Outlook Mingguan Emas: Bullish Menargetkan Resistance 4

Joe Poe 5 Nov 2018 453
Dibaca Normal 3 Menit

Melebarnya defisit perdagangan AS-China menandakan bahwa perang dagang tidak serta merta akan dimenangkan Donald Trump. Hal ini membawa peluang bullish bagi emas.



Latar Belakang Fundamental

Defisit perdagangan AS dengan China melebar selama 4 bulan berturut-turut, dan merupakan yang terbesar dalam satu dekade ini. Mayoritas defisit itu bersumber dari belanja peralatan teknologi, telekomunikasi, dan mesin pesawat terbang, ditunjang pula oleh pembelian barang-barang konsumsi buatan luar negeri termasuk ponsel, mainan, peralatan olahraga, dan pakaian.

Ekspor AS jauh menurun karena China dan negara-negara lain diam-diam melakukan pembalasan pajak impor atas produk-produk Amerika. Tingginya nilai USD juga membuat harga produk buatan AS semakin mahal di pasar internasional. Hal ini mmebuat barang-barang AS tidak kompetitif. Selain itu, ekonomi AS dibebani oleh memburuknya pasar ekuitas yang jatuh ke level terburuk sejak krisis ekonomi 2008 lalu.

Hal di atas merupakan bukti akan lemahnya ekonomi AS. Berangkat dari kenyataan itu, tampak Trump sudah nyaris kalah dan hampir menyerah kepada China. Betul sekali bahwa kebijakannya selama ini telah menimbulkan lebih banyak rasa sakit pada ekonomi AS, seperti apa yang telah saya perkirakan sebelumnya.

Untuk itu, serta-merta Trump mengatakan pada hari Jumat lalu bahwa ia, atas nama AS tentunya, harus membuat kesepakatan dengan China guna mengakhiri perang dagang. Ditambahkan pula bahwa ia akan makan malam dengan Presiden China Xi Jinping di KTT G20. Trump juga dikabarkan telah menyusun rencana perdamaian perdagangan dengan China, karena ia paham sekali bahwa defisit perdagangan dengan China akan terus membengkak jika tidak segera ditanggulangi.

 

Latar Belakang Teknikal

Minggu lalu, harga emas dibuka di harga 1,233. Sempat jatuh hingga nyaris ke titik 1,211, emas akhirnya kembali terbang secepat kilat hingga ke 1,237. Meski demikian, logam mulia mengakhiri pekan lalu dengan ditutup di harga 1,232, selisih 1 USD di bawah harga pembukaannya.

Pada Chart H1, She Channel menunjukkan tren Bullish yang terjal dengan 3 MA Bullish dan 3 MA Bearish. Posisi harga berada sedikit di bawah Daily Pivot, tetapi masih dibayangi oleh Level Resistance penting di 1,243.

Gold H1 - 5 November 2018

 

Sementara pada Chart D1, She Channel juga menunjukkan tren Bullish yang sama kuatnya dengan tren pada Chart H1, dengan 4 MA Bullish dan 2 MA Bearish jangka panjang. Rebound Curve yang masih pada tempatnya, belum menunjukkan tanda-tanda akan berhentinya napas Bullish emas.

Gold Daily - 5 November 2018

 

 

Perkiraan Trading Emas

Dari rangkaian latar belakang fundamental maupun teknikal di atas, saya masih yakin bahwa emas akan Bullish untuk minggu ini. Optimisme tersebut dapat mengarahkan emas untuk terus melanjutkan tujuannya ke R4 1,250, lalu ke tujuan berikutnya yaitu 1,260. Konrfirmasi bisa dilihat pada Resistance penting di 1,243 terlebih dahulu. Seperti biasanya, waspadai juga kibasan jalur Bearish S1 1,220 dan S3 1,210. Selain itu, bersabarlah menunggu lompatan berikutnya, serta jangan lupa memperhitungkan risiko seminimal mungkin dalam menjaga level free margin yang tersedia.



Jangan lupa juga mengobservasi korelasi gerakan harga emas dengan beberapa pasangan mata uang terkait, seperti misalnya EUR/USD, GBP/USD, dan USD/JPY. Boleh ditambahkan pula analisa pada pair GBP/JPY dan EUR/JPY, guna lebih meyakinkan dalam masuk pasar emas.

Selamat Sukses Selalu!

harga emas hari ini



Forum

RenStev (23 Nov 2018)

Sore Admin SF dan Member yg lain. Ijinkan Newbie mengais info dmari. Saya mau tanya,  karena ada puluhan-ratusan indikator dalam analisa teknikal.  1. Kalian pakai indikator apa saja dlm analisa  2. Metode analisa teknikal sprt apa yg kalian  3. Dalam membuat keputusan sblm place order Buy/Sell, urutan indikator apa saja...

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Indikator CCI Dukung Gold Sinyalkan Sell
Indikator CCI Dukung Gold Sinyalkan Sell
Jujun Kurniawan   23 Feb 2021   223  
Gagal konek akun demo
password mana yg harus di masukin... gw buka akun demo, tapi ga bisa konek... login sama password nya salah terus.... terimakasih

Armin 16 May 2015

Reply:

Basir (19 May 2015 13:17)

Untuk Armin...

Karena anda membuka atau menggunakan akun demo, maka anda harus menggunakan Login, Pasword dan server demo. Jika masih tidak bisa maka kemukinan sudah expired. Anda perlu membuka akun demo kembali.

Thanks.

Amin (29 May 2015 17:05)

kalo login platform ya pake nomer akun sama password mt4. biasanya dikasih lewat email atau bisa juga pas habis download itu agan daftar langsung di mt4nya.
Lonjakan Harga Emas Capai Kisaran 1900
Lonjakan Harga Emas Capai Kisaran 1900
Kazuki   6 Jan 2021   193  
Emas Masih Berkubang Di Bawah 1900
Emas Masih Berkubang Di Bawah 1900
Kazuki   15 Oct 2020   311  
Harga Emas Berpeluang Terkoreksi Lagi
Harga Emas Berpeluang Terkoreksi Lagi
Kazuki   19 Aug 2020   412  
Emas Berpotensi Koreksi Menuju Resisten 1
Emas Berpotensi Koreksi Menuju Resisten 1
Jujun Kurniawan   10 Aug 2020   401  
Harga Komoditas Dunia
Harga Komoditas Dunia
Sistem   5 Aug 2020   2763  
Outlook Mingguan Emas: Bullish Menuju Level 1248
Outlook Mingguan Emas: Bullish Menuju Level 1248
Joe Poe   17 Dec 2018   504  
Outlook Mingguan Emas: Lanjut Bullish Menargetkan R7