Pengaruh Harga Minyak Terhadap Harga Emas

SAM 23 Apr 2013
Dibaca Normal 3 Menit
bisnis > emas >   #harga-emas   #harga-minyak
Logam mulia emas dan minyak memiliki hubungan yang cukup kuat karena sama-sama diperdagangkan dalam Dolar AS.

Perkembangan harga minyak yang terus melonjak akhir-akhir ini akan membawa pengaruh terhadap kehidupan iklim berinvestasi. Hal yang paling utama adalah apakah pemerintah akan turut menyesuaikan harga minyak/BBM di dalam negeri atau tidak. Jika ya, tentu saja kondisi perekonomian bisa sangat berbeda. Biasanya kenaikan BBM, akan mengakibatkan naiknya biaya produksi, naiknya biaya distribusi dan menaikan juga trend inflasi.

Pengaruh Harga Minyak Terhadap Harga Emas (Baca juga: 5 Perusahaan Tambang Emas Terbesar Di Dunia)

Harga barang-barang menjadi lebih mahal, daya beli merosot, karena penghasilan tetap. Ujungnya perekonomian akan stagnan dan tingkat kesejahteraan terganggu. Hal-hal di atas terjadi jika harga BBM dinaikkan, Bagaimana jika tidak? Subsidi pemerintah terhadap BBM akan semakin meningkat juga,mengapa? Meskipun negara kita merupakan penghasil minyak, dalam kenyataannya untuk memproduksi BBM kita masih membutuhkan impor bahan baku minyak juga.

 

1. Tren Pergerakan Harga Minyak Mentah (Crude Oil) Dunia

Contoh di bawah ini yang ditunjukkan pada gambar, harga minyak bergerak naik mulai bulan September 2010 sampai bulan April 2011. Sedangkan pada periode berikutnya, yaitu mulai bulan Mei 2011 sampai dengan Mei 2012, harga minyak bergerak naik turun. Harga minyak mentah dijual paling mahal pada bulan April 2011 dan bulan Maret  2012. Sedangkan harga jual termurah terjadi pada bulan Februari, Juni, dan Juli 2010.

Harga Minyak Mentah Dunia 2010 -2012

 

2. Tren Pergerakan Harga Emas

Pergerakan atau perubahan harga emas selama dua tahun lebih dari bulan Januari 2010 sampai Mei 2012 dapat dilihat pada gambar di bawah. Harga emas dinyatakan dalam Dollar Amerika per ons. Secara umum dapat dikatakan bahwa kecenderungan harga emas bergerak naik terus sepanjang dua tahun lebih. Walaupun dalam jangka pendek, untuk periode antara satu sampai dengan tiga bulan, harga emas menunjukkan pergerakan naik turun.

Harga Emas Periode 2010 -2012

 

3. Pengaruh Perubahan Harga Minyak Mentah Terhadap Emas

Pengaruh perubahan harga minyak mentah terhadap perubahan harga emas dapat dilihat pada gambar di bawah. Dari gambar diketahui bahwa korelasi harga emas dengan harga minyak dunia memiliki  korelasi positif dengan kekuatan relatif kuat. Hubungan keduanya memiliki koefesien r sebesar  0,8438.  Dengan Korelasi positif ini, maka kenaikan harga minyak cenderung diikuti kenaikan harga emas atau sebaliknya penurunan harga minyak dunia cenderung diikuti dengan menurunnya harga emas.

Hubungan Harga  Emas Dengan Harga Minyak Mentah Dunia Periode  2010 -2012

Keterkaitan kedua variabel ekonomi ini cukup kuat, yaitu sekitar 71,2 persen perubahan minyak mentah dunia berkorelasi positif dengan perubahan harga emas. Artinya, sekitar 71,2 persen perubahan harga minyak mentah, baik menguat maupun melemah diikuti oleh perubahan harga emas.

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Harga minyak emang pasti akan turun dan naik. Buat temen2 yg terancam phk, karena ini  ... tenang aja. Mulailah belajar trading oil. Di pasar derivatif berjangka. Lebih enak koq hasilnya. Apalagi kalau udah ga kerja kantoran atau kalau da kerja lapangan lg. Wkt nya lebih bebas. Pasti dapet deh selisih point mah.. buat sekedar. Ngebul in dapur nasi. Bahkan bisa lebih. Kalau da mateng skill nya. Bisa lbh mantaps income nya. Drpd sekedar jd karyawan doank. Salam... 
 Lia |  11 Sep 2016
Halaman: Harga Minyak Hari Ini
Kelihatannya harga minyak mentah dunia mulai merangkak naik, semoga mencapai level harga yang bagus seperti sebelum sebelumnya sehingga masukan devisa negara bertabah pula.
 Wisnu |  7 Oct 2016
Halaman: Harga Minyak Hari Ini
harga minyak turun (ke angka 30 dollars), masih untung karena harga spare parts dan perlengkapan/peralatan produksi jauh turun harganya, betul kan ??? jadi siapa bilang turun harga pasti phk, pasti investornya yg bermain2 tuh (IKP)
 Chocho |  21 Apr 2017
Halaman: Harga Minyak Hari Ini
Kalau harga minyak bumi turun maka pemerintah beli dari luar negeri juga ga mahal. Yang jelas harga klau minyak dunia turun harga yang di jual disini pasti turun.
 Aris |  25 Oct 2017
Halaman: Harga Emas Hari Ini
Harga emas putih lebih mahal dibandingkan emas kuning karena pembuatannya sedikit rumit dan terdapat campuran logam. Harga jual emas putih memiliki nilai jual yang kurang baik dan lebih turun jika dibandingkan dengan nilai jual emas kuning.
 Sarah |  19 Nov 2021
Halaman: Tips Membeli Logam Mulia
Mau nanya dong kak. kalau misalnya kita beli emas dalam bentuk perhiasan, itu patokan degradasinya berapa ya? kira-kira range-nya aja juga gpp. soalnya bingung banget. Kadang2 kalau kita ke toko emas A, harga emas perhiasan kita dihargai 5000 misalnya. Tapi ketika di toko emas B, cuma 3000. penasaran aja sih kak, apa ya yang menyebabkan harga penurunan itu beda-beda? memangnya standarnya gimana?
 Jujuk |  17 Oct 2022
Halaman: Beli Emas Perhiasan Atau Batangan Ini Pertimbangannya
Harga Emas Dunia
Kemarin 1786.85
Minggu Lalu 1759.90
1 Bulan Lalu 1713.70
2 Bulan Lalu 1709.30
3 Bulan Lalu 1723.60
6 Bulan Lalu 1875.50
Setahun Lalu 1784.80
Harga Emas Lokal
Kemarin 884.000
Minggu Lalu 887.000
1 Bulan Lalu 863.000
2 Bulan Lalu 838.000
3 Bulan Lalu 822.000
6 Bulan Lalu 865.000

Komentar[5]    
  Ade   |   19 Dec 2013
hmmmm jadi minyak naik , emas naik ..minyak turun , emas turun. baru tau hehe..
  Basir   |   20 Oct 2017
SItuasi Global, timur tengah khususnya bisa memperngaruhi pergerakan Minyak.
  Vida   |   22 Apr 2021

Tapi skrn oil lg turun, emas malah naik trus,.

  Heni   |   5 Nov 2021

sekarang harga minyak naik terus.. apa kabar dengan emas?

  Ida S   |   5 Nov 2021

sesuai korelasi yang sudah di jelaskan oleh penulis untuk harga emas saat ini juga mengalami kenaikan