Outlook Mingguan Emas: Bullish Menuju Level 1248

Joe Poe 17 Dec 2018 503
Dibaca Normal 4 Menit

Menjelang rapat FOMC, pergerakan emas diprediksi menguat jika berhasil menembus Pivot di 1,242.52, dengan target Resistance terdekat di 1,248. 41.



Latar Belakang Fundamental

Situasi Emas kali ini sungguh layaknya pedang bermata dua kali ini. Di satu sisi, kebutuhan akhir tahun akan USD menandakan pelepasan Emas. Di sisi lain, kemungkinan dovish-nya The FED minggu ini hingga awal tahun depan, mensinyalkan potensi kenaikan bagi harga Emas.

FOMC yang bertemu 8 kali per tahun, dan di setiap pertemuannya pasti merilis dot plot untuk prospek kebijakan suku bunga selanjutnya, selalu menjadi salah satu patokan penting untuk menganalisa pergerakan Emas. Tetapi saya justru melihat bukan hal itu sebetulnya yang manjadi pemicu pergerakan harga Emas, karena pemicu sebenarnya justru adalah pasar saham.

Sejauh ini, Emas tampak masih belum bisa menembus harga USD1,260-1,270 per troy ounce. Hal ini karena karena lemahnya pasar ekuitas belum sepenuhnya bisa mendorong The Fed untuk mengubah kebijakan. Bisa jadi, The Fed justru akan mengambil strategi "mundur selangkah" dalam menaikkan suku bunga, atau bahkan malah harus melakukan pemotongan suku bunga guna meningkatkan situasi dan kondisi pasar saham.

Minggu ini, tampaknya Emas punya prospek Bullish yang cukup meyakinkan, dilihat dari konsensus hasil pertemuan FOMC yang khawatir akan adanya lonjakan aksi jual dan volatilitas pasar saham baru-baru ini. Kemungkinan besar, The Fed justru akan menarik kembali perkiraan kenaikan suku bunga mereka. Jika hal itu benar terjadi, bisa kita bayangkan betapa kuatnya dorongan ke atas untuk harga Emas.

Data penting untuk trading Emas minggu ini boleh dikatakan didominasi oleh rilis pengumuman FOMC pada hari Kamis pukul 02:00 dini hari. Berikutnya yang juga cukup berpengaruh adalah Core Durable Goods Orders dan Final GDP.

 

Latar Belakang Teknikal

Kali ini saya mencoba untuk mengupas rasio Emas terhadap pasar ekuitas yang dalam hal ini, dibandingkan dengan NYSE.

GoldvsNYSE

Emas mulai tampak meloncat dan sudah 3 kali breakout dari garis MA 200 sejak Oktober lalu. Walaupun belum bisa menembus level 0.1080 atau bahkan 0.1110, tapi ia sedang mengarah kesana dengan pasti. Ketiga MA 50, 100, dan 200 kini menjadi Support kuat bagi Emas. MACD berikut RSI pun masih menunjukkan Bullish trend.



Sedangkan terhadap USD, seperti tampak pada Chart D1 Metatrader berikut, Emas sempat sedikit tersandung minggu lalu. Logam mulia kemudian mulai merangkat naik kembali setelah memantul di level 1,232.49, yang merupakan Low minggu sebelumnya. Secara mingguan, harga Emas ditutup di 1,237.93, di bawah level Opening 1,248.55. atau minus 1,062 poin. Pada kisaran tertingginya, harga berhasil menyentuh 1,250.42. Range mingguan Emas pekan lalu adalah sebesar 1,793 poin, ada peningkatan dibandingkan dengan 2 minggu sebelumnya.

Gold Daily

SHE channel masih Bullish, terangkat oleh Fibo Cone Support yang lumayan kuat. Fibo Cone Resistance masih sama dengan minggu lalu yang nyaris horizontal. Harga saat ini berada pada posisi 38.2% Fibo Cone. Zoei juga masih konsisten berbentuk "Saw Tooth" Bullish dan belum membentuk formasi Bearish.

Namun, hasil dari perhitungan gabungan indikator menunjukkan posisi -02/10 NEUTRAL-flat, dan Market Sentiment Trend memprediksikan adanya pergerakan Bearish untuk sejenak, sebelumu berlanjut naikuntuk melanjutkan trend Bullish Emas.

 

Perkiraan Trading Emas

Dengan latar belakang di atas, saya melihat Emas masih positif dan mempunyai prospek melanjutkan pergerakan Bullish di minggu ini. Harga akan bergerak sementara waktu secara horizontal, lalu breakout dan melewati PV 1,242.52 sebagai indikator dimulainya langkah maju, guna berlanjut ke Resistance berikutnya di R1 1,248.41. Harga selanjutnya bisa menembus High minggu lalu di 1,250.42, dan menuju ke 1,260 atau bahkan 1,270.

Namun apabila Emas tidak berhasil melewati PV 1,242.52, maka ia akan bergerak Sideways dengan Range antara S3 1,227.79 dan R2 1,253.46. Support terdekat ada di Low minggu lalu (1,232.49).

 

Catatan

Sebagai informasi, saya menulis artikel ini sendiri sebagai ungkapan atas pendapat pribadi, sebagai hasil dari analisa perhitungan matematis indikator yang rancang-bangunnya adalah rekayasa pribadi, buatan saya sendiri, dan untuk saya pakai sendiri. Saya tidak menerima kompensasi apapun, dari siapapun, serta saya tidak memiliki hubungan dan atau relasi bisnis dengan perusahaan pialang atau broker manapun yang produknya saya sebutkan dalam artikel ini.



Adapun indikator prediksi harga yang akan datang ini menggunakan formulasi perhitungan matematis secara linear, dengan algoritma vektor trigonometrik berdasarkan sentimen pasar sebelumnya. Tentu semua ini berfungsi sebagai bahan edukasi dan wacana acuan trading saja; dalam hal ini tidak menjamin tingkat akurasi prediksi.

Salam Sukses Selalu!

harga emas hari ini



Forum

Eddy Spade (25 Sep 2014)

Bgmn cr memanfaatkan break pd sinyal indikator sbg entry & exit poin?

Selengkapnya...


Kirim Komentar/Reply Baru


Indikator CCI Dukung Gold Sinyalkan Sell
Indikator CCI Dukung Gold Sinyalkan Sell
Jujun Kurniawan   23 Feb 2021   223  
Cara Meminimalisir Loss

Bagai mana cara meminimalisir lose? /kerugian 

Ghefary 5 Jan 2019

Reply:

Erik T (07 Jan 2019 15:25)

Untuk Ghefary,

Anda dapat menggunakan Stop Loss pada setiap posisi trading untuk mengontrol kerugian yang terjadi. Banyak cara dan metode yang dapat digunakan untuk menentukan titik Stop Loss level. Salah satu cara yang paling sederhana adalah menggunakan level support atau resisten terdekat sebagai titik kerugian (Stop Loss). Mengenai penempatan dan bagaimana cara menentukan Stop Loss yang ideal, dapat Anda simak di sini.

Semoga bisa membantu.

Lonjakan Harga Emas Capai Kisaran 1900
Lonjakan Harga Emas Capai Kisaran 1900
Kazuki   6 Jan 2021   193  
Emas Masih Berkubang Di Bawah 1900
Emas Masih Berkubang Di Bawah 1900
Kazuki   15 Oct 2020   311  
Harga Emas Berpeluang Terkoreksi Lagi
Harga Emas Berpeluang Terkoreksi Lagi
Kazuki   19 Aug 2020   412  
Emas Berpotensi Koreksi Menuju Resisten 1
Emas Berpotensi Koreksi Menuju Resisten 1
Jujun Kurniawan   10 Aug 2020   401  
Harga Komoditas Dunia
Harga Komoditas Dunia
Sistem   5 Aug 2020   2763  
Outlook Mingguan Emas: Lanjut Bullish Menargetkan R7
Outlook Mingguan Emas: Daya Bullish Mulai Memudar
Outlook Mingguan Emas: Daya Bullish Mulai Memudar
Joe Poe   26 Nov 2018   602