Pajak

Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Nandini     16 Apr 2021
Bila Anda memperhatikan harga Bitcoin saat ini, tentu amat sangat menggiurkan ya! Lantas jika Anda berniat untuk menjualnya dan mendapatkan keuntungan, akankah ada pajak Bitcoin di Indonesia? Simak paparannya berikut ini.
Transaksi Turun Akibat Crypto Wrinter, Ketua Aspakrindo Ingin Pajak Setara
Crypholic     11 Oct 2022
Di tengah penurunan transaksi kripto tanah air, ketua Asosiasi Pedagang Kripto meminta kesetaraan pajak kripto dengan exchange luar negeri.
Pemotongan Pajak Dorong Sterling ke Level Terendah Historis
Crypholic     26 Sep 2022
Rencana pemerintah Inggris memotong pajak secara besar-besaran memicu sentimen risk-off dan aksi jual masif terhadap Sterling.
Forum
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #pajak

  Rezky Zahra   |   25 Mar 2018   |   Artikel
Mohon infonya: Saya mempunyai deposito 1.000.000.000. Suku bunganya 6 %, Dengan jangka waktunya 1 bulan. Pajaknya 20 %. Awal saya deposito tanggal 1 maret 2018. Jatuh temponya tanggal 1 april 2018. Tapi saya ingin mencairkan uang tanggal 15 juni 2018. Jadi : berapa pendapatan yang masuk ke rekening saya per-15 juni 2018 dan berapa pula bunga penalty yang dikenakan pada saat saya mencairkan deposito tersebut. Mohon tanggapannya
  Anna   |   26 Mar 2018
Mohon maaf, kami tidak bisa memberikan angka tertentu sebagai jawaban atas pertanyaan Anda, karena:
1. Kami tidak mengetahui rincian perjanjian deposito Anda, apakah Non-ARO, ARO, atau ARO+. Sebagaimana dapat Anda simak di artikel, perhitungan berbeda untuk masing-masing model.
2. Besaran penalti yang dikenakan setiap bank berbeda-beda.
3. Aturan mengenai tanggal pencairan deposito yang berbeda dengan jatuh tempo itu pun berbeda-beda di setiap bank. Ada yang tidak mengenakan penalti, tetapi tidak membayarkan bunga. Ada juga yang mengenakan penalti sekaligus tidak membayarkan bunga.
Untuk mendapatkan jawaban yang lebih jelas, ada baiknya Anda kontak langsung dengan Customer Service bank tempat Anda membuka deposito. Mereka memiliki hak untuk melihat rincian perjanjian deposito Anda, sekaligus dapat membantu memberikan perhitungan jelas mengenai penalti dlsbg yang Anda butuhkan.
  Wawan   |   31 Jul 2018   |   Artikel

Mohon pencerahannya pak, apa yg menjadi pertimbangan menggunakan kredit dgn jaminan deposito/tabungan selain penalty utk deposito blm jt tempo, krn mnrt sy secara ekonomis akan tetap tdk menguntungkan dibanding menggunakan uang kas yg tdk berbunga, ditambah lg ada biaya provisi dan admin bank. Apakah ada hubungannya dgn penghindaran pajak? Terima kasih.

  Anna   |   1 Aug 2018

Sepengetahuan kami, penggunaan deposito sebagai jaminan kredit tidak ada hubungannya dengan penghindaran pajak. Toh ketika bank membayarkan bunga deposito, nantinya akan otomatis dipotong pajak; tak peduli apakah deposito itu digunakan sebagai jaminan kredit atau tidak. Dalam hal pertimbangan Anda, mungkin Anda membayangkan pinjaman tersebut untuk keperluan konsumtif? Jika konteksnya kredit konsumtif, memang mungkin lebih ekonomis jika deposito diambil langsung saja daripada digunakan sebagai jaminan kredit bank. Namun, jika kita berbicara tentang kredit untuk tujuan produktif, maka perkaranya jadi berbeda.

Apabila dana deposito ditarik begitu saja, maka kita akan kehilangan pendapatan bunga, kena penalti, dan rugi Opportunity Cost; padahal usaha yang didanai belum tentu sukses, dan jika bermasalah maka langsung ada perkara likuiditas dalam waktu singkat karena praktis tidak ada persediaan uang sama sekali. Namun, jika deposito digunakan sebagai jaminan kredit bank, kemudian usaha bermasalah, maka bisa diekspektasikan ada rentang waktu cukup lama untuk memperhitungkan cicilan baliknya (dengan ataupun tanpa penjadwalan ulang), plus tetap ada pendapatan bunga deposito yang akan mengurangi beban bunga kredit. Apalagi, kredit dengan jaminan deposito bisa diproses jauh lebih cepat ketimbang kredit dengan kolateral berbeda.

Ini salah satu contoh skenarionya saja. Setiap orang bisa punya pertimbangan berbeda-beda sesuai dengan situasi masing-masing. Karena, ketika kita memperhitungkan untung-rugi, tidak hanya melihat angka-angka nominal saja, melainkan banyak aspek lain, seperti Opportunity Cost dan likuiditas tadi. Jika berdasarkan situasi Anda saat ini, tidak ekonomis menggunakan deposito sebagai jaminan kredit, maka ya jangan lakukan itu. Namun, orang lain boleh jadi memiliki pertimbangan lain, karena situasi mereka belum tentu sama dengan Anda.

  Hasanah   |   20 May 2022   |   Artikel

Apakah transaksi kripto di Indonesia kena pajak dua kali atau double di luar fee trading?

  Xavier   |   6 Jun 2022

Kelihatanya sih gitu gan, cuma kalo agan bisa gak flexing pas profit gede, bisa aman dari pajak. hihihi

  Kuncoro Jati   |   25 May 2022   |   Artikel

Apa akibatnya kalau trader tidak membayar pajak kripto?

  Athar   |   6 Jun 2022

Bantu jawab ya pak:

Dari sisi alur transaksi di platform kripto, dengan sendirinya hal demikian akan membuat transaksi batal karena nampaknya pajak dan biaya trading adalah satu kesatuan, tidak terpisah-pisah.

Di beberapa negara, investor kripto yang menolak untuk membayar pajak atau tidak memasukan investasi kripto dalam laporan pajaknya, dapat mengakibatkan denda, penalti, bunga, audit, dan bahkan sampai terancam pidana. Begitu sih kabarnya.

  Chiko   |   16 Jul 2022   |   Artikel

Apakah beli tanah di metaverse nanti kena pajak? Kalau iya, pajaknya disetorkan ke siapa? Apakah Zuckerberg?

  Novita Sari   |   29 Jul 2022

Untuk saat ini kayaknya beli tanah metaverse doank belum ada pajaknya sih bos. Cuma kan belinya pake cryptocurrency tuh, kalo kalian beli mata uang kriptonya lewat exchanger pasti udah termasuk ke dalam pajak pembelian.

Di Indo sendiri udah banyak exchanger yg teregulasi, jadi kalau transaksi lewat mereka pasti udah sekalian dihitungin pajaknya.

  Novi   |   14 Oct 2022   |   Artikel

Logam mulia memang sudah jadi produk investasi yang digunakan sejak dulu. Kalau orangtua jaman dulu kan membeli produk emas, bisa berupa logam mulia keping begitu atau bentuknya perhiasan. Wujudnya ada yang bisa membuat kita pegang-pegang dan sentuh-sentuh. Tapi, untuk trading begini kan kita nggak memiliki wujud produknya. Terus kita memasarkannya secara virtual.

Lalu, apakah aset kita akan terkena pajak? Dan perhitungan pajaknya apakah sama dengan perlakuan terhadap aset emas secara konvensional?

Indodax Setorkan Pajak Transaksi Kripto Senilai Puluhan Miliar
Crypholic     22 Aug 2022
Indodax dalam laporan terbaru menyebutkan telah menyetor pajak sebesar puluhan miliar rupiah kepada pemerintah. Selain untuk memenuhi aturan perpajakan yang baru ditetapkan, hal ini juga berkontribusi membantu pembangunan Indonesia.
Lagi, Pakar Tuntut Kajian Lebih Lanjut untuk Pajak Kripto di Indonesia
Crypholic     1 Jun 2022
Sejak diberlakukan awal bulan lalu, pajak kripto terus menuai berbagai sorotan. Kali ini, petinggi ABI menghimbau adanya upaya lanjutan agar pengenaan pajak dapat diterima oleh semua pihak.
Pintu Sediakan Fitur Cek Pajak Transaksi Kripto
Crypholic     26 May 2022
Untuk mempermudah pengguna, Pintu menyediakan fitur cek pajak yang akan muncul otomatis di laman pembelian dan penjualan aset kripto.
#pintu  
Bagaimana Cara Menghitung Pajak Kripto di Indonesia?
Rida     18 May 2022
Terlepas dari pro kontra yang ditimbulkan, pemerintah tetap memberlakukan pajak kripto di Indonesia. Berikut cara menghitung pajak sesuai aturan pemerintah.
Tanggung Pajak Kripto, Zipmex Jamin Kenyamanan Berinvestasi
Nadia     17 May 2022
Pemerintah Indonesia mulai memberlakukan pajak kripto per Mei 2022. Zipmex menanggung sepenuhnya biaya pajak kripto pengguna selama bulan ini.
#zipmex  
Aspakrindo Kritik Skema Penerapan Pajak Kripto di Indonesia
Crypholic     28 Apr 2022
Mulai dari kurangnya cover untuk transaksi hingga risiko pemungutan pajak dobel, skema penerapan pajak kripto di Indonesia dinilai masih sangat kurang.
CEO Indodax: Pajak Kripto 0.1 Persen Terlalu Tinggi
Crypholic     6 Apr 2022
Karena diterapkan dua kali untuk satu transaksi kripto, Oscar Darmawan menilai jika pajak kripto 0.1 persen terlalu mahal dan dapat mengancam pertumbuhan adopsi kripto di Indonesia.
Kirim Komentar Baru