Panduan Dasar Indikator BBMA OA Dan Cara Menggunakannya


SAM 24 Jan 2018 32072Dibaca Normal 10 Menit

BBMA OA adalah sebuah indikator teknikal yang ramai digunakan trader Malaysia, Indonesia, dan Brunei. Berikut beberapa panduan dasar penggunaannya.



BBMA Oma Ally (OA) adalah sebuah sistem trading yang dibuat oleh seorang trader asal Malaysia bernama Oma Ally. Beliau sendiri sudah membantu banyak trader sejak 2010 dengan sistem ini. Nama BBMA diambil dari gabungan dua buah indikator trading yang digunakan pada metode ini, yaitu Bollinger Bands dan Moving Average. Dengan penelitian dan pengujian selama bertahun-tahun, dirumuskanlah BBMA OA.

contoh bbma

BBMA OA sudah ramai di kalangan trader Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Komunitas gabungan dari trader Malaysia, Brunei, Indonesia, dan beberapa negara lain yang tercatat pada sebuah grup di aplikasi telegram sudah sampai 2,800 orang, sedangkan di Indonesia sendiri sudah mencapai kurang lebih dari 400 orang. Di kalangan komunitas Indonesia, BBMA OA terkenal dengan tingkat ketajaman entry, waktu floating yang rendah, dan yang paling utama adalah entry berlapis-lapis.

Kunjungi juga: Pusat Belajar Trading Untuk Trader Indonesia

 

Bollinger Bands Dan MA Dengan Banyak Fungsi

Sebelum memasuki BBMA OA lebih dalam, berikut indikator-indikator yang digunakan beserta setting-nya:

indikator bbma

 

Bollinger Bands

Bollinger Bands (BB) merupakan indikator yang sangat penting dalam BBMA OA. BB diciptakan oleh John Bollinger sebagai penentu sentimen, bias dan mengukur volatilitas pasar. Dalam BBMA OA, BB memiliki beberapa kaidah, antara lain:



 

  • BB Sebagai SnR Dinamis Dan Untuk Melihat Volatilitas Pasar

Seperti yang disampaikan di atas, BB dapat digunakan sebagai pengukur volatilitas dan sentimen atau bias pasar. Untuk memperhatikan volatilitas ini, hal yang harus diperhatikan adalah bentuk dari BB tersebut, apakah termasuk BB Mengembang atau BB Mendatar.

Bentuk Bollinger Bands BB

BB Mendatar adalah saat Top, Mid, dan Low BB cenderung sejajar. Ingat, kata cenderung disini berarti tidak selamanya bentuk BB akan terlihat sejajar dengan sempurna. Keadaan datar ini mengindikasikan bahwa market sedang dalam keadaan ranging atau sideway. Salah satu ciri yang paling jelas dari BB Mendatar adalah harga yang sering mondar-mandir dari Top ke Low BB, atau sebaliknya. Perhatikan gambar di bawah ini, bagaimana BB mengawal harga dan me-reject-nya dalam keadaan BB Mendatar.

Bollinger Bands BB sebagai support dan resistance

BB Mengembang adalah saat ketika harga berhasil menembus Top/Low BB dalam keadaan yang membuka. Penembusan BB oleh harga dan diakhiri dengan keadaan close Candle di luar BB yang mengembang, bisa menjadi tanda sebagai momentum baru untuk market melanjutkan perjalanan ke arah tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini saat harga berhasil menembus dan Candlestick (CS) close di luar BB yang sedang mengembang.

Momentum Bollinger Bands

 

  • BB Untuk Melihat Arah Trend

Seperti yang pernah disebutkan di atas, BB memiliki 3 buah garis yaitu Top, Mid dan Low BB. Mid BB disini berfungsi sebagai batas. Coba perhatikan gambar di bawah ini. Perhatikan, saat sedang Up Trend (UP) maka harga condong berada pada bagian atas Mid BB? Sedangkan saat Down Trend (DT) maka harga condong brada pada bagian bawah Mid BB?

Down Trend pada BB

 

Up trend BB atas

 

Moving Average

Moving Average atau biasa disebut MA, merupakan indikator yang merata-rata harga pada suatu periode waktu tertentu dalam suatu pasar. Dalam perkembangannya, MA telah berkembang dengan berbagai macam model perhitungan untuk melakukan sampling dalam mencari nilai rata-rata tersebut. Secara umum, MA berfungsi sebagai pembaca arah trend serta sebagai Support dan Resistance yang dinamis. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. 

Moving Average sebagai filter trend

 

Moving Average reject price

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terdapat 5 buah MA yang akan digunakan dalam BBMA. Masing-masing MA ini memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing dalam BBMA OA. Secara rinci fungsi-fungsi tersebut akan dibahas secara terpisah nanti.

 

3 Kaidah Entry BBMA OA

Dalam BBMA OA, terdapat dua jenis keadaan yang harus selalu diperhatikan. Keadaan pertama adalah saat ada MA5/10 yang keluar dari BB, dan keadaan saat terdapat Candlestick yang close di luar BB. Keadaan-keadaan ini yang mendasari 3 kondisi signal dan entry dalam BBMA OA.

 

1. Extrem

Dalam keadaan kenaikan atau penurunan harga, bukan saja candle yang dapat keluar dari BB, MA pun dapat keluar dari BB. Extrem adalah keadaan saat MA 5/10 keluar dari Top atau Low BB. Extrem yang valid ini ditandai dengan beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat pada gambar di bawah ini.

Extrem BBMA

Keadaan yang dicontohkan di atas adalah syarat minimal sebuah kondisi extrem dinyatakan valid. Keadaan tersebut adalah:

  1. MA 5 atau 10 keluar dari Top atau Low BB.
  2. Terdapat candle Reversal yang close di dalam BB atau sekedar di bawah/atas MA5.

Setelah kedua syarat tersebut terpenuhi, maka pada candlestick nomor 3 lah yang akan menjadi tempat entry kira. Candlestick tersebut diberi nama Candlestick Retest, entry dilakukan saat harga mencoba kembali menembus harga yang sempat menembus Top/Low BB sebelumnya namun tidak mampu. Karena sinyal dan entry ini yang bersifat ekstrim dan berbahaya, maka terdapat TP wajib yang tidak boleh dilanggar terutama untuk pemula. Take Profit atau TP wajib tersebut ada di MA 5/10 yang tidak menembus keluar BB.  Menilik dari contoh yang disajikan di atas, MA 5 High keluar dari Top BB dan syarat yang lain telah terpenuhi maka TP wajib kita berada pada MA 5 Low.

Untuk contoh signal dan entryextrem sendiri dapat dilihat pada gambar di bawah nanti. Seperti yang dijelaskan di atas, sinyal extrem dalam BBMA OA ini tergolong ekstrim dan berbahaya. Kebanyakan sinyal extrem ini hanya digunakan sebagai tanda awal bahwa suatu trend akan segera habis. Sehingga tidak banyak yang menggunakan jenis entry ini, kecuali jika belum paham betul esensi dari trading BBMA OA.

 

2. Market Hilang Volume (MHV)

Market Hilang Volume atau MHV akan berlaku setelah terjadinya extrem. MHV adalah kondisi saat harga sudah tidak memiliki kekuatan untuk meneruskan perjalanan. Sinyal MHV ini biasanya memiliki ciri-ciri candlestick tidak akan mampu menembus kembali Top/Low BB. Untuk contoh MHV bisa diliat pada gambar di bawah ini.

Contoh MMHV

Jika ditelaah dari bentuk pattern dan polanya, MHV ini biasanya berbentuk Double Top, Triple Top, Head and Shoulder, dan Inverse Head and Shoulder. Berikut beberapa list bentuk MHV beserta salah satu contohnya entry-nya. Karena banyaknya jenisnya, diharapkan untuk tidak terburu-buru masuk pada signal ini. Baiknya, tandai setiap harga tertinggi yang tidak dapat menembusi kembali Top/Low BB.

Berikut macam-macam jenis MHV:

jenis-jenis MHV dalam BBMA

 

Berikut salah satu contoh open posisi dari MHV di BBMA OA:

Open posisi MHV

 

3. Reentry

Sebelum memasuki jenis entry yang paling baik dan selamat ini, akan dijelaskan sedikit perihal Candlestick Arah (CSA) dan CandlestickMomentum (CSM).

  • Candlestick Arah (CSA)

Candlestick arah merupakan signal awal perubahan harga yang biasanya terjadi pasca extrem dan MHV. CSA pada BBMA berfungsi sebagai salah satu panduan kita kemana harga akan bergerak dalam jangka waktu dekat. CSA sendiri terbagi 2 yaitu CSA awal dan Kukuh, saat CS close hanya melewati MA 5 dan 10 saja. Sedangkan CSA Kukuh adalah CS close melewati MA 5, 10 dan Mid BB. Contoh CSA dapat dilihat pada gambar di bawah nanti.

  • Candlestick Momentum (CSM)

Candlestick Momentum merupakan signal awal dari suatu market yang mulai memiliki kekuatan untuk bergerak. CSM ini ditandai dengan CS yang close di luar BB (Top maupun Low) yang mengembang. Contoh CSM dapat dilihat pada gambar di bawah nanti.

contoh csa dan csm

CSA dan CSM ini merupakan signal buat kita agar mempersiapkan entry. Bukan entry langsung pada saat terjadinya CSA atau CSM, BBMA mewajibkan kita agar hanya masuk posisi pada MA5/10 High dan Low saja. Sebagai contoh Jika terjadi CSM pada Top BB, kita harus menunggu di MA 5 atau 10 Low dulu untuk melakukan EntryBuy. Perhatikan gambar contoh CSA dan CSM. Saat reentry di CSA Kukuh pada MA 5/10 Low, candle tidak ada yang close menembus MA tersbut. 

reentry pada CSA

Perhatikan pula saat reentry di CSM pada MA 5/10 High berikut ini, candle tidak ada yang close menembus MA tersebut.

Reentry pada CSM

Menurut cik gu Oma Ally, reentry adalah jenis entry paling aman untuk dilakukan oleh pemula. Terutama jika reentry yang dilakukan sesuai dengan arah trend yang sedang berlaku.

 

Trading dengan BBMA

Jadi bagaimana cara trading dengan BBMA? Setelah dijelaskan beberapa signal, setup dan entry di atas, diperbolehkan mengikuti dan masuk dalam setiap kondisi-kondisi market tersebut. Ada juga beberapa trader BBMA yang menyediakan akun-akun yang berbeda untuk setiap entry, dan memang ada yang hanya menguasai satu jenis entry saja.

Jika ingin trading dengan semua entry yang dijelaskan di atas, harap dilakukan jika benar-benar sudah menguasai masing-masing jenis entry, baik urutan terjadinya, jenis-jenisnya, setupnya, dan jangan lupa untuk hanya masuk suatu posisi di MA5/10 High/Low.

 

TL;DR

Malas membaca tulisan di atas? Kami telah merangkup sedikit dalam diagram BBMA OA di bawah ini:

Diagram BBMA

 

Sebagai contoh dari diagram BBMA di atas:

  1. Harga Bergerak menembus Top BB, MA5 keluar dari BB dan terjadi extrem lengkap dengan berbagai syaratnya. Saat semua syarat terpenuhi, entry di Candle Retest.
  2. Setelah Candle Retest, harga pasti akan kembali ke MA5/10 Low tempat dimana kita wajib menutup posisi.
  3. Setelah extrem terpenuhi, harga akan berusaha untuk mencoba kembali membuat momentum ke atas. Jika harga tidak mampu membuat momentum kembali dengan menembus Top BB maka tandai Body tertinggi candle retest. Entry Saat candle retest tersebut. NB: MHV memiliki banyak jenis. Jangan lupa perhatikan pola candle-nya.
  4. Setelah terjadi MHV, harga akan membuat arah baru dengan langsung membentuk CS Arah Kukuh atau hanya CS arah biasa.
  5. Entry dari CSA dengan menggunakan signal reentry di daerah sekitar MA5/10. Ingat syarat-syarat reentry!
  6. Setelah reentry harga akan membuat momentum dengan arah baru. Momentum terjadi dengan adanya closecandle melewati Top atau Low BB. Hal ini merupakan signal untuk bersiap-siap melakukan reentry.
  7. Entry dari CSM dengan menggunakan signal reentry di daerah sekitar MA5/10. Ingat syarat-syarat reentry.
  8. Jika harga terus melanjutkan perjalanan, maka lakukan terus reentry di tempat-tempat yang sesuai. NB: Ingat hanya boleh open posisi di MA5/10.
chart lengkap bbma

 

Ekstra: Setelah reentry pada CSM diselesaikan dan menjadi trend yang kuat, akan selalu terbentuk sideway (BB Datar) sebelum harga melanjutkan perjalanananya. Disinilah peluang kita untuk melakukan reentry berulang-ulang.

BBMA Extra

 

What’s Next?

Hal yang dituliskan pada artikel ini hanyalah basic dari cara penggunaan BBMA OA. Masih terlalu banyak hal yang bisa dibahas mengenai BBMA OA dan tidak mungkin diselesaikan dalam satu artikel ini. Hal-hal tersebut seperti fungsi masing-masing MA, bagaimana mengetahui bahwa MHV, CSA, atau reentry itu valid, bagaimana melihat BBMA dengan multi-timeframe, atau mungkin bagaimana cara agar bisa open posisi seperti gambar di awal artikel ini tadi? Kalian bisa langsung ikut di komunitas "BBMA Indonesia" pada aplikasi Telegram. 

Entry berlapis-lapis BBMA

Advertisement


Forum

Gunawan (02 Jun 2012)

Salam master..mo numpang tanya baru belajar ni master, yang di maksud kondisi breakout yg gimana master sama ada kata2 sudah terbentuk triangle apa maksudnya.? beri contoh ya master..terima kasih master..

Selengkapnya...

Advertisement

Saat Anda mengalami kerugian beruntun, segala keraguan dan ketidakpastian akan menyeruak dan membuat Anda sangat ragu untuk menarik pelatuk (entry). Rasanya tak ada satupun yang berjalan dengan benar. Itu adalah sesuatu yang harus Anda kontrol.

Bill Lipschutz

Ketika mendapat profit, kita jadi lebih berhati-hati. Sedangkan ketika mengalami kerugian, kita justru mulai mengambil risiko lebih banyak dan rugi lebih banyak lagi.... Jadi, trader perlu memutuskan apakah mereka bisa menanggung risiko dan apakah mereka bisa mengambil keputusan dengan cepat sebelum trading.

Paul Rotter

Pada dasarnya, forex dan saham tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah risikonya.

Ellen May

Ketika Anda benar-benar percaya bahwa trading hanyalah sebuah permainan probabilitas yang sederhana, konsep seperti benar dan salah atau menang dan kalah tidak lagi memiliki makna yang sama.

Michael Covel

Trader cerdas akan selalu paham dan mengikuti latar fundamental dari instrumen tradingnya, namun untuk mengenali level entry dan exit, ia akan menggunakan analisa teknikal

Kathy Lien

Tekunilah proses dari setiap proses, kerjakan, rencanakan, investasikan waktu Anda dengan bijak, jadilah produktif, dan jangan buang-buang waktu.

Chris Lori

Cara membangun return jangka panjang adalah dengan melindungi modal dan memaksimalkan profit.

Stanley Druckenmiller

Trading bukanlah hanya soal melindungi modal dari kerugian, melainkan juga melindungi diri dari diri sendiri.

Kim Krompass

Untuk menjadi sukses, trading-lah seperti Anda memulai usaha, jangan perlakukan trading sebagai hobi atau pekerjaan rutin. Kalau cuma hobi, tak ada komitmen belajar, dan akhirnya Anda cuma buang-buang uang. Sedangkan kalau diperlakukan sebagai pekerjaan, trading bisa membuat Anda frustasi karena di sini tidak ada gaji bulanan.

Jean Folger

Saya hanya kaya karena saya tahu kapan saya salah. Pada dasarnya saya bisa bertahan dengan mengakui kesalahan-kesalahan saya.

George Soros

Kehancuran emosional hampir sama buruknya dengan kehancuran finansial.

Kim Krompass

Saya tahu kemana saya akan keluar bahkan sebelum saya masuk (pasar).

Bruce Kovner

Charting itu agak mirip dengan berselancar. Anda tak perlu banyak tahu tentang fisik gelombang untuk menangkap sebuah ombak yang bagus. Anda hanya perlu mampu merasakannya ketika (ombak) itu terjadi dan memiliki keberanian untuk beraksi di saat yang tepat.

Ed Seykota

Saya selalu percaya bahwa passion yang diikuti kerja keras dan doa akan membuahkan hasil yang baik di segala bidang, termasuk forex.

Buge Satrio

Yang penting bukan masalah benar atau salah, tapi seberapa besar profit Anda ketika benar, dan seberapa banyak loss Anda ketika salah.

George Soros

Anda bisa memperkirakan apa yang terjadi. Tapi bila Anda tidak punya parameter trading, maka sebaiknya jangan masuk hanya karena peluangnya terlihat oke, atau karena seseorang mengatakannya.

Carolyn Boroden

Untuk pemula disarankan lebih baik trading saham dahulu, kalau sudah profit konsisten baru mencoba forex, emas, atau lainnya. Kalau dari awal sudah nekat trading forex, emas, apalagi indeks tanpa bekal ilmu yang cukup, boleh jadi sebentar saja uangnya langsung amblas,

Desmond Wira

Tak ada satupun aturan trading yang bisa 100% profit sepanjang waktu.

Jesse Livermore

Trader yang benar-benar (ingin) sukses haruslah berkomitmen untuk mendalami dunia trading, dan menganggap uang sebagai bonus sampingan.

Bill Lipschutz

Saya akan selalu mengurangi posisi ketika loss. Dengan begitu, saya hanya akan memiliki posisi kecil saat trading berakhir buruk.

Paul Tudor Jones

Orang yang tradingnya maksa seringkali berujung pada kegagalan. Disyukuri saja profit yang sudah didapat hari itu. Jangan kemaruk.

Desmond Wira

Dalam berinvestasi Anda harus tahu betul apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan berpeganglah hanya pada apa yang Anda ketahui.

Warren Buffett

Memilih time frame rendah untuk kemudian mengolah cara trading jangka pendek bukanlah tindakan memalukan apalagi sebuah dosa.

Barbara Rockefeller

Saya tak banyak melihat korelasi antara trading yang bagus dan kecerdasan. Beberapa trader terkemuka cukup cerdas, tetapi beberapa diantaranya tidak.

William Eckhardt

Masuklah pasar hanya saat pasar trending; jika bullish Anda harus buy, jika bearish masuk posisi sell. Cuma cara itu yang bisa menghasilkan keuntungan sebenarnya.

Jesse Livermore
Kirim Komentar/Reply Baru

Reply Pembaca : 16    

Kurniawan
30 JAN 2018
Kapan ini rilis artikel kelanjutan untuk BBMA?
M Zainul
31 JAN 2018
Masih sedang dalam penyusunan bang. Sabar ya
Kurniawan
31 JAN 2018
Makasih kakak
M.muslim
2 APR 2018
jadi entrynya lewat rejection hilo ma 5/10?
M Zainul
3 APR 2018
Secara simplenya begitu bang. Tapi untuk cara susah dan ampuhnya juga ada
M.muslim
7 APR 2018
lalu aturan exitnya bagaimana?
M Zainul
9 APR 2018
sinyal extrem = ma5Sinyal mhv = mid bb atau top/low bbSinyal reentry = top/low bb
Terima kasih
M.muslim
11 APR 2018
ditunggu post berikutnya/ ciri2 entry valid?
M Zainul
11 APR 2018
Siap pak. terima kasih atas kesabarannya. Mungkin bisa join2 di grup telegram BBMA indonesia pak buat belajar2. Di sana semua materi dibagikan gratis kok.
M.muslim
11 APR 2018
wah gapunya telegram. saya masih bingungnya itu tp sama cutlossnya bagaimana?
M.muslim
6 MAY 2018
entry retest mhv dimana ya???
Ahmad
16 JUN 2018
silahkan bergabung di telegram @bbmaindonesia disana dibahas materi lanjutan dari dasar materi ini .... sekaligus live trading.
M Zainul
13 JUL 2018
Link untuk join channel sudah saya sematkan di artikel. Terima kasih bang matt
Ahmad
9 NOV 2020

makasih atensi dan penghargaannya pak Zainul, semoga sukses menggunakan BBMA OA

Yusuf
12 JUL 2018
Salut dengan bang Zainul sudah mau berbagi ilmu seputar forex lewat artikel ini, makasih bang sangat bermanfaat buat sy.
M Zainul
13 JUL 2018
Terima kasih atas apresiasinya.
Kirim Komentar/Reply Baru
Bagaimana Cara Scalping Dengan Parabolic SAR?
Bagaimana Cara Scalping Dengan Parabolic SAR?
Cahyaning   30 Sep 2021   87  
3 Cara Trading Dengan CCI Yang Wajib Anda Tahu
3 Cara Trading Dengan CCI Yang Wajib Anda Tahu
Cahyaning   5 Aug 2021   291  
5 Cara Trading Bitcoin Dengan MACD
5 Cara Trading Bitcoin Dengan MACD
Cahyaning   30 Jul 2021   201  
Cara Melihat Peluang Pasar dengan MACD dan RSI
Cara Melihat Peluang Pasar dengan MACD dan RSI
Cahyaning   19 Jul 2021   349  
Tips Pintar Menggunakan Indikator Momentum
Tips Pintar Menggunakan Indikator Momentum
Nandini   30 Jun 2021   414  
3 Tips Trading Dengan Indikator RSI
3 Tips Trading Dengan Indikator RSI
SAM   3 Jun 2020   23127  
Indikator Yang Sering Digunakan Trader
Indikator Yang Sering Digunakan Trader
SAM   3 Jun 2020   15784  
Cara Membaca Indikator Stochastic Menurut 3 Macam Fungsinya
Cara Membaca Indikator Stochastic Menurut 3 Macam Fungsinya
Wiji Purnama   24 Aug 2017   67561