Perbedaan Emas Batangan Dengan Dinar Emas

SAM 9 Feb 2013 18491
Dibaca Normal 3 Menit

Pilih investasi batangan atau dinar emas? Agar tidak salah memilih, simak perbedaan kedua instrumen investasi emas ini.



Tulisan ini membahas perbedaan dalam investasi emas batangan dan dinar emas. Kenapa dipilih dinar emas, bukan dinar (saja) supaya pembaca tidak salah dan bingung dengan dinar-dinar yang lain, seperti halnya mata uang Negara di Timur Tengah. Sebut saja misalkan Irak. Mata uang Irak adalah dinar, namun bukan emas. Dinar Irak seperti halnya uang kertas yang lain seperti halnya Dolar ataupun Yen yang bisa di cetak hanya dengan di print saja.

Perbedaan Emas Batangan Dengan DInar Emas

 

1. Produksi Emas Batangan Dan Dinar Emas 

Sebenarnya antara emas batangan dan juga dinar emas, bisa sebagai alat untuk lindung nilai. Karena keduanya merupakan emas. Sama-sama tidak bisa dicetak, namun perlu ditambang dengan susah payah untuk mendapatkan bahan bakunya. Bahkan saat ini menambang emas semakin susah dan semakin menurun produksinya. Di Indonesia baik emas batangan maupun Dinar emas sama-sama diproduksi oleh PT. Aneka Tambang, sehingga kualitas keduanya terjamin dengan sertifikat yang diakui Internasional.

 

2. Standar Berat Dan Karat Emas Batangan Dan Dinar Emas 

Dinar emas adalah mata uang yang pernah digunakan pada jaman Nabi Muhammad SAW dan di teruskan pada jaman kekhalifahan Islam. Sehingga mempunyai standar berat dan karat yang telah di tentukan. Sedangkan emas batangan tergantung perusahaan yang mencetak/memproduksi emas batangan tersebut. Satuan Dinar emas berkadar 22 karat dengan berat 4,25 gram dan ini sudah baku. Sedangkan emas batangan biasanya berkadar 24 karat dengan berat yang sangat bervariasi, bisa 1 gram, 2,5 gram, ataupun 1 kg. bahkan yang memakai satuan troy ounce bisa juga memakai standar berat tersebut.

 

3. Cara Investasi Emas Batangan Dan Dinar Emas 

Dinar emas di Indonesia diperlakukan seperti halnya perhiasan/souvenir, sehingga dibebani pajak. Sedangkan emas batangan tidak dibebani pajak karena dianggap sebagai bahan baku. Maka jika misalkanh harga emas batangan 24 k saat ini: Rp 400.000 per gram, maka seharusnya emas 22 k seberat 4,25 gram berharga: Rp 1.558.333 (hasil dari perhitungan 22 dibagi 24 dikalikan 400rb dikalikan 4,25). Namun Harga dinar emas saat anda beli pastilah sudah diatas 1,6 juta.

Perbedaan Emas Batangan Dengan DInar Emas (Baca juga: Waktu Terbaik Untuk Investasi Emas)

Dalam berinvestasi emas batangan, Anda dapat melakukan pembelian atau menabung emas batangan di Pegadaian dengan mudah. Namun sebaliknya, investasi dinar emas relatif terbatas, mengingat sebaran Dinar emas di Indonesia saat ini belum seluas emas batangan. Oleh karena itu, kadangkala para pemilik Dinar emas jika akan menukar ke mata uang kertas harus mendatangi outlet-outlet tertentu. Di samping itu, yang ingin memiliki Dinar emas agak kesulitan mencari outlet untuk membelinya.



Dinar emas identik dengan agama Islam, sedangkan emas batangan lebih universal. Namun sebenarnya agama lain-pun tidak ada salahnya memiliki dinar emas sebagai media investasi. Toh sama emasnya dengan emas batangan. Seperti halnya bank syariah, ternyata banyak juga dari agama selain Islam yang menggunakan bank Syariah. Bahkan saat ini bank-bank asing yang notabene pemiliknya bukan Muslim-pun sudah memiliki bank syariah di Indonesia.

 

Penutup

Dengan uang kertas kita bertambah miskin karena uang kertas yang kita pegang terus menurun daya belinya. Akankah kita kembali ke masa lalu memakai mata uang emas? Seperti halnya kerajaan Romawi memakai denarium, atau kekhalifahan Islam memakai dinar atau China memakai qian, dll.

Forum

Izt_0307 (01 Mar 2012)

mas,saya slalu mengikuti analisa harian maupun mingguan dari seputar forex ini. mohon ilmunya bagaimana menentukan garis-garis kuning,lalu support resistense dan formula dari indikator yang digunakan??? terima kasih banyak.

Selengkapnya...

Kemarin 1,768.95
Minggu Lalu 1,736.80
1 Bulan Lalu 1,735.15
2 Bulan Lalu 1,785.30
3 Bulan Lalu 1,854.00
6 Bulan Lalu 1,899.25
Setahun Lalu 1,732.30

Kirim Komentar/Reply Baru


cara menggunakan macd cs
Bagaimana cara menggunakan indikator MACD_CS_DIVERGANCE ?

Abbas Yahya 3 Jan 2018

Reply:

M Singgih (08 Jan 2018 06:38)

@ abbas yahya:

Mungkin maksudnya MACD divergence, atau divergensi indikator MACD.
Selain menunjukkan arah dan kekuatan trend, MACD memang bisa digunakan sebagai oscillator sehingga bisa diamati keadaan divergensinya, dan biasanya sering valid.

Cara menerapkan divergensi indikator MACD sama dengan indikator jenis oscillator lainnya (RSI, stochastic, CCI). Untuk keterangan lebih jelas silakan baca: Divergensi Indikator Teknikal.

Divergensi indikator MACD sering terjadi. Berikut contohnya pada EUR/USD H4:



Pada A terjadi divergensi bearish indikator MACD sehingga harga setelahnya bergerak bearish.
Pada B terjadi divergensi bullish indikator MACD sehingga harga setelahnya bergerak bullish.

Keterangan yang lebih lengkap mengenai divergensi indikator MACD bisa Anda baca di:
Trading Dengan Divergensi Indikator MACD

Apakah Keuntungan Bitcoin Kena Pajak Di Indonesia?
Perbandingan Bunga P2P Lending
Perbandingan Bunga P2P Lending
Sistem   9 Apr 2021   125  
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Ngabuburit Bersama Finex Lewat Live Webinar
Melati   9 Apr 2021   73  
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Strategi Scalping Dengan Candlestick 1 Menit
Linlindua   31 Mar 2021   532  
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Peluang Bisnis Untuk Gamer Yang Terbukti Cuan
Wahyudi   31 Mar 2021   158  
Panduan Lengkap Cara Membaca Candlestick Cryptocurrency
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Cara Membaca Stochastic Saham Untuk Pemula
Linlindua   30 Mar 2021   236