Perbedaan Kartu Kredit Visa Dan MasterCard

Anna 22 Apr 2015
Dibaca Normal 4 Menit
bisnis > kredit >   #kartu-kredit   #kredit
Visa dan MasterCard adalah dua perusahaan pengelola jaringan pembayaran nontunai bermedium kartu yang paling populer di dunia. Tetapi, tahukah Anda apa perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard?

Visa dan MasterCard adalah dua perusahaan pengelola jaringan pembayaran nontunai bermedium kartu yang paling populer di Dunia. Bahkan di Indonesia pun, saat kita akan membuat kartu kredit kadang kita akan ditanya, apakah ingin kartu kredit Visa atau MasterCard? Menjawab pertanyaan ini, mungkin ada yang akan memilih memiliki dua-duanya, atau karena rekomendasi rekan lantas memilih salah satunya. Tetapi, tahukah Anda apa perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard?

Visa dan MasterCard

Kata "Visa" dan "MasterCard" diambil dari nama-nama perusahaan global yang mengelola jaringan pembayaran dimana suatu kartu kredit dapat digunakan. Kedua perusahaan tersebut tidak menerbitkan sendiri kartu kredit, melainkan dengan bekerjasama dengan bank-bank lokal di seluruh dunia. Namun demikian, karena diciptakan dalam jaringan perusahaan yang berbeda, maka mereka pun memiliki peraturan dan standar berbeda dalam penggunaannya.

 

Kartu Kredit Visa

Kartu kredit Visa pertama kali diluncurkan sebagai BankAmericard pada tahun 1958 sebelum kemudian berubah nama menjadi Visa pada 1976 dan dikelola oleh korporasi Visa Inc asal Amerika Serikat. Kini perusahaan tersebut bekerjasama dengan berbagai bank di seluruh dunia untuk menyediakan sistem pembayaran non-tunai dalam bentuk kartu debit dan kartu kredit.

Karena lahir lebih awal, maka dulu Visa dikatakan memiliki pangsa pasar lebih besar daripada MasterCard; namun dalam beberapa tahun terakhir, sulit ditemukan data yang jelas tentang perusahaan mana yang punya pangsa pasar lebih besar. Selain karena kedua perusahaan tutup mulut, juga karena keduanya bisa dibilang merupakan dua perusahaan dominan di tingkat global dalam bidang ini. Bahkan, saat ini akan sulit melihat ATM yang tidak menunjukkan kedua logo bagi Visa maupun MasterCard.

Kekhasan Visa ada pada logo-nya dan jaminan keamanan yang dimilikinya. Ketika nasabah akan berbelanja menggunakan kartu kredit Visa maka akan ada tawaran keamanan ekstra dari fitur "Verified By Visa". Cara kerja fitur ini adalah, nasabah akan diminta meng-klik "Verified by Visa", dimana kemudian akan muncul jendela dimana nasabah bisa memasukkan one-time-password yang telah dikirim terlebih dahulu ke nomor kontak nasabah. Selain kedua fitur itu, kartu kredit Visa biasanya diterbitkan dengan fasilitas berbeda tergantung pada masing-masing bank yang menerbitkan kartu kredit terkait, baik itu tentang abonemen, biaya transaksi, maupun reward (keuntungan) tambahan yang diberikan.

 

Kartu Kredit MasterCard

Kartu Kredit MasterCard dilahirkan tahun 1966 dengan nama MasterCharge dan diposisikan sebagai pesaing BankAmericard saat itu. Pada tahun 1979, ia berganti nama menjadi MasterCard yang kini dikelola oleh perusahaan MasterCard International yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Sebagaimana Visa, MasterCard juga mengelola sistem pembayaran non-tunai via kartu debit dan kartu kredit. Selain kartu kredit bertitel MasterCard, kartu debit Maestro yang digawangi perusahaan yang sama juga sangat terkenal.

Dari segi fitur keamanan transaksi online, bila Visa memiliki "Verified by Visa", maka kartu kredit MasterCard memiliki "Secure Code" yang prinsip kerjanya juga pada dasarnya merupakan password ganda. Sebagaimana Visa juga, kartu kredit MasterCard akan membutuhkan biaya pemeliharaan yang berbeda-beda tergantung bank penerbitnya, serta memberikan manfaat reward dan promo tersendiri pula.

Dengan melihat pemaparan diatas, bisa disimpulkan bahwa nasabah kemungkinan hanya akan sedikit terpengaruh oleh perbedaan apakah kartu kredit yang dipilih itu merupakan kartu kredit Visa atau MasterCard. Perlu diingat bahwa yang menetapkan fee per transaksi maupun biaya-biaya lainnya yang harus Anda bayar bukanlah Visa maupun MasterCard, melainkan pihak bank yang menerbitkan kartu kredit. Fasilitas ekstra yang diberikan oleh tiap kartu kredit pun akan berbeda tergantung bank penerbitnya. Oleh karena itu, sebaiknya saat memilih kartu kredit, Anda lebih memperhatikan mengenai penawaran apa saja yang dipromosikan oleh pihak bank, dan pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

 

Artikel Terkait:

Terkait Lainnya
 

Komentar @inbizia

Min gmn sih caranya ngajuin kartu kredit bagi anak yg baru lulus sekolah? efek pengen usaha tp belum ada modal nih wkwkwk
 Citra |  4 Sep 2020
Halaman: Ingin Pakai Kartu Kredit Untuk Bisnis Perhatikan Ini
Belum banyak sih, tapi denger denger udah ada broker yang melayani deposit kripto. Sekarang ini setahuku selain kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, paysafecard, check, pake bitcoin juga bisa.
 Aldhee |  17 Feb 2021
Halaman: Memilih Broker Forex Terbaik Dari Kemudahan Cara Deposit
Pagi... Mohon bantu info, jika kakak saya pernah ada / masih ada tanggungan kartu kredit (misal Mandiri / BNI), sudah lama sih infonya, lebih dari 10 thn lalu. Dan saat ini dia baru masuk bekerja dan diwajibkan harus punya rekening bank atas nama dia. Apakah dgn status 5 - Macet (saya sempat mintakan ini ke OJK).. dia bisa buka rekening tabungan di BCA misalnya ? (dia tidak ada problem di rekening tabungan BCA) Terima kasih
 San-san |  6 Apr 2021
Halaman: Kupas Tuntas Blacklist Bank Di Indonesia
umumnya untuk transaksi paypal dengan kartu kredit, namun saat ini sudah bisa transaksi paypal dengan kartu debit, namun hanya kartu debit berlogo MasterCard, VISA, dan American Express saja yang bisa digunakan untuk transaksi di PayPal
 Atta Liem |  25 Feb 2022
Halaman: Bagaimana Cara Menyimpan Bitcoin Di Paypal
buat yang gajinya masih mepet, jangan sembarangan deh sama kartu kredit. apalagi skrg banyak yg promo gratis biaya 1 taun pertama. inget uy, taun-taun selanjutnya ada biaya tahunannya. mending nabung aja dulu deh, tahan keinginan daripada dikejar debt kolektor. hidup gak tenang buozzz
 Kang Komen |  7 Apr 2022
Halaman: Bolehkah Punya Kartu Kredit Lebih Dari Satu
Iya memang kyk gitu persyaratannya bro. Sebenarnya masuk akal sih. Kan tahu sendiri Smart Contract itu jalannya otomatis ga pake lama, jadi buat meminimalisir resiko, jaminannya kudu bener-bener bisa ngecover kalo rugi. Setau saya sich kalo pinjeman kripto tanpa agunan belom ada. Kalau pinjaman tanpa agunan bt modal usaha gitu ada, contohnya dari aplikasi Modalku. Cuma krn judulnya "Modal Usaha", ente kudu bisa tunjukkin bukti aktivitas usahanya. Kalo gak gitu, coba aja pinjeman personal alias pinjem ke temen sendiri yang gabut minjemin kripto tanpa jaminan, xixixi.
 Finland |  26 Jul 2022
Halaman: Pro Kontra Pinjaman Kripto Yang Perlu Anda Tahu
Suku Bunga Kredit
BANK Korporasi Ritel KPR
BRI 8.00% 8.25% 7.25%
BNI 8.00% 8.25% 7.25%
BCA 7.95% 8.20% 7.20%
Mandiri 8.00% 8.25% 7.25%
BTN 8.00% 8.25% 7.25%
OCBC NISP 8.25% 8.50% 8.00%
BTPN 6.17% 9.57% -
Danamon 8.25% 9.00% 8.00%
CIMB Niaga 8.00% 8.75% 7.25%
HSBC Indonesia 6.25% 8.75% 8.00%
Lihat Bank Lain

Komentar[3]    
  Moh. Idris   |   2 Oct 2016
Ass. suku bunga kredit bank di Indonesia, untuk diasia tenggara Indonesia sangat tinggi, untuk bisa menggerakan sektor riil dalam membantu pengusaha kecil dalam mendapatkan modal dalam upaya menggerakan usaha dalam pengembangannya. Dengan harapan semoga pemerintah bisa secepatnya menurunkan suku bunga bank menjadi single digit, seperti yang mampu diterapkan oleh bank2 di asia tenggara, sekaligus untuk lebih menggerakan usaha sektor riil dimasyarakat. Terima Kasih
  Henik   |   11 Nov 2021

jadi untuk biaya2 itu dari bank penerbit ya?

  Hana   |   11 Nov 2021

iya betul kak, visa dan mastercard berbeda di jenis perusahaan yang bekerjasama dengan bank lokal penerbit, kalau untuk biaya2 dan promo ditentukan oleh bank penerbit
tentunya besaran biaya dan promo yang ditawarkan akan berbeda dari setiap bank penerbit