Pivot Point

Belajar Entry dengan Pivot Point Bersama HFX Berjangka
Cahyaning     8 Jun 2022
HFX Internasional Berjangka mengajak tradernya untuk belajar lebih jauh tentang cara entry dengan Pivot Point. Bagaimana cara mengikutinya?
Strategi Pivot Point Dengan Price Action
Kiki R     20 Oct 2020
Pivot Point merupakan alat bantu analisis yang tepat untuk menemukan harga entry terbaik saat trading forex. Ini cara menggunakannya.
Kalkulator Pivot Point
Sistem     15 Jun 2020
Kalkulator Pivot Point dapat menghasilkan level-level Pivot Point secara otomatis. Anda bisa menggunakannya sebagai acuan Support Resistance dalam chart.
Kamus

Kamus Trading

Point

Sebutan lain untuk pipette yang merupakan satuan terkecil dalam perubahan harga. Point bernilai sepersepuluh lebih kecil dari pip dan bisa dilihat pada pair-pair yang diperdagangkan di platform trading dengan sistem pricing 5 digit di belakang tanda desimal (3 digit pada pair-pair JPY).

Forum

Kumpulan Forum @inbizia #pivot #point

fredy   2 Aug 2019

1. Bagaimana cara pembacaan chart pnf ?

2. Untuk lebih maksimal dalam penggunaannya box size dan reversal nya menggunakan berapa pips ? (tiap - tiap timeframe dan untuk penggunaan scalping serta intraday)

3. Contoh - contoh penggunaan pnf menggunakan support resistan dll

Terima kasih

Argo Gold Spotter   6 Aug 2019

Untuk Fredy,

Setahu kami, Point and Figure (PnF) chart adalah chart yang bisa memfilter tren meski tanpa bantuan indikator apapun. Visual yang ditampilkan pada chart ini hanya berupa objek berbentuk lingkaran merah (sebagai sinyal bearish) dan silang hijau (sebagai sinyal bullish). Sehingga, pembacaan chart ini pun terbilang cukup mudah, yakni hanya melihat objek yang terbentuk saja. 

Untuk memaksimalkan penggunaan chart PnF demi mendeteksi adanya penerusan tren atau pembalikan, Anda dapat menerapkan asas zona support dan resisten. Perhatikan chart PnF pada pair XAU/USD timeframe M15 berikut ini.

XAUUSD m15
Terdapat zona support dan resisten yang signifikan pada chart tersebut. Tampak chart PnF selalu berbalik arah dari zona support dan resisten tersebut. Sehingga Anda bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk memasuki posisi (sell on resisten dan buy on support).

Semoga bisa membantu.

Reply > Lihat[1]
Donny   26 Nov 2020

Mind, kadang di analisa ada istilah PIVOT. Itu apa ya min maksudnya? 

M Singgih   1 Dec 2020

@ Donny:

Pivot point adalah nilai tengah yang disepakati trader sebagai acuan pertgerakan harga. Pivot point ditentukan dalam batas-batas periode waktu tertentu seperti pivot harian (daily pivot), pivot mingguan (weekly pivot), pivot per jam (hourly pivot), dsb.

Jika harga pada time frame yang telah ditentukan tsb bergerak di atas pivot point, maka diasumsikan pergerakan harga sedang uptrend, dan sebaliknya jika harga bergerak di bawah pivot point, maka diasumsikan pergerakan harga sedang downtrend.

Dari pivot point, bisa diturunkan level-level support dan resistance sebagai acuan untuk menentukan entry posisi, menentukan level stop loss (SL) dan juga target profit (TP). Baca Juga: Strategi Pivot Point Dengan Price Action.

M Singgih   4 Jan 2021

@ Fadil:

Maaf, mungkin bisa diperjelas lagi pertanyaan Anda, atau diberikan contohnya.
Morning star adalah salah satu pola candlestick yang mengisyaratkan (memberikan sinyal) pergerakan bullish. Sinyal tersebut akan valid jika terkonfirmasi oleh penunjukan indikator trend misalnya moving average, MACD, parabolic SAR atau ADX.

Pivot point adalah salah satu tools untuk memperkirakan kemungkinan arah pergerakan harga saat ini berdasarkan periode waktu tertentu yang telah lewat, misal pivot daily, pivot hourly dsb. Dari pivot point juga bisa diketahui level-level support dan resistance.

Jika muncul pola morning star yang terkonfirmasi (valid), maka asumsi kita kemungkinan pergerakan harga akan bullish meskipun pada saat itu pivot point menunjukkan kemungkinan yang berlawanan (bearish). Sinyal dari candlestick menunjukkan sentimen pasar saat itu, dan lebih bersifat leading.

Karim benzema   2 Feb 2022

Bang kenapa pivot itu tiap hari berbeda, misal pivot Daily. Terima kasih.

M Singgih   3 Feb 2022

@ Karim Benzema:

Karena level-level High (H), Low (L) dan Close (C) setiap hari berbeda, sedangkan perhitungan pivot didasarkan pada level-level H, L dan C pada periode tersebut, misal pivot daily didasarkan pada level-level H, L dan C daily (harian).

Fadil   30 Dec 2020

Saya ingin mengetahui, penyebab kegagalan pivot saat morning star, selain dari analisis fundamental dan teknikal. Mohon Penjelasannya...

Terimakasih 🙏🏽

Salam Profit

Aisha   29 Sep 2022

PIVOT dalam trading teknikal dapat bermakna "Pivot Point" seperti yang dijelaskan Master Singgih. Tapi, PIVOT juga bisa punya makna berbeda dalam konteks analisa fundamental.

Dalam bahasa Inggris, "pivot" bermakna berputar atau berbalik arah. Istilah ini jadi populer sebagai istilah untuk menyebut perusahaan-perusahaan yang mengubah strategi, model usaha, atau core bisnisnya. Ini termasuk momen krusial untuk dianalisis untuk investor/trader saham.

Reply > Lihat[6]
Komentar

Kumpulan Komentar @inbizia #pivot #point

  Saka   |   6 May 2014   |   Artikel
ane cb bikin pivot point gmn ya? ngga ada tuh di platform
  M Singgih S   |   22 Mar 2016

@ Saka:
Bisa dihitung satu per satu mulai dari pivot point (PP), R1, R2, R3, S1, S2 dan S3. Anda bisa download indikator daily pivot point untuk Metatrader 4 di sini. Indikatornya masih dalam mq4, jadi harus di-compile di Meta-editor untuk menjadi ex4.

  Dede Sabrina   |   18 May 2014   |   Artikel
mengapa akurasi level pivot point ini paling rendah dari yang lain? kalau dilihat dari cara perolehan nya kan justru ini yang paling bisa diandalkan karena perhitungan nya paling jelas.
  M Singgih S   |   22 Mar 2016
@ Dede Sabrina:
Akurasi level support dan resistance yang dihitung berdasarkan pivot point memang lebih rendah dibandingkan pengamatan langsung pada level-level swing high atau swing low, atau level psikologis karena level support dan resistance terjadi karena sentimen pasar, bukan dari perhitungan yang pasti. Level-level support dan resistance dari pivot point biasanya digunakan acuan oleh daytrader terutama jika pada time frame tradingnya tidak tampak level support atau resistance yang signifikan.
  Tyo Aja   |   16 Oct 2014   |   Artikel
cara yg bagus juga master.. tapi untuk oscillatornya bisa dikasih contoh untk jenis dan periodenya? juga untuk support dan resistan, apa yag dimaksud itu fibonaci retracement ataukah pivot point?
  Reyre Abdeenegara   |   7 Mar 2017   |   Artikel
Kenapa Tabel PIVOT S&R jadi berhenti stuck di tanggal 3 Maret 2017, tidak update lagi ??
  Admin   |   7 Mar 2017
Mohon maaf, ada kesalahan teknis dan kini sedang dalam maintenance oleh tim kami.
  Abner   |   4 Mar 2018   |   Artikel
Mohon pencerahannya, nilai pivot point mana yg digunakan bagi short time trader? Apakah 4 jam, harian, mingguan? Atau semua dapat digunakan?
  Admin   |   5 Mar 2018

Semua nilai pivot dapat digunakan. Hanya saja semakin besar time frame pivot tersebut, maka semakin besar pula kemungkinannya mempengaruhi pergerakan harga.
Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca pada salah satu artikel Kami tentang penggunaan pivot point.
Terima kasih

  Manshur   |   6 Mar 2019   |   Artikel
Kalau pilih pivot di 4 jam berarti lihatnya di H4.. Lalu kalau pilih pivot harian itu lihatnya apa di D1 ATAU H 1..Terima kasih.
  Dicky   |   10 Oct 2019
ya di D1 pa manshur,,, klo h1 artix 1 jam
  Manshur   |   30 Oct 2019
Bagaimana ciri ciri harga itu breakout
  Admin   |   21 Jan 2020
Suatu harga dinyatakan breakout apabila berhasil menembus level kunci, Pak. Dalam hal ini berhasil menembus Support Resistance. Terima kasih.
Kalkulator Pivot Point

Kalkulator Pivot Point




Hasil Penjualan Naik, Teknikal CAMP Buy
Ryandy H     24 Oct 2019
Emiten CAMP berupaya memenuhi kebutuhan pasar dengan ekspansi kapasitas pabrik. Bagaimana peluang saham CAMP? Berikut ulasannya.
Optimistis Proyek Tol Jakarta-Cikampek Selesai Tahun ini, Saham JSMR Hold
Ryandy H     15 Oct 2019
PT Jasa Marga berupaya merampungkan proyek jalan tol Jakarta-Cikampek pada akhir tahun ini. Apakah berita positif itu memberikan pengaruh terhadap saham JSMR?
#jsmr  #saham  
Transaksi Saham Capai 4.3 Juta, Begini Outlook ASII
Ryandy H     11 Oct 2019
Astra Internasional terus berupaya untuk menarik minat investor. Bagaimana peluang saham ASII hari ini? Simak ulasannya berikut ini.
Rencana Melepaskan Saham Di 2 Tol, Teknikal PTPP Buy
Ryandy H     10 Oct 2019
PTPP berencana melepaskan seluruh saham di PT Jasamarga Kualanamu Tol dan PT Jasamarga Pandaan-Malang untuk pengembangan proyek selanjutnya.
Kirim Komentar Baru