Penipuan

5 Kasus Penipuan Kripto Terbesar
Nandini     27 Jul 2021
Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat pada mata uang digital, kasus penipuan kripto pun semakin menjamur. Berikut ini deretan kasus yang patut Anda waspadai.
Hati-Hati, Tiga Penipuan Valas Paling Populer Di Dunia Menghantui
Anna     10 Feb 2015
Banyak orang kelewat percaya diri meski tidak paham seluk-beluk ekonomi; menyepelekan dengan anggapan bahwa bisnis valas cukup jual dan beli lalu untung. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian.
Desmond Wira Beberkan Tips Menghindari Penipuan Kripto
Crypholic     8 Jun 2022
Investor terkenal Desmond Wira menekankan pentingnya pemahaman seluk-beluk kripto sebagai salah satu kiat ampuh menghindari jebakan penipuan.
Forum

Kumpulan Forum @inbizia #penipuan

Ibnu Kamil   10 Mar 2021

Kan banyak tuh kasus penipuan broker lokal, nasabahnya bilang kalau modalnya tiba2 raib. Nah, padahal di brokernya kan bilang kalau ada segregated account, yang uangnya diawasi oleh bappebti dan katanya brokernya sendiri aja ga bisa menggunakan uanh nasabah tersebut. Namun kenapa uang nasabah bisa hilang sampai ratusan juta di broker lokal? Apakah segregated account itu hanya gimik?

M Singgih   13 Mar 2021

@ Ibnu Kamil:

Mengenai modal yang tiba-tiba hilang dengan sendirinya, kami belum pernah tahu kalau ada kejadian seperti itu. Setahu kami kejadian yang biasanya merugikan klien adalah modal yang berkurang banyak setelah ditradingkan oleh orang lain, dalam hal ini terkena margin call (MC) dan klien disarankan untuk menambah modal.

 

Ibnu Kamil   16 Mar 2021

Kalo "orang lain"nya itu dari marketing broker terkait, apakah saya bisa melaporkan broker tersebut ke pihak berwajib?

Soalnya dia mengiming-iming bakal ada profit yang secara rutin dilaporkan. Namun sampai 3 bulanan lebih lost kontak. Dan akun saya tidak bisa diakses.

M Singgih   17 Mar 2021

@ Ibnu Kamil:

Mengenai hal tsb, setahu kami bisa diadukan ke Bappebti selaku pengawas perusahaan broker, jika broker tsb memang telah teregulasi oleh Bappebti, dengan disertakan bukti-bukti.

 

Aisha   11 May 2022

Selain dari aspek regulasi, kita dapat mengukur kredibilitas broker forex berdasarkan sedikitnya tiga hal:

  • Relasi antarperusahaan. Umpamanya, broker forex tersebut merupakan anak usaha dari suatu perusahaan keuangan multinasional ternama yang sudah beroperasi dengan baik selama berpuluh tahun. Contohnya seperti Forex.com yang merupakan anak usaha dari Gain Capital (perusahaan sudah go public di bursa saham New York).
  • Rekam jejak. Umpamanya, perusahaan broker yang sudah berdiri selama 10 tahun tentu akan lebih terpercaya daripada broker yang baru berdiri bulan lalu. Lebih baik lagi jika perusahaan berumur >10 tahun itu memiliki reputasi yang baik, ramah pada trader, tidak pernah menunda withdrawal, dan memiliki kualitas eksekusi yang unggul.
  • Tokoh korporat. Umpamanya, perusahaan broker forex tersebut didirikan oleh tokoh-tokoh terkenal yang sering muncul pada forum internasional dan memiliki reputasi yang baik. Contohnya seperti Pepperstone yang dua orang pendirinya (Owen Kerr dan Joe Davenport) merupakan enterpreneur muda ternama di Australia. Contoh yang lebih baru adalah para pendiri Robinhood asal Amerika Serikat.
Ananta   18 May 2022

Halo bu, ketika memilih broker, pastikan Anda memilih broker yang sudah teregulasi.

Caranya, Anda bisa akses ke situs resmi Bappebti, masuk ke menu "daftar pialang berjangka" lalu cek nomor regulasinya. Selain itu, broker resmi Indonesia juga memiliki kantor resmi yang bisa dilacak alamatnya. 

Dengan memilih broker-broker yang teregulasi BAPPEBTI, keamanan dana dan aktivitas trading Anda akan lebih terjamin, karena ada seperangkat peraturan hukum yang mengikat. 

Kami juga telah merangkum rekomendasi broker-broker lokal terbaik di halaman ini.

Vivi   2 May 2022

Halo pak/mas, saya ditawari trading sama temen. Tapi nama brokernya saya rasa asing gitu. Cara ngecek broker Indonesia yang terpercaya gimana ya? Terimakasih sblmnya. 

Nay Nay   10 May 2022

Apa ciri-ciri broker forex terpercaya selain dari regulasinya?

Yuan GG   7 Jun 2022

Bagaimana melaporkan kecurangan di broker lokal, dan kepada siapa kita harus melaporkannya?

Ananta   13 Jun 2022

Sebelum melaporkannya, pastikan Anda telah mengumpulkan bukti-bukti kecurangan yang terjadi. Anda harus memastikan bahwa poin-poin yang muncul benar-benar kesalahan broker, bukan kesalahan pada trader yang tidak teliti membaca syarat dan ketentuan maupun kesalahan manajemen keuangan.

Jika Anda memiliki kontak Wakil Pialang Berjangka yang menangani akun, catat baik-baik.

Selanjutnya, Anda bisa melaporkan ke Bappebti. Sebaiknya, Anda mengumpulkan terlebih dahulu klien-klien lain yang menjadi korban kecurangan agar laporan bisa lebih kuat. 

Anisah Fatimatuz   21 Jun 2022

Broker lokal mana ya yang paling lama beroperasinya dan gaada masalah penipuan nasabah dsb, mohon infonya donk trims. 

Ananta   29 Jun 2022

Jika dilihat dari histori terdaftarnya, broker yang paling veteran di Indonesia ada:

1. Askap Futures (sejak tahun 1998)

Per tahun 2020 kemarin, Askap Futures sekarang telah berganti nama menjadi MRG Mega Berjangka dan memaksimalkan fitur Social Tradingnya. Anda bisa menyimak review broker Askap di sini

2. Monex Investindo Berjangka alias MIFX (sejak tahun 2000)

Broker Monex sudah berdiri selama 22 tahun lebih. Hingga saat ini, penawaran utamanya berpusat pada spread rendah dan platform trading yang terus mengikuti perkembangan jaman. Anda bisa menyimak review broker Monex di sini.

Robby   29 Jun 2022

Pola-pola seperti apa yang biasa digunakan broker scam untuk menipu trader?

Aisha   1 Jul 2022

Banyak sekali modus broker scam. Antara lain, yang paling populer:

  • Menjanjikan keuntungan fantastis atau bebas loss.
  • Mencatut nama broker berizin dan lembaga otoritas sah.
  • Memberikan iming-iming bonus dan hadiah untuk mengajak korbannya menyetor modal trading dalam jumlah besar.
  • Menyediakan robot atau sinyal trading yang sudah dimanipulasi.
  • Menyediakan fasilitas PAMM (Managed Account) yang seolah-olah memberikan kesempatan bagi trader agar uangnya dikelola oleh trader profesional.
Gandi   1 Jul 2022

Untuk yang model memberi iming-iming hadiah kek, no deposit bonus...dan apakah dananya tidak bisa di WD? apakah itu termasuk tanda-tanda broker scam?

Aisha   3 Jul 2022

Hampir semua broker bisa memberi hadiah. Tentu saja nggak semuanya itu scam.

Lalu, apa bedanya antara hadiah broker scam dan bukan scam? Semua itu tergantung pada dua hal:

  • Baca S&K sebelum ikut program hadiah apa pun.
  • Cari tahu apakah broker itu sudah berizin atau belum, dan perizinannya dari lembaga apa.

Broker yang perizinannya ketat, biasanya nggak berani bikin modus scam berkedok bonus. Tapi broker yang perizinannya longgar, mereka bisa saja bikin program bonus yang bikin modal kita nggak bisa ditarik.

Marnie   20 Jul 2022

Cara membedakan broker penyedia fasilitas PAMM yang amanah dengan tidak seperti apa ya kak? Apa saja yang sebaiknya kita tanyakan sebelum deal? 

Aisha   21 Jul 2022

Kalau menurutku sih ya, yang terpenting itu regulasinya. Kalau broker itu punya ijin/lisensi dari lembaga regulator yang kredibel, maka dia bisa dipercaya. Kalau tidak, maka tidak bisa dipercaya.

Lembaga yang bisa dipercaya itu didukung undang-undang negara yang besar, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dll. Tapi ya, lembaga regulator yang terpercaya biasanya melarang broker membuat program PAMM. Dan sejauh ini enggak pernah lihat ada fasilitas PAMM dari broker yang punya lisensi bener.

Astiti   8 Aug 2022

Saya fresh grad. Sekarang ini banyak banget lowongan kerja yang bertuliskan futures2, ternyata dijadiin pialang terus banyak yg nglarang saya buat lanjut kak. Emangnya pekerjaan jadi broker itu emang selalu nipu2 kah? Bagian admin dsbnya juga kudu nipu biar gajian?

Reply > Lihat[18]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #penipuan

  Anna   |   17 Apr 2015   |   Artikel

Pecahan terbesar Euro hanya ada hingga 500 Euro. Lembaran 1 juta Euro yang Anda maksud bukan alat pembayaran legal, melainkan hanya novelty money (uang koleksi) dan tidak bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran maupun dipertukarkan dengan mata uang lain. Lebih jelas mengenai ini dapat dibaca di: https://www.inbizia.com/hatihati-tiga-penipuan-valas-paling-populer-di-dunia-menghantui-222237

  Andi   |   22 Jun 2015   |   Artikel
Pemerintah Amerika Serikat maupun bank sentralnya TIDAK PERNAH mengeluarkan uang dengan pecahan satu juta dolar. Apabila Anda memiliki lembaran uang satu juta Dolar, maka uang itu sama sekali tak ada harganya dan tidak bisa ditukarkan dimana-mana. Uang satu juta Dolar termasuk salah satu skema penipuan valas yang banyak marak, khususnya di Asia, jadi itu bisa dipastikan uang palsu atau uang-uangan saja.
  Lionel Gavriel   |   8 Aug 2015   |   Artikel
saudara saya sedang terlibat bisnis valas ini di sebua gudang di pulau jawa kata nya tersimpan uang valas berupa mata uang uero singapura dan sudah di verifikasi oleh pihak BI tinggal menunggu over boking bank selama 2 dan jika di rupiahkan lumayan banyak sekitar 240 T apakah benar itu atau hanya modus penipuan..mohon pencerahan nya
  Anna   |   16 Nov 2015
Itu jelas modus penipuan. Pertama, uang Uero Singapura itu tidak ada. Kedua, berdasarkan peraturan, BI memantau semua transaksi valas di Indonesia, dan semua transaksi valas dengan nilai diatas 25,000 Dolar memerlukan underlying documents; atas dasar keperluan apa valas sebesar itu mangkrak di sebuah gudang begitu saja? Apabila masih kurang yakin dengan ini, silahkan Anda datang ke kantor BI terdekat, biasanya di ibukota provinsi ada, dan tanyakan tentang itu. Jangan hanya percaya saja pada kata-kata orang yang tidak jelas atau orang yang mengaku-aku sebagai orang BI.
  Bocah Tua Bodo   |   18 Feb 2017   |   Artikel
Bagi mereka yang tidak sependapat dengan mas/mbak Muttaqiena,  kenapa repot-repot  ???  coba cari tahu saja PERNAHKAH ada transaksi yang benar-benar terjadi melalui PERBANKAN (karena otoritas yang diakui VALID hanya melalui BANK) selama ini ???? Bila jawabannya ada ..... berarti yang di sampaikan mas/mbak Muttaqiena tidak benar. Sebaliknya kalau anda tidak bisa buktikan memang sudah pernah ada yang transaksi MELALUI media PERBANKAN, ya berarti apa yang dijelaskan mas/mbak Muttaqiena itu BENAR. Sesuai ilmu MONETER di seluruh jagad raya ini, sistem Tata Keuangan Negara ya seperti yang dijelaskan oleh mas/mbak Muttaqiena tersebut. Semakin besar jumlah uang beredar di Masyarakat artinya nilai uang tersebut akan menjadi rendah, orang biasa mengatakan inflasi tinggi, jadi silahkan dibuktikan sendiri saja, apakah uang-uang baik Euro maupun Dollar yang diributkan tadi ada nilainya apa tidak. Kalaupun ada transaksi tapi tidak melalui Bank, misalnya dengan silang Gudang, itu ya dicoba saja, hasil transaksi yang katanya triliunan tersebut dimasukkan ke rekening Bank, bisa masuk nggak ??? kalau bisa masuk berarti anda benar, kalau nggak bakal bisa masuk, ya berarti penjelasan mas/mbak Muttaqiena benar. Yang penting JANGAN MERASA pinter sendiri dan MAHATAHU, buktikan sendiri TIDAK UNTUK ORANG LAIN, tapi buktikan untuk KEPENTINGAN DIRI SENDIRI, dengan demikian anda akan YAKIN BENAR apakah semua itu penipuan atau bukan. Semoga, semuanya DICERAHKAN.
  Jimmy Belompro   |   13 Apr 2022   |   Artikel

"forex tidak cocok untuk semua orang", ini adalah harsh truth, tapi banyak yang tidak mau terima. Orang-orang pada fomo dan gelap mata kalau liat temen ato kenalannya sukses di forex, pengen ikut makmur juga. Tapi kalo udah mbahas soal manajemen emosi dan modal, suruh belajar pake akun dana kecil2, pada gak sabaran. Ntar pas rugi koar-koar forex itu penipuan.... kisah lamanya sih gt.

  Orang Lama   |   14 Jun 2022

Lol. Gw juga banyak punya temen kek gitu. Dia yg bodo, eh yg disalahin tradingnya. Konyol

  Reza Pratama   |   30 Jun 2022   |   Artikel

Soal keamanannya gimana? Apakah tidak rawan penipuan atau scam?

Membongkar Kasus EDCCash, Penipuan Ponzi Berkedok Kripto
Cahyaning     24 Sep 2021
Kasus penipuan EDCCash sempat menghebohkan dunia kripto Indonesia. Tak tanggung-tanggung, kerugian yang ditimbulkan mencapai Rp285 miliar. Bagaimana kronologinya?
#ponzi  
Inilah Ciri-ciri Penipuan P2P Lending yang Wajib Diwaspadai
Linlindua     29 Jun 2021
Keberadaan P2P Lending memang mampu memudahkan masyarakat ketika ingin mengajukan pinjaman. Namun, beberapa oknum tak bertanggungjawab justru menyalahgunakan kemudahan ini untuk melakukan penipuan berkedok P2P Lending terpercaya.
Cara Menghindari Penipuan Developer Berkedok Syariah
Febrian Surya     24 Apr 2020
Ingin membeli perumahan dengan KPR syariah? Sebaiknya terapkan cara-cara berikut agar terhindar dari penipuan developer berkedok syariah.
Cara Memilih Developer Terpercaya Agar Tak Terjebak Penipuan KPR
Febrian Surya     31 Mar 2020
Memilih developer terpercaya sudah menjadi keharusan sebelum membeli rumah agar tak terjebak penipuan KPR. Berikut cara memilih developer terpercaya agar tak buntung di kemudian hari.
#rumah  #cara  
Penipuan Forex Menjamur, Bagaimana Cara Menghindarinya?
Anna     15 Apr 2019
Empat ciri-ciri penipuan forex ini perlu diwaspadai agar Anda terhindar dari kerugian fatal.
Awas, Ini 5 Cara Hacker Mencuri Uang Kripto
Linlindua     8 Sep 2021
Popularitas kripto yang kian menanjak diikuti pula oleh beragam cara hacker untuk mencuri uang kripto. Agar tak jadi korban, pastikan Anda tetap waspada dan tahu cara mengantisipasinya.
#hack  
Cara Developer Menentukan Harga Jual Rumah
Febrian Surya     21 Feb 2020
Setidaknya, ada 5 hal yang perlu dipertimbangkan developer dalam menentukan harga jual rumah. Untuk mendapatkan bekal saat mengenali kelayakan harga rumah saat ingin membelinya, pahami info lengkap di artikel ini.
Kirim Komentar Baru