuk posisi akan salah. Terjadinya fakey bar sering disebut dengan false break atau break level resistance atau support yang ternyata salah.

Untuk menghindari jebakan fakey bar dengan memastikan valid atau tidaknya break bisa digunakan indikator oscillator seperti stochastic, jika terjadi perpotongan kurva %K dan %D maka kemungkinan akan berbalik arah (tidak valid).

Berikut contohnya pada GBP/USD H1 dan USD/JPY H1:


Tampak saat terbentuk fakey bar (false break) pada resistance dan support, kurva %K dan %D indikator stochastic berpotongan dan posisi pergerakan kurva %K (warna biru) dan kurva %D (warna merah) berlawanan dengan sebelumnya, yang menunjukkan terjadinya pergantian arah pergerakan harga.

Selain itu validitas penembusan level resistance atau support untuk menghindari jebakan fakey bar (false break) bisa juga diuji dengan menggunakan strategi double Bollinger Bands.

  Musawwir   |   8 Apr 2022

Apa yang dimaksud dengan strategi Fakeout dalam trading?

  M Singgih   |   11 Apr 2022

@ Musawwir:

Keadaan fakeout adalah istilah lain dari false breakout atau keadaan breakout yang ternyata gagal. False breakout adalah keadaan ketika harga menembus level support atau resistance yang terjadi saat konsolidasi, namun tidak

melanjutkan pergerakan arah tersebut. Yang terjadi justru hanyalah lonjakan harga yang begitu cepat namun kemudian

harga kembali bergerak berlawanan arah.

Untuk mengetahui gagal atau tidaknya breakout bisa diamati dari price action yang terbentuk pada level support atau resistance yang ditembus, dan dikonfirmasikan dengan indikator teknikal. Jika ternyata gagal breakout maka harga akan bergerak ke arah sebaliknya. Semakin kuat level support atau resistance yang gagal ditembus, maka akan semakin valid arah pergerakan harga tsb. Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan keadaan false breakout atau fakeout tsb untuk membuka posisi.

Berikut contoh false breakout:

Strategi Fakeout Dalam Trading
Dari indikator MACD dan RSI, breakout level resistance tidak terkonfirmasi, sehingga harga akan berbalik arah dan meneruskan kondisi bearish. Dalam hal ini kita bisa buka posisi sell. Untuk penjelasan mengenai strategi false breakout, silahkan baca: Strategi False Breakout: Peluang Dari Sebuah Kepalsuan

  Ali Azad   |   22 Apr 2022

tidak semua signal yang diterima itu benar, terkadang menerima sinyal palsu, apa yang harus dilakukan ketika menerima fake signal?

  M Singgih   |   24 Apr 2022

@ Ali Azad:

Maksudnya sinyal yang diterima dari signal provider, atau sinyal yang terbentuk dari candlestick pada chart?
Jika yang dimaksud sinyal dari provider, kami tidak bisa memberikan solusi

Tetapi jika yang Anda maksud adalah sinyal dari price action, maka jawabnya adalah Anda harus konfirmasikan sinyal tsb dengan indikator teknikal. Jika memang konform (terkonfirmasi), maka sinyal tsb adalah valid dan bulan fake signal atau false signal.

Untuk penjelasan mengenai cara mengetahui sinyal valid atau false (tidak valid), silahkan Anda baca rubrik tanya jawab ini.

Baca juga: Strategi Trading Ketika Terjadi False Break

  Samsudin   |   23 Jun 2022

Apa bedanya fake bar dan fake out?

  Kiki R   |   23 Jun 2022

@Samsudin: Fakey bar dan fake out pada dasarnya menjelaskan tentang hal yang sama yaitu false breakout.

Nama lain false breakout adalah fakeout atau fake breakout.

Fakey = false
bar adalah salah satu bentuk chart selain candlestick

Jadi fakey bar merujuk kepada candlestick/bar pada saat terjadi false breakout.

Kategori Forum
Info Karir
Kontak Kami
Tentang Kami
Peraturan
Terms Of Use
Privacy Policy
Arsip