P2p

Apakah P2P Kena Pajak?
Intan     5 Aug 2022
Pajak P2P merupakan topik baru yang masih belum banyak diketahui para pelaku bisnis. Apa saja yang perlu diperhatikan dari pengenaan pajak P2P?
#p2p  #pajak  
Apa Itu P2P Exchange dan Bagaimana Keunggulannya?
Abideva     30 Jun 2022
Esensi P2P Exchange yang tanpa perantara membuatnya dilirik oleh para pelaku pasar untuk mendapat keuntungan dengan lebih mudah dan transparan.
Diversifikasi Pinjaman: Strategi P2P Minim Risiko
Rida     14 Jun 2022
Diversifikasi adalah resep mujarab di kalangan investor. Bagaimana prakteknya bila ini diterapkan pada P2P lending? Adakah kiat efektif untuk membiakkan dana dengan aman dan berkelanjutan?
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #p2p

Karina   14 Apr 2021

Mau coba-coba ikut investasi yang lagi ngetren sekarang, antara investasi reksadana dan P2P Lending, mana yang lebih menguntungkan dan recommended ya kak? Kebetulan saya ingin mengalokasi dana saya ke salah satu investasi tersebut antara Reksadana atau P2P Lending. Budget estimasi 20jt. Mohon sarannya.

M Singgih   14 Apr 2021

@ Tristan:

Dari informasi yang kami dapatkan, investasi di P2P lending, atau sebagai pemberi pinjaman (lender) prospeknya cukup menjanjikan karena saat ini sedang jadi tren. Hanya saja Anda harus menggunakan penyelenggara fintech P2P lending yang sudah terdaftar atau mendapatkan ijin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar dana Anda aman.

- … Dan butuh modal berapa jika ingin investasi di P2P lending?
Dari informasi yang kami dapatkan, dengan modal mulai Rp 100 ribu, Anda sudah bisa terdaftar sebagai pemberi pinjaman (lender).

Mengenai bisnis P2P lending, silahkan baca:

M Singgih   15 Apr 2021

@ Karina:Mengenai P2P lending, saya pribadi belum pernah berinvestasi, dan setahu saya jenis investasi ini masih relatif baru sehingga belum banyak diketahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Untuk produk reksadana sudah dikenal secara luas dan banyak yang mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi di reksadana. Kalau saya pribadi lebih memilih berinvestasi di reksadana.

Mengenai bisnis P2P lending, silahkan baca:

Mengenai reksadana, silahkan baca:

Susilo   16 Apr 2021

Numpang tanya juga, kalo dalam investasi reksadana. Bank kustodian ini siapa ya? Apakah seperti BCA, BRI, BNI, dll gitu?

M Singgih   17 Apr 2021

@ Susilo:

Bank kustodian adalah pihak yang bekerja sama dengan manager investasi perusahaan penerbit reksadana untuk menyimpan modal reksadana para investor. Modal ini berarti seluruh aset yang diinvestasikan oleh investor, termasuk semua jenis saham, obligasi, dll.

Bank kustodian juga harus mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai bank yang bertanggung jawab untuk menyimpan aset investasi reksadana para investor. Bank kustodian juga bertanggung jawab atas administrasi yang berhubungan dengan investor, seperti pengurusan surat konfirmasi jual beli, perhitungan unit, pengalihan, dan pengiriman laporan.

Di Indonesia ada beberapa bank kustodian diantaranya BCA, CIMB Niaga, Citibank, Bank Danamon, Bank DBS Indonesia, dll. Selengkapnya bisa Anda lihat pada daftar bank Kustodian yang terdaftar di OJK berikut.

Subastian   22 Apr 2021

Lama investasi di Reksadana paling ideal berapa tahun pak?

M Singgih   22 Apr 2021

@ Subastian:

Karena reksadana merupakan jenis investasi jangka panjang, menurut kami bisa ditahan minimal setahun.

 

Wahyono   29 Apr 2021

Bunga kompetitif yang ideal untuk bisnis P2P Lending itu di kisaran berapa ya pak?

Anna   3 May 2021

Mohon maaf, apakah maksud Anda berapa besar bunga yang cocok untuk diterima pendana atau penerima dana?

Tidak ada acuan tentang bunga kompetitif yang ideal secara umum untuk bisnis P2P Lending. Bagi pendana, yang terpenting bunga lebih tinggi daripada bunga deposito bank terkini. Bagi penerima dana, tergantung bisnisnya mampu menanggung bunga berapa besar. Itu saja.

Tristan   13 Apr 2021

Apakah bisnis atau investasi pada P2P lending bagus untuk jangka panjang? Dan butuh modal berapa jika ingin investasi di P2P lending?

Mumun   27 Nov 2022

Yang dimaksud p2p ini adalah saya meminjamkan dana saya kepada suatu bisnis lewat perantara

Saya akan mendapatkan return dan bunga sesuai dengan jumlah tingkat bunga yang sudah ditentukan ya? Saya baru tau kalau ini isitilahnya p2p karena sering banget saya temui bahkan pernah saya hampir mencobanya.

Tetapi bukankah dana yang sudah disetor tidak akan bisa ditarik dalam waktu dekat kan, kalau seperti ini lebih baik reksadana saja ya meski bunga agak kecil tapi bisa ditarik setiap saat

Aisha   30 Nov 2022

Dana milik investor dalam P2P memang lazimnya tertahan selama beberapa waktu, atau tepatnya hingga peminjam dana membayar cicilan.  

Apakah ini lebih baik atau lebih buruk daripada reksadana? Yah, itu sih pilihan masing-masing.

Prospek keuntungan P2P itu lebih besar daripada reksa dana, bahkan sampai 20% atau 30% per tahun. Itulah sebabnya mengapa banyak orang suka jadi pendana/investor dalam P2P. 

Namun, potensi keuntungan P2P yang tinggi juga disertai dengan risiko yang tinggi. Ada risiko gagal bayar, juga risiko terkait terkuncinya dana sampai peminjam mengembalikan. 

Kalau kamu nggak suka risiko-risiko itu, maka memang lebih baik berinvestasi dalam reksa dana saja. Tapi, yaaa, jangan berharap memperoleh untung fantastis seperti P2P.

Reply > Lihat[11]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #p2p

  Welly   |   17 Jun 2022   |   Artikel

Kalo P2P Lending itu bisa dibilang nabung gak sih?

Alasan Milenial Investasi di P2P Lending
Linlindua     25 Oct 2021
Peer to Peer Lending (P2P Lending) jadi salah satu jenis investasi yang lagi hits di kalangan milenial. Apa saja alasan yang mendasarinya?
Inilah Ciri-ciri Penipuan P2P Lending yang Wajib Diwaspadai
Linlindua     29 Jun 2021
Keberadaan P2P Lending memang mampu memudahkan masyarakat ketika ingin mengajukan pinjaman. Namun, beberapa oknum tak bertanggungjawab justru menyalahgunakan kemudahan ini untuk melakukan penipuan berkedok P2P Lending terpercaya.
Aplikasi P2P Lending Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Wahyudi     19 May 2021
Tahukah Anda? Investasi Peer to Peer (P2P) Lending rupanya tengah menjadi primadona masa kini. Namun, seperti apakah P2P Lending terbaik dan bisa dipercaya?
Belajar Diversifikasi Bisnis P2P Lending Untuk Meminimalisir Risiko
Nandini     30 Apr 2021
Tahukah Anda? Mencoba melakukan diversifikasi bisnis P2P Lending bisa meminimalisir risiko investasi yang mungkin timbul. Asal Anda tahu caranya, tentu investasi P2P Lending ini bisa menawarkan keuntungan yang menjanjikan.
7 P2P Lending Syariah Terbaik di Indonesia
Linlindua     29 Apr 2021
Hadirnya P2P Lending syariah seolah menjadi angin segar bagi masyarakat yang menginginkan pembiayaan dan investasi syariah. Mulai dari Investree hingga Ethis, berikut 7 P2P Lending syariah terbaik di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan.
Kalkulator P2P Lending
Sistem     9 Apr 2021
Kalkulator P2P Lending ini bisa digunakan secara universal karena tak membatasi bunga, tenor, dan besar pinjaman. Apapun P2P Lending-nya, hitung pendanaan atau pinjaman Anda di sini.
Perbandingan Bunga P2P Lending
sistem     9 Apr 2021
Tertarik berinvestasi atau mengajukan pinjaman di P2P Lending? Jika ya, bandingkan dulu bunga pendanaan dan pinjaman berbagai P2P Lending agar bisa memilih yang terbaik.
#bunga  
Kirim Komentar Baru